Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Berdagang Pakaian Yang Sukses dan Untung Besar

Daftar Isi [Tampil]

 

10 Cara Berdagang Pakaian Yang Sukses dan Untung Besar

Saat ini berdagang pakaian sudah menjadi usaha yang menjanjikan. Banyaknya kebutuhan mengenai pakaian yang bagus dan bersih yang bisa dipakai bekerja maupun dipakai dalam kegiatan sehari-hari.

Sehingga keuntungan yang didapat oleh usaha pedagang pakaian cukup menguntungkan. 

Adapun jenis jualan pakaian yang paling laris seperti baju kemeja, baju batik, daster, baju kokoh dan baju anak-anak.


Ada berbagai cara yang dilakukan pemilik usaha pakaian dalam menarik minat masyarakat untuk membeli dagangan pakaian mereka. 

Anda juga bisa menerapkan cara berdagang pakaian yang sukses agar jualan Anda bisa habis terjual.

Lalu seperti apa cara jualan pakaian yang sukses? Berikut 10 cara berdagang pakaian yang sukses dan bisa untung besar.

10 Cara Berdagang Pakaian Yang Sukses

1. Memilih Lokasi Berdagang

Cara pertama dalam berdagang pakaian adalah menentukan lokasi Anda berjualan. Usahakan cari lokasi yang sangat ramai seperti di dalam pasar, dekat pinggir jalan raya dan dekat dari lingkungan kampus.

Jika memilih lokasi yang ramai seperti di dalam pasar maka dapat menarik banyak pelanggan. Seperti yang Anda ketahui bahwa di dalam pasar ada banyak masyarakat yang pergi membeli kebutuhan sehari-hari.

Jika ada orang yang sedang mencari jualan pakaian, maka Anda dapat menawarkan dagangan pakaian Anda, supaya orang tertarik untuk membelinya.

2. Menentukan Jenis Pakaian Yang Dijual

Setelah selesai memilih lokasi jualan maka selanjutnya menentukan jenis pakaian yang akan Anda jual kepada calon pelanggan. 

Ada beberapa jualan pakaian yang laris seperti baju batik, baju kokoh, baju kemeja, daster dan lainnya. Sediakan pakaian yang paling dicari supaya bisa menjualnya sampai laku.

3. Menentukan Harga Pakaian

Menentukan harga jualan sangat penting dalam berdagang pakaian. Jika menjual pakaian yang memiliki harga mahal biasanya orang akan malas membelinya karena hanya memiliki modal kecil.

Namun jika Anda memberikan harga pakaian yang mudah dijangkau seperti pakaian serba 35 ribu maka pelanggan akan tertarik membelinya. 

Biasanya pedagang pakaian di pasar menyediakan harga yang mudah dijangkau karena mayoritas masyarakat yang belanja hanya memiliki modal seadanya.

Sebelum menentukan harga ada bagusnya jika melakukan riset terlebih dahulu seperti mencari tahu harga setiap pakaian yang diberikan oleh pemilik usaha baju lainnya.

4. Memberikan Diskon

Salah satu strategi bisnis pakaian yang sering digunakan oleh pedagang yaitu memberikan diskon untuk pakaian yang dijual. Masyarakat sangat menyukai jika ada diskon yang diberikan karena bisa membeli dengan harga murah.


Untuk cara menentukan diskon sebaiknya lakukan perhitungan terlebih dahulu mengenai pakaian yang akan diberikan diskon. 

Untuk contoh diskonnya seperti menyediakan pakaian seharga 100 ribu untuk 3 pakaian. Jadi calon konsumen bisa membeli 3 jenis pakaian seharga 100 ribu.

5. Mempromosikan Dagangan Pakaian

Supaya dapat menjangkau lebih banyak pelanggan maka sebaiknya memperkenalkan usaha Anda kepada masyarakat. 

Caranya cukup mudah silakan promosikan di media sosial seperti Whatsapp dan Facebook yang memiliki pengguna aktif sangat banyak.

Anda bisa memposting foto dagangan beserta harga dan deskripsi usaha yang nantinya mempermudah orang untuk mencari lokasi jualan Anda. 

Bisa juga menerapkan jasa antar pesanan jika Ada pelanggan yang ingin membeli pakaian yang dijual namun tidak bisa ke lokasi usaha Anda.

Dengan memberikan layanan jasa antar pesanan dan mempromosikan usaha maka peluang untuk mendapatkan pelanggan yang banyak sangat besar karena bisa menjankau banyak orang.

6. Menyiapkan Perlengkapan Usaha

Dalam menjalankan bisnis tentunya harus memiliki perlengkapan usaha. Maka dari itu silakan catat segala keperluan yang akan dipakai berdagang pakaian, seperti gantungan pakaian, hanger, kantongan plastik, manekin pria dan wanita.

Setelah selesai mencatat segala kebutuhan, Anda sudah bisa membeli perlengkapan tersebut di situs belanja online karena menyediakan harga yang mudah dijangkau dan jika membeli dalam jumlah banyak nantinya mereka akan memberikan diskon.

7. Menyiapkan Modal Usaha

Siapkan modal untuk membeli perlengkapan dan jenis pakaian yang dijual. Jangan membeli pakaian yang mahal karena sangat jarang orang mencari pakaian serba mahal, silakan menabung dari sekarang untuk mempersiapkan biaya yang akan dipakai berjualan pakaian.

Jika ingin menjual pakaian kecil-kecilan silakan cek artikel ini Cara Buka Usaha Baju Kecil Kecilan

8. Mengamati Kompetitor

Mengamati kompetitor cukup penting jika ingin sukses berdagang pakaian karena jika pesaing Anda memiliki usaha jualan baju yang lebih baik seperti menjual pakaian berkualitas dengan harga murah dan sering memberikan diskon besar-besaran, maka dapat dipastikan usaha Anda akan sulit bersaing.

Maka dari itu sebaiknya perhatikan kompetitor dengan cara mempelajari strategi marketing mereka dan jenis pakaian apa saja yang di perdagangkan.


Jika lokasi usaha tidak memiliki pesaing maka dagangan pakaian bisa berjalan dengan lancar tanpa harus khawatir dengan kompetitor.

9. Melayani Pelanggan Dengan Baik

Memberikan pelayanan yang baik dapat membuat pelanggan merasa nyaman berbelanja di tempat Anda. Layani mereka dengan senyuman dan tawarkan pakaian yang cocok untuk mereka. Sehingga usaha Anda akan memiliki pandangan yang baik di mata mereka.

10. Menjadi Distributor Pakaian

Cara kerja distributor pakaian yaitu menjual dan mengantarkan stok pakaian dalam jumlah banyak kepada pemilik toko baju dan penjual pakaian kecil kecilan. Anda bisa mendapatkan untung banyak jika bekerjasama dengan banyak toko pakaian.

Hal yang harus diperhatikan dalam menjadi distributor pakaian adalah menyediakan kebutuhan jualan yang layak dan masih bagus kepada konsumen. 

Jika memberikan stok jualan yang tidak baik maka pemilik toko nantinya merasa di rugikan dan tidak akan bekerjasama dengan Anda lagi.

Cara Mengambil Keuntungan Jualan Baju

Untuk cara mengambil keuntungan jualan baju adalah melakukan tawar menawar kepada supplier Anda. 

Misalnya jika memesan pakaian sebanyak 300 buah kemudian melakukan tawar menawar sehingga bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan bisa dijual dengan harga yang menguntungkan.

Untuk cara mengambil keuntungan jualan baju online yaitu berhenti menjual pakaian yang tidak laris di pasaran, sebagai contoh jika menjual pakaian yang memiliki brand terkenal dan harganya relatif mahal yang target pasarnya merupakan masyarakat kalangan atas.

Sedangkan pelanggan Anda kebanyakan berasal dari kalangan bawah yang hanya mencari pakaian biasa dengan harga murah. Maka dari itu Anda tidak usaha menjual pakaian yang tidak dapat dibeli calon pelanggan Anda.

Cara Berbisnis Pakaian di Rumah

Anda yang suka berdagang pakaian bisa juga mencoba berbisnis pakaian di rumah dengan cara menyediakan stok jualan pakaian di rumah. 

Untuk cara pemasarannya silakan promosikan saja ke tetangga dan masyarakat yang dekat dari rumah Anda, dengan cara membuat spanduk jualan pakaian yang bisa di pasang depan rumah.

Sehingga orang dapat mengetahui bahwa Anda sedang berbisnis pakaian dirumah. Cara lainnya yang bisa dicoba untuk menjangkau banyak pelanggan adalah mempromosikan dagangan di media sosial.

Penutup

Dari 10 cara diatas silakan pelajari terlebih dahulu sebelum memulai berdagang pakaian, supaya Anda memiliki bekal ilmu pengetahuan mengenai cara berdagang pakaian. Tetap semangat dan jangan menyerah.

Siapkan strategi marketing dan modal usaha yang akan dipakai untuk membuka usaha pakaian. Sekian & Terimakasih.

Baca juga: Cara Jualan Baju Keliling Supaya Cepat Laku dan Untung Besar

Posting Komentar untuk "10 Cara Berdagang Pakaian Yang Sukses dan Untung Besar"