Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis Jualan Makanan Yang Laris Dengan Modal Kecil

Daftar Isi [Tampil]

 

Jualan Makanan Yang Laris

Menjual berbagai jenis makanan sudah banyak ditemui di kota dan di kampung, jika  tinggal di kampung dan ingin berjualan makanan maka bisa Anda coba, meskipun penduduk di desa tidak terlalu banyak dibandingkan di kota namun jangan terlalu meremehkan mengenai jumlah pembeli yang akan datang di warung Anda berjualan.


Mengapa demikian, itu karena masyarakat selalu membutuhkan makanan untuk dikonsumsi setiap harinya.

Anda berniat membuka usaha makanan namun khawatir mengenai modal yang dikeluarkan? Membuka usaha makanan tidak membutuhkan modal besar jika kita membukanya  di  pedesaan. Kita sesuaikan saja perkiraan jumlah penduduk desa dengan makanan yang akan dijual.

Jualan Makanan yang Laris

Ada beberapa makanan laris dijual baik di kota maupun di kampung. Berikut daftar jualan yang laku dijual di kampung maupun dalam kota dengan modal kecil:

1. Bakso atau Mie Ayam

Bakso atau Mie Ayam

Orang Indonesia sangat menyukai makanan berlemak seperti bakso dan mie ayam. Anda bisa menemukan banyak penjual bakso menyediakan menu spesial mereka. Untuk menjual bakso  agar hemat biaya sebaiknya berjualanlah di rumah dengan cukup menyediakan meja dan kursi untuk tempat makan. Untuk kunci sukses berjualan mie ayam dan bakso terdapat pada rasa makanan yang dihasilkan dan harga bersahabat.

2. Pecel Lele

Pecel Lele

Untuk konsep jualan makanan yang laris di kampung selanjutnya yaitu bisnis pecel lele. Mengembangkan bisnis pecel lele  sangat bagus karena banyak peternak ikan lele sering dijumpai di pedesaan. Agar bisnis kuliner pecel lele berkembang, carilah penjual lele  dan lakukan kerjasama dengan penjual lele agar bisa mendapatkan stok bahan ikan dan bisa mendapatkan potongan harga dengan kualitas terbaik.

3. Ayam Goreng Krispi

Ayam Goreng Krispi

Ide jualan makanan yang laris  berikutnya yaitu menjual ayam goreng krispi  karena rasa penasaran mengenai ayam krispi sering datang dari warga di pedesaan. Jika berjualan ayam krispi sebaiknya tentukan harga yang tidak mahal, jangan sesuaikan harga ayam krispi di kota. Buatlah ayam krispi versi rumahan dengan bumbu spesial racikan Anda. 

4. Jualan Aneka Jenis Sayur Masak

Jenis Sayur Masak

Jualan makanan yang laris  berikutnya yaitu berjualan sayur bisa juga Anda lakukan jika ingin berjualan  atau pedesaan. Sayur yang dijual yaitu sudah dimasak dengan bumbu racikan. Bagi Anda yang ingin berjualan sayur masak, berikut daftar sayur jadi yang bisa Anda jual dikampung:

  • Tumis Kangkung
  • Acar Kuning
  • Sayur Sop
  • Sayur Asam
  • Gulai Nangka
  • Oseng Kacang Panjang
  • Sayur Tahu
  • Tempe Orek
  • Kering Tempe
  • Terong Balado

Jika ingin berjualan sayur masak, coba dengan cara mendirikan warteg atau bisa juga berjualan keliling supaya lebih dikenal oleh masyarakat sekitar. Potensi bisnis  sangat tinggi untuk sayur masak karena biasanya Ibu rumah tangga akan sering berlangganan jualan sayur masak karena ada saja kesibukan yang mereka lakukan sehingga tidak sempat memasak.

5. Jualan Lauk Masak

Jualan Lauk Masak

Selain berjualan sayur masak, bisa juga Anda berjualan lauk masak untuk menambah pembeli. Sayur dan lauk merupakan makanan yang sulit dipisahkan dalam makanan.


Berikut beberapa makanan lauk yang bisa dijual :

  • Telur Balado
  • Sambal Ikan Tongkol
  • Ikan Nila Goreng
  • Ayam Goreng
  • Telur Dadar
  • Sambal Ati Ampela Ayam

Sebaiknya baca juga: Ide Usaha Makanan Yang Bisa Dititipkan di Warung

6. Jualan Cemilan yang Laris

Jualan Cemilan yang Laris

Berjualan cemilan dapat Anda lakukan jika ingin berjualan , mengkonsumsi cemilan merupakan hal biasa bagi masyarakat terlebih jika berasal dari kalangan anak-anak dan remaja sangat suka cemilan. Cemilan yang bisa dijual dan laku  yaitu Gorengan seperti tahu isi, bakwan, ubi goreng, donat, keripik dan lainnya.

7. Ide Jualan Makanan Kekinian

Ide Jualan Makanan Kekinian

Ada berbagai makanan kekinian atau jualan terkenal saat ini yang bisa dijual  seperti makanan sosis bakar, salad buah, seblak dan es buah. Dengan membutuhkan modal kecil, Anda bisa membangun usaha jualan makanan kekinian dan ramai pembeli.

8. Nasi Bungkus

Nasi Bungkus

Siapa yang tidak kenal dengan nasi bungkus seperti nasi kuning dan nasi putih yang di isi dengan berbagai macam lauk. Berjualan nasi bungkus tentunya akan disambut hangat oleh penduduk desa. Sudah banyak warung yang menyediakan jualan khusus nasi kuning dan mendapatkan keuntungan banyak.

9. Nasi Goreng

Nasi Goreng

Selain nasi bungkus seperti nasi kuning. Anda juga bisa menjual nasi goreng spesial buatan sendiri dan tidak memerlukan modal besar karena bumbu yang dibutuhkan juga cukup murah.

10.  Gado-Gado

Gado-Gado

Tidak lengkap jika Anda menjual nasi goreng tanpa ada kuliner gado-gado, kedua makanan ini tidak terpisahkan jika dijual di warung dan termasuk dalam konsep jualan makanan yang laris manis . Modal yan dibuthkan untuk membuat gado-gado juga tidak banyak karena bahan khusus yang dipakai cukup murah seperti nasi dan sayur-sayuran beserta bumbu kacangnya.

Tips Sukses Berjualan Makanan 

Setelah menemukan jenis jualan yang cocok dijual , maka ketahui juga tips berjualan agar ramai pembeli dan supaya bisnismu ini bisa berkembang. berikut beberapa tipsnya:

  • Menyiapkan Modal Awal

Dalam berjualan makanan tentu kita harus mempunyai uang untuk membeli bahan pokok memasak makanan. Siapkan modal awal yang cukup untuk keperluan jualan dengan cara menentukan jenis makanan apa yang dijual kemudian catat segala kebutuhan dan harga bahan pokoknya.

  • Menentukan Lokasi Jualan

Setelah menyiapkan modal untuk berjualan, maka selanjutnya kita harus mencari lokasi jualan agar bisa berjualan . Carilah lokasi jualan  yang banyak rumah dibangun disekitar lokasi berjualan karena kunci sukses jualan makanan yang laris  terdapat pada pembeli yang berada disekitar kampung. Usahakan jangan jauh dari pemukiman pedesaan supaya mereka dapat dengan mudah mengetahui lokasi Anda berjualan.

  • Menyebarkan Informasi

Pada saat warung atau rumah makan sudah jadi dan masih baru, sebaiknya seringlah menyebarkan informasi usaha daganganmu dengan cara memberitahukan kepada penduduk desa bahwa Anda sedang berjualan makanan, bisa juga memberitahukannya kepada kepala desa dan nantinya akan mengumumkannya kepada penduduk desa.


Penutup

Itulah daftar makanan yang cocok dijual  dan ramai pembeli. Silakan buat dagangan laku terjual dengan cara menerapkan tips berjualan agar ramai pembeli. Semoga informasi ini bermanfaat bagi usaha Anda. Sekian & Terimakasih.

Sebaiknya baca juga: Cara Sukses Berdagang Makanan Bagi Pemula

Posting Komentar untuk "10 Jenis Jualan Makanan Yang Laris Dengan Modal Kecil"