Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buka Usaha Baju Kecil Kecilan Bagi Pemula

Daftar Isi [Tampil]

 

Cara Buka Usaha Baju Kecil Kecilan Untuk Pemula

Saat ini usaha baju sudah menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan, kebutuhan pakaian setiap hari untuk bekerja dan melakukan aktivitas lainnya membuat bisnis jualan baju sangat ramai pembeli. 

Ada beberapa cara yang harus diperhatikan dalam membuka usaha baju kecil kecilan.

Mulai dari mempersiapkan modal usaha hingga menentukan lokasi jualan baju. Selain itu hal yang harus diperhatikan yaitu kompetitor yang merupakan pesaing usaha.


Untuk menghadapi kompetitor Anda harus membuat strategi marketing supaya masyarakat tertarik mengunjungi usaha baju yang dikelola.

Bagi Anda yang ingin membuka usaha baju namun memiliki modal kecil, maka akan saya berikan cara buka usaha baju kecil kecilan untuk pemula sebagai berikut.

1. Menentukan Jenis Pakaian Untuk Dijual

Anda yang ingin membuka usaha baju sebaiknya tentukan terlebih dahulu jenis pakaian yang ingin dijual kepada masyarakat. Apakah nantinya menjual pakaian wanita, pria dan pakaian anak-anak. 

Jika ingin membuka usaha baju kecil-kecilan ada baiknya jika menjual pakaian wanita dan pria dewasa terlebih dahulu, jika sudah mendapatkan keuntungan maka bisa memperluas jualan baju dengan cara menyediakan pakaian anak-anak.

Biasanya jualan pakaian yang paling laris yaitu wanita karena mereka sangat senang belanja terutama masalah kebutuhan pakaian sudah menjadi hobi mereka sehari-hari. Anda bisa menyediakan stok pakaian wanita lebih banyak dibanding pria karena anak laki-laki cenderung menyukai pakaian yang sudah lama mereka pakai.

Untuk membeli pakaian silakan kunjungi situs belanja online seperti Tokopedia dan Shopee yang merupakan tempat belanja online berbagai macam kebutuhan masyarakat dan salah satunya pakaian.

2. Menentukan Lokasi Usaha Baju

Setelah selesai memilih jenis pakaian yang akan dijual, saatnya Anda menentukan lokasi berjualan baju. Untuk lokasi strategis membuka usaha baju berada di dalam pasar, dekat pinggir jalan raya dan pusat perbelanjaan seperti Mall.

Jika memiliki modal kecil untuk menyewa lokasi sebaiknya cari lokasi di dalam pasar yang cukup murah dan memiliki banyak pengunjung setiap hari. Dari pada berjualan di pinggir jalan namun sulit menarik pelanggan yang hanya lewat berkendara.

Anda juga bisa membuka usaha baju dengan cara menyewa toko yang dekat dengan pusat keramaian seperti dekat dari pasar dan lingkungan kampus supaya bisa menarik perhatian masyarakat dan mahasiswa yang hobi belanja pakaian.

3. Bekerjasama Dengan Supplier Pakaian

Supplier merupakan sebuah perusahaan yang bertugas untuk menjual kebutuhan pengusaha lainnya untuk bisa dijual. Dengan bekerjasama dengan supplier, Anda tidak usah khawatir jika sedang mencari stok jualan baju.


Namun Anda harus pintar mencari supplier yang bisa di ajak kerjasama, jangan sampai mendapatkan supplier yang memiliki harga barang yang mahal dan tidak berkualitas. Silakan menjalin kerjasama dengan beberapa supplier yang nantinya bisa Anda lihat mana yang layak di ajak kerjasama ke depannya.

4. Mencoba Menjadi Dropshipper

Bagi Anda yang belum tahu arti dropshipper yaitu cara pengusaha memasarkan produk jualan milik pengusaha lainnya yang sudah di ajak kerjasama. 

Misalnya menjual pakaian milik orang lain di tempat usaha baju Anda, kemudian pelanggan yang datang akan membeli pakaian tersebut.

Setelah pelanggan membelinya, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan dari menjual pakaian milik pengusaha lainnya. Untuk keuntungannya tentu sudah dibicarakan pada saat menjalin kerjasama. 

Dengan begitu tanpa membeli baju untuk dijual, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan tanpa harus mengeluarkan modal membeli pakaian.

5. Mempromosikan Usaha Baju

Salah satu cara memperkenalkan usaha baju kepada masyarakat yaitu melakukan promosi dengan cara membuat spanduk di depan toko Anda sehingga mempermudah mereka yang sedang mencari toko jualan baju.

Spanduk juga merupakan cara mudah dan murah untuk mempromosikan usaha baju, apa lagi spanduk bisa bertahan cukup lama. Cara lain yang bisa dicoba yaitu mempromosikan usaha baju di media sosial yang bisa menjangkau banyak orang.

Sudah banyak pemilik usaha pakaian memperkenalkan toko mereka di media sosial dan bisa menarik banyak orang untuk datang ditempat usaha pakaian mereka. Namun yang harus diperhatikan dalam memperkenalkan usaha baju adalah wajib memiliki nama brand agar mempermudah masyarakat membedakan usaha baju milik pengusaha lainnya.

6. Menawarkan Promo Menarik

Setelah mengetahui cara mempromosikan usaha baju, Anda juga bisa memberikan beberapa penawaran kepada masyarakat seperti menyediakan promo berupa diskon atau cashback supaya bisa menarik perhatian calon pelanggan.

Cara seperti ini sudah biasa diterapkan oleh beberapa pemilik usaha baju, Anda bisa memberikan promo pada saat tertentu saja seperti hari raya idul fitri, tahun baru dan hari belanja nasional.

7. Mempekerjakan Karyawan

Meskipun usaha baju Anda masih terbilang kecil namun jika sudah memiliki pelanggan yang banyak sebaiknya pertimbangkan merekrut karyawan supaya bisa membantu Anda berjualan baju. 

Jangan sampai malas mempekerjakan karyawan sehingga membuat Anda kelelahan dan tidak bisa memberikan pelayanan dengan baik kepada pelanggan yang nantinya membuat pelanggan merasa malas belanja di toko baju Anda.

8. Menjual Baju Secara Online

Anda belum memiliki modal untuk menyewa toko sebagai tempat usaha, Anda tidak perlu khawatir karena di era saat ini teknologi bisa di manfaatkan untuk berjualan, salah satunya memakai media sosial dan situs jualan online seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan sebagainya.

Anda cukup membuat akun media sosial kemudian memasarkan jualan tanpa perlu menunggu calon pelanggan datang di tempat Anda. Selain itu Anda juga bisa menyediakan jasa antar pesanan kepada pelanggan yang tidak bisa datang membeli pakaian. 

Dengan cara tersebut maka usaha baju dapat menjangkau lebih luas target pasar yang bisa menghasilkan keuntungan dari berjualan pakaian.

9. Menyediakan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

Salah satu cara buka usaha baju yang wajib diterapkan yaitu memberikan layanan yang baik kepada pelanggan, jika melayani dengan baik maka pelanggan akan merasa senang dan akan sering datang ke tempat usaha Anda sehingga bisa mendapatkan keuntungan.

10. Berdoa dan Bekerja Dengan Baik

Cara terakhir untuk bisnis pakaian kecil kecilan yaitu berdoa dan bekerja dengan baik, apapun segala usaha dan pekerjaan yang dilakukan tetaplah mengingat sang pencipta, berdoa untuk mendapatkan rejeki yang baik merupakan cara sederhana untuk bisa sukses.

Jangan lupa bekerja dengan baik, jangan melakukan hal buruk seperti menjual pakaian rusak kepada pelanggan, jika mereka tahu nantinya akan membuat nama brand usaha jadi tidak baik.

Modal Usaha Toko Baju

Modal yang akan disediakan nantinya digunakan untuk membeli kebutuhan usaha. Berikut rincian modal usaha toko baju kecil kecilan untuk pemula:

  • Lemari Pakaian

Biaya yang diperlukan untuk membeli lemari pakaian sekitar Rp 3 juta.

  • Peralatan Toko Baju

Adapun peralatan yang dibutuhkan untuk membuka toko baju seperti hanger, rak, patung, pembungkus pakaian, kantongan, pajangan dan lainnya. Untuk modal yang dibutuhkan sekitar Rp 10 juta.

  • Biaya Listrik

Anda pastinya membutuhkan listrik untuk usaha baju, sediakan modal sekitar Rp 150 ribu untuk satu bulan.

  • Biaya Membeli Stok Jualan

Untuk modal membeli persediakan pakaian yang akan dijual sebaiknya sediakan biaya sekitar Rp 15 juta untuk usaha baju kecil kecilan. Anda bisa menyediakan pakaian serba 35 ribu yang sering di beli banyak orang.

  • Gaji Karyawan

Jika ingin mempekerjakan karyawan sediakan gaji sekitar Rp 700 ribu per bulan.

Jadi modal yang akan dibutuhkan untuk membuka usaha baju kecil kecilan sebesar Rp 30.200.000.

Cara Berbisnis Pakaian di Rumah

Anda bisa mencoba usaha baju kecil kecilan dirumah dengan cara mempromosikan produk pakaian di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Selain itu silakan berikan layanan antar pesanan jadi pelanggan tidak perlu datang ke rumah untuk membeli pakaian karena bisa di antar menggunakan layanan antar pesanan.


Dengan menerapkan kedua strategi marketing tersebut, maka cara berbisnis pakaian dirumah dapat menjangkau banyak pelanggan tanpa perlu menyediakan biaya sewa lokasi usaha di pasar maupun mall. Jika sudah memiliki pendapatan yang memuaskan, maka silakan perluas usaha baju dengan membuat toko baju sendiri.

Cara Jualan Baju Keliling

Selain berjualan baju di rumah, Anda juga bisa mencoba jualan baju kecil kecilan dengan cara menjual baju keliling sambil mengendarai motor maupun mobil. Caranya cukup mudah dan tidak memerlukan biaya yang sangat mahal karena hanya bermodalkan kendaraan dan pakaian yang akan dijual.

Untuk caranya bisa dimulai dari menyediakan kendaraan yang akan dipakai menjual pakaian keliling. Sediakan kendaraan roda 3 yang memiliki bak dibelakang untuk tempat pakaian. Jangan lupa sediakan hanger dan gantungan pakaian sebagai tempat jualan pakaian.

Cukup mudah bukan? Anda bisa mengendarai motor roda 3 sambil membawa pakaian yang akan dijual ke masyarakat. Silakan jualan pakaian di dekat pusat keramaian seperti perumahan sederhana dan lingkungan yang dekat dari pasar.

Penutup

Semoga artikel yang saya bagikan bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba usaha baju kecil kecilan. Jangan menyerah menjadi pengusaha sukses karena semua orang bisa sukses asalkan paham dengan cara memulainya beserta modal yang akan disiapkan.

Baca juga: Peluang Usaha Jualan Baju Keliling

Posting Komentar untuk "Cara Buka Usaha Baju Kecil Kecilan Bagi Pemula"