Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka Usaha Laundry Rumahan Supaya Laris

Daftar Isi [Tampil]

 

Cara Membuka Usaha Laundry Rumahan Supaya Laris

Semua orang bisa membuka usaha laundry rumahan asalkan mempunyai biaya dan konsisten mengelola usaha tersebut. Saat ini usaha rumahan sudah menjadi trend di kalangan masyarakat khususnya ibur rumah tangga.

Salah satu usaha rumahan yang sangat menjanjikan yaitu usaha laundry. Kebutuhan pakaian bersih bagi banyak orang mengharuskan mereka mencuci pakaian hampir setiap hari dan itu cukup melelahkan.


Dengan adanya usaha laundry, masyarakat akan merasa terbantu karena bisa membawa pakaian kotor ke laundry. Anda bisa mendapatkan untung setiap hari karena kebutuhan pakaian bersih sangat dibutuhkan setiap hari untuk bekerja dan melakukan aktivitas lainnya. 

Jika Anda berniat membuka usaha rumahan ini, sebaiknya ketahui cara membuka usaha laundry rumahan supaya laris berikut ini:

1. Menyiapkan Perlengkapan Usaha Laundry

Ada beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha laundry di rumah seperti dibawah ini:

  • Timbangan
  • Mesin Cuci
  • Sabun Cuci dan Pewangi Pakaian
  • Hanger dan Jemuran
  • Kemasan Plastik Untuk Bungkus Pakaian
  • Setrika dan Papan Setrika
  • Tag Gun Alat Penanda
  • Spanduk

Sangat penting mengetahui perlengkapan untuk usaha Anda nantinya karena dapat mengetahui modal yang dibutuhkan untuk membeli perlengkapan tersebut.

2. Memberikan Pelayanan Memuaskan

Sebagai pemiliki usaha, Anda wajib memberikan layanan yang baik kepada konsumen supaya mereka merasa nyaman berlangganan di tempat Anda. Jika memberikan layanan yang buruk nantinya mereka akan tidak nyaman dan akan pergi ke tempat laundry lainnya. 

Untuk itulah berikan pelayanan yang baik seperti cepat melaundry pakaian mereka supaya jangan membuat mereka menunggu tertalu lama.

3. Mengamati Kompetitor

Tips membuka usaha laundry rumahan berikutnya yaitu mengamati kompetitor. Usaha laundry rumahan memiliki beberapa kompetitor seperti laundry kiloan dan laundry coin. Jika salah satu dari pesaing Anda berada dekat dari lokasi usaha sebaiknya pelajari teknik pemasaran dan strategi jualan mereka.

Misalnya pemilik usaha laundry lainnya memberikan harga lebih murah dari Anda maka silakan revisi kembali harga laundry Anda dan berikan pelayanan yang lebih baik dari pesaing, supaya masyarakat akan lebih memilih usaha laundry rumahan Anda. 

Namun jika lokasi usaha tidak ada sama sekali kompetitor maka peluang usaha laundry rumahan sangat menjanjikan dan akan kedatangan banyak pelanggan karena hanya bisnis Anda yang ada disekitar lingkungan masyarakat sekitar.

4. Menentukan Harga Laundry

Seperti yang sudah saya jelaskan pada ponit nomor 3 yaitu memberikan layanan yang baik dengan cara menyediakan harga laundry yang mudah di jangkau. Untuk cara menentukan harga silakan sesuaikan dengan pengeluaran Anda dalam sebulan misalnya pengeluaran biaya listrik, sabun cuci, pengharum pakaian dan lainnya.

5. Menyiapkan Modal Usaha Laundry Rumahan

Biaya yang dibutuhkan untuk usaha laundry rumahan lebih kecil dibanding usaha laundry lainnya karena Anda tidak perlu menyiapkan modal sewa lokasi usaha. Yang harus Anda siapkan hanya perlengkapan usaha laundry yang sudah saya bahas pada cara pertama di atas.

Siapkan modal dari sekarang namun usahakan jangan mencoba mendapatkan modal dari hasil pinjaman usaha laundry karena dapat membahayakan bisnis Anda ke depannya, silakan menabung dari sekarang agar bisa membeli perlengkapan laundry rumahan.

Jika ingin tahu berapa modal yang dibutuhkan silakan cek artikel ini Modal Usaha Laundry Rumahan Bagi Pemula

6. Strategi Marketing

Menerapkan strategi pemasaran untuk tips buka usaha laundry rumahan merupakan salah satu cara mendapatkan pelanggan yang banyak. 

Cara praktis dan tidak memerlukan banyak biaya yaitu dengan cara memasang spanduk depan rumah supaya tetangga dan orang yang lewat mengetahui Anda sudah membuka usaha laundry di rumah.


Sehingga tetangga dan masyarakat lainnya bisa membawa pakaian kotornya ke usaha laundry Anda dan bisa mendapatkan penghasilan. 

Cara kedua untuk promosikan usaha yaitu memakai media sosial, Anda cukup upload foto usaha laundry beserta deskripsinya supaya nantinya pengguna media sosial akan tahu lokasi laundry Anda dimana.

7. Mencatat Transaksi Usaha Laundry

Point nomor tujuh ini tidak kalah penting yaitu mengetahui transaksi usaha laundry dengan cara melakukan pembukuan. Keutuntungan yang didapat yaitu mengetahui keadaan usaha laundry apakah sedang mengalami keuntungan atau kerugian. Selain itu Anda juga dapat tahu jika ada biaya diluar usaha laundry nantinya yang dapat merugikan.

Untuk mencatat pembukuan bisa memakai pulpen dan buku namun dengan perkembangan teknologi saat ini kita bisa memakai Smartphone dan Komputer untuk melakukan pembukuan.

Baca juga : Seperti Ini Cara Memulai Usaha Laundry Dari Nol

8. Menyediakan Karyawan

Meskipun membuka usaha di rumah namun terkadang banyaknya pelanggan nantinya akan membuat Anda kelelahan jika sendirian mengelola bisnis laundry. Jika memiliki keluarga yang bisa membantu Anda menjalankan usaha laundry di rumah maka tidak perlu mencari karyawan sehingga tidak usah mengeluarkan biaya gaji karyawan.

Namun jika Anda sendirian mengelola usaha dan memiliki banyak pelanggan sebaiknya carilah minimal satu karyawan yang bisa membantu Anda bekerja, jangan sampai tidak menyediakan karyawan sehingga membuat pakaian pelanggan lama di laundry dan membuat mereka lama menunggu.

9. Menjaga Pakaian Konsumen

Jagalah pakaian konsumen dengan baik jangan sampai membuat pakaian mereka rusak seperti ada pakaian yang sobek dan luntur, jika ada yang rusak nantinya akan mengeluarkan biaya ganti rugi dan membuat pelanggan merasa tidak nyaman sehingga tidak ingin lagi berlangganan.

Menjaga pakaian konsumen bisa dilakukan dengan cara menyediakan hanger pakaian dan setelah selesai di laundry silakan masukkan pakaian kedalam kemasan plastik supaya tidak terkena noda dan mengantisipasi kerusakan lainnya.

10. Berdoa dan Berusaha

Cara terakhir membuka usaha laundry rumahan yaitu berdoa karena setiap usaha yang dilakukan harus tetap mengingat sang pencipta karena dialah yang memberikan Anda kesempatan untuk mencoba membuka usaha.


Jangan lupa berdoa sambil berusaha dalam mengelola bisnis, jangan hanya mengandalkan doa namun Anda tidak pernah berusaha membuka usaha yang lebih baik.

Kelemahan Usaha Laundry

Dalam sebuah bisnis terkadang akan memiliki beberapa kelemahan, maka dari sekarang ketahui kelemahan dalam usaha Anda seperti usaha laundry ini yang memiliki kelemahan dimana usaha jenis ini sudah memiliki kompetitor yang sangat banyak sehingga Anda harus mahir menerapkan strategi marketing supaya bisa bersaing dengan mereka.

Kelemahan selanjutnya sulit mendapatkan pelanggan tetap jika tidak pandai melayani dengan baik dan memberikan harga yang sesuai dengan kemauan pelanggan.

Penutup

Sudah pahamkan apa yang harus dilakukan? Mulai sekarang pelajari cara di atas sebelum membuka usaha laundry dirumah supaya bisa mendapatkan penghasilan memuaskan.

Baca juga: Cara Usaha Laundry Pemula Dengan Modal Kecil

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Usaha Laundry Rumahan Supaya Laris"