Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Usaha Laundry Pemula Dengan Modal Kecil

Daftar Isi [Tampil]

 

Cara Usaha Laundry Pemula Dengan Modal Kecil

Memulai usaha laundry tidak sepenuhnya dimulai dengan biaya yang cukup besar, Anda cukup membeli saja kebutuhan laundry yang murah namun memiliki kualitas baik sehingga bisa memulai usaha laundry dengan modal kecil.

Saat ini sudah banyak ibu rumah tangga mencoba usaha laundry sebagai salah satu usaha rumahan yang menguntungkan. Anda juga bisa mencoba peluang usaha laundry dan untuk memulainya sebagai seorang pemula wajib mengetahui tips dan biaya yang akan dipakai untuk membangun jenis usaha ini.


Biaya yang paling banyak menguras dompet ialah menyewa lokasi, namun jika lokasi rumah Anda berada di tempat strategis seperti dekat dengan pusat keramaian dan kampus maka silakan desain rumah sebagai usaha laundry rumahan. Berikut saya berikan khusus Anda yang masih pemula cara usaha laundry dengan modal kecil.

1. Mencari Lokasi Strategis

Langkah pertama dalam memulai usaha laundry dari nol adalah mencari dimana Anda akan membuka usaha. Usahakan cari lokasi yang dekat dari lingkungan masyarakat seperti perumahan dan bisa juga dekat dari lingkungan kampus supaya bisa mendapatkan target pasar.

Lokasi yang nantinya di pakai untuk usaha juga akan menentukan berapa keuntungan yang akan didapat, maka sebaiknya hati-hatilah dalam mencari lokasi usaha laundry jangan sampai salah menentukan lokasi yang mengakibatkan kerugian.

2. Mencatat Segala Kebutuhan

Selanjutnya mencatat segala kebutuhan mengenai peralatan usaha laundry kiloan yang akan dipakai seperti mesin cuci, pengharum pakaian, gantungan baju, plastik kemasan dan lainnya. Setelah selesai mencatat kebutuhan silakan lakukan riset mengenai harga setiap peralatan yang akan dibutuhkan.

3. Mencari Karyawan Atau Bekerja Sendiri

Sebelum memulai usaha laundry, pikirkan terlebih dahulu apakah Anda akan memerlukan karyawan untuk membantu bekerja atau Anda bisa sendiri mengelola usaha laundry. Jika membutuhkan karyawan sebaiknya carila yang bisa bekerja dengan baik dan melayani pelanggan dengan ramah.

Jangan sampai mempekerjakan orang yang memiliki perilaku yang tidak disukai banyak orang yang dapat mengakibatkan pelanggan tidak nyaman dan akan pergi ke usaha laundry lainnya.

4. Menentukan Harga Laundry

Untuk menentukan harga laundry sesuaikan saja dengan harga pasar yang mudah di jangkau oleh banyak orang terutama mahasiswa yang kebanyakan masih belum bekerja. Jangan memberikan harga yang lebih mahal dari pesaing Anda yang nantinya membuat konsumen akan berpaling ke usaha laundry lainnya.

Untuk mengetahui harga yang cocok silakan perkirakan berapa modal yang di keluarkan saat laundry pakaian seperti pengharum pakaian, pemakaian listrik dan sebagainya.

5. Memperhatikan Jam Kerja

Anda ingin sukses membuka usaha laundry, mulai awal membuka usaha silakan tentukan jam kerja dan jam tutup. Biasanya pemilik usaha laundry akan buka di pagi hari sekitar jam 08.00 karena masyarakat sering membawa pakaian kotor mereka pada pagi hari dan akan di ambil sore hari. Untuk jam tutup sesuaikan jam kerja yaitu jam 16.00 – 17.00 sore.

6. Promosikan Usaha Laundry

Kegiatan yang wajib dilakukan oleh pemilik usaha yaitu memperkenalkan bisnis kepada masyarakat supaya mereka tahu Anda sedang membuka usaha laundry. Ada dua cara yang bisa dilakukan seperti memasang spanduk di depan toko sebagai media informasi dan cara terakhir memakai media sosial untuk memasarkan usaha laundry Anda.

7. Menjaga Pakaian Konsumen

Jagalah pakaian konsumen pada saat di laundry karena jika mengalami kerusakan seperti pakaian yang sobek, nantinya mereka akan merasa di rugikan dan akan meminta ganti rugi sehingga usaha laundry mengalami citra yang buruk.


Maka dari itu lakukan perawatan pakaian pelanggan denganb baik misalnya memisahkan pakaian yang luntur dengan cara tidak memasukkan pakaian bewarna bersamaan dengan pakaian putih dan jangan lupa berikan pengharum pakaian seperti molto pada saat dicuci agar menjadi wangy.

8. Melakukan Pembukuan

Fungsi pembukuan warung untuk mengetahui keuntungan dan kerugian dari usaha laundry. Anda bisa memulai pembukuan dengan memakai buku atau bisa juga menggunakan komputer untuk mencatat transaksi laundry.

9. Modal Awal Usaha Laundry

Jika modal yang Anda miliki tidak terlalu banyak, jangan khawatir karena saya sudah merangkum kebutuhan usaha laundry dengan modal kecil yang bisa dilihat sebagai rincian modal usaha laundry.

   
Kebutuhan   
   
Jumlah/Unit   
   
Total Harga   
   
Peralatan Usaha Laundry   Kiloan   
   
   
   
   
   
Mesin cuci   
   
2 unit   
   
Rp5000.000   
   
Mesin Pengering   
   
1 unit   
   
Rp1000.000   
   
Setrika   
   
3 unit   
   
Rp450.000   
   
Timbangan digital   
   
1 unit   
   
Rp300.000   
   
Meja dan Kursi   
   
1 set   
   
Rp500.000   
   
Media Promosi   
   
Spanduk   
   
Rp70.000   
   
Jumlah biaya yang dikeluarkan   
   
Rp7.320.000   
   
   
   
Perhitungan Usaha Laundry   
   
   
   
   
   
Listrik   
   
1 bulan   
   
Rp400.000   
   
Deterjen   
   
15 bungkus (1kg)   
   
Rp400.000   
   
Pewangi   
   
10 bungkus (1kg)   
   
Rp150.000   
   
Gaji Karyawan   
   
1 orang   
   
Rp800.000   
   
Makanan   
   
1 bulan   
   
Rp500.000   
   
Total Biaya Operasional   Sebulan   

Rp2.250.000
   
Total Modal Awal Usaha   
   
   
   
   
   
Rp9.570.000   
   
   
   
   

Jadi modal yang dibutuhkan untuk usaha laundry mulai dari kebutuhan modal awal usaha Rp7.320.000 + biaya operasional sebulan Rp2.250.000 = Rp9.570.000. Selanjutnya menghitung keuntungan usaha laundry dalam waktu sebulan.
   
Perkiraan pendapatan dalam   sebulan   
   
   
   
   
   
Pesanan 30 hari    
   
Harga per kg   
   
Total pendapatan   
   
30kg per hari X 30 = 900 kg   
   
Rp5000   
   
Rp4.500.000   
   
Total keuntungan sebulan   
   
   
   
   
   
Rp2.250.000   
   
   
   
   

Maka keuntungan yang didapat dalam sebulan yaitu Rp2.250.000. Anda bisa dapat untung lebih besar jika mendapatkan pesanan 50 kg dalam sehari, sebaiknya lakukan strategi marketing dan perbaiki pelayanan Anda dari sekarang supaya bisa mendapatkan pesanan 50 kg ke atas.

Kelebihan dan Kelemahan Usaha Laundry

Mengenai kelebihan usaha laundry adalah semua kalangan bisa membuka usaha ini karena tidak memiliki keahlian yang harus jago mencuci atau menyetrika. Asalkan punya modal usaha, silakan gaskann. Usaha laundry juga bisa bertahan lama karena kebutuhan pakaian bersih sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Untuk kelemahan usaha laundry yaitu memiliki banyak saingan karena jenis usaha ini sudah tidak asing lagi. Biaya yang dikeluarkan juga cukup banyak terutama pada pembelian mesin cuci bisa mencapai 8 juta untuk 2 unit. Perawatan perlengkapan juga harus di perhatikan seperti mesin cuci dan setrika yang terkadang mengalami kerusakan.

Penutup

Sampai disini Anda sudah pasti memiliki gambaran mengenai usaha laundry bagi pemula. Usaha jenis ini memang memiliki banyak pesaing namun jika bisa bersaing dengan mereka maka Anda bisa sukses mengelola bisnis ini hingga menjadi besar.

Posting Komentar untuk "Cara Usaha Laundry Pemula Dengan Modal Kecil"