Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sukses Bisnis Kerupuk Seribuan Dengan Modal Kecil

Daftar Isi [Tampil]

 

Bisnis Kerupuk Seribuan

Mau usaha jualan kerupuk? Perlu Anda ketahui bahwa kerupuk merupakan salah satu makanan yang dikeringkan dan terbuat dari bahan yang sudah dipilih dan mengandung pati cukup besar. 

Alasan kerupuk menjadi makanan terkenal dan favorit di masyarakat yaitu kerupuk bisa di kombinasikan dengan jenis makanan apapun seperti makanan berlemak mie ayam dan bakso.

Bahan kerupuk terbuat dari tepung dengan di proses secara baik, adapun jenis kerupuk yang terkenal seperti kerupuk udang, ikan, singkong dan variasi kerupuk lainnya. Anda bisa menjual kerupuk seribuan yang disukai banyak orang terutama anak-anak.


Peluang bisnis kerupuk sangat menguntungkan karena disukai masyarakat dan harganya cukup murah sehingga kalangan anak-anak dapat membeli kerupuk dari uang jajan mereka.

Bagaimana cara menjalankan usaha jualan kerupuk? Cara yang harus Anda siapkan yaitu modal awal untuk membeli peralatan masak dan bahan pokok pembuatan kerupuk.

Pangsa pasar membuat bisnis kerupuk menjadi sangat menjanjikan untuk berjualan. Dalam bisnis kerupuk sebaiknya pelajari hal-hal yang berkaitan dengan kerupuk seperti aneka jenis kerupuk dan harga jualan kerupuk. 

Ingin berjualan kerupuk? berikut saya berikan cara sukses bisnis kerupuk seribuan dengan modal kecil sebagai berikut:

Peluang Usaha Jualan Kerupuk

Peluang usaha untuk kerupuk terdapat pada kerupuk yang dibuat dan harga dari kerupuk tersebut sesuai dengan kantong masyarakat. Jika Anda berjualan kerupuk dengan harga cukup mahal dan kualitas kerupuk tidak baik maka akan sulit mendapatkan keuntungan berjualan kerupuk. 

Peluang dari usaha berjualan kerupuk masih tetap terbuka lebar bagi Anda yang serius menekuni bisnis jualan kerupuk.

Prospek Kerja Usaha Kerupuk

Mengenai bisnis jualan kerupuk dapat kita lihat bahwa sudah banyak orang menjalani usaha kerupuk karena mereka mendapatkan keuntungan cukup baik karena minat masyarakat akan kebutuhan kerupuk sangat besar. 

Maka dari itu jangan malu berjualan kerupuk karena jika serius menjalani usaha kerupuk suatu saat bisa mendapatkan penghasilan lebih besar dibanding gaji pegawai.

Cara Memulai Bisnis Kerupuk

Setiap usaha yang dimulai terkadang kita akan dihadapi rintangan sulit dan mudah. Untuk bisnis jualan kerupuk bisa dimulai dengan langkah mudah, caranya yaitu mulailah usaha kerupuk skala kecil seperti berjualan kerupuk rumahan.


Pilih jenis kerupuk yang disukai banyak orang kemudian silakan jual di warung Anda.

Menjadi Pebisnis Kerupuk

Semua kalangan masyarakat sangat bisa menekuni usaha kerupuk dengan catatan menyiapkan modal awal usaha kerupuk. 

Bagi kalian yang ingin bisnis kerupuk cukup mudah karena proses pembuatan tidak rumit dan kebutuhan kerupuk di pasaran sangat besar sehingga keuntungan didapat cukup memuaskan.

Konsumen Usaha Kerupuk

Mencari pelanggan untuk usaha kerupuk sangat mudah, Anda cukup memasarkan produk jualan kerupuk di sekitar lingkungan yang mudah di lihat masyarakat. Konsumen yang datangpun bisa berbagai kalangan usia seperti anak-anak hingga orang tua.

Bahan Pokok Bisnis Kerupuk

Tentunya jika ingin membuat kerupuk wajib menyiapkan bahan pembuatan kerupuk, kita akan memerlukan bahan baku untuk pembuatan kerupuk. 

Untuk menghasilkan kerupuk berkualitas dan di sukai konsumen maka sebaiknya persiapkan bahan pokok yang baik seperti tepung tapioka berkualitas, tepung sagu dan bahan lainnya.

Mempersiapkan Peralatan Usaha Kerupuk

Anda ingin menjalankan usaha kerupuk namun belum memiliki perlengkapan jualan? Sebaiknya mulai saat ini silakan catat apa saja kebutuhan alat yang akan dipakai untuk membuat kerupuk seperti kompor gas, mesin pengaduk, mesin giling, mesin pengering kerupuk dan beberapa mesin lainnya.


Jangan lupa juga siapkan alat dapur misalnya panci, timbangan makanan, pisau dan alat dapur pendukung lainnya. Jika sudah mempersiapkan peralatan maka Anda sudah siap membuka usaha kerupuk.

Menentukan Lokasi Berjualan Kerupuk

Setelah selesai menyiapkan modal dan perlengkapan usaha kerupuk, maka langkah selanjutnya yaitu mencari lokasi strategis berjualan kerupuk. Carilah lokasi yang ramai dan dapat di jangkau banyak orang. 

Silakan buat kios atau warung berjualan, jika belum bisa membuat kios maka cara lain bagusnya jika menitipkan produk kerupuk ke toko, warung dan tempat usaha lainnya.

Sebaiknya baca juga: 7 Ide Makanan Untuk Usaha Kecil Kecilan Modal Kecil

Mempekerjakan Karyawan

Mempunyai toko maupun usaha lainnya biasanya akan membutuhkan karyawan untuk membantu Anda mengelola bisnis nantinya. Jika baru pertama kali dan masih kecil usaha kerupuk maka jumlah karyawan sebaiknya satu atau dua orang saja sehingga tidak membebanimu dalam memberikan gaji karyawan. 

Mempekerjakan karyawan juga termasuk dalam meningkatkan peluang untuk usaha kerupuk karena akan membantu pengelolaan usaha kedepannya.

Harga Jualan Kerupuk

Menjalankan usaha kerupuk sebaiknya siapkan harga terlebih dahulu, Untuk harga kerupuk di pasaran silakan sesuaikan dengan wilayah masing-masing. 

Cara jualan kerupuk bagus jika dibuat dalam kemasan sendiri dan harga bisa di atur mulai Rp5000 hingga Rp10.000. Buatlah variasi jenis kerupuk agar bisa memberikan ketertarikan masyarakat mengenai produk kerupuk yang dipasarkan.

Mempersiapkan Strategi Jualan Kerupuk

Salah satu cara mendapatkan pelanggan banyak dan usaha kerupuk dikenal banyak orang yaitu menerapkan strategi promosi dengan benar. Buatlah kerupuk dengan bumbu enak agar banyak yang membeli daganganmu. 

ntuk cara promosi kerupuk bisa dilakukan dengan cara membuat alat media promosi seperti spanduk yang dipasang di depan toko atau rumah sehingga mereka yang mencari kerupuk dapat melihat jualan Anda. 

Untuk promosi secara online dengan cara memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram, silakan upload kerupuk dan berikan deskripsi jualan dan alamat toko.

Keuntungan Usaha Kerupuk

Keuntungan berjualan kerupuk yaitu bahan digunakan mudah didapat dan murah sehingga tidak mengeluarkan banyak uang. Proses pembuatan kerupuk juga terbilang cukup mudah dan makanan kerupuk cukup dikenal banyak orang sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk promosikan jualan. 

Jadi sudah siapkah usaha olahan kerupuk Anda? Sebaiknya ketahui juga kekurangannya dibawah ini.

Kekurangan usaha kerupuk

Kekurangan dan resiko usaha kerupuk terdapat pada persaingan di lapangan, sudah banyak pengusaha kerupuk berjualan dan memiliki nama besar di masyarakat. 

Jika Anda baru mendirikan usaha tentunya masih harus menyesuaikan dengan kalangan banyak orang.


Untuk bisa bersaing dengan pengusaha kerupuk maka sebaiknya buatlah kerupuk dengan tampilan unik dan rasa yang enak sehingga menjadi cemilan kerupuk favorit banyak orang.

Cara Jualan Kerupuk Keliling

Untuk cara berjualan kerupuk keliling yaitu dengan cara menyiapkan kendaraan roda dua atau roda empat kemudian pilihlah jenis kerupuk yang murah dan ramai pembeli. 

Untuk lokasi jualan kerupuk keliling, silakan telusuri lorong-lorong perumahan dan daerah yang banyak pemukiman agar bisa menjangkau banyak orang.

Cara Memasarkan Kerupuk Ke Warung-Warung

Jika Anda sulit berjualan kerupuk keliling maka cara lainnya yaitu menitipkan jualan kerupuk ke pemilik warung yang sudah dipercaya, silakan tentukan harga jualan dan bagi hasil dari pemilik warung sesuai kesepakatan. 

Untuk jenis warung yang cocok untuk memasarkan kerupuk yaitu warung makan dan warung jajanan berupa makanan ringan.

Kunci Sukses Usaha Kerupuk

Untuk kunci keberhasilan usaha kerupuk yaitu memiliki visi dan misi yang jelas dan sudah di tetapkan, pantang menyerah, jangan takut berusaha mencoba dan siap menghadapi segala ancaman seperti masalah keuangan dan sebagainya.

Penutup

Mengapa ada beberapa pengusaha kerupuk mendapatkan untung 30 juta per bulan dan ada juga sedikit mendapatkan keuntungan per bulan? Itu karena mereka menerapkan cara sukses berjualan kerupuk seperti yang sudah saya jelaskan di atas. 

Jangan menyerah dan pelajari usaha Anda agar bisa bersaing dengan pengusaha kerupuk lainnya. Sekian & Terimakasih.

Sebaiknya baca juga: Cara Memulai Usaha Kuliner Bagi Pemula

Posting Komentar untuk "Cara Sukses Bisnis Kerupuk Seribuan Dengan Modal Kecil"