Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui 12 Cara Sukses Berdagang Makanan Untuk Pemula

Daftar Isi [Tampil]

 

Ketahui 12 Cara Sukses Berdagang Makanan Untuk Pemula

Semua orang pastinya ingin sukses dimasa depan, begitu pun juga orang yang berdagang makanan, mereka berharap jualan yang mereka jual cepat habis dan bisa sukses berjualan. Sudah banyak usaha makanan ditemukan di setiap daerah keramaian. 

Ada yang berhasil menjual makanannya sampai habis dan ada juga yang tidak bisa menghabiskan jualannya karena sepi pembeli.


Ingin sukses berjualan makanan? Bagi Anda yang sedang berdagang makanan namun masih sepi pembeli. Maka jangan khawatir karena rejeki sudah di atur oleh Allah SWT. 

Namun ada baiknya jika mempelajari cara sukses berjualan makanan supaya bisa bersaing dengan pengusaha dagangan lainnya. Karena makanan merupakan kebutuhan yang banyak dicari jadi siapkan cara strategis untuk menarik pembeli.

Kali ini zonausaha.com akan memberikan 12 cara sukses berdagang makanan supaya ramai pembeli. Jika menerapkan cara sukses berdagang pada saat menjual maka Anda sudah siap untuk membangun usaha agar sukses kedepannya.

1. Menyiapkan Modal Usaha Untuk Jualan

Membeli sebuah dagangan makanan pastinya membutuhkan uang, maka dari itu sebaiknya siapkan modal yang cukup untuk membeli makanan yang akan dijual. Agar bisa mendapatkan makanan murah, Anda harus mencari pemasok dagangan yang menjual berbagai macam jualan. Bekerja samalah dengan pemilik usaha agar bisa mendapatkan potongan harga dan memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan.

2. Bisnis Kuliner Yang Menarik Perhatian

Memberikan dagangan yang dapat menarik perhatian bisa Anda coba. Misalnya menjual

makanan nasi bungkus dengan berbagai macam lauk seperti nasi kuning isi ayam dan nasi kuning isi ikan. Jika ada pembeli datang mereka akan melihat kedua jenis nasi kuning ini, sehingga orang yang suka makan nasi kuning ayam maupun ikan bisa makan di lokasi dagangan Anda karena menyediakan makanan sesuai selera mereka.

3. Menentukan Lokasi Dagangan

Sebelum memulai sebuah usaha, Lokasi untuk menjual makanan sangat penting bagi mereka yang ingin berdagang makanan. Terlebih jika bisnis baru saja di jalankan. Memilih lokasi yang tepat dan strategis sehingga mudah di temukan oleh orang. 

Lokasi yang bagus untuk berdagang yaitu berada dekat dengan perkantoran dan pasar. Kedua tempat tersebut sangat ramai dikunjungi oleh banyak orang dan cocok untuk ditempat jualan.

4. Melakukan Survei Pasar

Setelah mendapatkan lokasi berdagang maka tahap selanjutnya melakukan survei lokasi. Anda bisa survei mengenai jenis makanan dan siapa pesaing kita saat berjualan.


Melakukan survei sangat penting dalam mengetahui perkiraan pembeli yang akan membeli dagangan.

5. Melakukan Promosi Jualan

Media promosi menjadi cara yang cocok untuk memperkenalkan jualan dagangan, apa lagi jika dagangan makanan baru saja di jual dan masih sedikit orang mengetahui lokasi jualan. Salah satu cara mempromosikan dagangan makanan dan tidak memerlukan biaya banyak yaitu dengan cara memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp. Caranya cukup mudah silakan foto dagangan dan berikan deskripsi lokasi jualan kemudian publikasikan di media sosial.

Sebaiknya baca juga : Ide Usaha Makanan Yang Laris di Pinggir Jalan

6. Mempekerjakan Karyawan

Ketika Anda berdagang dan mendapatkan pembeli sangat banyak, kebetulan juga kamu hanya berjualan sendiri tentunya akan membuat Anda kelelahan karena melayani pembeli sangat banyak. Sebaiknya pekerjakan beberapa karyawan untuk membantu berjualan supaya memperlancar bisnis makanan.

7. Pahami Resiko dan Antisipasi Produk Anda

Berbisnis dagangan tentunya memiliki resiko sangat besar karena dagangan makanan yang dibuat akan cepat basi jika tidak ada pembeli. Maka dari itu Anda harus paham mengenai resiko dagangan yang akan dijual.

Cara mengatasi dagangan akan basi yaitu buatlah stock makanan yang dijual sehari saja, misalnya menjual dagangan untuk 20 orang saja. Maka buatlah makanan yang cukup untuk 20 orang supaya dapat terhindari dari kerugian jika ada dagangan tidak habis.

8. Menyiapkan Menu Andalan

Dari beberapa makanan yang dijual sebaiknya Anda persiapkan minimal satu makanan spesial yang ramai pembeli sehingga pada saat mulai berjualan, mereka akan cepat datang untuk membeli dagangan makanan Anda. Untuk memilih menu spesial sebaiknya sesuaikan dengan target pasar supaya tepat sasaran.

9. Berdoa Sebelum dan Sambil Berjualan

Berdoa merupakan kunci kesuksesan, jangan lupa dengan sang pencipta karena Anda hidup didunia ini dan berjualan atas kehendak sang pencipta. Rejeki yang Anda dapat hari ini merupakan pemberian Allah SWT. Jangan coba-coba memakai sesuatu yang bertentangan dengan ajaran agama,  karena akan berdampak buruk pada jualan.

10. Memiliki Izin Usaha

Jika Anda berdagang dengan cara membangun sebuah rumah maupun warung, maka sebaiknya wajib mengurus Surat Izin Membangun Usaha, supaya tidak terkena razia maupun pelanggaran dari Satpol PP.

11. Menjaga Kebersihan Dagangan

Anda yang sedang berjualan makanan tentunya ingin mendapatkan respon yang baik dari pembeli. Orang cenderung tidak menyukai jika ada pemilik dagangan tidak menjaga kebersihan dagangan dan lebih parah orang yang berjualan terlihat kotor.


Untuk mengatasi respon yang tidak baik dari pelanggan mengenai kebersihan, maka bersihkan diri Anda dan dagangan agar mereka tidak merasa jijik saat membeli makanan.

12. Melayani Dengan Baik

Selain menjaga kebersihan, kita juga harus melayani pembeli dengan sopan dan ramah agar mereka nyaman dan senang belanja dagangan Anda. Berikan mereka senyuman dan sapaan ramah, jangan lupa juga rajin lah berkomunikasi dengan pembeli sehingga menjalin pertemanan.

Penutup

Berjualan makanan merupakan hal yang cukup menguntungkan karena kebutuhan makanan sangat dibutuhkan setiap hari oleh masyarakat. Tetap semangat berdagang dan jangan menyerah. Sekian & Terimakasih.

Sebaiknya baca juga : Cara Memulai Usaha Kuliner Dari Awal Bagi Pemula

Posting Komentar untuk "Ketahui 12 Cara Sukses Berdagang Makanan Untuk Pemula"