Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Usaha Konter Pulsa Dari Modal Kecil

Daftar Isi [Tampil]

 

Begini Keuntungan Usaha Konter Pulsa Dari Modal Kecil

Sudah sering ditemukan usaha konter pulsa di setiap daerah, mulai dari perkotaan dan pedesaan. Saat ini pengguna smartphone semakin banyak sehingga kebutuhan internet, menelpon dan SMS sangat diperlukan dan membuat usaha konter pulsa dibutuhkan banyak orang.

Itulah mengapa banyak orang membuka usaha jenis ini, Anda juga bisa mencoba peluang usaha ini dengan menyiapkan modal kecil. Dengan modal yang sedikit bisa dapat untung dari usaha konter pulsa.


Anda bisa mendapatkan keuntungan usaha konter pulsa dari modal kecil jika mahir mengelola modal yang disiapkan mulai dari membeli peralatan dan kebutuhan jualan. Jika ingin tahu keuntungan usaha konter kuota dan pulsa, silakan simak penjelasan berikut ini.

Modal Usaha Konter Pulsa dan Kuota Dari Modal Kecil

Sebelum mengetahui keuntungan berjualan, sebaiknya Anda tahu terlebih dahulu cara membuka usaha konter pulsa dengan modal kecil.

1. Menyiapkan Etalase Konter HP

Perlengkapan pertama yang Anda beli untuk modal usaha konter pulsa dan kuota yaitu etalase untuk meletakkan jualan kartu dan voucer data. Semua pemilik usaha konter pulsa maupun HP memiliki etalase sebagai tempat barang dagangan dan sudah menjadi ciri khas konter pulsa.

Manfaat adanya etalase yaitu mempermudah orang untuk melihat berbagai jenis kartu data dan voucer internet yang Anda jual. Untuk harga etalase konter HP sekitar Rp1000.000. 

Jika mendapatkan penjual etalase bekas dan masih layak pakai sebaiknya Anda beli saja untuk mengurangi biaya membeli perlengkapan. Harga etalase bekas biasanya sekitar Rp600.000.

2. Menyediakan Kursi

Kursi dibutuhkan untuk pelanggan dan Anda sendiri. Tidak mungkin membuka usaha tanpa adanya kursi, untuk kios berukuran kecil silakan sediakan 4 kursi. 1 untuk Anda dan 3 untuk pelanggan.

Kursi yang cocok untuk usaha konter HP yaitu kursi tanpa sandaran karena mudah di angkat dan tidak mengambil banyak tempat. Harga 1 kursi sekitar Rp40.000 jadi modal yang dibutuhkan membeli kursi Rp40.000 x 4 kursi = Rp160.000.

3. Menyediakan HP untuk bekerja

Anda pastinya membutuhkan HP untuk melakukan transaksi pulsa elektrik, silakan sediakan HP Komunikator yang murah dan jenis HP ini sudah sering dipakai pemilik usaha konter pulsa. Untuk harga HP Komunikator sekitar Rp300.000

4. Menyediakan Spanduk

Media informasi sangat penting salah satunya spanduk untuk usaha konter pulsa. Dengan menyediakan spanduk di depan kios nantinya orang akan dengan mudah mengetahui lokasi jualan sehingga dapat meningkatkan jumlah pembeli yang akan datang di kios Anda.

Pembuatan spanduk bisa dilakukan di percetakan terdekat dengan harga sekitar Rp60.000.

5. Menyediakan Pulsa

Hal terakhir yang dipersiapkan yaitu membeli pulsa perdana untuk dijual ke pelanggan. Anda bisa memulainya dengan modal kecil yaitu Rp1000.000

Jadi total modal usaha yang akan dibutuhkan dimulai dari biaya etalase Rp1000.000 + kursi Rp160.000 + HP Komunikator Rp300.000 + spanduk Rp60.000 + pulsa Rp1000.000 = Rp2.520.000

Untuk modal usaha, saya belum memasukkan biaya sewa lahan lokasi karena Anda bisa memulainya secara personal atau bisa dilakukan dirumah yang dekat dengan keramaian maupun dekat dengan pinggir jalan raya.

Keuntungan Usaha Konter Pulsa

Setelah mengetahui perkiraan modal usaha konter pulsa, selanjutnya Anda akan tahu total keuntungan konter pulsa dan kuota sebagai berikut:

Perkiraan laba tiap transaksi pulsa Rp1.000

Perkiraan laba penjualan dari kartu perdana Rp2000/kartu

Jadi dalam sebulan Anda bisa mendapatkan penghasilan seperti dibawah ini:

Keuntungan penjualan pulsa misalnya 50 transaksi dalam satu hari : 50 x Rp1.000 x 30 hari = Rp1.500.000

Keuntungan dari penjualan kartu perdana untuk 12 kartu dalam satu hari : 12 x Rp2.000 x 30 hari = Rp720.000

Maka jumlah keuntungan bisnis konter pulsa yang Anda dapat dalam waktu sebulan sekitar Rp2.220.000


Jika usaha konter pulsa sudah mulai menguntungkan silakan perluas jualan dengan menyediakan aksesoris HP agar memberikan manfaat konter pulsa kepada pembeli yang sedang mencari kebutuhan aksesoris HP mereka. 

Jika tertarik mencoba peluang usaha konter pulsa silakan cek artikel ini Modal dan Tips Usaha Konter Aksesoris Hp

Resiko Usaha Konter Pulsa

Adapun resiko bisnis pulsa yang harus Anda ketahui sebagai berikut:

1. Ganguan pada saat transaksi pulsa

Resiko pertama dari usaha ini yaitu sering terjadi kasus gangguan operator yang mengakibatkan tidak bisa transaksi pulsa ke nomor pembeli, cara mengatasinya silakan tunggu sampai normal kembali dan beritahu pembeli untuk sabar menunggu hingga gangguan sudah tidak ada.

2. Proses pengiriman lambat

Biasanya terjadi akibat server dari supplier mengalami gangguan, Anda bisa menasehati pelanggan untuk sabar menunggu dirumah sampai pulsa akan masuk. Jika pembeli merupakan orang jauh biarkan mereka menunggu di kios Anda dengan memberikan pelayanan yang baik seperti menyediakan tempat duduk.

3. Pelanggan yang ingin berhutang pulsa

Kasus seperti ini sudah biasa dalam dunia usaha, biasanya mereka berasal dari tetangga Anda atau kerabat terdekat. Jika merasa di rugikan sebaiknya jangan layani dia jika ingin hutang, jangan sampai Anda nantinya tidak akan memiliki modal lagi untuk membeli pulsa  akibat mereka yang suka berhutang.

4. Keuntungan kecil jika hanya berjualan pulsa

Jika hanya menjual pulsa elektrik maka akan mendapatkan keuntungan kecil. Jika mempunyai modal lebih silakan jual voucer data dan aksesoris HP supaya dapat meningkatkan keuntungan dari usaha konter pulsa.

Cara Menjual Pulsa Sendiri Dengan Modal Kecil

Untuk menjual pulsa dengan modal kecil. Anda bisa mencoba strategi usaha konter hp dengan cara melakukan kerja sama dengan agen pulsa. Manfaat bekerjasama dengan agen pulsa yaitu dapat memberikan harga pulsa yang relatif murah.

Anda juga bisa menyediakan pulsa all operator sehingga dapat memperluas jualan, dengan banyaknya pengguna smartphone terkadang ada sebagian dari mereka yang membutuhkan pulsa yang berbeda.

Ada beberapa pulsa elektrik yang dijual di konter pulsa yaitu pulsa Telkomsel, TRI, XL, Smartfren, Simpati dan lainnya, jika menjual semua kebutuhan pulsa maka keuntungan yang akan didapat cukup menjanjikan.

Penutup

Semoga informasi mengenai keuntungan usaha konter pulsa dari modal kecil dapat memberikan Anda gambaran mengenai peluang usaha konter pulsa. Jangan ragu berbisnis tetap semangat dan nantinya Anda akan menjadi pengusaha sukses di masa depan.

Baca juga: Tips Usaha Konter Pulsa di Desa Yang Menguntungkan

Posting Komentar untuk "Keuntungan Usaha Konter Pulsa Dari Modal Kecil"