Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cocok Untuk Kamu Usaha Rumahan Yang Tidak Ada Matinya

Daftar Isi [Tampil]

 

Cocok Untuk Kamu Usaha Rumahan Yang Tidak Ada Matinya

Usaha rumahan adalah jenis usaha yang dilakukan dirumah dengan modal kecil dan bisa dapat untung besar, menjalankan usaha dirumah bisa kamu lakukan jika terkendala masalah biaya membangun usaha.

Dengan modal kecil kamu tidak usah khawatir mengenai biaya sewa lahan dan modal yang minim. Ada beberapa usaha rumahan yang menjanjikan seperti bisnis online, usaha kuliner dan usaha dibidang teknologi.


Ada beberapa jenis usaha yang tidak ada matinya dan bisa dilakukan di rumah sehingga menjadikan usaha ini sebagai usaha jangka panjang. Bagi Anda yang ingin mengelola usaha rumahan yang tidak ada matinya maka akan saya rangkum pada artikel ini.

Begini Tips Usaha Rumahan Yang Tidak Ada Matinya

Ada bagusnya jika kamu mengetahui cara memilih usaha yang cocok untuk dikelola dirumah sehingga dapat berjalan seterusnya:

  • Memilih usaha sesuai dengan keahlian

Ketika memiliki ide usaha maka sebaiknya sesuaikan dengan pengetahuanmu dalam usaha tersebut, seperti kamu memiliki keahlian dalam bidang usaha tersebut sehingga pada saat mengelola usaha akan terasa mudah.

  • Mengetahui Target Pasar

Setelah mempunyai ide usaha sesuai keahlian, maka tahap selanjutnya yaitu mengetahui siapa target pasar atau konsumen yang kamu incar. Misalnya berjualan makanan ringan, maka sasaran yang dituju yaitu anak-anak hingga orang dewasa yang gemar mengkonsumsi makanan ringan.

  • Menyiapkan Perlengkapan Usaha

Menjalankan usaha jenis apapun tentunya kita harus menyiapkan perlengkapan usaha agar bisnis kita dapat berjalan lancar, jika sudah tahu ide usaha seperti apa yang akan kamu lakukan dirumah maka pastinya harus persiapkan peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk usaha tersebut. Silakan catat kebutuhan apa saja yang digunakan dan siapkan modal awal untuk membeli perlengkapan.

  • Ide Usaha Rumahan Yang Tidak Ada Matinya

Bagi kamu yang sedang mencari ide usaha rumahan terlebih jika masih pemula, berikut beberapa usaha rumahan yang tidak ada matinya dan cukup menjanjikan, silakan pilih salah satu kemudian mulailah bangun usaha rumahanmu.

1. Usaha Jualan Camilan

Usaha Jualan Camilan

Berjualan makanan ringan seperti camilan merupakan jenis usaha yang tidak ada matinya karena hampir setiap hari orang mengkonsumsi camilan sebagai makanan ringan pada saat santai dan bekerja.

Kebutuhan camilan untuk dapat menundah rasa lapar pada saat bekerja dan melakukan aktivitas lainnya membuat camilan sebagai makanan yang laris di pasaran.

Dengan banyaknya orang menyukai camilan, kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan cara membuka usaha rumahan camilan dan memulai berjualan makanan ringan kepada masyarakat khususnya tetangga.

2. Usaha Sembako

Usaha Sembako

Berjualan sembako di rumah merupakan salah satu usaha rumahan yang tidak ada matinya, kebutuhan masyarakat mengenai sembako sangat besar karena setiap hari dipakai untuk membuat makanan.

Kamu bisa mencari berbagai macam sembako di pasaran kemudian mulai menjualnya dirumah sehingga orang yang tinggal di sekitar rumahmu tidak repot –repot pergi jauh mencari sembako karena sudah menjual di sekitar lingkungan mereka.

Untuk menjalankan usaha sembako di rumah sebaiknya pelajari harga pasar dan strategi jualan agar mempermudah kamu memberikan harga jual sembako.

3. Usaha Konter Pulsa

Usaha Konter Pulsa

Bisnis jualan pulsa dengan cara membuat konter pulsa kecil-kecilan bisa kamu lakukan di rumah karena kebutuhan pulsa elektrik untuk dipakai menghubungi kerabat maupun teman dari jauh sangat penting.

Maka dari itu usaha jualan pulsa bisa menjadi usaha rumahan yang tidak ada matinya, untuk berjualan pulsa khusus pemula silakan jual pulsa yang sering dicari masyarakat seperti pulsa Telkomsel.

4. Usaha Pencucian Motor

Usaha Pencucian Motor

Negara Indonesia merupakan salah satu negara pengguna kendaraan motor sangat besar, kamu bisa melihat lingkungan sekitarmu ada banyak sekali jenis motor yang dipakai oleh masyarakat.

Mereka yang memiliki motor sangat menyukai motor mereka yang bersih dan biasanya ada beberapa yang membutuhkan jasa pencucian motor, jika lingkungan rumahmu memiliki pengguna motor cukup banyak dan berada dekat jalan poros.

Maka usaha pencucian motor bisa dijadikan usaha rumahan yang jarang rugi dan bisa bertahan cukup lama karena banyaknya pemilik motor yang sering membutuhkan jasa cuci motor.

5. Kontent Creator

Usaha rumahan yang sudah sering dilakukan oleh anak muda yaitu menjadi seorang kontent kreator media sosial, jika mencari peluang usaha rumahan yang tidak ada matinya maka menjadi seorang konten kreator cocok untuk kamu yang mahir membuat konten.


Ada banyak aplikasi media sosial yang sering digunakan untuk membuat video maupun foto yang disukai banyak orang, mulai dari kategori hiburan, tutorial dan pelajaran. Anda bisa memilih salah satu bidang yang disukai kemudian mulai memilih aplikasi konten kreator yang disukai.

Untuk aplikasi media sosial pembuat kontent yaitu Youtube, Tik Tok dan Snack Video. Silakan tentukan aplikasi yang menurutmu bisa dijadikan usaha konten kreator yang menjanjikan.

6. Jualan Keripik

Jualan keripik merupakan usaha rumahan yang bisa bertahan cukup lama dikarenakan mengkonsumsi keripik sering dijadikan sebagai tambahan makanan lauk dan camilan saat bersantai.

Jika kamu mencari usaha rumahan modal 50 ribu, maka usaha jualan keripik bisa dicoba, ada berbagai macam keripik maupun kerupuk yang laku dipasaran seperti keripik singkong, keripik pisang dan keripik tempe.

7. Jualan Kue Basah

Selain berjualan keripik, kamu bisa membuat aneka jenis kue basah untuk dijual di rumah, banyak orang menyukai kue basah sebagai makanan yang cocok untuk dijadikan sarapan pagi misalnya kue Bolu pisang, Kue pukis, Onde-onde dan Dadar Gulung.

Banyaknya orang menyukai kue basah bisa kamu jadikan sebagai usaha rumahan yang tidak ada matinya dan bisa mendapatkan untung besar, dengan modal kecil sudah bisa membeli bahan – bahan kue seperti gula, tepung terigu, meses, garam dan bahan lainnya.

Kamu bisa memperkenalkan usaha kue basah di media sosial dengan cara menyebarkan foto dan deskripsi jualan di media sosial seperti Faceebok dan Instagram, jika tertarik berjualan online kue basah silakan baca artikel ini cara jualan online makanan basah agar cepat laku.

8. Jasa Desain Grafis

Memiliki skill desain seperti hobi edit foto, video dan mahir membuat animasi 2D & 3D sebaiknya manfaatkan skill desainmu untuk membuat usaha rumahan desain grafis. 

Peralatan yang digunakan juga cukup sederhana yaitu perangkat komputer dan aplikasi desain seperti Adobe Photoshop, Coreldraw, Adobe Primere, 3D Maya.

Banyak perusahaan besar sangat membutuhkan jasa desain misalnya membuat video animasi untuk mempromosikan perusahaan dan membuat alat media promosi seperti brosur, banner dan pamflet.

Bagusnya lagi mereka yang ahli desain bisa bekerja di rumah sebagai seorang freelance desain grafis itulah mengapa usaha ini merupakan usaha yang pasti laku dan tidak pernah sepi.

Sebaiknya baca juga : Ide Usaha Rumahan Kreatif Yang Menjanjikan

9. Membuka Usaha Galon Isi Ulang

Kebutuhan air minum untuk kehidupan sehari-hari sangat penting dalam menjaga stamina kita pada saat bekerja dan melakukan aktivitas lainnya. Membuka usaha galon isi ulang sebagai usaha yang tidak pernah sepi bisa kamu coba di rumah.

Untuk berjualan galon isi ulang silakan pelajari terlebih dahulu lingkungan sekitar rumahmu apakah masyarakat di sekitar membutuhkan air galon sebagai air minum mereka, jangan sampai masing-masing tiap rumah memiliki sumur bor untuk tempat mengambil air bersih.

Setelah mengetahui lingkungan rumahmu hanya sedikit memiliki air bersih maka peluang menjual air minum galon isi ulang bisa menjadi bisnis yang menjanjikan di masa depan dan menguntungkan.

10. Usaha Ikan Hias

Mengoleksi ikan hias sudah menjadi trend, salah satu ikan hias yang sedang diminati banyak orang yaitu mengoleksi ikan cupang. Terkadang ada orang rela mencari ikan cupang maupun ikan hias lainnya ke beberapa daerah supaya bisa mengoleksinya.

Jika kamu salah satu dari mereka yang senang mengoleksi ikan hias. Manfaatkan kesempatan ini sebagai peluang usaha rumahan yang tidak ada matinya dengan modal kecil dengan cara membeli bibit ikan hias kemudian lakukan budidaya ikan hias di rumah.

Silakan pelajari terlebih dahulu cara budidaya ikan hias yang kamu pelihara lalu siapkan modal membuat tempat ikan dan makanan ikan hias.

11. Usaha Warung Kopi

Meminum kopi sudah menjadi keseharian anak muda hingga orang tua, kopi merupakan salah satu minuman yang disukai masyarakat, sudah sering ditemukan café dan warkop menyediakan kopi sebagai minuman utama dengan berbagai macam rasa seperti kopi susu, kopi hitam dan kopi dengan aneka topping kekinian.

Membuat usaha warung kopi bisa kamu mulai dengan cara memakai halaman depan rumah sebagai warung kopi kecil-kecilan, pengendara yang lewat dapat dengan mudah melihat usahamu dan singgah untuk istirahat sambil meminum kopi.

Dengan memberikan rasa kopi yang nikmat dan lokasi jualan strategi membuat usaha kopi rumahan dapat menjadi usaha kecil kecilan untuk pemula yang menguntungkan.

12. Usaha Menjahit Pakaian

Usaha jahit pakaian sering dibutuhkan oleh orang yang mengalami pakaian yang sobek dan kebesaran biasanya mereka ceroboh memilih ukuran dan lalai menggunakan pakaian sehingga sobek.

Menjalankan usaha rumahan dengan cara menjahit pakaian bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan saat di rumah. Agar usaha jahit pakaian bisa kedatangan pelanggan, lakukan promosi media sosial dan beritahukan tetangga mengenai usahamu siapa tau ada di antara mereka memiliki pakaian yang ingin dijahit.

Agar usahamu lebih menjanjikan kedepannya silakan latihan buat pakaian wanita dan pria, kamu bisa menyiapkan modal kecil untuk membeli kain murah lalu membuatnya menjadi pakaian berkualitas dan cukup diminati.

13. Usaha Mie Ayam Rumahan

Kamu mahir memasak, bagaimana jika membuka warung makan dirumah? Memanfaatkan rumahmu untuk usaha mie ayam rumahan cukup menjanjikan, kuliner satu ini sangat disukai masyarakat karena memiliki rasa mie ayam enak dan bikin kenyang.


Cukup menyediakan modal membuat mie ayam dan peralatan masak kemudian bisa dijual di teras rumahmu dengan cara menjadikan teras rumah sebagai warung makan kecil-kecilan.

14. Jasa Pengiriman Barang

Jaman sekarang kita sudah bisa belanja secara online. Namun maraknya pengiriman barang membuat beberapa orang yang belanja online sulit untuk mengambil barangnya. 

Anda memiliki kendaraan motor maupun mobil bisa mengajukan jasa pengiriman barang kepada mereka yang sedang belanja online.

Silakan daftarkan diri kamu sebagai agen jasa pengiriman barang agar bisa menghasilkan uang dari mereka yang membutuhkan jasa pengiriman barang online maupun offline, kemudian rumahmu nantinya bisa dijadikan lokasi usaha jasa antar barang.

15. Usaha Plakat

Usaha rumahan yang terakhir yaitu jasa pembuatan plakat yang berfokus membuat plakat hadiah, piala, sertifikat, id card, dan berbagai macam produk lainnya yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Semakin banyak pesanan yang kamu dapat, menjadikan usaha ini tidak ada matinya dan sangat cocok dikerjakan dirumah, target pasar usaha ini juga sangat luas mencakup pihak sekolah, kampus, perusahaan dan instansi pemerintahan.

Penutup

Silakan tentukan jenis usaha yang bisa kamu kelolah dirumah kemudian jadikan bisnis yang menjanjikan di masa depan. Siapkan modal dan pelajari strategi penjualan agar bisa menarik banyak pembeli, jangan ragu bersaing dan tetap optimis usaha akan berhasil.

Sebaiknya baca juga: Cara Memulai Usaha Kuliner Kecil Kecilan di Rumah

Posting Komentar untuk "Cocok Untuk Kamu Usaha Rumahan Yang Tidak Ada Matinya"