Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jualan Baju Keliling Supaya Cepat Laku dan Untung Besar

Daftar Isi [Tampil]

 

Cara Jualan Baju Keliling Supaya Cepat Laku dan Untung Besar

Cara jualan baju keliling – sudah menjadi kebutuhan masyarakat mengenai pakaian yang setiap hari akan digunakan untuk melakukan aktivitas baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Sudah banyak pemilik usaha baju yang melakukan strategi jualan yang dapat mempermudah mereka untuk menjangkau masyarakat.

Salah satu strategi usaha baju dengan cara dagang pakaian keliling memakai kendaraan. Cara ini sangat mudah diterapkan dan tidak mengeluarkan banyak biaya karena Anda tidak usaha menyewa lokasi jualan dan membangun toko.


Anda cukup berkendara memakai mobil atau motor sambil membawa pakaian yang dijual kepada calon konsumen. Jika tertarik mencoba strategi usaha baju ini, berikut cara jualan baju keliling supaya cepat laku dan untung besar.

1. Memilih Jenis Kendaraan

Hal pertama yang harus disiapkan adalah jenis kendaraan yang ingin digunakan untuk berjualan baju. Lebih bagus jika memakai mobil untuk menjual baju keliling supaya Anda tidak kepanasan saat berjualan. 

Jika belum memiliki modal membeli mobil. Anda bisa memakai kendaraan roda 3 yang memiliki bak dibelakang sebagai tempat menyimpan pakaian yang akan dijual, supaya pakaian terlihat rapi sediakan rak gantungan baju.

2. Mengetahui Target Pasar

Setelah menyiapkan kendaraan yang akan digunakan, selanjutnya Anda harus mengetahui siapa kelompok konsumen yang akan menjadi calon konsumen nantinya. Misalnya Anda menjual pakaian serba 35 ribu maka sasaran konsumen Anda yaitu orang yang berada di perumahan sederhana.

Jika memasarkan baju murah seharga 35 ribu di lokasi lingkungan yang terbilang elit seperti perumahan yang memiliki penduduk yang kaya raya maka usaha baju tidak akan laku karena Anda hanya menyediakan baju sederhana yang sering dibeli masyarakat biasa.

Anda juga bisa berjualan di lingkungan dekat kampus yang target pasarnya mahasiswa/I karena mereka kebanyakan memiliki uang yang secukupnya untuk membeli pakaian. Dengan menjual pakaian yang bisa dijangkau oleh mereka maka nantinya bisa mendapatkan keuntungan dari jualan baju keliling.

3. Memilih Jenis Pakaian Yang Dijual

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas mengenai target pasar. Memilih pakaian untuk dijual kepada calon konsumen yang mudah dijangkau oleh kantong mereka. Jangan menjual pakaian mahal karena tidak semuanya masyarakat mampu membeli pakaian yang terbilang mahal.

Jika target pasar Anda merupakan mahasiswa/I dan pekerja biasa, maka sediakan pakaian seharga 35 – 100 ribu supaya mereka mampu membelinya dan jualan akan cepat laku.

Berikutnya mengetahui segmentasi pasar yang bertujuan untuk mengelompokan calon konsumen, misalnya menjual pakaian dewasa untuk pria dan wanita. Maka konsumen yang akan membeli pakaian berasal dari kalangan anak muda.

Jualan pakaian apa yang laris? Biasanya wanita sangat hobi belanja pakaian dan sering mengoleksi pakaian sedangkan pria jarang membeli pakaian karena mereka sangat menyukai memakai pakaian lama. 

Dengan menyediakan lebih banyak pakaian wanita dibandingkan dengan pakaian pria karena wanita sangat hobi belanja dapat membuat jualan baju laris karena menyesuaikan dengan target pasar.

4. Berpakaian Rapi Saat Menjual Pakaian

Hal yang tidak kalah penting untuk cara jualan baju keliling yaitu memakai pakaian rapi saat berjualan. Jika memakai pakaian rapi dan bersih nantinya dapat membuat calon konsumen tertarik membeli dagangan Anda dan mereka akan nyaman melihat penjual pakaian yang bersih dan rapi.


Namun jika memakai pakaian yang tidak rapi dan kotor nantinya dapat memberikan pandangan yang tidak enak dilihat, sehingga jualan Anda terlihat tidak layak dibeli. Itulah pentingnya berpakaian rapi dan bersih saat jualan baju keliling.

Baca juga : Modal Untuk Buka Toko Baju

5. Bekerjasama Dengan Supplier

Menjalin kerjasama dengan pemasok pakaian dapat bermanfaat untuk mendapatkan stok pakaian yang ingin dijual. Jika tidak bekerjasama dengan salah satu supplier nantinya Anda kesulitan mencari stok baju untuk dijual.

Biasanya jika membeli pakaian dengan jumlah banyak, maka pemasok akan memberikan diskon untuk stok pakaian yang dibeli, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan. 

Dari pada membeli di toko baju lainnya yang nantinya dapat memberikan harga lebih mahal dari harga normal, lebih baik membeli di supplier pakaian bisa dapat diskon dan harganya cukup normal.

6. Mengelola Keuangan Dengan Baik

Pada saat usaha baju keliling dimulai, Anda harus mahir dalam mengelola keuangan supaya dapat mengetahui berapa pengeluaran yang Anda dikeluarkan selama membuka usaha jualan baju keliling. Misalnya pengeluaran bensin, perawatan kendaraan dan sebagainya. 

Anda harus catat dan ingat supaya bisa mengetahui jumlah pengeluaran dan keuntungan yang didapat dari jualan baju kelilling.

7. Memiliki Usaha Baju Dirumah

Anda yang menjual baju keliling memakai kendaraan tentunya akan menyimpan pakaian yang belum habis terjual di rumah. Dengan begitu Anda juga bisa membuka usaha baju rumahan setelah selesai berjualan baju keliling.

Menjangkau lebih banyak calon konsumen dengan cara berjualan baju di rumah silakan promosikan usaha baju di media sosial supaya orang bisa tahu Anda juga sedang berjualan baju dirumah.


Untuk cara jualan online biar cepat laku yaitu dengan cara upload foto jualan dan lokasi usaha supaya pengguna media sosial dapat melihat dagangan yang dijual.  Jangan lupa cantumkan nomor telepon sehingga calon konsumen dapat menghubungi Anda untuk melakukan proses jual beli pakaian.

Jika ada pelanggan yang tidak sempat datang membeli pakaian, Anda bisa menerapkan jasa antar pesanan sehingga mempermudah pelanggan berbelanja baju di tempat Anda, dengan cara tersebut jualan baju bisa laku dan untung besar.

8. Perhatikan Kompetitor

Usaha jualan baju keliling sudah tidak asing lagi ditemui, sudah banyak orang mencoba peluang usaha ini dan sering bersaing satu sama lain dalam menarik minat masyarakat untuk membeli dagangan pakaian.

Jika lokasi tempat berjualan baju memiliki pesaing atau kompetitor maka Anda sebaiknya mengamati pesaing tersebut, misalnya jenis pakaian dan harga yang dia sediakan. Jika dia menjual pakaian cukup murah dan lengkap, sebaiknya usahakan sediakan juga pakaian yang lebih lengkap dengan harga terjangkau.

Penutup

Itulah cara jualan baju keliling yang bisa Anda coba supaya dagangan cepat laku, semoga artikel saya bermanfaat dalam memberikan pengetahuan kepada Anda yang nantinya menjadi pengusaha sukses kedepannya.

Baca juga: Peluang Usaha Jualan Baju Keliling Bagi Pemula

Posting Komentar untuk "Cara Jualan Baju Keliling Supaya Cepat Laku dan Untung Besar"