Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Cara Memulai Usaha Kuliner Atau Makanan Dari Awal Bagi Pemula

Daftar Isi [Tampil]

 

15+ Cara Memulai Usaha Kuliner Atau Makanan Dari Awal Bagi Pemula

Memulai bisnis kuliner sudah tidak meragukan lagi karena banyak sekali usaha kuliner atau makanan yang berhasil meraup keuntungan besar. Mulai dari usaha kuliner kecil hingga menengah atas. Mengenai hal tersebut banyak orang bersiap mendirikan bisnis kuliner dan bersaing di pasaran.

Mengapa usaha kuliner atau makanan menjanjikan? Itu karena usaha jualan makanan merupakan kebutuhan pokok masyarakat mengenai makanan yang akan mereka konsumsi setiap hari. Jika mereka sulit mendapatkan warung makan, maka akan membuat masyarakat sulit mencari makanan.


Bagi Anda yang ingin memulai usaha kuliner maka sebaiknya ketahui 15 lebih tips memulai usaha kuliner atau makanan dari awal bagi pemula, agar nantinya sudah siap berjualan dan bersaing dengan pengusaha kuliner lainnya.

Cara Memulai Usaha Kuliner Atau Makanan Dari Awal Bagi Pemula

1. Tentukan Jenis Usaha Kuliner

Sebelum mendirikan bangunan untuk berjualan, ada baiknya jika Anda menentukan jenis usaha yang akan dijual. Untuk jenis usaha kuliner terkadang ada beberapa jualan yang hanya sebentar saja laris dijual seperti es jeruk yang ada pada saat musim jeruk. Sebaiknya hindari usaha kuliner yang mengikuti tren saja.

Karena lama kelamaan akan kurang peminat. Maka dari itu tentukan usaha kuliner yang dibutuhkan oleh masyarakat setiap harinya seperti makanan nasi bungkus dan aneka jenis minuman agar nantinya Anda akan selalu mendapatkan pelanggan setiap hari.

2. Ketahui Survei Pasar dan Potensi Bisnis

Melakukan survei mengenai lingkungan pasar merupakan hal wajib dalam mendirikan usaha agar kita tahu harga suatu jualan dan siapa pesaing yang akan kita hadapi untuk menarik pembeli. Maka dari itu lakukan survei pasar dan ketahui potensi bisnis.

3. Menyiapkan Modal Awal Usaha

Cara memulai usaha kuliner selanjutnya yaitu menyiapkan modal awal untuk berjualan makanan. Jika modal yang disediakan kecil maka sebaiknya buatlah usaha kuliner sesuai dengan modal yang Anda punya.

Untuk jenis usaha kuliner dengan modal kecil seperti nasi bungkus, minuman botol, gorengan dan sebagainya. Untuk tempat jualan bisa Anda bangun warung kecil saja untuk jualan makanan.

4. Menentukan Lokasi Jualan

Setelah mempunyai modal berjualan usaha kuliner, maka langkah selanjutnya yaitu memilih lokasi untuk menjual makanan, Pilihlah lokasi usaha kuliner agar bisa menarget pembeli banyak? carilah lokasi jualan yang ramai seperti lokasi dekat dengan sekolah dan perkantoran. Jika Anda berjualan disekitar situ maka target pasar akan tercapai.

5. Mempunyai Menu Spesial

Menjual berbagai macam kuliner merupakan hal yang bagus, namun jika memiliki menu jualan spesial yang sedikit orang jual maka dapat menambah kualitas jualan kuliner Anda. Untuk menyiapkan menu andalan sebaiknya lakukan survei pada lokasi jualan agar tahu jualan apa yang paling laku.


Kemudian buatlah jualan yang paling laku dengan menambahkan variasi aneka jenis kuliner. Misalnya kuliner paling laku yaitu bakso bakar, silakan sediakan aneka jenis bakso bakar seperti bakso bakar isi mercon dan telur sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk membeli jualan Anda dan disesuaikan dengan target pasar atau konsumen.

6. Bekerja Sama Dengan Pemasok Bahan Baku

Agar dapat memaksimalkan Anda berjualan sebaiknya lakukan kerja sama dengan pengusaha pemasok bahan baku, supaya pada saat berjualan kita tidak usah khawatir mengenai bahan baku yang akan dibuat untuk berjualan. Selain itu kamu akan mendapatkan harga murah dari bahan pokok yang dipesan.

7. Memiliki Karyawan

Cara memulai usaha kuliner berikutnya adalah dengan cara mempekerjakan karyawan untuk membantu Anda berjualan. Supaya dapat membantu berjualan makanan, jika usaha kuliner masih tergolong kecil maka cukup mempekerjakan satu orang saja.

8. Target Pemasaran

Berjualan dengan cara menyesuaikan dengan target pasar atau pembeli merupakan salah satu kunci sukses berjualan. Untuk target pasar yang paling diminati dalam berjualan adalah menjual usaha makanan dan minuman.

9. Menerapkan Promosi Jualan

Untuk promosi jualan tanpa mengeluarkan modal yaitu dengan cara menyebarkan informasi usaha kuliner melalui pembeli. Buatlah jajanan makanan yang disukai pembeli sehingga nantinya mereka akan menyebarkan berita bahwa di lokasi sana ada usaha makanan yang enak.

Cara lainnya tanpa mengeluarkan banyak modal yaitu melalui media sosial dengan cara  memasukkan foto dan deskripsi jualan ke media sosial seperti Facebook dan Whatsapp.

10. Izin Mendirikan Usaha

Agar bisa berjualan dengan aman dan nyaman maka sebaiknya uruslah surat izin mendirikan usaha agar tidak digusur oleh pemerintah setempat. Untuk mengurusnya silakan datang ke instansi pemerintah yang berwenang.

Sebaiknya baca juga : Ide Usaha Makanan Yang Bisa Dititipkan di Warung

Jika usaha sudah sangat terkenal dan cukup besar maka bagusnya Anda mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk usaha jualan. Mengenai makanan jualan silakan urus di Majelis Ulama Indonesia supaya bisa mendapatkan sertifikasi makanan halal agar masyarakat lebih yakin untuk membeli dagangan Anda.

11. Desain Produk

Desain produk merupakan aspek penting dalam bisnis jualan kuliner dan salah satu dari kunci sukses menjalankan usaha makanan dan minuman agar dapat menghasilkan produk yang bisa bersaing di pasaran.


Untuk tips desain produk yaitu menulis semua bahan yang dipakai untuk buat makanan, buat sampel produk untuk jenis makanan, pikirkan juga jumlah porsi yang akan dijual dan terakhir sebaiknya buat desain kemasan menarik agar disukai pembeli. Untuk jenis kuliner yang memakai desain kemasan yaitu roti dan kerupuk.

12. Daftar Jualan Melalui Google Bisnisku

Setelah jualan bisnis kuliner Anda cukup besar sebaiknya silakan promosikan jualan pada Google Bisnisku, untuk manfaat penggunaan Google Bisnisku di antaranya adalah menyediakan info lokasi melalui Google Maps.

13. Memakai Aplikasi Kasir Untuk Pembukuan

Penggunaan aplikasi dalam kegiatan sehari-hari tentunya hal yang biasa dalam suatu kegiatan masyarakat.

Selain sebagai komunikasi, aplikasi juga dapat dijadikan sebagai teman bekerja untuk membantu pekerjaan kasir dalam hal pembukuan data bahan baku, produk yang dijual dan sebagainya, ini juga merupakan rahasia para pebisnis kuliner yang sukses karena dapat mengetahui biaya pengeluaran dan keuntungan jualan.

Sebaiknya baca juga : Bisnis Kuliner Modal Kecil Yang Menjanjikan

14. Dapat Dikembangkan Menjadi Waralaba

Bisnis kuliner atau bisnis makanan juga dapat diubah menjadi bisnis franchise karena banyak gerai cepat saji dari satu usaha menjadi berkembang hingga menyebar ke seluruh Indonesia maupun dunia. Setelah usaha kuliner Anda berhasil di satu daerah, sebaiknya bangunlah Franchise gerai di lokasi lainnya supaya lebih membuat usaha kuliner dikenal orang.

15. Mengadakan Promo Kuliner Menarik

Saat sedang menjalankan bisnis kuliner, pastinya akan ada waktu khusus dimana akan ramai dan sepi pembeli. Pada saat sepi pembeli, langkah yang harus dilakukan supaya dapat ramai kembali yaitu melakukan promosi jualan dengan cara menyediakan diskon untuk beberapa makanan.

Untuk melakukan tips ini sebaiknya lakukan perhitungan mengenai keuntungan dari memberikan diskon spesial.

16. Kemudahan di jangkau Konsumen

Membahas mengenai kemudahan bukan hanya mengenai lokasi jualan melainkan juga berkaitan dengan bisnis kuliner. Misalnya ada pelanggan yang ingin mencari jualan Anda melalui media sosial. Maka dari itu lakukan kerja sama dengan aplikasi online seperti GO-JEK dan Grab untuk berlangganan layanan GrabFood dan GooFood. 

Agar nantinya orang yang sedang mencari makanan melalui aplikasi tersebut dapat mereka akses untuk memesan jualanmu.

17. Evaluasi Usaha Kuliner

Membangun usaha kuliner makanan tanpa mempersiapkan evaluasi jualan dapat mengakibatkan masalah yang cukup serius. Untuk memulai bisnis kuliner sebaiknya lakukan juga evaluasi mengenai produk jualan.

Contoh Bisnis Kuliner Sukses yang Menjanjikan

Setelah mengetahui cara memulai usaha kuliner, maka ketahui juga beberapa bisnis kuliner yang sudah sukses dan cukup menjanjikan.

  • Warung Makan

Ide bisnis kuliner warung makan merupakan salah satu kebutuhan masyarakat. Karena banyak orang tidak sempat untuk memasak maka mereka lebih memilih makan di warung makan. Jika kalian mempelajari cara berbisnis warung makan yang benar, maka nantinya Anda akan paham mengenai strategi jualan dan tips jualan yang benar.

  • Toko Kue Atau Roti

Usaha kuliner selanjutnya yang cocok untuk berbisnis kuliner yaitu membangun toko kue dan roti. Menjalankan bisnis kuliner yang menjanjikan bisa dicoba membangun bisnis jualan roti dan kue, bisa dimulai dari skala kecil hingga menengah dengan cara menjual produk roti dan kue secara eceran di toko kecil Anda. 

Bisa juga melakukan kerja sama dengan  pemilik warung dan toko orang lain untuk menitipkan jualan dan melakukan bagi hasil sesuai kesepakatan.

  • Aneka Minuman Dingin

Menjual minuman dingin tentunya akan laris di masyarakat karena kebutuhan air minum yang dingin sangat diperlukan pada saat melakukan kegiatan seperti bekerja. Terlebih jika cuaca matahari cukup panas, minuman dingin akan langsung dicari untuk membuat tubuh menjadi segar.

Penutup

Itulah 17 cara memulai usaha kuliner dari awal bagi pemula. Semoga usaha yang dijalani akan sukses suatu saat nanti dan akan dikenal banyak orang. Untuk informasi usaha kuliner lainnya bisa Anda cek di situs ini yaitu zonausaha.com. Sekian & Terimakasih.

Sebaiknya baca juga : Ide Usaha Makanan Yang Laris di Pinggir Jalan

Posting Komentar untuk "15+ Cara Memulai Usaha Kuliner Atau Makanan Dari Awal Bagi Pemula"