Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Usaha Frozen Food Untuk Pemula Dengan Modal Kecil

Daftar Isi [Tampil]

 

10 Tips Usaha Frozen Food Untuk Pemula Dengan Modal Kecil

Sebelum menjalankan usaha Frozen Food, sebaiknya ketahui tips untuk memulai bisnis makanan beku berikut ini. Frozen food atau sering dikenal sebagai jenis makanan beku merupakan makanan yang dapat bertahan cukup lama karena sudah dibekukan dan usaha frozen food dapat dilakukan dirumah.

Untuk mendapatkan keuntungan berjualan yang besar maka sebaiknya Anda serius mengelola bisnis Frozen Food. Gunakan tips dan strategi untuk mendatangkan pembeli.


Ada beberapa cara berjualan makanan beku, jika ingin mengetahuinya berikut 10 tips usaha frozen food untuk pemula dengan modal kecil.

Tips Bisnis Frozen Food Rumahan

Silakan dibaca untuk tips frozen food rumahan sebagai bekal Anda untuk menjalani bisnis makanan beku:

1. Menentukan Produk Jualan

Tips sukses usaha frozen food yang pertama yaitu memilih produk yang dijual. Tentukan makan dijual seperti bakso, udang, daging dan lainnya. Untuk jenis makanan yang dibekukan untuk dijual yaitu Bakso Ayam dan Bakso Sapi, Sosis dan Tempura. 

Lakukan survei terlebih dahulu dalam memilih produk supaya memastikan jenis jualan yang kemungkinan laris di pasaran.

Makanan beku bisa di sajikan dalam keadaan beku dan bisa dimasak terlebih dahulu supaya memberikan rasa hangat pada makanan. 

Penyajian makanan beku seperti direbus dan digoreng. Frozen food matang sangat cocok untuk anak-anak seperti siswa sekolah.

2. Menentukan Modal Frozen Food

Setelah menentukan jenis makanan yang akan dijual untuk bisnis frozen food, selanjutnya yaitu menyiapkan modal awal untuk membeli perlengkapan jualan seperti freezer dan alat kemasan anti udara. 

Anda harus memperhitungkan secara jelas mengenai jumlah modal yang akan dipakai membeli kebutuhan bisnis frozen food. 

Mengenai perlengkapan wajib disiapkan seperti aneka jenis makanan beku, lemari pembeku, kemasan kedap udara, biaya promosi dan kebutuhan lainnya. 

Sesuaikan saja kebutuhan awal untuk alat jualan. Menabunglah dari sekarang agar bisa membeli perlengkapan dan kebutuhan memasak frozen food.

3. Peralatan Frozen Food

Setelah mempunyai modal awal bisnis frozen food rumahan, maka Anda sudah bisa membeli kebutuhan perlengkapan usaha. Alat yang paling utama dibutuhkan yaitu freezer dan pembungkus kemasan, kedua alat ini memiliki harga yang cukup mahal. Maka dari itu sesuaikan modal yang Anda punya dan keuntungan jualan.


Terlebih jika Anda berniat untuk  mengelolah bahan mentah sendirian agar bisa menjadi jajanan frozen food maka akan memerlukan peralatan yang cukup banyak. 

Jika kehabisan uang, langkah yang bisa di ambil yaitu menitipkan jualan frozen food kepada restoran dan minimarket supaya bisa menjual makanan beku, dengan syarat bagi hasil sesuai kesepakatan.

4. Strategi Pemasaran Frozen Food

Memasarkan dan memperkenalkan produk frozen food kepada masyarakat sangat penting mengenai pendapatan jualan Anda, karena pelanggan berasal dari masyarakat. 

Untuk metode pemasaran jualan makanan beku yaitu memakai alat media promosi seperti brosur, spanduk dan banner, bisa juga memanfaatkan media sosial seperti facebook dan Instagram untuk promosikan lokasi dan jenis makanan.

5. Go Online, Go Media Sosial

Frozen food termasuk bisnis rumahan namun untuk pemasaran bukan hanya di sekitar lingkungan rumah saja melainkan bisa seluruh wilayah Indonesia. 

Untuk bisa menjangkau pelanggan yang ada di semua pulau berpenghuni di Indonesia, maka cara yang bisa Anda coba yaitu memasarkan produk jualan melalui internet. 

Pemasaran makanan di internet sudah banyak dilakukan pengusaha-pengusaha sukses. Cara untuk memasarkan produk frozen food di internet yaitu membuat website jualan khusus untuk bisnis Anda dan bisa juga membuat akun media sosial seperti halaman Facebook dan akun Instagram business.

Untuk jasa antar pesanan bisa bekerjasama dengan perusahaan Goojek dan Grab supaya bisa memakai layanan GrabFood dan GooFood. 

Agar lebih menarik pelanggan, ada bagusnya jika memberikan diskon khusus hari tertentu seperti hari kemerdekaan supaya bisa menarik minat masyarakat untuk membeli jualanmu.

6. Dapatkan Lisensi Makanan

Kelebihan bisnis frozen food yaitu dia bisa tahan selama lebih dari satu hari. Mendapatkan lisensi makanan wajib Anda lakukan jika ingin berjualan makanan. 

Untuk izin makanan selain daging silakan pergi ke kantor dinas perindustrian dan untuk makanan jenis daging silakan mengurus di BPOM.


Bisnis ini juga harus mendapatkan sertifikat dari MUI untuk sertifikat makanan halal. Jadi tunggu apa lagi, silakan mulai memperluas jaringan usaha frozen food.

7. Tambah Networking

Memperkenalkan jualan kepada kenalan dan keluarga bisa dapat memperluas jaringan bisnis jualan Anda. Semakin banyak orang mengenal bisnismu, maka semakin besar kemungkinan jualan akan dikenal banyak orang. 

Bagus juga jika menawarkan makanan beku ke supermarket karena kebanyakan orang sering mencari makanan beku di supermarket seperti Alfa Midi dan Indomaret dan bekerja sama dengan pengusaha katering.

8. Bekerjasama Dengan Reseller

Langkah awal untuk memperbesar bisnis jualan adalah bekerja sama dengan reseller karena memiliki resiko kecil terlebih mereka bukan pekerja melainkan sama-sama pengusaha. Silakan cari distributor yang baik dan bisa di ajak bekerja sama demi mencapai tujuan masing-masing.

9. Mendirikan Waralaba Frozen Food

Bisnis waralaba merupakan bisnis antara pemilik produk dengan pihak kedua yaitu pemberi izin sebagai pemakaian merk produk. Sudah banyak pengusaha waralaba ditemukan disekitar kita. 

Ada yang berhasil dalam menekuni bisnis makanan beku secara waralaba karena biasanya waralaba berfokus berjualan frozen food. Jika ingin sukses mendirikan waralaba maka sebaiknya serius menekuni bisnis frozen food secara waralaba.

10. Nilai Tambah

Ingin sukses bisnis frozen food maka sebaiknya lakukan variasi jualan makanan beku agar bisa bersaing dengan frozen food pabrikan. Terapkan pelayanan antar pesanan agar bisa menjangkau lebih banyak pembeli.

Peluang Usaha Frozen Food Dengan Modal kecil

Berbicara mengenai peluang bisnis frozen food tentunya memiliki prospek kerja baik karena masyarakat butuh makanan untuk hidup. 

Namun ada juga beberapa pengusaha makanan gulung tikar, itu diakibatkan oleh kurangnya invasi dan kreatifitas untuk memberikan makanan dengan resep spesial dan memberikan makanan baru.

Frozen Food Praktis

Kebanyakan masyarakat sangat menyukai makanan tidak ribet. Untuk memberikan makanan praktis dan instan maka frozen food merupakan salah satu makanan yang cocok dengan hal berbauh instan.


Pelanggan tinggal memanaskan makanan dingin sebelum dimakan. Cukup mudah bukan, apa lagi mayoritas orang sudah punya kulkas dan dilengkapi freezer untuk menyimpan makanan beku.

Tanpa Bahan Pengawet

Untuk memberikan makanan instan maka sebaiknya hindari pemakaian bahan pengawet agar dapat menjaga kesehatan pelanggan. Silakan perkenalkan makanan beku yang tidak mengandung bahan pengawet kepada pembeli.

Penutup

Membangun usaha makanan beku tentu akan dihadapi berbagai rintangan dan cobaan yang datang dari konsumen, maka Anda harus sabar dalam memulai usaha. Sekian & Terimakasih.

Sebaiknya baca juga: Cara Memulai Bisnis Frozen Food Dengan Modal Kecil

Posting Komentar untuk "10 Tips Usaha Frozen Food Untuk Pemula Dengan Modal Kecil"