Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Bisnis Katering Dengan Modal Kecil dan Untung Besar

Daftar Isi [Tampil]

 

Bisnis Katering Dengan Modal Kecil

Berminat bisnis katering? Sebaiknya ketahui cara memulai bisnis katering dengan modal kecil sebagai berikut. Bisnis katering adalah usaha kuliner yang melayani pemesanan dengan berbagai macam masakan dan minuman, biasanya orang memesan katering untuk keperluan pesta dan penunjang kebutuhan makanan instansi.


Sudah banyak pengusaha katering melayani kebutuhan masyarakat dan mendapatkan keuntungan cukup besar. Untuk membangun usaha katering sebaiknya Anda harus jago memasak dan mempunyai karyawan agar bisa membantu pekerjaan memasak.

Untuk membangun usaha katering tentunya akan mendapatkan berbagai macam rintangan dan ujian dari pelanggan yang memakan masakan Anda. Maka dari itu buatlah langkah awal usaha katering menjadi berkembang, berikut ini saya akan memberikan tips cara memulai usaha katering rumahan dengan modal kecil dan untung besar.

1. Menentukan Usaha Katering

Memulai usaha katering dengan modal kecil sebaiknya terlebih dahulu tentukan jenis katering yang akan di jalankan, karena jenis usaha katering akan memerlukan modal yang berbeda , maka sebaiknya pilihlah katering yang akan dijalankan. 

A. Katering Pesta

Katering Pesta

Katering pesta adalah jenis katering khusus untuk pesanan makanan dan minuman kegiatan pesta, mulai dari kegiatan pesta pernikahan, ulang tahun dan sebagainya.

Berniat membuat usaha katering pesta sebaiknya lakukan perencanaan matang karena bisnis katering pesta merupakan bisnis katering skala besar, jadi siapkan makanan dengan porsi skala besar sesuai dengan jumlah tamu undangan pesta. Modal awal yang dibutuhkan usaha katering pesta Rp.7000.000.

B. Katering Perusahaan/Kantoran

Katering Perusahaan/Kantoran

Usaha katering kedua yaitu katering perusahaan merupakan katering khusus untuk instansi dan perusahaan yang menyediakan makanan untuk karyawan mereka di kantor. Penyedian katering kantoran dengan cara dihidangkan dalam bentuk nasi kotak atau bisa juga dalam bentuk prasmanan.

Perusahaan tentunya memesan katering untuk keperluan makan siang karyawan dan kebutuhan rapat. Untuk modal awal katering perusahaan yaitu Rp.5000.000.

C. Katering untuk Sekolahan

Katering untuk Sekolahan

Usaha katering untuk anak-anak yaitu katering anak sekolahan dan menjadi tantangan untuk menyediakan makanan yang layak untuk dimakan anak-anak sekolah. Seperti yang diketahui anak yang lanjut usia tentu sangat membutuhkan gizi dan nutrisi yang cukup. Maka sebaiknya sediakan katering makanan bergizi. 

Keuntungan berjualan katering sekolahan yaitu kita tidak usah memperkerjakan karyawan karena pesanan katering biasanya tidak terlalu banyak dan pengiriman makanan juga dalam bentuk box, jadi yang menyiapkan makanan ke siswa yaitu pihak sekolah.

Sebaiknya baca juga : Cara Memulai Usaha Kuliner Dari Awal

D. Katering Rumahan

Katering Rumahan

Jika Anda berminat membangun bisnis katering rumahan, sebaiknya ketahui seperti apa bisnis katering rumahan? Katering rumahan adalah salah satu katering yang melayani pesanan yang datang dari pesanan anak kos, karyawan, pesanan prasmanan, dan kegiatan lainnya.


Biasanya pesanan katering rumahan dibuat dalam bentuk kemasan nasi box dan nasi bungkus. Modal awal yang dikeluarkan untuk usaha katering rumahan tidak terlalu besar sekitar Rp.6000.000.

Setelah selesai menentukan jenis-jenis usaha katering, silakan buat katering sesuai kemampuan dan modal, untuk menambah wawasan mengenai usaha kuliner sebaiknya baca artikel ini Cara Memulai Usaha Makanan Bagi Pemula.

2. Menentukan Nama Brand

Membuat nama brand untuk usaha katering bisa Anda coba sebelum menjalankan usaha. Bagusnya jika menentukan nama brand setelah selesai menentukan jenis bisnis katering yang akan dijalankan. 

Untuk tips memilih nama brand katering yaitu gunakan nama brand yang gampang di ingat dan berhubungan dengan jenis katering. Setelah nama brand sudah ada maka langkah selanjutnya pembuatan logo untuk nama brand, sehingga brand Anda mempunyai logo yang bisa di kenal masyarakat.

3. Mencari Pemasok Murah dan Berkualitas

Fungsi supplier atau sering disebut pemasok bahan baku untuk katering adalah pihak perusahaan yang memasok bahan mentah ke Anda untuk kebutuhan memasak. Karena jika mendirikan bisnis katering maka harus mencari pemasok bahan makanan untuk keperluan masak karena pesanan makanan akan membutuhkan katering dengan porsi besar. Carilah toko penyedia bahan makanan murah dam berkualitas.

4. Menyiapkan Modal Usaha

Membangun usaha katering maka Anda harus menyediakan modal untuk usaha katering. Mempersiapkan modal usaha katering harus disesuaikan dengan bisnis katering yang sudah ditentukan. Jika ingin menggunakan modal banyak maka usahakan mendapatkan keuntungan memuaskan.

Jika usaha katering ingin kecil-kecilan karena modal usaha masih kecil maka sebaiknya buatlah makanan yang murah laris dijual. Tapi perhatikan bahwa modal yang dipakai untuk usaha harus sesuai keuntungan yaitu memuaskan. Untuk modal awal usaha katering sekitar Rp7000.000.

5. Melakukan Promosi

Setelah menjalani usaha katering, saatnya memperkenalkan bisnis katering dengan cara memrpromosikan lokasi dan menu makanan katering kepada masyarakat supaya mereka dapat memesan jasa katering Anda. Ada berbagai cara promosikan katering seperti menyebarkan brosur katering dan juga memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Caranya cukup mudah silakan buat akun medsos lalu mengupload foto makanan dan memberikan deskripsi mengenai lokasi jualan dan jenis makanan katering Anda.

6. Memperhatikan Rasa Makanan

Rasa makanan sangat penting dalam memasak, apa lagi jika masakan Anda akan diperjual belikan kepada masyarakat. Jika ingin mendapatkan omzet memuaskan dan mendapatkan klien banyak maka sebaiknya berikan masakan yang enak bagi pelanggan.


Perhatikan kualitas makanan yang akan dipasarkan seperti makanan disajikan harus enak, bergizi dan sesuai harga yang diberikan. Terlebih jika makanan katering dibuat memiliki rasa yang spesial dan khas bagi usaha katering sehingga memiliki keunikan tersendiri.

7. Memberikan Pelayanan yang Baik

Memberikan pelayan yang baik merupakan komunikasi kepada pelanggan. Jika Anda memberikan pelayanan buruk maka pelanggan tidak akan membeli katering Anda.

Jangan hanya fokus ke produk usaha saja namun fokuslah juga kepada pelayanan yang diberikan supaya pelanggan akan nyaman berlangganan. Karena jika pelanggan membeli makanan kita maka menutup kemungkinan mereka akan memesan lagi karena kita memberikan pelayanan yang baik dan masakan yang enak.

Sebaiknya baca juga : Ide Bisnis Snack Kekinian

8. Pembukuan Berkala

Melakukan penyimpanan data usaha katering sangat penting atau biasa disebut pembukuan berkala usaha untung dan rugi. Seperti setiap informasi transaksi harus di catat semuanya agar memudahkan karyawan dan Anda melakukan auditing perusahaan pada saat dan setelah bisnis katering berjalan.


Banyak sekali ditemui pengusaha pemula mengabaikan pembukuan yang dapat mengakibatkan kondisi keuangan tidak diketahui karena tidak tercatat yang mengakibatkan kerugian usaha. Selain memakai buku untuk pembukuan, Anda bisa juga

memakai aplikasi Android untuk menyimpan informasi keuangan seperti memakai aplikasi BukuWarung yang dapat menyimpan data penting usaha katering.

9. Memiliki Pengalaman Memasak

Yang terakhir untuk tips memulai bisnis katering yaitu mahir memasak makanan, mendirikan usaha kuliner sebaiknya harus pintar masak karena Anda akan berhadapan berbagai macam pesanan dari pelanggan seperti makanan katering khusus prasmanan, begitupun juga jika mempekerjakan karyawan, wajib mahir memasak berbagai jenis masakan agar bisa membantumu memasak.

10. Cari Pengalaman Sebelumnya

Anda yang ingin memulai usaha katering, pastinya pernah memiliki pengalaman di bidang yang sama dengan katering atau minimal mahir memasak. Seperti pernah bekerja di tempat salah satu usaha katering yang sudah terkenal dan berhasil.

Pengalaman memasak juga merupakan tips untuk memulai  usaha makanan dengan modal kecil karena kita tidak perlu menyediakan karyawan masak karena Anda sendiri sudah mahir memasak.

Cara Mudah Menghitung Keuntungan Bisnis Catering

Setelah mengetahui cara memulai bisnis katering, ada bagusnya juga jika Anda belajar cara menghitung keuntungan jualan makanan sebagai berikut:

Contoh pesanan untuk kegiatan kecil

Pemasukan per pesanan:

Snack: 250 x Rp. 6.000,00 = Rp. 1.250.000

Nasi: box: 250 x Rp. 15. 000 = Rp. 3.500.000

Total pemasukan: Rp. 4.750.000

Pengeluaran per pesanan:

Belanja bahan baku snack: Rp. 550.000

Belanja bahan baku nasi box: Rp. 1.500.000

Biaya operasional: Rp. 500.000

Komisi marketing: 5% x Rp. 4.750.000 = Rp. 237.000

Total pengeluaran: Rp. 2.550.000

Keuntungan per pesanan:

Laba bersih per pesanan: Rp. 4.750.000 – Rp. 2.550.000 = Rp. 2.200.000

Estimasi 1 bulan 6x pesanan

Pemasukan per bulan:

Pemasukan: Rp. 2.200.000 x 5 kali = Rp. 11.000.000

Pengeluaran per bulan:

Bensin untuk karyawan: Rp. 10.000 x 25 hari = Rp. 250.000

Perawatan motor: Rp. 300.000

Uang makan: Rp. 15.000 x 30 hari = Rp. 450.000

Bonus target bulanan: Rp. 100.000

Biaya internet marketing: Rp. 250.000

Biaya sewa ruko: Rp. 1.000.000

Total pengeluaran: Rp. 1.100.000

Keuntungan per bulan: 

Laba bersih per bulan: Rp. 11.000.000 – Rp. 1.100.000 = Rp. 9.900.000

Itulah pengelolaan keuangan usaha katering perbulan. Jadi keuntungan  perbulan dalam bisnis katering yaitu Rp. 9.900.000. Cukup besar keuntungan yang didapat ya kan. Jangan ragu untuk membangun usaha apapun karena suatu saat pasti akan ada hasil yang didapat. Jadi tunggu apa lagi, silakan jadi pelaku bisnis usaha katering agar bisa mendapatkan keuntungan dari hobi memasak.

Penutup

Itulah artikel membahas cara memulai bisnis katering dengan modal kecil dan untung besar, semoga bermanfaat dan silakan bagikan artikel ini agar bermanfaat kepada pengusaha katering lainnya. Sekian & Terimakasih.

Sebaiknya baca juga : Cara Sukses Berdagang Makanan Untuk Pemula

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Bisnis Katering Dengan Modal Kecil dan Untung Besar"