Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Sukses Usaha Dagang Biar Cepat Kaya

Daftar Isi [Tampil]

 

Begini Kiat Sukses Usaha Dagang Biar Cepat Kaya

Saat ini kita sering di perlihatkan berbagai macam usaha kecil kecilan. Salah satu usaha yang biasa di lakukan beberapa orang ialah menjadi seorang pedagang dengan cara menjual dagangan ke mereka yang membutuhkan.

Untuk cara menjual dagangan biasanya secara online dengan memanfaatkan  toko online seperti tokopedia, shopee dan bukalapak kadang juga mereka menjualnya secara langsung dengan membuat sebuah toko atau warung.


Tidak semua pemilik dagangan bisa menjual habis barangnya yang menyebabkan usaha dagangan menjadi bangkrut dan tidak bisa lagi melanjutkan usahanya. Bagi Anda yang ingin sukses usaha dagang, berikut akan saya berikan kiat sukses usaha dagang supaya bisa berhasil dan cepat kaya.

Tips Sukses Usaha Dagang

1. Jaga nama baik usaha

Kiat sukses usaha dagang yang pertama yaitu harus menjaga nama baik usaha. Memberikan pelayanan baik dan menjual barang berkualitas merupakan cara jaga nama baik usaha.

Dari awal Anda membuka usaha sebaiknya terapkan point ini untuk kiat sukses usaha dagang. Jika pemilik usaha memberikan pelayanan sopan, baik dan ramah maka mereka yang datang melihat dagangan akan merasa senang diperlakukan dengan baik.

Setelah memberikan pelayanan baik silakan tawarkan daganganmu yang memiliki produk terbaik dan memiliki harga jual terjangkau, dengan begitu nama brand usahamu akan baik di mata konsumen.

2. Menyiapkan strategi jualan

Setiap pemilik bisnis pastinya memiliki ide atau strategi jualan yang akan dipakai untuk bersaing dengan pemilik usaha lainnya dalam menarik perhatian konsumen. Anda juga bisa mulai dari sekarang mempersiapkan strategi jualan sebagai kunci sukses dagang.

Anda bisa memulainya dengan mempromosikan daganganmu melalui online maupun offline, misalnya begini menyebarkan informasi barang dan harga kepada mereka yang jauh dengan cara membuat akun media sosial lalu menggunakannya sebagai akun bisnis.

Manfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk berbisnis. Setelah strategi jualan online sudah diterapkan, sekarang saatnya lanjut ke tahap strategi harga jualan. Misalnya memberikan diskon tiap akhir bulan dan akhir tahun kepada masyarakat agar tertarik membeli daganganmu.

Anda bisa manfaatkan cara ini apa lagi jika sainganmu jarang memberikan diskon dan hanya memberikan harga biasa saja sehingga orang-orang akan pindah ke lokasi usahamu yang memberikan potongan harga.

3. Mencari target pasar di lingkungan usaha

Sebagai usaha yang masih baru, lakukan pencarian konsumen di sekitar lokasi Anda membuka usaha dagangan. Jangan terburu-buru dalam mencari pelanggan dari luar daerah karena usaha Anda masih baru.

Untuk langkah awal mencari target pasar sebaiknya lakukan promosi di sekitar lokasi yang ditempati berdagang dan membutuhkan kesabaran dan strategi pemasaran yang baik.

Setelah usahamu mulai dikenal banyak orang, barulah mulai menyasar target pasar di luar daerah yang dapat meningkatkan nama brand dagangan. Jadi mulailah dari skala kecil hingga bisa mencapai skala besar.

4. Memiliki Visi & Misi Usaha

Memiliki Visi sebagai tujuan utama perusahaan di masa depan wajib Anda tentukan agar paham mengenai alasan membuka usaha dagangan ke depannya. Sedangkan Misi penting untuk mempersiapkan tujuan saat ini. 

Jadi persiapkan perencanaan kedepannya dan rencana saat ini supaya paham apa yang harus dilakukan mulai dari buka usaha hingga akan jadi seperti apa. Jika memiliki Visi dan Misi maka sudah siap berdagang.

5. Bekerjasama dengan pedagang lainnya

Bersaing dengan pemilik dagangan lainnya memang wajar saja namun Anda juga bisa menjalin kerjasama supaya saling membantu sama lain kedepannya. 

Misalnya Anda dan mereka memiliki barang dagangan yang sama namun beda suplier dan kebetulan pemasok yang bekerjasama dengan usahamu sudah kehabisan barang yang dipesan.


Sehingga membuat Anda tidak menjual beberapa barang. Agar bisa menjual barang lagi maka diperlukan adanya kerjasama dengan pemilik dagangan lainnya untuk membantu bekerjasama dengan perusahaan suplier yang dia tempati ambil barang.

Jika baik dengan sainganmu maka dia akan membantumu mencari suplier untuk bisa di ajak bekerjasama itulah pentingnya point nomor 1 di atas yaitu menjaga nama baik usaha kepada pelanggan maupun kepada pesaing supaya mereka nyaman dan bisa membantu.

Baca juga : Cara Membuka Usaha Sendiri Dirumah

6. Bekerja cerdas dan disiplin

Pedagang yang sukses adalah orang yang bekerja cerdas, tidak hanya mengandalkan otot apa lagi orang lain. Bekerja cerdas ialah memakai ilmu pengetahuan dengan cara menentukan strategi jualan dan sebagainya yang bertujuan membuat usaha semakin sukses kedepannya.

Bekerja cerdas juga dapat mengetahui segala resiko apapun yang akan terjadi saat mengelola usaha sehingga mereka bisa mengatasi resiko tersebut. Anda juga bisa memanfaatkan peluang untuk mencapai tujuan jika bekerja dengan cerdas.

Jika Anda kenal beberapa pedagang sukses. Silakan belajar dari mereka agar bisa mendapatkan pengalaman dan pelajaran berharga dari mereka yang sukses membuka usaha dagang.

Baca juga : Usaha Dagang Yang Laku Setiap Hari

7. Menciptakan Inovasi Baru

Supaya usahamu memiliki ciri khas dan berbeda dari dagangan milik orang lain. Rajinlah membuat inovasi usahamu dengan cara membuat produk unik agar menarik mata konsumen untuk membeli dagangan.

Biasanya dagangan yang cepat laku yaitu jualan makanan karena kebutuhan mengkonsumsi makanan bagi masyarakat sangat penting dalam kehidupan. Mereka yang membeli jualanmu sangat menyukai sesuatu yang tidak merepotkan. 

Itulah mengapa ide kreatif menciptakan inovasi perlu Anda coba pada sebuah bisnis apapun termasuk usaha makanan.

Membahas mengenai inovasi terdiri dari analisa usaha dengan cara mencatat apa saja ide strategi jualan dan dibalik idemu siapkan solusi yang akan memberikan sebuah temuan inovasi baru.

Apa yang akan Anda tawarkan sebagai dagangan?

Pertanyaan seperti ini akan membuat Anda kepikiran apa yang akan saya dagangkan. Perlu diketahui bahwa contoh usaha dagang tidak semua berupa barang atau makanan yang akan di perjual belikan.

Anda bisa memberikan jasa atau pengalaman dalam bidang tertentu yang dikuasai seperti keahlian programer untuk membuat aplikasi Android dan Website, bisa juga manfaatkan skill desain untuk membuka usaha freelancer desain grafis.

Selain dari kedua jasa di atas. Jika mahir menjahit bisa juga membuka usaha menjahit dengan cara berdagang pakaian hasil jahitan. Carilah kain murah dan buatlah menjadi pakaian yang memiliki harga tinggi sehingga bisa berdagang pakaian di pasar.

Ada beberapa usaha yang bisa dilakukan di rumah dan bisa meraup untung besar dari modal kecil. Jika tertarik mengelola dagangan di rumah silakan baca artikel ini usaha rumahan modal 50 ribu yang menjanjikan

Untuk cara dagang sukses dengan modal sedikit yaitu mulai dari memberikan produk jualan yang memiliki kualitas baik, mempunyai strategi jualan dan rajinlah memperkenalkan jualanmu ke banyak orang agar bisa memperbanyak target pasar yang merupakan pelanggan.

Penutup

Itulah kiat sukses usaha dagang untuk Anda yang memiliki minat membuka usaha dagang. Silakan pelajari tips di atas sebagai modal awal mengelola bisnis ke depannya, jangan malu berjualan dan suatu saat nanti akan merasakan keberhasilan yang sudah diperjuangkan dari awal hingga bisa menjadi sukses.

Baca juga : Cara Membuka Usaha Kecil Kecilan Yang Menguntungkan

Posting Komentar untuk "Kiat Sukses Usaha Dagang Biar Cepat Kaya"