Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Memulai Usaha Kuliner Kecil Kecilan di Rumah

Daftar Isi [Tampil]

 

7 Cara Memulai Usaha Kuliner Kecil Kecilan Di Rumah

Memulai usaha kuliner merupakan salah satu hobi memasak yang bisa mendapatkan keuntungan. Jika Anda mahir memasak makanan ada bagus jika membuka warung atau rumah makan. 

Namun terkadang kita berpikir mengenai modal usaha kuliner seperti biaya sewa tempat dan biaya bangun rumah makan. Bagi Anda yang belum memiliki modal banyak maka ada bagusnya memulai usaha kuliner kecil kecilan.


Ada berbagai macam makanan untuk usaha kecil kecilan yang bisa Anda masak, dengan bahan yang mudah didapat dan harga yang murah, makanan apapun akan terasa enak jika mahir memasak.

Berminat memulai usaha kuliner skala kecil? Berikut akan saya berikan 7 cara memulai usaha kuliner kecil kecilan yang bisa Anda coba dirumah.

1. Menentukan Jenis Makanan

Memilih makanan untuk usaha kecil kecilan adalah hal pertama yang harus diketahui. Pilihlah jenis usaha makanan unik dan kreatif. Anda dapat membuat makanan yang disukai sehingga lebih bersemangat dalam menjalani bisnis kuliner.

Ada beberapa usaha makanan paling laris saat ini seperti warung makan tradisional, aneka minuman dingin, berjualan gorengan dan toko kue atau roti. Silakan pilih salah satu usaha kuliner dan mulailah berbisnis.

2. Mengetahui Target Pasar

Setelah selesai menentukan jenis kuliner apa yang akan di jalankan. Sekarang Anda bisa lanjut ke tahap menentukan siapa sasaran pembeli, apakah dari kalangan anak sekolah, mahasiswa dan pekerja kantoran.

Misalnya Anda ingin memulai bisnis makanan skala kecil seperti menjual makanan serba 5000 nantinya akan lebih menargetkan pembeli ke anak-anak dan mahasiswa yang memiliki uang jajan secukupnya.

Anda juga bisa menjalankan bisnis usaha makanan yang laris di pinggir jalan dengan cara menyediakan makanan yang disukai masyarakat mulai dari kue basah, nasi bungkus dan sebagainya.

Untuk tips usaha kuliner pinggir jalan yaitu menyediakan makanan murah dan cocok untuk dijadikan sarapan dan makan siang seperti nasi bungkus, gorengan dan ubi bakar.

3. Menentukan Lokasi Usaha Kuliner

Cara sukses usaha kecil kecilan berikutnya yaitu memilih lokasi bisnis kuliner yang dapat  di jangkau dengan mudah oleh target pasar yang sudah kita tentukan.

Untuk tips membuka usaha kecil kecilan misalnya usaha kuliner untuk anak sekolahan maka Anda harus berada dekat dengan sekolah sehingga para siswa bisa melihat dan mendekati bisnis kulinermu.

Anda juga bisa mencari lokasi yang sering di lewati banyak orang atau lokasi yang cukup ramai. jangan juga keluarkan modal banyak untuk lokasi yang tidak strategis, simpan sebagian modal yang dipunya untuk keperluan bahan makanan.

Strategi yang bisa dipakai jika belum punya modal yang cukup untuk sewa lahan adalah menitipkan jualan kepada pemilik warung yang bisa di percaya dan mau di ajak bekerjasama.

Sebaiknya baca juga : 10 Jenis Usaha Kuliner Yang Paling Laku

4. Modal Usaha Kuliner

Berbicara mengenai modal untuk bisnis kuliner cukup penting karena kita tidak bisa menjalani bisnis apapun jika modal yang kita punya tidak cukup atau bahkan tidak ada sama sekali.

Maka dari itu mulailah menabung untuk usaha kecil kecilan dirumah yang menguntungkan, jika usaha kuliner yang Anda lakukan di rumah sudah berhasil dan mendapatkan penghasilan memuaskan.


Selanjutnya mulailah berbisnis makanan dengan cara menyewa lahan dan membuat warung maupun rumah makan agar bisa menarik banyak pembeli.

Agar menarik banyak pembeli silakan mulai bisnis makanan online seperti sering mempromosikan usaha kuliner dengan cara menyebarkan menu makanan beserta lokasi jualan melalui media sosial atau Anda juga bisa membuat alat media promosi seperti spanduk untuk di pajang di depan warung.

5. Mengurus Izin Mendirikan Usaha

Jika sudah memiliki bangunan dan lokasi usaha kuliner, sudah saatnya Anda mengurus surat izin usaha dari pemerintahan atau pihak yang berwajib. 

Mengurus nomor pokok wajib pajak (NPWP) merupakan cara mengembangkan usaha kuliner karena sangat penting agar usahamu dapat dipercaya oleh masyarakat dan pemerintah. 

Karena Anda berjualan makanan jangan lupa urus juga sertifikasi makanan halal di Majelis Ulama Indonesia (MUI).

6. Desain Produk Jualan

Jangan sepelekan desain produk untuk jualan, cara seperti ini dapat menentukan minat dan ketertarikan masyarakat mengenai usaha kuliner yang dikelola. Misalnya pemilihan bahan makanan, harga jualan, rasa makanan dan kemasan untuk makanan ringan.

Buatlah aneka jenis kuliner yang bisa disukai banyak orang dan sebaiknya berikan harga yang tidak terlalu mahal karena memberikan harga mahal dengan kualitas makanan tidak bagus dapat memberikan dampak buruk dari usaha kuliner Anda.

Anda bisa menaikkan harga menu makananmu jika sudah banyak yang beli dan cukup laku, naikkan sedikit demi sedikit dengan memberikan peningkatan kualitas rasa dan produk makanan.

7. Pekerjakan Karyawan

Cara terakhir dari memulai usaha kuliner kecil kecilan yaitu merekrut karyawan, disini Anda bisa mempekerjakan satu atau dua orang jika usaha kuliner sudah berhasil mendapatkan keuntungan memuaskan.

Meskipun mengeluarkan uang untuk gaji karyawan namun cara seperti ini dapat meningkatkan kualitas usaha karena jika bisnis sudah cukup besar dan banyak melayani pelanggan maka Anda akan kelelahan dan sulit untuk melayani mereka.


Namun jika memiliki partner kerja maka lelahmu akan berkurang dan bisa bekerja secara maksimal

Penutup

Itulah tahap demi tahap cara memulai usaha kuliner kecil kecilan, mulai dari usaha rumahan hingga membuat rumah makan ramai pembeli, silakan tentukan jenis kuliner seperti apa yang akan Anda jalankan dan semoga sukses kedepannya.

Posting Komentar untuk "7 Cara Memulai Usaha Kuliner Kecil Kecilan di Rumah"