Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Ide Makanan Untuk Usaha Kecil Kecilan Modal Kecil

Daftar Isi [Tampil]

 

7 Ide Makanan Untuk Usaha Kecil Kecilan Modal Kecil

Ide makanan untuk usaha - Mencari aneka jenis makanan kemudian menjualnya kepada pelanggan merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan di masa depan. bagi Anda yang masih pemula sebaiknya mulailah dari usaha kecil kecilan agar modal awal buka usaha tidak mengeluarkan banyak biaya.

Membuka usaha makanan sangat menjanjikan karena proses pembuatan dan penjualan sangat mudah dan memiliki jangkauan konsumen sangat luas. Kebutuhan makanan sebagai bahan bakar manusia untuk hidup dan melakukan aktivitas sangat penting.


Keuntungan menjual makanan cukup besar maka dari itu ada banyak orang membuka bisnis kuliner. Bagi yang berminat membuka usaha jualan makanan namun tidak memiliki biaya besar maka berikut akan saya berikan 7 ide makanan untuk usaha kecil kecilan dengan modal kecil.

Tips Memilih Ide Makanan Untuk Usaha Kecil Kecilan

Sebelum memilih makanan ada bagusnya jika mengetahui tips ide bisnis makanan terlebih dahulu:

  • Menentukan Lokasi Jualan

Dalam menjalani usaha makanan, pikirkan terlebih dahulu dimana Anda akan membuka usaha kecil kecilan berjualan makanan. Jika salah memilih tempat akan mengakibatkan bisnis tidak berjalan lancar.

  • Mengetahui Proses Pembuatan dan Cara Menjualnya

Mulai sekarang latihanlah membuat makanan enak dan pahami cara menjualnya. Jangan sampai membuat makanan dengan rasa tidak enak sehingga mengakibatkan penjualan tidak sesuai dengan harapan.

Buatlah makanan terlebih dahulu, setelah jadi silakan berikan kepada keluarga atau teman dekat dan mintalah pendapat dari mereka mengenai rasa masakanmu. Jika mereka puas dengan rasanya maka Anda sudah bisa menjualnya ke konsumen.

  • Siapkan Modal Awal Jualan

Dalam sebuah bisnis maupun usaha pastinya kita harus menyiapkan biaya untuk keperluan awal jualan. Sesuaikan dana yang di punya dengan jenis usaha , jika modal belum cukup maka mulailah menabung dari sekarang.

Ide Makanan Untuk Usaha Kecil Kecilan

1. Telur Gulung

Telur Gulung

Sedang mencari usaha makanan kecil kecilan? Anda bisa mencoba menjual jajanan telur gulung yang sudah lama dikenal masyarakat. Makanan ini sangat di gemari anak-anak kecil hingga orang remaja.

Bahan yang digunakan untuk membuat telur gulung sangat murah, cukup sediakan bahan telur ayam, merica dan garam kemudian kocok hingga merata lalu di goreng dengan minyak kelapa dan di gulung dengan tusukan sate sebagai pegangan makanan.

Setelah selesai, silakan tambahkan bumbu saos lombok dan kecap sebagai pelengkap dengan begitu pembeli akan menyukai makananmu dan akan sering membelinya, dengan modal kecil Anda sudah bisa meraup untung banyak dari berjualan telur gulung.

2. Jualan Snack

Jualan Snack

Menjual snack atau makanan ringan bisa Anda coba untuk usaha kecil kecilan. Kebanyakan orang sering membeli snack untuk menghilangkan rasa lapar. Manfaatkan situasi ini dengan cara berjualan snack kekinian.

Biaya yang dibutuhkan juga cukup murah apa lagi jika dibuat sendiri, salah satu contoh ide bisnis snack kekinian dengan modal kecil yang disukai banyak orang adalah keripik. 

Ada berbagai macam jenis keripik dengan bahan murah dan proses pembuatannya gampang misalnya keripik pisang dan keripik singkong, bahan yang dibutuhkan seperti pisang atau singkong dan minyak kelapa.

3. Jualan Gorengan

Makanan gorengan selalunya tidak sepi pembeli. Sering kita temukan di pinggir jalan penjual gorengan yang mendapatkan pembeli sangat banyak, itulah mengapa gorengan cocok untuk Ide Usaha Makanan Yang Laris di Pinggir Jalan.

Memiliki modal kecil bukan berarti tidak bisa membuka usaha. Anda bisa memulai berjualan skala kecil dengan cara menyediakan beberapa jenis gorengan seperti Tahu Isi, Bakwan dan Pisang Goreng.

Membatasi jenis gorengan yang dijual dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan dan masih bisa jualan makanan ke mereka yang membutuhkan.

Untuk lokasi strategis jualan silakan pergi ke tempat keramaian dan pinggir jalan poros yang nantinya mempermudah masyarakat melihat jualan.

4. Kue Cubit

Salah satu jajanan anak sekolah yang disukai yaitu kue cubit. Terbuat dari bahan susu dan tepung terigu sebagai bahan utama membuat kue cubit cocok untuk ide makanan modal kecil. Silakan cari lokasi sekolah yang bisa Anda tempat jualan dan mulailah usaha kecil kecilan kue cubit.


Kue cubit juga sangat digemari di pedesaan karena harganya terbilang murah dan sering dijual oleh pedagang kaki lima sehingga cocok untuk ide jualan makanan yang laris di kampung

5. Martabak Indomie Mini

Melihat banyaknya usaha makanan membuat orang berusaha menciptakan kuliner unik salah satunya membuat martabak dari bahan utama indomie yang cocok untuk usaha makanan paling laris saat ini.

Memulai menjual martabak indomie mini di rumah saja dengan peralatan dapur bisa Anda coba sebagai makanan yang cocok untuk usaha kecil kecilan. Sediakan telur, sarimie dan tepung untuk membuatnya. Jangan lupa tambahkan saus spesial.

Baca juga : Usaha Makanan Ringan Serba 5000

6. Basreng

Makanan bakso sudah tidak asing di dengar namun apakah Anda sudah pernah mendengar adanya bakso yang di goreng? Dengan tambahan bumbu balado membuat makanan satu ini menjadi inovasi kuliner yang menarik perhatian.

Sering disebut sebagai basreng, bahan yang digunakan sedikit dan cara menjualnya cukup mudah menjadikan bakso goreng usaha makanan yang cocok untuk pemula

Anda bisa memberikan variasi rasa kekinian agar menarik minat masyarakat untuk mencoba kuliner ini. Saat ini basreng sudah menjangkau pangsa pasar cukup luas apa lagi cara membuatnya mudah.

7. Sayur Masak

Kebutuhan sayur-sayuran untuk kesehatan sangat penting. Itulah mengapa orang sering menjadikan sayur sebagai salah satu makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain murah, proses memasak sayur juga tidak ribet asal Anda tahu cara memasukkan bumbu sayurnya.

Kadang ada beberapa ibu rumah tangga yang tidak sempat memasak makan siang di akibatkan terkendala masalah pekerjaan maupun kesibukan lainnya sehingga mereka mencari sayur yang sudah masak supaya tidak usah memasak lagi.

Itulah mengapa menjual sayuran sebagai ide makanan untuk usaha kecil kecilan cukup menjanjikan. Untuk usaha jualan sayuran skala kecil silakan cukup menyediakan 2 atau 3 jenis sayur masak yang disukai ibu rumah tangga.

Penutup

Itulah beberapa ide usaha makanan kecil kecilan yang bisa di coba siapapun. Sebelum membuka usaha sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu agar Anda tahu siapa pesaing dan biaya yang akan dibutuhkan. Semoga sukses membuka usaha. Sekian dan Terimakasih.

Baca juga: Usaha Makanan Ringan Serba 1000 & 2000

Posting Komentar untuk "7 Ide Makanan Untuk Usaha Kecil Kecilan Modal Kecil"