Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

35 Jenis Usaha Yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan Yang Menguntungkan

Daftar Isi [Tampil]

 

35 Jenis Usaha Yang Cocok Untuk Pemula Di Pedesaan Yang Menguntungkan

Memiliki jumlah penduduk yang sedikit dibanding dengan di kota besar tidak menjadikan desa sebagai tempat yang tidak bisa di jadikan wilayah untuk berbisnis, ada beberapa usaha yang cocok di pedesaan dan meraup untung bombastis.

Masyarakat di desa kebanyakan bekerja dengan bertani dan berjualan makanan yang cocok di desa, jika ingin mendirikan usaha di pedesaan maka sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu seperti pelajari lingkungan sekitar rumah untuk mempersiapkan jenis usaha yang laku di pedesaan.


Pada artikel kali ini zonausaha akan memberikan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Anda yang masih pemula bisa mempelajarinya supaya bisa mempersiapkan diri untuk buka usaha di desa.

1. Menjual Token Listrik

Menjual token listrik di pedesaan bisa kamu coba karena kebutuhan listrik di desa juga cukup besar sehingga menjadikan bisnis di pedesaan yang paling menguntungkan, token listrik sendiri merupakan jenis pulsa listrik isi ulang yang di kelola oleh PLN. 

Berjualan token listrik juga cukup mudah, Anda tidak perlu memiliki persyaratan khusus untuk penjual token listrik,cukup mencari distributor token listrik PLN yang murah dan bisa di ajak bekerjasama.

Mengenai kerugian usaha token listrik sangat kecil karena kebutuhan listrik untuk masyarakat sangat besar mulai dari bekerja dan kebutuhan sehari-hari semua membutuhkan aliran listrik.

2. Konter Pulsa

Selain berjualan token listrik, kamu juga bisa berjualan pulsa dengan cara mendirikan usaha konter pulsa di desa. Kebutuhan masyarakat mengenai pulsa sangat besar karena mereka sering menggunakan pulsa untuk menelpon dan sms.

Akibat dari meningkatnya kebutuhan pulsa maka usaha konter pulsa bisa menjadi usaha yang bagus untuk jangka panjang. Hal ini merupakan meningkatnya kebutuhan pengguna dari Smartphone Android.

Untuk berjualan konter pulsa lokasi yang cocok yaitu persimpangan jalan kampung dan dekat pasar tradisional pedesaan. 

Dengan modal yang murah sekitar 1 juta rupiah, kamu sudah bisa membeli etalase kaca, deposit pulsa dan kartu perdana yang ramai pembeli seperti kartu AS, Telkomsel, Tri dan sebagainya.

3. Bensin Botolan

Berjualan bahan bakar kendaraan bisa kamu coba di pedesaan dengan cara membangun usaha pertamini atau pom bensin mini. Terlebih jika rumahmu memiliki warung dan berada di pinggir jalan, sangat cocok untuk berjualan bensin botol dan merekomendasikan untuk mendaftarkan usaha sebagai lapak pertamini.

Mengenai modal usaha jualan bensin cukup murah karena Anda cukup menyediakan botol dan etalase kayu untu tempat jualan bensin, namun jika ingin bangun usaha pertamini sebaiknya siapkan modal sekitar 10 sampai 12 juta.

4. Usaha Galon

Berjualan minuman sudah tidak diragukan lagi apa lagi jika Anda membangun usaha galon isi ulang yang dibutuhkan masyarakat pedesaan. Biasanya air di desa cenderung kurang bersih untuk diminum.

Jika menjual air galon dengan harga murah maka mereka akan tertarik membeli dan mengkonsumsi minuman galon isi ulang, sehingga menjadikan salah satu usaha menjanjikan untuk pemula.

5. Toko Sembako

Berjualan bahan makanan dengan cara membuat toko sembako di pedesaan cukup menguntungkan karena kebutuhan masyarakat mengenai bahan pokok selalu dibutuhkan setiap hari.

Untuk strategi jualan cocok untuk toko bahan baku bagusnya jika kamu mendirikan toko tepat di tengah lokasi pedesaan sehingga masyarakat tidak usaha menempuh jarak yang cukup jauh untuk berbelanja.

Dengan berjualan dekat dengan desa dan memberikan harga merakyat maka mereka akan merasa terbantu dengan bisnis Anda karena tidak usah lagi keluar desa berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Silakan jual kebutuhan sembako yang sering dibutuhkan masyarakat desa seperti sabun cuci, pasta gigi, aneka jenis makanan dan lain sebagainya.

6. Tempat Penginapan

Membangun tempat penginapan di pedesaan juga termasuk usaha yang menjanjikan di masa depan dan menjadi peluang usaha rumahan di desa. 

Jika desa yang ditempati memiliki tempat wisata cukup terkenal maka wisatawan dari luar desa akan datang ke desa dan membutuhkan tempat penginapan.

Dengan begitu Anda bisa memanfaatkan peluang usaha penginapan untuk para wisatawan. Meskipun tidak semewa dengan hotel.

Namun Anda bisa memberikan pelayanan yang baik dengan cara menyediakan fasilitas kebutuhan secukupnya seperti ai bersih dan akses wifi kepada mereka.

7. Usaha Peternakan Lele

Beternak ikan lele bisa Anda coba jika memiliki lahan yang cukup luas. Ikan lele cukup terkenal di lingkungan desa karena kebanyakan orang desa suka mengkonsumsi ikan air tawar dari desa mereka.

Dengan modal kecil Anda sudah bisa membuat ternak ikan lele dan mendapatkan keuntungan berlipat ganda dari hasil pembibitan dan penjualan ikan lele.

8. Peternakan ayam

Selain beternak ikan lele, Anda juga bisa beternak ayam potong yang sering dibeli masyarakat. Kebanyakan dari mereka sering membeli daging ayam potong untuk usaha warung makan dan acara khusus di desa.

Usaha yang cocok untuk anak muda ini selain berjualan di desa, Anda bisa juga mengekspor ayam potong keluar desa dengan cara membawa ayam potong ke perkotaan atau pasar untuk jualan ayam potong segar.


Untuk beternak ayam potong Anda harus menyiapkan kandang ayam, makanan ayam, dan pelajari cara merawat ayam supaya usaha ini bisa berkembang.

9. Menjadi Reseller Suatu Produk

Menjadi reseller suatu produk dan menjualnya di pedesaan merupakan bisnis kekinian di desa yang menjanjikan. Produk reseller yang cukup terkenal dan dibutuhkan banyak orang seperti produk kesehatan, perlengkapan rumah tangga dan produk kecantikan.

Dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat mengenai produk jualan dapat menjadikan usaha ini menjadi laris. Maka dari itu lakukan riset mengenai produk jualan sehingga bisa mendatangkan pembeli cukup banyak.

Supaya warga desa tahu bahwa Anda merupakan salah satu reseller produk yang mereka cari maka sebaiknya buatlah etalase sederhana jualan dan memasang spanduk atau banner sebagai media informasi usaha Anda.

Anda juga bisa mempromosikan jualan melalui media sosial Facebook dan Instagram supaya bisa menarik banyak pembeli dan bisa menjadi jualan online yang laku di kampung.

Sebaiknya baca juga : Bisnis Kuliner Modal Kecil Yang Menjanjikan 

10. Pangkas Rambut

Anda mahir mencukur rambut? Menyediakan usaha pangkas rambut untuk warga desa bisa dicoba untuk usaha yang cocok di pedesaan. 

Jika usaha pangkas rambut Anda disukai di satu desa maka kemungkinan akan kedatangan pelanggan dari desa lainnya sehingga menjadikan usaha yang cocok di perkampungan.

Karena telah menyediakan pangkas rambut yang berlokasi di desa maka sebaiknya berikan harga merakyat dan pelayanan sebaik mungkin sehingga mereka senang bercukur di tempatmu.

11. Penjahit

Usaha yang langka tapi menguntungkan yang bisa dicoba yaitu usaha menjahit. Memiliki keahlian menjahit sebaiknya mencoba bangun usaha jahit di pedesaan. 

Meskipun memiliki jumlah penduduk kecil dibanding di kota namun kebutuhan tenaga penjahit sangat diperlukan dimanapun termasuk di desa.

Bisnis pesanan jahit sering laku pada saat hari raya dan mulai masuknya anak-anak sekolah. Di hari-hari biasa tetap memiliki pesanan namun tidak sebanyak musim hari raya. 

Agar bisa membangun bisnis jahitan laris maka solusinya yaitu berjualan pakaian pria dan wanita dari hasil jahitanmu sendiri.

12. Bengkel motor

Usaha yang menjanjikan di desa berikutnya yaitu bengkel motor. Anda memiliki skill teknik otomotif bisa membangun bengkel motor sederhana di pedesaan. Kebutuhan kendaraan cukup besar di desa karena mereka akan membutuhkan kendaraan mereka untuk bekerja dan sekolah.

Supaya bisa menarik pembeli ada bagusnya jika menjual kebutuhan sepeda motor seperti ban motor, oli motor dan sebagainya sambil membuka jasa servis motormu juga bisa berjualan perlengkapan motor.

13. Rental PlayStation

Bermain game sudah sering dilakukan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Jika di desa memiliki banyak anak muda maka Anda bisa menciptakan peluang usaha di desa dengan cara membuka usaha Rental PS.

Untuk jenis PS yang bisa kamu coba yaitu PlayStation 4 yang sudah dikenal banyak orang. Anda cukup menyediakan 2 (TV Flat) dan 3 (PlayStation 4). Jika sudah mendapatkan penghasilan lebih dan memiliki pelanggan banyak maka sudah bisa menambah unitnya lagi.

14. Membuka Usaha Fotocopy dan Printer

Dimamanapun kebutuhan printer dan jasa fotocopy sangat diperlukan apa lagi jika para pekerja dan anak-anak yang menempuh pendidikan sangat membutuhkan mesin fotocopy dan printer.

Sebaiknya baca juga : Ketahui Cara Sukses Berdagang Makanan Bagi Pemula

Dengan mendirikan toko fotocopy dan jasa print maka orang di desa tidak perlu lagi keluar mencari toko lain karena kamu sudah menyediakannya untuk kebutuhan warga desa. Agar menambah penghasilan sebaiknya berjualanlah kebutuhan ATK ( Alat Tulis Kantor) untuk mereka yang bekerja dan bersekolah terkadang butuh perlengkapan ATK.

15. Jasa Bimbingan Belajar

Meskipun jumlah penduudk di desa cukup sedikit dibanding dengan di kota namun kebutuhan belajar tetap cukup besar, banyak anak-anak di desa rela berjalan kaki menempuh 1 km lebih demi bersekolah dan belajar

Jika mempunyai pengalaman dalam mengajar maka bisa menciptakan inovasi usaha di desa dengan cara memberikan jasa bimbingan belajar bagi mereka seperti membuka kursus bahasa inggri dan komputer.

Untuk kursus komputer Anda cukup menyediakan 5 buah komputer standar dan bisa memberikan pelajaran dasar-dasar office. 

16. Ternak Kroto

Usaha ternak kroto di kampung bisa Anda lakukan untuk usaha jangka panjang di desa karena harga kroto per kilo masih lumayan bagus yaitu mencapai puluhan ribu per kilo. Bentuk kroto sendiri mirip dengan butiran nasi yang memiliki bentuk lonjong berwarna putih.

Manfaat dari kroto sebagai obat herbal dan sebagai makanan burung hias supaya bisa berkicau dengan merdu sehingga memiliki permintaan cukup banyak dari pemilik burung dan pengusaha burung hias.

17. Kerajinan Tangan Asli Desa

Biasanya setiap desa memiliki kerajinan tangan khas. Jika di desamu mempunyai dan bisa dibuat maka silakan jadikan peluang bisnis kekinian dan mulai mendapatkan penghasilan dari kerajinan tangan.


Jika kerajinan tangan Anda cukup bagus dan menarik perhatian maka sudah bisa mempromosikannya di luar desa mulai dari menyebarkan foto dan deskripsi usaha melalui media sosial semacam Faceebok dan Instagram

18. Warung Makan

Usaha warung makan sudah tidak diragukan lagi sudah menjadi peluang usaha cukup menjanjikan dan bisa bertahan lama. Sudah banyak warung makan meraup untung bombastis seperti warung makan mie ayam dan bakso.

Sebelum memulai usaha warung makan sebaiknya tentukan lokasi dimana Anda berjualan dan jenis makanan apa yang akan dijual. Terakhir jangan lupa siapkan modal awal berjualan makanan.

19. Usaha Jual Ikan Asin

Bangun usaha ikan asin di pedesaan juga termasuk usaha yang menjanjikan dan peluangnya cukup besar terlebih jika lokasi desa dekat dengan laut dan sungai. 

Untuk berjualan ikan asin Anda harus membeli ikan langsung dari nelayan atau pengusaha ikan diluar desa supaya bisa mendapatkan potongan harga.

20. Usaha Penjualan Tanaman Hias

Siapa yang tidak suka dengan tanaman hias, tanaman hias sudah mulai digemari sebagai peluang usaha di desa 2020, di desa tanaman hias sangat disukai dan cocok dengan lingkuan desa yang memiliki udara segar. Apa lagi banyak orang luar sering mencari bibit tanaman hias.

Jika Anda mempunyai tanaman hias dan mahir merawatnya maka silakan berjualan tanaman hias, modal untuk berjualan tanaman hias juga cukup kecil karena cukup menyiapkan pot bungan dan bibit tanaman hias.

Berikut rekomendasi usaha di pedesaan lainnya yang bisa dijadikan ide untuk mendirikan bisnis maupun usaha:

21. Warung Kopi

22. Ternak Sapi Dan Kambing

23. Tukang Pijat

24. Sewa Perlengkapan Pesta Pernikahan

25. Jasa Pembuatan Mebel

26. Bengkel Las

27. Pengrajin Gerabah

28. Jasa Servis Parabola

29. Jasa Rias Pengantin

30. Jamur Tiram

31. Jualan Kue Tradisional

32. Jual Sayur

33. Bertani Atau Berkebun

34. Penggilingan Padi

35. Ternak Kambing

Penutup

Membangun usaha di perkampungan sangat potensial dikarenakan persaingan di pedesaan sangat kecil dibanding perkotaan, silakan pilih jenis usaha apa yang bisa dijalankan di desa dan semoga berhasil. Sekian & Terimakasih.

Sebaiknya baca juga : 12 Peluang Usaha Minuman Unik Dan Ramai Pembeli

Posting Komentar untuk "35 Jenis Usaha Yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan Yang Menguntungkan"