Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Rumahan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Daftar Isi [Tampil]

 

Bisnis Rumahan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Sudahkah Anda memulai bisnis rumahan? Sebagai seorang ibu rumah tangga jangan ragu membuka usaha di rumah, karena ada beberapa bisnis yang bisa dimulai dari modal kecil dan bisa dilakukan di rumah sambil menjaga anak.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya, mulai dari usaha kuliner sampai bisnis jualan barang, semua bisa dilakukan di rumah Anda.


Anda bisa berbisnis sambil mengurus rumah tangga, sudah banyak wanita hebat sukses menghasilkan uang jutaan dari bisnis rumahan. 

Jika Anda tertarik mencoba bisnis yang bisa dimulai dari rumah, silakan simak contoh usaha ibu rumah tangga pada artikel ini dan semoga ada ide bisnis yang cocok untuk Anda.

Bisnis Rumahan Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga

1. Bisnis Makanan Ringan

Mencoba berjualan makanan ringan di rumah, bisa Anda lakukan. Ada banyak cemilan atau jajanan anak sekolah yang memiliki harga 1000 dan 2000 rupiah. Anda bisa membuat makanan ringan kekinian tersebut dengan peralatan dapur yang sudah ada.

Salah satu bisnis yang ramai adalah usaha makanan ringan, karena kebutuhan jajanan seperti ini sering dibeli anak-anak hingga orang dewasa untuk dijadikan sarapan pagi dan sebagai makanan yang dapat menunda lapar.

Saya sudah merangkum daftar makanan ringan yang bisa dibuat di rumah pada artikel ini Daftar Jajanan Unik Serba 1000 dan 2000

2. Bisnis Jualan Tanpa Modal

Wahh. bisnis ibu rumah tangga tanpa modal? Saat ini sudah tidak diragukan lagi, usaha jenis ini Ada. Bisnis yang dimaksud adalah menjadi dropshipper, dengan mencoba usaha ini. Anda tidak perlu membeli berbagai macam produk, karena barang yang dijual merupakan milik orang lain yang sudah menjalin kerjasama dengan Anda.

Anda bisa menjualnya di rumah, dengan cara memakai media sosial untuk memasarkan produk tersebut. Jika ada konsumen yang membelinya, maka nantinya Anda akan mendapatkan imbalan dari barang yang sudah laku Anda jual. Bisnis dropship kebanyakan dijalankan oleh anak perempuan dan ibu rumah tangga sehingga sangat cocok untuk Anda yang sudah menjadi ibu rumah tangga.

3. Bisnis Budidaya Tanaman Hias

Contoh usaha ibu rumah tangga selanjutnya adalah budidaya tanaman hias. Peluang bisnis ini cukup menjanjikan, karena peminat tanaman hias semakin banyak. Sebagian orang menyukai tanaman ini, karena memiliki bentuk tanaman yang unik dan indah sehingga cocok untuk mempercantik halaman depan rumah.

Jika sangat hobi memelihara tanaman hias, sebaiknya jadikan hobi Anda untuk menghasilkan uang di rumah. Ada banyak jenis tanaman hias yang sering dicari masyarakat seperti tanaman hias bunga mawar, bunga anggrek, bunga matahari dan lidah mertua.


Anda bisa menanam tanaman hias dengan menyediakan pot bunga yang harganya cukup murah, kemudian mengumpulkan kotoran kambing dan ayam untuk pupuk tanaman supaya bisa tumbuh dengan subur.

4. Bisnis Jualan Nasi Bungkus

Menjual nasi bungkus cukup menjanjikan, Anda bisa menjangkau berbagai macam pelanggan seperti anak-anak hingga orang tua. Nasi bungkus sangat digemari masyarakat, harga yang murah dan bisa mengatasi lapar menjadikan nasi bungkus sering habis terjual.

Dengan modal kecil sekitar 300 ribu sudah bisa buat usaha jualan nasi bungkus seperti nasi kuning dan nasi pecel.

5. Jualan Keripik

Bisnis untuk ibu rumah tangga selanjutnya adalah jualan keripik. Warga Indonesia sangat menyukai makanan yang renyah dan kriuk. Anda bisa mencoba bisnis jualan keripik di rumah. Selain modal yang kecil, cara memasarkan keripik sangat mudah, Anda bisa menjualnya di depan rumah sehingga mudah dilihat tetangga dan orang yang melintas.

Anda bisa menjualnya di warung juga loh. Tanpa perlu membuat warung. Caranya adalah melakukan kerjasama dengan pemilik warung untuk menitipkan jajanan keripik yang Anda buat, dengan begitu. Anda bisa menjangkau banyak target pasar dari menjual keripik.

Saya sudah merangkum daftar keripik pada artikel ini Daftar Keripik Yang Lagi Booming Untuk Dijual.

6. Bisnis Hidroponik

Bisnis hidroponik adalah suatu usaha yang bertujuan untuk memproduksi buah dan sayuran bergizi dan memiliki nilai jual yang cukup menjanjikan. Menggunakan cara hidroponik dalam menumbuhkan tanaman dapat menghasilkan produksi dua kali lipat dibanding dengan cara biasa.

Bisnis hidroponik dapat dilakukan di lahan yang sempit, jika memiliki lahan kosong di belakang rumah, silakan jadikan bisnis rumahan. Ada beberapa tanaman yang memiliki harga jual yang cukup tinggi yang bisa di tanam dengan teknik hidroponik seperti stroberi, selada, bayam, paprika dan tomat ceri.

Baca juga: Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

7. Bisnis Skincare

Anda sebagai perempuan pastinya sering membutuhkan skincare untuk merawat kulit dari noda dan sinar matahari yang berlebihan. Begitupun dengan wanita lainnya sangat membutuhkan produk skincare.

Hal ini lah, yang membuat bisnis sckincare sangat menjanjikan dimasa depan. Anda bisa menjalin kerjasama dengan orang yang memiliki banyak produk skincare kemudian menawarkan diri untuk menjadi dropship mereka, dengan begitu Anda bisa menghasilkan uang di rumah dengan cara memasarkan jualan ke media sosial dan tetangga.

Penghasilan yang diterima bisa Anda tabung sedikit demi sedikit kemudian jika sudah terkumpul banyak, silakan beli beberapa produk skincare yang paling laris kemudian mulailah membuka bisnis kosmetik Anda sendiri.

8. Bisnis HWI

Bagi Anda yang belum tahu bisnis ini HWI, ialah usaha dibidang network marketing yang biasa kita kenal dengan istilah MLM. Bisnis ini terbilang menjanjikan, Anda bisa menjadi distributor barang dari modal kecil yang bisa Anda jual kepada konsumen. Dengan bermodalkan smartphone, Anda sudah bisa bekerja di rumah.


Bisnis MLM merupakan Bisnis online yang cocok untuk ibu rumah tangga, karena Anda tidak perlu keluar rumah untuk memasarkan produk kepada konsumen.

Berikut bisnis MLM terbaik:

  • Jafra
  • NU Skin
  • Amway
  • Oriflame
  • Herbalife
  • Tiens
  • HDI Clover Honey

9. Bisnis Jualan Pulsa

Kebutuhan pulsa untuk masyarakat cukup penting, mulai dari menelpon sampai mengirim pesan akan membutuhkan pulsa. Banyaknya orang membutuhkan pulsa elektrik menjadikan peluang bisnis ini sangat menguntungkan.

Untuk awal jualan pulsa di rumah, bisa dimulai dari modal kecil dengan cara menyediakan pulsa operator untuk satu jenis saja, misalnya pulsa untuk telkomsel yang sudah memiliki pelanggan sangat banyak di Indonesia.

Untuk memulai bisnis jualan pulsa di rumah, hal pertama adalah mencari distributor pulsa terpercaya, kemudian menentukan harga tiap pulsa. Jangan lupa berikan layanan baik seperti mengirim pulsa dengan cepat supaya konsumen tidak lama menunggu.

10. Bisnis Pelayanan Jasa

Selain menjual berbagai macam produk. Anda juga bisa memakai keahlian yang Anda punya untuk menghasilkan uang di rumah. Misalnya jasa menjahit pakaian, kebutuhan pakaian bagi banyak orang sangat penting untuk bekerja dan melakukan aktivitas lainnya.

Jika Anda mahir menjahit pakaian, silakan coba bisnis ini di rumah. Anda bisa membuat spanduk depan rumah yang bertujuan untuk mempromosikan usaha rumahan kepada tetangga dan masyarakat.

Selain jasa jahit pakaian, berikut beberapa bisnis jasa terlaris yang bisa Anda coba:

  • Jasa Penulisan Artikel
  • Jasa Pengetikan
  • Jasa Penerjemah
  • Jasa Desain Grafis
  • Jasa Desain & Pembuatan Website

11. Budidaya Ikan Hias

Saat ini banyak masyarakat sudah mulai mengoleksi ikan hias dengan cara memeliharanya di akuarium. Memiliki warna yang indah dan cara merawatnya yang cukup mudah, menjadikan ikan hias sering dicari banyak orang.

Anda bisa memulai budidaya ikan hias sebagai bisnis rumahan yang menghasilkan banyak uang. Ada beberapa jenis ikan hias yang memiliki harga jual cukup tinggi seperti ikan cupang, ikan mas, ikan koi, ikan guppy dan lainnya.

12.  Bisnis Jualan Es Batu dan Es Lilin

Jangan remehkan bisnis ini. Anak-anak hingga orang dewasa sangat menyukai es lilin untuk dijadikan cemilan. Begitupun dengan es batu yang memiliki banyak manfaat seperti sering dibutuhkan membuat es krim, minuman dingin dan banyak pemilik warung mencari jualan es batu untuk kebutuhan jualan.

Anda bisa memulai menjual es batu dan es lilin di rumah dengan biaya yang terbilang kecil. Modal 300 ribu sudah bisa dipakai membeli plastik dan minuman sachet yang akan dijadikan es batu dan es lilin.

13. Bisnis Kerajinan Tangan

Anda bisa membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang memiliki nilai jual yang tinggi dan akan dibutuhkan banyak orang. Dengan begitu, usaha kerajinan tangan untuk ibu rumah tangga bisa Anda mulai dari modal kecil, karena hanya membutuhkan barang bekas yang bisa didapat secara gratis.

Berikut jenis kerajinan tangan dari barang bekas:

  • Membuat Lampu Sendok
  • Kreasi Dari Roll Tisu Toilet
  • Membuat Bunga Dari Kertas atau Sedotan
  • Mengubah Kaleng Menjadi Tempat Sendok
  • Membuat Vas bunga dari Bohlam

Penutup

Itulah 13 bisnis ibu rumah tangga yang bisa dimulai dari rumah dengan modal kecil. Semoga bisnis Anda nantinya memiliki banyak pelanggan dan bisa meraup untung besar. Sekian & Terimakasih.

Baca juga: 

Posting Komentar untuk "Bisnis Rumahan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga"