Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Ide Usaha Makanan Yang Laris di Pinggir Jalan dan Menjanjikan

Daftar Isi [Tampil]

 

20 Ide Usaha Makanan Yang Laris di Pinggir Jalan Terbaru dan Menjanjikan

Bisnis makanan sudah tidak meragukan dalam mendapatkan keuntungan, apa lagi jika Anda berjualan makanan di pinggir jalan. Berbagai macam makanan yang laris dijual di pinggir jalan, dengan modal stand dan warung kecil, kalian bisa mendapatkan pembeli yang cukup banyak.


Bagi Anda yang ingin berjualan makanan di  pinggir jalan, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis makanan apa yang laku. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan daftar 20 ide usaha makanan yang laris di pinggir jalan dan menjanjikan.

20 Usaha Makanan Pinggir Jalan Paling Laris

Usaha makanan yang dijual di pinggir jalan terdiri dari berbagai macam seperti makanan ringan, makanan berat dan bahkan minuman juga termasuk jajanan paling laris, apa lagi jika cuaca panas maka banyak orang mencari minuman. Untuk daftar makanan pinggir jalan bisa Anda lihat sebagai berikut:

1. Pisang Coklat

Pisang Coklat

Jajanan pinggir jalan pertama yaitu Pisang Coklat, jenis jajanan ini terbuat dari bahan utama pisang segar lalu di goreng krispi pakai tepung kemudian dibungkus dengan lapisan coklat untuk menambah rasa manis. Jenis makanan pisang goreng atau disingkat Piscok merupakan makanan salah satu paling dicari oleh masyarakat dari berbagai usia.

2. Tahu Bulat

Tahu Bulat

Siapa yang tidak kenal dengan makanan berbahan tahu? Makanan tahu bulat contohnya yang terbuat dari bahan utama tahu goreng dan dibentuk menjadi bulat dan didalamnya berisi mie, keju dan sebagainya. Ingin berjualan makanan tahu bulat di pinggir jalan bisa Anda coba karena kuliner tahu sudah dikenal luas oleh masyarakat.

3. Pempek Palembang

Pempek Palembang

Makanan khas Palembang yaitu Pempek terbuat dari daging ikan yang sudah digiling kemudian dicampur dengan tepung kanji dan bahan lainnya sehingga memberikan rasa yang lezat. Sudah banyak pedagang makanan pempek laris di pasaran karena sudah banyak menyukai makanan khas palembang ini.

4. Gorengan

Gorengan

Makanan gorengan yang dimaksud disini yaitu Tahu isi, Bakwan, Ubi Goreng dan makanan lainnya yang tersedia di penjual gorengan. Sering kita temui penjual gorengan di pinggir jalan mendapatkan pembeli cukup banyak. 


Dengan modal alat jualan gerobak mereka sudah meraup keuntungan. Anda juga bisa menjual gorengan dengan cara mendirikan stand kecil di pinggir jalan. Sudah banyak usaha jajanan gorengan dibangun dari stand kecil dan mendapatkan pelanggan.

5. Cireng Isi

Cireng Isi

Makanan yang berasal dari Jawa Barat yaitu Cireng Isi, terbuat dari bahan tepung dengan lapisan meyerupai kulit kemudian bisa dibentuk sesuai selera dan bahkan dibentuk menyerupai jajanan Jalangkote. Isi dari Cireng Isi terdiri dari Cireng Isi Ayam, Cireng Isi Keju dan sebagainya

6. Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Jajanan yang sering dipakai untuk sarapan pagi dan juga makanan yang laris di kampung yaitu bubur kacang hijau. Memiliki porsi cukup banyak membuat makanan ini sering dijual di pinggir jalan dengan harga yang ramah dompet. Untuk pembuatan bubur kacang hijau cukup mudah ditambah, untuk bahan yang dipakai tersedia di pasar tradisional.

7. Roti Bakar

Roti tentunya jajanan pinggir jalan populer, namun tahukah Anda bahwa roti juga dapat dibakar kemudian diberikan bumbu yang lezat. Biasanya penjualan roti bakar di pinggir jalan sering dijumpai pada saat sore hingga malam hari. Sangat cocok untuk ide bisnis makanan ringan untuk pemula.

8. Singkong Keju

Menjual produk jenis singkong sebagai makanan yang laris di pinggir jalan bisa Anda coba. Dengan tambahan keju maka akan menghasilkan makanan singkong keju yang lezat. Selain harga yang murah, proses penjualan jajanan singkong cukup ramai pembeli sehingga dapat berpotensi mendapatkan keuntungan besar.

9. Tahu Krispi

Makanan yang laris di pinggir jalan selanjutnya yaitu Tahu krispi merupakan jajanan salah satu jenis kuliner tahu. Cara membuat tahu krispi juga cukup mudah yaitu dengan cara menggoreng tahu dalam bentuk kotak kecil dengan tambahan tepung agar menjadi krispi. 

Jenis makanan Tahu Krispi juga sering dicari oleh anak-anak maupun orang dewasa karena cocok sebagai pengganjal perut saat lapar. Untuk memulai bisnis kuliner tahu krispi, buatlah variasi rasa agar dapat menarik minat pembeli.

10. Bandrek

Selain makanan, minuman juga bisa menjadi peluang usaha jajanan pinggir jalan karena sering dijual di pinggir jalan. Salah satu minuman cukup ramai pembeli yaitu minuman Bandrek. Minuman jenis bandrek merupakan minuman tradisional warga Indonesia dan cocok di minum pada saat cuaca dingin seperti pada saat hujan maupun malam hari.

Sebaiknya baca juga: Cara Memulai Usaha Makanan Bagi Pemula

11. Jagung Bakar

Berminat berjualan di pinggir jalan dekat dengan pantai atau laut? Anda sebaiknya menjual jagung bakar sebagai makanan yang laris di pinggir jalan karena jagung bakar sering dimakan oleh orang yang ingin menikmati pemandangan dan ingin bersantai. Jualan makanan di pinggir jalan sangat cocok untuk jagung bakar.

12. Aneka Jenis Martabak

Siapa yang tidak mengenal martabak salah satu jualan makanan yang laku setiap hari. Berjualan martabak juga tidak sepi pembeli karena digemari oleh masyarakat dan sudah lama makanan martabak dijual di pinggir jalan karena jualan martabak memang seharusnya di pinggir jalan lengkap dengan grobak jualan. 

Untuk mendapatkan pelanggan dan keuntungan bervariasi maka sebaiknya buatlah resep martabak aneka jenis seperti martabak manis dan martabak keju.

13. Sosis Goreng

Sosis merupakan makanan yang terbuat dari daging kasar maupun halus kemudian di haluskan menggunakan alat khusus lalu digoreng, sehingga bisa menghasilkan sosis goreng. Penyebab makanan ini laris di pasaran karena selain kalangan anak-anak, ada juga pelanggan sosis goreng dari kalangan remaja.

14. Kerak Telor

Terbuat dari beras ketan, telur bebek, dan kelapa parut sangrai, merupakan jajanan yang berasal dari suku betawi dan sudah terkenal di lingkungan ibu kota Jakarta dan sekitarnya. Jadi jika ingin berjualan kerak telor di Jakarta, maka Anda tidak usah khawatir mengenai pelanggan karena sudah banyak masyarakat mengenal jajanan kerak telor sehingga dapat menjadi jajanan yang laris dibeli.

15. Ubi Bakar Cilembu

Ubi bakar cilembu sudah mulai dikenal banyak masyarakat, selain memiliki rasa enak juga cara membuatnya cukup mudah karena kita hanya membutuhkan ubi lalu dibakar kemudian memberikan saos spesial. Keuntungannya juga cukup besar karena masih sedikit penjual ubi bakar cilembu ditemukan di pinggir jalan

16. Sempolan

Makanan yang laris di pinggir jalan selanjutnya yaitu Jajanan yang terbuat dari tepung, memang menjadi idaman bagi mereka yang ingin sarapan pagi. Sebut saja kue Sempolan yang terbuat dari tepung tapioka, dibuat dengan cara digoreng namun sebelum digoreng terlebih dahulu kita celupkan kedalam adonan telur. Kue Sempolan diambil dari nama daerah salah satu provinsi Jawa Timur.

17. Jasuke

Jasuke merupakan kepanjangan dari Jagung Susu Keju. Sesuai namanya jasuke terbuat dari bahan jagung,susu dan keju sehingga menjadi makanan manis yang enak disantap pada siang hingga malam hari. Ide usaha makanan jasuke di pinggir jalan sebaiknya buatlah variasi seperti menambahkan coklat manis, barbeque dan bahan lainnya

18. Telur Gulung

Makanan telur gulung sering dicari oleh kalangan Siswa maupun Mahasiswa karena harga yang murah dan rasa yang nikmat pada telur gulung juga termasuk dalam bisnis makanan ringan.


Cara membuatnya juga mudah karena kita hanya bermodalkan telur ayam beras, minyak kelapa dan kompor gas untuk menggorengnya. Dipaduhkan dengan saos lombok dan kecap  membuat telur gulung memiliki cita rasa tersendiri.

19. Kacang Rebus

Makanan yang mudah buatnya yaitu kacang rebus dan banyak dijumpai di berbagai daerah. kacang rebus termasuk salah satu jualan makanan yang cepat laku, Untuk menjual kacang rebus sebaiknya dijual pada saat sore hingga malam hari karena kebanyakan pembeli mencari kacang rebus saat malam hari.

20. Aneka Rasa Indomie Siram

Menyiram sarimi sudah sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Biasanya orang akan mencari warung yang menyediakan sarimi Siram karena harga yang murah. Anda bisa berjualan di pinggir jalan dengan cara membuat warung kecil supaya bisa menarik pelanggan yang ingin makan sarimi instan tanpa perlu menyiramnya.

Tips Sukses dalam Bisnis Makanan Yang Laris di Pinggir Jalan

Mengelola bisnis jualan makanan tentunya kita diwajibkan mempunyai sifat ketekunan dan manajemen yang baik. Sudah banyak penjual makanan pinggir jalan yang mendapatkan penghasilan lebih dari cukup  dari pembeli. Berikut tips untuk berjualan di pinggir jalan agar ramai pembeli.

Memperhatikan Kualitas Jualan

Ingin berjualan tentunya mempunyai dagangan untuk dijual. Buatlah makanan yang layak dijual kepada masyarakat. Silakan carilah bahan higienis dan tidak mengandung zat yang dapat membahayakan manusia.

Selalu Berinovasi

Buatlah inovasi jualan agar dapat menghasilkan makanan yang lebih baik dari segi rasa dan kualitas jualan. Sudah banyak penjual yang menjual makanan di pinggir jalan dan ada beberapa dari merek yang sepi pelanggan. Untuk mengatasi sepinya pelanggan maka sebaiknya selalu berinovasi dalam menjual makanan.

Perhatikan Pelayanan

Memberikan pelayanan kepada pembeli merupakan cara sederhana dan tidak merugikan. Pembeli akan merasa senang jika di layani dengan baik.

Menentukan Lokasi Strategis

Dalam berjualan tentunya kita harus mendapatkan lokasi untuk menjual. Carilah lokasi strategis dalam berjualan misalnya di lokasi Anda terdapat perkantoran dan sekolah-sekolah, agar nantinya orang yang bekerja di kantor maupun siswa yang bersekolah dapat membeli daganganmu karena dekat dari lingkungan mereka.

Penutup

Jangan mudah menyerah dalam berjualan. Mulailah dari hal kecil kemudian hal besar karena semua berawal dari hal kecil. Pilihlah makanan yang laris seperti yang sudah saya jelaskan di atas agar bisa mendapatkan pelanggan banyak dalam ide bisnis makanan yang laris di pinggir jalan. Sekian & Terimakasih.

Sebaiknya baca juga: Ide Usaha Makanan Yang Bisa Dititipkan di Warung

Posting Komentar untuk "20 Ide Usaha Makanan Yang Laris di Pinggir Jalan dan Menjanjikan"