Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelemahan Usaha Mie Ayam dan Cara Mengatasinya Agar Jualan Cepat Habis

Daftar Isi [Tampil]

 

Ketahui Kelemahan Usaha Mie Ayam dan Cara Mengatasinya Agar Jualan Cepat Habis

Menjalankan bisnis warung makan memang memiliki potensi yang cukup besar dalam menghasilkan uang. Salah satu usaha warung makan yang tidak sepi pelanggan yaitu usaha warung makan mie ayam.

Sebelum mencoba usaha mie ayam sebaiknya ketahui beberapa kelemahan usaha mie ayam dan cara mengatasinya agar nantinya jualan Anda ramai pembeli.


Setelah mengetahui cara mengatasi kelemahan usaha mie ayam, maka Anda sudah bisa mengatasi kerugian usaha mie ayam dan siap untuk membangun usaha yang bisa bersaing dengan pengusaha warung mie ayam lainnya. Berikut artikel yang membahas mengenai kelemahan usaha mie ayam.

Kelemahan Usaha Mie Ayam Yang Harus Diketahui

Berikut beberapa kelemahan warung mie ayam dan cara mengatasinya. Silakan dibaca agar bisa analisa kekurangan membuka usaha mie ayam.

1. Persaingan Yang Ketat

Persaingan jualan mie ayam tentu sudah tidak diragukan lagi karena setiap wilayah indonesia mulai dari desa, kota dan bahkan provinsi sudah berdiri warung makan mie ayam yang memiliki rasa yang berbeda.

Salah satu kelemahan usaha mie ayam yang banyak dialami oleh pebisnis yaitu rasa mie ayam yang mereka buat tidak disukai oleh pembeli. Maka dari itu sebaiknya buatlah mie ayam yang enak dengan cara mempersiapkan resep mie ayam spesial untuk warung Anda.


Untuk bisa bersaing dengan pemilik warung mie ayam lainnya maka Anda wajib memiliki resep masakan mie ayam spesial. Buatlah resep mie ayam spesial untuk menarik pembeli.  Dengan catatan pembeli tertarik dengan masakan mie ayam yang dibuat dengan resep rahasia.

2. Mencari Lokasi Yang Strategis

Bagi yang ingin membuka usaha mie ayam dan belum memiliki lahan yang bisa membangun warung. Sebaiknya silakan mencari lokasi yang strategis untuk jualan mie ayam.

Anda bisa mencari lokasi yang ramai seperti dekat dengan instansi pemerintahan, sekolah dan kampus. Agar jualan nantinya bisa disinggahi oleh mereka yang kelelahan dan kelaparan saat bekerja dan belajar.

3. Masakan Mudah Basi

Setelah mie ayam sudah masak, sebaiknya jangan menundah mie ayam yang sudah Anda siram dengan kuah karena mie ayam yang sudah disajikan dan siap dimakan tidak bisa lama disimpan.

Jika mie ayam yang dibuat dan tidak sempat dimakan dalam waktu 12 jam maka bisa di pastikan mie ayam sudah basi dan tidak layak makan. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya makanlah mie ayam jika sudah disiapkan.

Sebaiknya baca juga : Modal Usaha Warung Bakso dan Mie ayam

Jika ada pelanggan yang memesan mie ayam di warung  dan dia berencana membungkus dan membawa pulang terlebih rumah dia lumayan jauh, silahkan pisahkan kuah dan mie ayam tersebut agar mengatasi mie ayam yang membengkak.

4. Menyiapkan Modal Usaha Mie Ayam

Untuk membangun usaha mie ayam tentunya wajib menyiapkan modal untuk membuat warung dan membeli peralatan masak dan lainnya. Sebaiknya siapkan modal yang lebih dari cukup untuk membangun warung mie ayam yang bisa mendatangkan rejeki bagi Anda dan keluarga.

Penyebab Jualan Mie Ayam Tidak Habis

Adapun beberapa penyebab jualan mie ayam yang Anda sajikan tidak habis dalam waktu sehari:

  • Usaha Mie Ayam Yang Masih Baru

Ketika baru pertama kali menjalankan usaha mie ayam. Maka hari pertama atau bahkan seminggu tentunya kurang pelanggan karena mereka masih belum mengetahui bahwa lokasi yang Anda tempati sudah dibangun sebuah warung makan mie ayam.

Untuk mengatasi warung makan yang masih baru dan sepi pengunjung, sebaiknya Anda melakukan promosi mengenai warung. Caranya cukup mudah dengan menggunakan media sosial untuk promosikan mie ayam.


Beberapa media sosial yang bisa dipakai untuk mempromosikan usaha warung makan yaitu Whatsapp, Facebook dan Instagram. Silakan foto masakan mie ayam dan warung kemudian sebarkan ke media sosial disertai penjelasan mengenai deskripsi usaha yang dikelola.

  • Pelayanan Yang Kurang Baik

Sebaiknya berikan pelayanan yang baik kepada pembeli yang suatu saat nanti menjadi pelanggan tetap Anda nantinya, Untuk memperbaiki pelayanan yang kurang baik maka yang harus dilakukan yaitu bersikap ramah, membersihkan warung dan jika ada pelanggan yang baru datang sebaiknya bersihkan meja yang sudah dipakai pembeli agar pembeli lainnya bisa duduk di meja tersebut.

Penutup

Itulah artikel yang membahas mengenai kelemahan usaha mie ayam dan cara mengatasinya agar jualan cepat habis. Bagi yang berminat menjalankan usaha warung makan sebaiknya rajin berkunjung ke situs ini karena saya akan terus update memberikan artikel yang membahas bisnis berbagai macam warung makan. Sekian & Terimakasih.

Sebaiknya baca juga: Tips Usaha Mie Ayam Agar Banyak Pembeli

Posting Komentar untuk "Kelemahan Usaha Mie Ayam dan Cara Mengatasinya Agar Jualan Cepat Habis"