Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anda Bingung Memulai Bisnis, Coba Lakukan Ini Agar Sukses

Daftar Isi [Tampil]

 

Anda Bingung Memulai Bisnis, Coba Lakukan Ini Agar Sukses

Memulai sebuah bisnis tentunya harus memiliki ide mengenai jenis usaha yang akan di jalankan. Ada berbagai macam jenis bisnis yang bisa Anda lakukan misalnya bisnis online, membuka warung makan dan sebagainya, namun kita tidak tahu cara memulainya harus dari mana.

Agar paham harus mulai dari mana saat berbisnis sebaiknya Anda harus mahir dalam menemukan peluang usaha. Jika sudah menemukan sebuah peluang maka bisa di jadikan sebuah bisnis.


Untuk cara memulai bisnis dari nol yaitu menentukan jenis produk yang akan dijadikan usaha kedepannya dan tentu saja harus paham mengenai produk yang akan dijual.

Untuk itulah saya akan membagikan tips cara memulai bisnis bagi Anda yang masih bingung memulainya. Silakan simak artikel ini agar nantinya bisa sukses menjadi pebisnis.

Mengubah Hobi Sebagai Peluang Bisnis

Setiap orang tentunya akan memiliki hobi yang sering mereka kerjakan setiap hari bahkan hobi yang mereka punya memiliki nilai jual seperti memasak, bermain game dan mendesain.

Saat ini sudah banyak pelaku bisnis telah sukses karena mengubah hobinya tersebut sebagai peluang bisnis. Jika Anda bekerja dengan senang maka pekerjaan nantinya akan terasa ringan meskipun berat.

Sebagai contoh misalnya hobi memasak mie ayam dan memiliki rasa yang enak, manfaatkan hobimu dengan cara membuka usaha mie ayam. Jika belum mempunyai modal banyak sebaiknya bukalah usaha mie ayam rumahan kecil kecilan.

Sudah banyak pengusaha warung makan membuka usahanya di rumah dan sering kebanjiran pembeli. Anda juga bisa mencobanya dengan cara membuka usaha mie ayam rumahan.

Melakukan Riset Bisnis Terlebih Dahulu

Langkah awal memulai usaha dimulai dari penelitian mengenai peluang usaha tersebut,  itulah mengapa seorang yang terjun ke dunia bisnis pastinya sudah mengetahui seperti apa bisnis yang dia kelola. 

Bagaimana cara seseorang mengetahuinya yaitu dengan melakukan penelitian terlebih dahulu misalnya melihat potensi bisnis tersebut di sekitar lokasinya dan paham siapa target pasar yang akan di cari.

Anda juga harus melakukan riset terlebih dahulu agar bisa melihat peluang usaha yang bisa di jadikan bisnis kemudian melihat pesaing yang akan dihadapi nantinya. Setelah selesai melakukan riset pastinya Anda akan paham bagaimana peluang usaha yang akan di kelola.

Jika bisnis yang disukai memiliki peluang usaha yang kecil dikarenakan minat terhadap masyarakat masih sedikit, sebaiknya Anda mencari jenis bisnis lainnya yang sesuai dengan minat dan kebutuhan masyarakat karena mereka adalah calon konsumen.

Menyiapkan Modal Awal Usaha

Setelah selesai melakukan penelitian mengenai bisnis dan ternyata memiliki peluang usaha yang menjanjikan maka sudah bisa mempertimbangkan untuk menyiapkan modal awal usaha yang akan dipakai untuk kebutuhan bisnis nantinya.

Jika modal yang dimiliki terbilang kecil, ada baiknya jika memulai bisnis di rumah saja agar bisa mengurangi biaya seperti biaya sewa lokasi dan buat bangunan. Jika tertarik membuka usaha rumahan sebaiknya baca ini ide usaha rumahan modal kecil untung besar bagi pemula.

Membangun Kerjasama Dengan Pebisnis Lain

Bersaing dengan pebisnis lain memang hal yang biasa di temui namun Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan mereka dengan cara melakukan kolaborasi dengan produk bisnis yang sama dengan mereka.

Dengan begitu Anda akan mendapatkan pengalaman dari mereka yang sukses dan dia juga akan tertarik melihat bisnismu apa lagi memiliki banyak konsumen. Sebagai contoh menjual produk pakaian dari hasil jahitanmu


Mereka akan melihat pakaian yang Anda buat dan tertarik untuk dibuatkan, kemudian akan memberikan kain untuk dijadikan pakaian dan nantinya dia akan menjual di tokonya dengan nama brand dari usahamu.

Menyiapkan Strategi Jualan

Mempersiapkan strategi jualan merupakan cara pengusaha dapat bersaing dan menarik banyak konsumen agar membeli produknya. Untuk memulai strategi jualan Anda harus liat terlebih dahulu apa saja yang sainganmu jual, jika ada salah satu barang yang mereka tidak jual dikarenakan kehabisan stok.

Maka Anda harus mengambil peluang ini dengan cara menyediakan barang yang mereka tidak jual agar masyarakat yang mencari barang tersebut akan pindah ke lokasi usahamu sehingga dengan sendirinya mereka akan menjadi pelanggan barumu itulah pentingnya strategi jualan untuk menciptakan peluang bisnis yang menjanjikan.

Mempromosikan Bisnismu

Terkadang bisnis yang baru saja dibuka akan sulit kedatangan pelanggan dikarenakan bisnis yang masih baru, supaya mereka dapat mengetahui Anda sudah buka dan menjual kebutuhan produk yang mereka cari.

Silakan rutinlah promosikan bisnismu dengan cara membuat media informasi seperti spanduk, pamflet dan sebagainya. Untuk jenis spanduk bagusnya di pasang di depan toko agar mereka membaca informasi yang ada di spanduk.

Sedangkan untuk pamflet sebarkan melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram, media sosial sendiri merupakan cara strategis bagi pengusaha untuk memperkenalkan produknya supaya dapat menjangkau banyak orang.

7 Ide Bisnis Yang Bisa Anda Mulai Dari Sekarang

bingung memulai bisnis coba lakukan ini

Setelah paham cara memulai bisnis, sekarang silakan cari ide bisnis yang bisa dijalankan. Bingung mau usaha apa di rumah? Berikut akan saya berikan ide bisnis yang bisa dimulai:

1. Bisnis Jualan Sembako

Menyediakan kebutuhan masyarakat sebagai peluang bisnis bisa Anda lakukan dengan  cara membuka bisnis jualan sembako. Kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) sangat diperlukan masyarakat dalam keperluan sehari-hari untuk membuat makanan.


Anda bisa menjual sembako berupa minyak goreng, gula pasir, beras, susu dan sebagainya yang sering di pakai masyarakat, dengan begitu usaha yang di jalankan akan menjadi peluang usaha yang menguntungkan kedepannya.

2. Jualan Kue

Menjual aneka jenis kue yang laris di pasaran dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Menjual kue juga bisa di lakukan di rumah dengan cara memanfaatkan halaman depan sebagai tempat jualan agar tetangga dan masyarakat tahu Anda menjual kue.

Supaya dapat menjangkau banyak orang silakan perkenalkan jualanmu di media sosial dengan cara memasukkan foto dan deskripsi usahamu agar mereka tahu Anda menjual apa yang mereka cari.

Jika perlu gunakan jasa antar pesanan supaya mereka lebih tertarik lagi membeli dagangan. Jika tertarik berjualan kue silakan baca artikel ini ide usaha makanan ringan serba 5000 yang menguntungkan.

3. Membuka Jasa Desain Grafis

Cara membuka usaha sendiri di rumah bisa dimulai dengan memanfaatkan bakatmu sebagai bisnis sampingan di rumah. Mahir dalam desain grafis, silakan buka usaha freelance desain grafis.

Tawarkan jasa desainmu dengan membuat portofolio desain kemudian sebarkan di situs freelance seperti Sribulancer, Freelancer Indonesia, Projects.co.id. Jika ada yang mencari orang yang jago desain dan melihat karya desainmu di portofolio yang sudah Anda upload, mereka nantinya akan tertarik kemudian menghubungimu untuk bekerja sama.

Dengan bermodalkan laptop dan jaringan internet, nantinya akan dengan mudah menghasilkan uang di rumah saja dengan memakai pengalamanmu di dunia desain yang akan menjadi usaha rumahan kreatif yang menjanjikan dan menguntungkan.

Menggunakan bakatmu untuk membuka usaha desain grafis dapat menjadikan bisnis tanpa perlu mengeluarkan modal karena hanya bermodalkan keahlianmu dalam mendesain.

4. Bisnis Online Pakaian

Usaha yang cocok untuk anak muda yaitu bisnis jualan pakaian secara online. Selain mereka yang masih muda terkadang ada juga beberapa orang tua yang menjalain bisnis online pakaian.

Terkadang ada beberapa orang yang masih belum paham cara membeli pakaian secara online sehingga mereka pergi ke pasar maupun toko untuk membelinya. Anda yang hobi belanja online bisa mencoba berbisnis pakaian secara online.

Ada banyak situs online shop menyediakan pakaian murah dan berkualitas seperti tokopedia, shopee, bukalapak dan lainnya. Anda bisa berjualan di rumah dengan menggunakan media sosial sebagai tempat menjalankan bisnis.

Dengan begitu jualan pakaian secara online merupakan cara terbaik dalam memulai usaha rumahan yang tidak ada matinya dikarenakan kebutuhan pakaian sangat penting dalam beraktivitas dan bekerja terutama mereka yang sering keluar rumah.

5. Bisnis Aksesoris HP

Peluang usaha bisnis satu ini cukup menjanjikan karena pemakaian smartphone saat ini sudah banyak mulai dari anak-anak hingga orang tua sudah memakai smartphone sebagai alat komunikasi dan informasi paling laris di dunia. Terkadang pengguna ingin melihat hp mereka terlihat indah.

Kadang ada juga beberapa alat khusus untuk membantu para pengguna hp agar lebih mudah menggunakannya salah satunya tongkat selfi yang mempermudah orang mengambil foto.


Untuk aksesoris smartphone yang sering dijual yaitu Tongsis (tongkat narsis), Casing atau cover, Power bank, USB OTG dan lainnya. Cukup berjualan di rumah dan mulailah bisnis jualan aksesoris secara online atau jika punya modal cukup dan punya tempat tapi bingung mau usaha apa. Sebaiknya bukalah toko kecil kecilan yang menjual perlengkapan smartphone.

6. Bisnis Kerajinan Tangan

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas pada pembahasan tips cara memulai bisnis pada point satu yaitu menjadikan bisnis sebagai hobi. 

Anda yang mahir dan menyukai membuat kerajinan tangan sebaiknya cobalah untuk membuka usaha kecil kecilan jualan kerajinan tangan.

Misalnya mahir dalam membuat gelang, kerajinan melukis, kerajinan dari botol sebagai tempat pot bunga dan sebagainya. 

Kunci sukses dari bisnis kerajinan tangan ialah selalu menyiapkan inovasi baru dari produk kerajinan tangan agar masyarakat tidak bosan mengunjungi usahamu dan akan membelinya bila mereka tertarik.

Meskipun kerajinan tangan merupakan usaha yang jarang ditemui namun masih tetap dibutuhkan dikarenakan banyaknya pesanan yang datang dari masyarakat mengenai kerajinan tangan dari limbah sampah yang dapat mereka gunakan dalam keperluan sehari-hari seperti mengubah kaleng menjadi tempat sendok dan membuat pot bunga dari botol bekas.

7. Bisnis Fotokopi Rumahan

Memiliki modal kecil tidak dapat membuat Anda tidak bisa berbisnis, memiliki printer dan laptop di rumah bisa dijadikan sebagai usaha yang cocok untuk pemula dengan modal kecil dengan cara menyediakan jasa fotokopi dan print rumahan.

Konsumen yang Anda dapat bisa datang dari siswa hingga mahasiswa yang sering membutuhkan printer untuk mencetak tugas mereka, apa lagi bagi mahasiswa tingkat akhir yang menyususn proposal dan skripsi.

cara mempromosikannya cukup mudah yaitu beritahu teman sekelasmu bahwa Anda menyediakan jasa fotokopi dan print berkas yang sudah dibuka di rumah sehingga nantinya akan mendapatkan penghasilan untuk uang jajan.

Penutup

Itulah cara memulai bisnis dan rekomendasi ide bisnis yang bisa Anda pikirkan untuk dijadikan peluang usaha kedepannya. Jangan menyerah berusaha dan seringlah perbanyak belajar supaya bisa menemukan peluang usaha dan menciptakan peluang usaha tersebut menjadi bisnis yang menjanjikan.

Baca juga: Cara Membuka Usaha Kecil Kecilan Yang Menguntungkan

Posting Komentar untuk "Anda Bingung Memulai Bisnis, Coba Lakukan Ini Agar Sukses"