Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manajemen Usaha Bakso Yang Harus Diketahui Saat Berjualan

Daftar Isi [Tampil]

 

Manajemen Usaha Bakso Yang Harus Diketahui Saat Berjualan

Sudah banyak pengusaha warung makan yang menjual berbagai macam kuliner masakan daerah seperti usaha mie ayam dan bakso. Salah satu usaha yang memiliki pelanggan  banyak yaitu berjualan bakso.

Sebelum berjualan bakso ketahui terlebih dahulu manajemen usaha bakso agar dapat mendapatkan keuntungan saat berjualan bakso. Dengan mengetahui manajemen usaha bakso maka Anda pastinya sudah siap bersaing dengan pemilik warung bakso lainnya.


Potensi keuntungan berjualan bakso ditentukan dari modal yang ada, lokasi jualan, rasa bakso dan sebagainya. Pada artikel kali ini saya akan memberikan 7 cara menata manajemen usaha bakso yang harus diketahui. Berikut penjelasannya:

7 Manajemen Usaha Bakso Pada Saat Berjualan

Dalam menata manajemen usaha bakso agar sukses terdiri dari beberapa bagian yaitu pemasaran, keuangan, produksi, SDM, kepemimpinan, operasional dan target pasar.

1. Manajemen Pasar

Maksud dari manajemen pasar adalah siapa target pembeli bakso Anda. Sebelum menyewa lahan jualan, alangkah baiknya jika lahan yang disewa berada di lokasi keramaian seperti kampus dan perkantoran. Karena jika berjualan di lokasi yang dekat dengan kantor maka pegawai kantor tersebut tentunya sering mampir membeli bakso jualanmu.

2. Manajemen Lokasi

Setelah selesai menentukan target pasar maka langkah selanjutnya adalah mencari lahan berjualan warung bakso. Pilihlah lokasi jualan bakso dekat dengan target pasar agar mereka melihat warung bakso Anda. Supaya mereka akan menjadi pelanggan dan memberikan keuntungan berjualan.

3. Manajemen Produksi

Setelah menentukan lokasi jualan maka langkah berikutnya adalah bahan baku untuk membuat bakso. Sebaiknya sebelum membuat bakso, periksa dulu bahan baku yang dipakai apakah bahannya bagus dan berkualitas untuk diolah.


Kualitas bakso yang baik tentunya terdapat dari bahan yang dipakai dalam membuat bakso. Bisa juga melakukan kreativitas mengenai bakso jualan seperti menyediakan berbagai macam jenis bakso yaitu bakso ayam, sapi dan bakso jumbo.

4. Manajemen Keuangan

Penting untuk mengelola keuangan bisnis bakso agar dapat menentukan modal dalam memperkirakan keuangan yang dibutuhkan seperti peralatan jualan bakso. Dalam membuat bakso, sebaiknya catat pengeluaran dan pemasukan dari berjualan bakso agar bisa mengetahui modal yang dikeluarkan saat berjualan bakso.

5. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Bagi Anda yang memiliki usaha warung makan cukup besar dan mendapatkan pelanggan yang banyak, sebaiknya carilah karyawan dalam membantu pekerjaan jualan  karena untuk memaksimalkan usaha demi mendapatkan keuntungan tentunya membutuhkan bantuan dari para pekerja.

Sebaiknya Baca Juga: Kelemahan Usaha Mie Ayam dan Cara Mengatasinya

6. Manajemen Kepemimpinan

Setelah mendapatkan karyawan tentunya Anda harus membimbing mereka agar menjadi karyawan yang disiplin dan bertanggung jawab. Untuk bisa memimpin karyawan maka dibutuhkan sikap manajemen kepemimpinan.

7. Manajemen Pemasaran

Menentukan strategi pemasaran agar bisa mempromosikan usaha jualan bakso. Lakukan pengenalan warung jualan bakso karena termasuk bagian dalam tips jualan bakso agar laris kepada masyarakat dengan cara membuat spanduk jualan bakso dan menyebarkan informasi di media sosial seperti Facebook, Whatsapp dan Instagram.

Strategi Pemasaran Bakso

Membuat strategi marketing usaha bakso kekinian tidak lepas dari menentukan lokasi berjualan bakso. Bagaimana menentukan lokasi jualan bakso ramai pembeli? carilah lokasi yang ramai seperti dekat dengan instansi pemerintahan dan sekolah karena jika dekat dari lokasi tersebut maka kemungkinan mereka yang bersekolah dan bekerja dapat berkunjung di warung Anda karena dekat dari lokasi mereka.

Strategi kedua dari bisnis dagang bakso yaitu menerapkan kebersihan dan sikap ramah pada pembeli agar mereka merasa nyaman saat makan di warung. Biasanya pembeli akan merasa malas jika warung terlihat kotor. Maka dari itu sebaiknya terapkan kebersihan warung demi memperlancar jualan bakso.


Ketiga, sebaiknya lakukan penyebaran informasi mengenai jualan di berbagai daerah dengan cara membuat brosur jualan kemudian memberikan kepada masyarakat supaya mereka tahu dimana lokasi berjualan. Bisa juga memanfaatkan media sosial sebagai strategi pemasaran yang sudah saya bahas di manajemen pemasaran.

Untuk strategi harga sebaiknya sesuaikan dengan kantong masyarakat karena pelanggan yang datang membeli terdiri dari pelajar hingga pekerja. Jika lokasi berada di daerah sekolah maka silakan atur harganya sesuai kantong siswa.

Penutup:

Demikian penjelasan mengenai manajemen dan strategi jualan bakso agar ramai pembeli. Jangan menyerah mendirikan usaha bakso karena suatu saat nanti  Anda akan menjadi pengusaha warung makan sukses. Sekian & Terimakasih.

Sebaiknya Baca Juga: Modal Usaha Warung Bakso dan Mie Ayam

Posting Komentar untuk "Manajemen Usaha Bakso Yang Harus Diketahui Saat Berjualan"