Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rincian Modal Usaha Rumah Makan Lesehan Sederhana

Daftar Isi [Tampil]

 

Modal Usaha Rumah Makan Lesehan

Menyiapkan modal usaha untuk membuat rumah makan atau warung makan memang wajib kita punya. Bisnis rumah makan lesehan merupakan jenis rumah makan yang tidak menyiapkan kursi untuk tamu pada saat makan.

Hal unik dari rumah makan lesehan kita akan makan dengan santai dengan cara duduk di tikar dan meja yang dipakai tidak terlalu tinggi.


Adapun makanan yang sering di hidangkan di rumah makan lesehan seperti pecel lele, ayam bakar, ikan bakar dan makanan lainnya yang identik dengan ikan dan sambal. Ingin membuat rumah makan? Berikut akan saya berikan rincian modal usaha rumah makan lesehan sederhana dan tips berjualan agar ramai pembeli.

Langkah langkah membuka rumah makan

1. Menentukan Lokasi Jualan

Sebelum membangun rumah makan lesehan, tentunya kita harus memilih lokasi berjualan makanan. Untuk lokasi strategis berjualan makanan lesehan yaitu berada di dekat pinggir jalan raya. 

Banyak kita temui pemilik usaha warung makan lesehan membuka rumah makan di pinggir jalan dan mendapatkan pembeli cukup banyak setiap hari karena lokasi jualan di pinggir jalan dapat dilihat dengan mudah dan orang cenderung mencari makanan yang dekat dengan pinggir jalan.

2. Menu Makanan Dan Minuman

Makanan dan minuman yang di jual akan menentukan larisnya dagangan, jangan sembarangan menjual makanan yang tidak disukai. Pilihlah makanan yang paling laris pembeli. Untuk jenis makanan lesehan sebaiknya riset terlebih dahulu makanan di rumah makan lesehan saingan Anda seperti apa yang dia jual misalnya aneka jenis kuliner ikan bakar dan ayam bakar.

Kemudian mengenai minuman, sebaiknya berjualan minuman dingin dan hangat, untuk minuman dingin seperti teh kotak, sprite, cola-cloa dan untuk minuman hangat yaitu kopi hitam/susu dan teh hangat.

3. Menyiapkan Peralatan Jualan

Siapkan peralatan untuk membuka warung makan seperti meja, alat dapur dan alat masak lainnya. Untuk tempat makan pembeli  sebaiknya siapkan 2 jenis tempat yang pertama tidak pakai kursi dan hanya bermodalkan meja dan tikar bersih karena lesehan sendiri memiliki ciri khas makan dengan duduk di lantai. Untuk tempat kedua silakan pakai kursi karena terkadang ada juga pelanggan yang suka duduk di kursi.

Buat desain menarik dari tempat makan pembeli sehingga mereka nyaman makan, pelajari cara menata warung makan sederhana supaya Anda mahir mendesain rumah makan nantinya. Jangan lupa sediakan tisu, gelas dan air minum untuk mereka. Intinya buatlah pelanggan nyaman dengan fasilitas peralatan sederhana namun cukup lengkap.

4. Harga Makanan Lesehan

Setelah selesai menentukan jenis makanan untuk usaha rumah makan kekinian.  Selanjutnya tentukan harga jualan dari setiap makanan, mendapatkan keuntungan dari berjualan memang bagus namun jangan juga Anda memberikan harga yang mahal agar bisa mendapatkan keuntungan. 

menerapkan cara seperti itu nantinya para pembeli akan malas membeli makanan karena mahal dan akan berpaling ke rumah makan lesehan lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut silakan tentukan harga makanan merakyat. Jika jualan laris dan disukai pembeli silakan naikkan sedikit harganya.

Sebaiknya baca juga : Jualan Makanan Yang Laris di Pinggir Jalan

5. Menjaga Kebersihan Makanan

Menjaga kebersihan merupakan hal penting dalam kehidupan, jika Anda berjualan maka sangat diwajibkan menjaga kebersihan karena Anda menyiapkan makanan kepada banyak orang.


Jagalah kebersihan makanan jangan sampai ada pelanggan mengeluh mengenai makanan yang kotor sehingga terhindar dari resiko usaha warung makan. Untuk meja makan sebaiknya sediakan tisu dan asbak rokok untuk pelanggan karena biasanya pelanggan laki-laki akan merokok setelah habis makan.

Rincian Modal Usaha Rumah Makan Lesehan

Menentukan modal usaha rumah makan lesehan bisa dimulai dengan cara menyiapkan modal biaya sewa lokasi jualan, membangun tempat usaha membeli peralatan masak, gaji karyawan dan biaya bahan baku. 

Untuk biaya dari modal ini akan berbeda sesuai dengan kapasitas yang akan dipilih. Selain itu setiap wilayah daerah tempat Anda membeli perlengkapan jualan memiliki harga standar dan tidak mungkin sama dengan lokasi jualan lainnya. 

Bagi yang ingin membangun usaha lesehan pinggir jalan ada 2 pilihan yaitu membangun rumah makan permanen dan membangun rumah makan yang hanya buka pada saat jam tertentu saja seperti siang dan malam hari.

Ciri dari semi permanen ini memiliki bentuk rumah makan mirip tenda atau terlihat seperti sari laut biasa.  Berikut ini rincian modal awal usaha rumah makan lesehan.

   
Kebutuhan   
   
Biaya   
   
1 Etalase   Kaca   
   
Rp.800.000   
   
4 Unit Meja   Makan Persegi   
   
Rp1.600.000   
   
1 Kompor Gas   2 Tungku    
   
Rp. 325.000   
   
3 Tabung Gas   3 KG   
   
Rp. 375.000   
   
Perlengkapan   masak lainnya   
   
Rp. 500.000   
   
Perlengkapan   Makan Lainnya   
   
Rp. 600.000   
   
Sewa Lokasi   Jualan   
   
Berdasarkan   Lokasi & Tempat Jualan   
   
Bahan   Makanan Untuk 100 Porsi   
   
Rp.   1.000.000   
   
Plastik   Bungkus dan Kertas Bungkus   
   
Rp.450.000   

Total Keseluruhan   
   
Rp. 5.650.0000   



Jadi total keseluruhan yang akan kalian butuhkan untuk modal awal jualan makanan lesehan Rp. 5.650.000 belum termasuk sewa biaya tempat. Kebutuhan diatas bisa saja berubah sesuai dengan lokasi Anda membeli perlengkapan jualan. Modal di atas juga termasuk dari modal usaha warung makan kecil.

Penutup

Satu hal yang harus kamu tahu dalam berjualan yaitu belajarlah cara menghasilkan resep rahasia makanan. Jika mempunyai resep rahasia dan makanan spesial maka masyarakat akan tertarik makan di warung makan lesehan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan gambaran mengenai usaha rumah makan lesehan. Sekian & Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Rincian Modal Usaha Rumah Makan Lesehan Sederhana"