Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka Usaha Kecil Kecilan Yang Menguntungkan

Daftar Isi [Tampil]

 

Begini Cara Membuka Usaha Kecil Kecilan Yang Menguntungkan

Anda berniat membuka usaha? Sebelum mengelola usaha ada baiknya bila melakukan riset mengenai jenis usaha yang akan di jalankan. Sering kita lihat banyak pengusaha – pengusaha sukses meraup untung besar dan bisnisnya bisa bertahan sangat lama.

Namun ada beberapa dari mereka yang gagal dalam membuka usaha sehingga mengalami kebangkrutan. Itulah mengapa pentingnya mengetahui cara membuka usaha yang benar agar terhindar dari kerugian.


Bagi Anda yang memiliki modal kecil dan masih pemula sebaiknya mulailah usaha skala kecil. Jika tertarik mengelola usaha maka berikut akan saya berikan cara membuka usaha kecil kecilan yang menguntungkan.

Cara Membuka Usaha Kecil – Kecilan

1. Tentukan Jenis Usaha

Membuka usaha berarti menyediakan barang atau produk yang akan di jual. Silakan tentukan terlebih dahulu usaha skala kecil seperti apa yang bisa Anda kelola, misalnya usaha kuliner, bisnis online, usaha rumah makan dan sebagainya.

Untuk cara menentukan jenis usaha yaitu melakukan riset target pasar, yang dimaksud dengan target pasar ialah siapa sasaran pelanggan yang sedang di incar. 

Apakah konsumen nantinya berasal dari anak-anak sekolah, pekerja kantoran atau umum yang berarti semua kalangan.

Jika Anda membuka usaha warung makan maka sasaran pelangganmu ialah semua kalangan masyarakat namun jika usahamu mengenai bisnis online seperti jual beli baju online maka konsumenmu akan berasal dari kalangan anak muda hingga orang tua.

Jika bingung cara memilih jenis usaha kecil kecilan. Silakan baca artikel ini jenis usaha kecil kecilan untuk pemula yang menguntungkan.

2. Menentukan Lokasi Usaha

Setelah selesai memilih ide usaha kecil kecilan saatnya menentukan dimana akan berjualan. Apakah akan membangun warung makan, toko atau Anda ingin membuka bisnis online tanpa perlu menyewa lokasi.

Carilah lokasi yang dekat dengan konsumen yang ditargetkan. Sebagai contoh ingin berjualan makanan untuk anak sekolahan jadi usahakan lokasi Anda berjualan berada dekat dengan lingkungan sekolah sehingga mempermudah anak sekolah membeli jualan.

Bagi Anda yang ingin berjualan makanan ringan untuk anak sekolah ada bagusnya jika baca artikel ini jajanan anak sekolah dengan modal kecil untung besar.

3. Sesuaikan Usaha Dengan Minat & Keahlian

Perlu Anda ketahui setelah mendapatkan ide usaha dan lokasi usaha yang strategis, akan muncul pertanyaan dalam dirimu apakah usaha yang dipilih sesuai dengan keahlian saya?

Semua orang bisa membuka bisnis modal kecil namun tidak banyak dari mereka yang bisa bertahan mengelola usahanya menjadi besar dan menjanjikan. 

Jika membuka usaha sebaiknya pastikan bahwa memiliki keahlian di bidang tersebut dan betul-betul minat dalam mengembangkannya menjadi usaha kecil kecilan dari modal kecil untung besar. 

4. Mempersiapkan Modal Awal Usaha

Memiliki niat membuka usaha kecil kecilan berarti Anda sudah menyiapkan modal awal usaha. Jika belum sebaiknya siapkan terlebih dahulu berdasarkan jenis usaha yang akan dikelola.


Jika memiliki ide usaha namun belum bisa menyiapkan modal usahanya, jangan sekali-kali melakukan pinjaman di bank atau orang lain karena Anda belum mendapatkan penghasilan dari usahamu.

Baca juga : Makanan Untuk Usaha Kecil Kecilan Serba 1000 Dan 2000

Sebaiknya sabar saja menabung dari pada harus mengambil pinjaman yang akan memberatkan Anda nantinya saat membayar hutangmu, apa lagi belum diketahui nantinya usahamu akan cepat berhasil.

5. Manfaatkan Perlengkapan Seadanya

Membuka usaha baru bukan berarti membeli peralatan yang baru juga. Jika ada perlengkapan yang sudah ada dan masih bagus sebaiknya gunakan saja untuk sementara. Supaya mengurangi pengeluaran modal awal usaha.

6. Mencari Tahu Siapa Pesaing Anda

Cara membuka usaha kecil kecilan yang terakhir adalah mengetahui siapa pesaingmu. Semua usaha maupun bisnis memiliki pesaing yang cukup berat apalagi jika usaha masih baru.

Anda akan berhadapan dengan pengusaha sukses yang mengelola usaha yang besar. Agar bisa bersaing dengan mereka, caranya cukup mudah yaitu amati apa yang dia tawarkan, seperti apa produk jualannya dan kelebihan maupun kekurangan usahanya Anda harus tahu.

Setelah mengetahuinya silakan buat produk usahamu memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh sainganmu, rajinlah memberikan diskon atau potongan harga kepada konsumen agar tertarik membeli dagangan, jika berjualan makanan berikan rasa masakan yang enak dengan harga makanan bisa di jangkau oleh masyarakat.

Cara Sukses Usaha Kecil Kecilan

Membuka usaha terkadang harus mengeluarkan modal yang besar namun Anda bisa menciptakan peluang usaha dengan modal kecil dengan cara mencari peluang usaha tersebut. Ada beberapa pengusaha sukses memulai usahanya dari usaha kecil seperti pebisnis keripik.


Awalnya mereka berjualan keripik dengan cara memasarkan produknya di beberapa warung kecil kecilan, setelah keripiknya laris di warung tersebut dan mendapatkan modal cukup.

Mereka kemudian memasarkan keripiknya dengan cara menjualnya secara online, proses jual beli sudah sering dilakukan secara online memanfaatkan media sosial mereka bisa mendapatkan pembeli sangat banyak dan meraup untuk cukup besar tanpa perlu menyewah lokasi dan membangun toko.

Anda bisa seperti pebisnis keripik dengan memulainya dari usaha kecil kecilan, asalkan paham cara membuka usaha seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Anda bisa berhasil jika rajin belajar dan tidak mudah menyerah membuka usaha.

Penutup

Itulah beberapa cara sukses usaha kecil kecilan silakan pelajari artikel ini supaya Anda paham mengenai cara membuka usaha dari modal kecil bisa untung besar yaitu dengan cara memilih usaha, lokasi usaha, menyiapkan modal dan sebagainya.

Perlu Anda ketahui bahwa suatu usaha atau bisnis akan berhasil jika benar-benar niat dan konsisten dalam membangun bisnis kedepannya. Untuk informasi usaha silakan sering berkunjung di situs ini karena akan sering update informasi seputar usaha maupun bisnis.

Baca Juga: Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Yang Menjanjikan

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Usaha Kecil Kecilan Yang Menguntungkan"