Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Bisnis Budidaya Unik Yang Masih Jarang Digeluti

Daftar Isi [Tampil]

 

Bisnis Budidaya Unik Yang Masih Jarang Digeluti

Bisnis budidaya merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan dan sering dibutuhkan banyak orang. Ada 2 macam bisnis budidaya unik yang bisa Anda coba yaitu budidaya hewan ternak dan budidaya tumbuhan.

Kedua jenis bisnis budidaya itu memiliki keuntungan yang cukup besar seperti hewan ternak sangat dibutuhkan daging maupun telurnya untuk dimakan sedangkan tumbuhan sering dibudidayakan karena banyak orang menyukai memelihara bunga dan beberapa jenis tumbuhan sering dijadikan bahan untuk membuat obat tradisional.


Anda bisa mencoba kedua jenis budidaya tersebut supaya bisa mendapatkan penghasilan. Jika tertarik, berikut saya berikan bisnis budidaya unik yang masih jarang digeluti.

Bisnis Budidaya Unik Yang Masih Jarang Digeluti

1. Budidaya Tanaman Hias

Bagi Anda yang hobi mengoleksi tanaman hias sebaiknya jadikan hobi tersebut sebagai bisnis budidaya tanaman hias yang menguntungkan. Anda bisa memulainya dirumah dengan cara membeli bibit tanaman kemudian merawatnya dengan baik sehingga bisa tumbuh menjadi besar.

Adapun rekomendasi tanaman hias yang bisa dibudidayakan yaitu  bunga anggrek, bunga matahari, tanaman bonsai, tanaman begonia, bunga bougenville, dan lain-lain.

Selanjutnya sediakan pot bunga sebagai tempat menanam tumbuhan, sesuaikan ukuran tanaman dengan pot. Untuk mempercepat pertumbuhan tanaman sebaiknya berikan pupuk. 

Dengan begitu Anda bisa memulai budidaya tanaman hias, keuntungan yang didapat dari budidaya ini adalah Anda tidak usaha khawatir mengenai lahan yang sempit karena ukuran tanaman hias cukup kecil dan media tempatnya menyesuaikan dengan ukuran tanaman. 

Jika sedang mencari ternak menguntungkan di lahan sempit, silakan cek artikel ini 10 Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit dan Cepat Panen

2. Budidaya Tanaman Porang

Porang adalah sejenis umbi-umbian dan sering dibudidayakan petani Indonesia karena memiliki nilai ekonomi tinggi. Budidaya tanaman porang masih jarang digeluti karena membutuhkan lahan yang luas.

Namun jika Anda memiliki lahan yang luas maka mencoba budidaya tanaman porang bisa Anda coba, keuntungan yang didapatkan dari budidaya ini sangat besar, harga porang tahun 2021 memiliki harga yang fantastis mencapai 300 ribu per kg.

3. Budidaya Tanaman Sayuran

Budidaya tanaman sayuran bisa Anda mulai dirumah, sangat jarang ditemui orang membudidayakan sayuran dirumah mereka. Biasanya orang menanam sayuran di kebun dengan lahan yang cukup luas.

Namun Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk mencoba bisnis budidaya unik dengan menanam sayuran dirumah. Ada beberapa jenis sayuran yang paling laris terjual dan bisa dibudidayakan seperti sayuran bayam, sayuran terong, sayuran sawi, sayuran daun bawang dan sayuran tomat.

Setelah selesai menentukan jenis budidaya tanaman sayur, maka Anda sudah bisa memilih bibit sayuran untuk ditanam di rumah.

4. Budidaya Tanaman Jahe

Tanaman jahe sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari karena kebutuhan jahe penting untuk pembuatan bumbu dapur. Selain itu sudah sering ditemui banyak obat tradisional menggunakan jahe karena memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.


Budidaya tanaman jahe cukup unik dan masih jarang digeluti, Anda juga bisa memulai menanam jahe dibelakang rumah atau di kebun. Anda bisa memanen jahe jika sudah berumur 10 – 12 bulan.

Untuk memanen jahe cukup mudah, bisa memakai cangkul atau bahkan garpu. Harga jual jahe putih di pasaran sekitar Rp4 – 5 ribu per kg, sedangkan jahe merah Rp10 ribu per kg.

5. Budidaya Tanaman Jagung

Selain padi. Tanaman jagung sudah menjadi makanan pokok sehari-hari, itulah kenapa jagung termasuk usaha yang jarang rugi. Dalam menjalankan peluang bisnis tanaman ini sebaiknya ketahui pangsa pasar yang menjanjikan. Misalnya jagung sering dijadikan makanan ringan seperti membuat jagung bakar dan jagung rebus. 

Selain dijadikan makanan manusia, Anda bisa juga menjual jagung di pasar sebagai pakan hewan ayam, itik dan burung. Banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan, membuat Anda bisa mencoba jagung sebagai bisnis budidaya unik yang cukup menguntungkan.

Sebelum menjalankan budidaya ini sebaiknya lihatlah lingkungan sekitar Anda, jika lokasi Anda tidak memiliki petani yang menanam jagung. Maka Anda bisa membudidayakan jagung dengan lancar.

Baca juga : Ternak Modal 1 Juta Yang Cepat Panen

6. Budidaya Cacing Tanah

Cacing merupakan hewan yang hidup di tanah yang memiliki harga jual yang menguntungkan. Hewan ini sering dijadikan pakan ikan dan burung sehingga sering laku terjual.

Anda bisa mencoba cacing sebagai bisnis budidaya unik karena hanya sebagian orang ingin beternak cacing. Alasannya hewan ini di anggap menjijikan untuk dipegang. Namun bagi Anda yang memiliki niat ingin sukses dari budidaya hewan, sebaiknya coba beternak cacing tanah. 

Harga cacing dijual cukup besar sekitar Rp60 – 400 ribu per kg. Cara merawatnya cukup gampang dengan menyediakan tempat berkembang biak berukuran kecil yaitu 85 x 40 x 30 cm dan memberikan pakan cacing yang mudah ditemukan seperti daun dan akar pohon.

7. Ternak Telur Semut

Telur semut atau biasa disebut kroto ternyata sering dicari banyak orang untuk dijadikan pakan ikan dan burung. Anda bisa menjadikan kroto sebagai bisnis budidaya unik yang jarang digeluti.

Harga jual kroto per kilogram sekitar Rp 75 ribu. Anda bisa bekerjasama dengan pemilik kolam ikan dan orang yang mengoleksi burung hias supaya bisa memasok kroto dalam jumlah banyak dan menjualnya kepada mereka setiap hari.

8. Budidaya Keong Mas

Keong mas merupakan usaha ternak yang masih jarang ditemui karena dianggap sebagai hama para petani, namun ada beberapa orang menjual keong mas di pasaran dan sering ramai pembeli. Keong mas sering dicari karena memiliki rasa yang enak jika dimasak dan sering dijadikan pakan hewan ternak.

Anda bisa mencoba budidaya keong mas yang cukup unik ini, apa lagi masih jarang orang menggeluti bisnis ini. Jika tinggal di pedesaan maka bisnis keong mas sangat cocok untuk Anda.


Modal yang disediakan relatif kecil, dengan modal 300 ribu sudah bisa beternak keong mas dengan cara membuat perangkap seperti parit sehingga bisa mengumpulkan keong dengan jumlah banyak. Itulah kenapa budidaya keong mas termasuk usaha ternak modal 300 ribu.

9. Budidaya Cicak

Bagi sebagian orang, cicak dianggap sebagai hewan pengganggu dan menakutkan. Tetapi hewan sejenis reptil ini ternyata memiliki nilai jual yang layak dibudidayakan.

Anda bisa menjual cicak dengan jumlah banyak dengan cara menjualnya ke negara China. Di negara tersebut, cicak sering dijadikan obat herbal. Seperti yang dilakukan oleh seorang perempuan bernama Ita Purwita asal Cirebon, Jawa Barat. Dia menjual cicak dalam keadaan mati dan kering dengan harga mencapai Rp250 per kg. 

Dengan sedikitnya orang mencoba budidaya hewan ini maka Anda bisa menjadikan budidaya cicak sebagai bisnis jarang pesaing.

10. Budidaya Tikus

Hewan yang terakhir yaitu Tikus. Jangan salah paham dulu ya. Tikus bisa dibudidayakan karena sering dibeli banyak orang untuk dijadikan makanan hewan reptil, namun tikus yang dimaksud disini jenis tikus putih.

Dalam ilmu sains, tikus sering dijadikan bahan praktek. Dengan begitu, Anda bisa mencoba peluang budidaya unik ini karena tikus sering dicari untuk kebutuhan makanan reptil maupun keperluan sains.

Penutup

Demikianlah artikel yang membahas mengenai bisnis budidaya unik yang masih jarang digeluti. Semoga jenis budidaya di atas bisa Anda coba dan mendapatkan keuntungan yang memuaskan.

Baca juga : Usaha Ternak Yang Menjanjikan di Masa Depan dan Menguntungkan

Posting Komentar untuk "10 Bisnis Budidaya Unik Yang Masih Jarang Digeluti"