Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Jualan Baju Keliling Beserta Analisa Keuntungannya

Daftar Isi [Tampil]

 

Peluang Usaha Jualan Baju Keliling Beserta Analisa Keuntungannya

Saat ini baju sudah menjadi kebutuhan primer manusia dan wajib dimiliki semua masyarakat untuk dipakai bekerja dan melakukan aktivitas lainnya.

Sudah banyak pengusaha baju memasarkan jualan ke masyarakat dengan berbagai cara seperti membuat toko baju, menjualnya secara online dan lebih uniknya menjual baju keliling memakai kendaraan.

Anda yang berniat mencoba peluang usaha baju keliling yang cukup menjanjikan ini, sebaiknya wajib mengetahui analisa usahanya mulai dari modal yang dibutuhkan hingga keuntungan yang akan didapatkan dari jualan baju keliling.


Untuk target pasarnya merupakan masyarakat sederhana dan mahasiswa/I yang hanya memiliki pendapatan dan uang secukupnya.

Anda juga bisa berjualan baju di pemukiman perumahan sederhana karena warga yang tinggal di perumahan jenis ini hanya memiliki pendapatan kecil yang lebih menyukai membeli pakaian dengan harga mudah dijangkau. 

Untuk lebih jelasnya silakan simak peluang dan analisa usaha jualan baju keliling berikut ini.

Peluang Usaha Baju Keliling

1. Mencari lokasi jualan

Lokasi yang cocok untuk usaha baju keliling biasanya berada di pedesaan karena penduduk desa sering membeli pakaian di pasar yang lokasinya cukup jauh dari pemukiman mereka. 

Anda bisa membantu penduduk desa yang ingin membeli pakaian dengan cara membuka usaha baju keliling di lokasi pedesaan sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh membeli pakaian.

Sediakan pakaian dengan harga yang bisa dijangkau oleh warga desa karena pendapatan mereka cukup kecil maka sediakan pakaian serba 35 – 100 ribu .

Anda bisa juga mencoba peluang usaha baju keliling di perkotaan dengan cara menargetkan warga yang tinggal di perumahan sederhana yang sudah saya bahas di atas.

2. Jenis kendaraan jualan

Jika memiliki kendaraan seperti mobil dan motor maka silakan gunakan kendaraan Anda untuk dipakai berjualan baju keliling. Dari pada jalan kaki dan membutuhkan waktu sangat lama menuju ke lokasi jualan. 

Lebih baik berkendara sambil jualan baju, dengan menggunakan kendaraan dapat menghindari tindak kejahatan pada saat jualan baju keliling.

3. Bekerjasama dengan distributor pakaian

Bekerjasama dengan distributor pakaian dapat memberikan keuntungan bagi Anda seperti mudah untuk mencari stok jualan baju hingga harga yang diberikan distributor juga cukup murah dan terkadang akan mendapatkan diskon jika Anda membeli dengan jumlah banyak.

4. Menentukan jenis baju yang ingin dijual

Memulai jualan baju keliling tentunya Anda harus menyediakan jenis baju yang akan dijual. Pilihlah jualan pakaian yang paling laris seperti daster, baju kemeja, baju kerah, baju batik, baju koko dan lainnya.

Jangan sampai menjual baju yang jarang orang cari dan beli sehingga membuat usaha jualan baju tidak bisa mendapatkan keuntungan. 

Anda juga bisa menyediakan stok jualan baju wanita dewasa dengan jumlah cukup banyak di banding pria karena wanita sangat suka mengoleksi pakaian dan sudah menganggap belanja baju sebagai hobi mereka.

Sedangkan pria cenderung jarang belanja baju karena mereka terkadang lebih menyukai pakaian lama mereka yang masih bagus dan layak pakai.

5. Menyediakan Jualan Baju Dirumah

Membuka usaha baju di rumah bisa Anda coba, jika selesai berjualan baju keliling. Biasanya dagangan pakaian tidak habis terjual kemudian akan dibawa pulang kerumah. Dengan begitu Anda tetap bisa menjual baju yang belum laku dengan cara menjualnya di rumah.


Nantinya tetangga, keluarga dan masyarakat sekitar akan membeli dagangan baju Anda sehingga bisa mendapatkan keuntungan dari jualan baju di rumah.

Baca juga: Cara Buka Usaha Baju Kecil Kecilan Untuk Pemula

6. Transakasi Jualan Baju

Ada dua cara yang bisa Anda coba untuk transaksi penjual baju keliling, yang pertama menerapkan proses transaksi dalam bentuk cash atau langsung bayar secara lunas dan cara kedua memberikan pelayanan kredit bagi mereka yang memiliki dana seadanya untuk membeli dagangan baju Anda. 

Hal yang harus diperhatikan dalam usaha kreditan baju. Jangan lupa berikan bunga jika menerapkan sistem credit jualan..

Dengan kedua cara tersebut, Anda bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen dan bisa meraup keuntungan dari jualan baju keliling.

Analisa Keuntungan Jualan Baju Keliling

Setelah mengetahui peluang usaha jenis ini. Berikut saya berikan analisa usaha jualan baju keliling beserta keuntungannya.

Modal Usaha Jualan Baju Keliling

Modal awal yang harus disiapkan terlebih dahulu untuk jualan baju keliling sebagai berikut:

Kendaraan yang saya masukkan yaitu jenis roda 3 yang sangat cocok dipakai jualan baju keliling karena memiliki bak dibelakang yang bisa digunakan sebagai tempat jualan baju. Harga dari kendaraan roda tiga sekitar Rp24.000.000.

Biaya Operasional

Biaya ini digunakan untuk membeli keperluan sehari-hari dari jualan baju keliling seperti biaya membeli jualan baju, bensin dan peralatan jualan.

   
Kebutuhan   Operasional   
   
Total   Biaya   
   
Biaya membeli baju   
   
Rp6000.000   
   
Gantungan baju   
   
Rp100.000   
   
Terpal plastik ukuran 3x3 meter   
   
Rp70.000   
   
Kantongan plastik kresek (30 lembar)   
   
Rp18.000   
   
Bensin   
   
Rp150.000   
   
Total   
   
Rp6.338.000   

Pendapatan Dalam Waktu Sebulan

Diasumsikan pendapatan yang diperoleh dalam waktu sebulan sekitar Rp8.500.000
Keuntungan Usaha Jualan Baju Keliling
Rp8.500.000 - Rp6.338.000 = Rp2.162.000

Maka keuntungan yang didapatkan dalam waktu sebulang yaitu Rp2.162.000. Jika usaha jualan baju keliling Anda sudah banyak orang kenal dan bisa menjangkau banyak orang maka Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar dari yang sudah diasumsikan.

Cara Berbisnis Pakaian Di Rumah

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa jualan baju yang belum habis terjual dapat Anda jual kembali dirumah. Untuk cara berjualan baju di rumah yang harus dilakukan yaitu mempromosikan usaha Anda.

Caranya silakan buat spanduk depan rumah sebagai media informasi yang dapat membuat tetangga dan warga sekitar mengetahui bahwa Anda juga menjual pakaian dirumah setelah pulang dari jualan baju.


Cara lainnya agar jualan baju laris yaitu dengan memakai media sosial seperti Facebook dan Whatsapp untuk mempromosikan usaha jualan Anda kepada masyarakat. 

Untuk cara jualan online biar cepat laku yaitu silakan upload foto jualan baju dan deskripsi usaha seperti harga baju, lokasi dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Nantinya pengguna media sosial melihat postingan jualan baju Anda dan mereka akan datang membeli dagangan, jika ada yang tidak bisa kerumah dengan alasan tidak memiliki kendaraan maka sediakan layanan jasa antara pesanan sehingga pelanggan tetap bisa membeli jualan baju Anda.

Penutup

Itulah peluang dan analisa usaha jualan baju keliling yang bisa Anda pelajari. Silakan siapkan modal dan jenis baju yang nantinya dijual kepada target pasar yang sudah ditentukan. 

Jika usaha jualan baju keliling sudah sukses dan Anda memiliki tabungan sebaiknya mulailah mempersiapkan modal untuk buka toko baju. Semoga nantinya Anda bisa menjadi pengusaha sukses kedepannya. Sekian & Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Peluang Usaha Jualan Baju Keliling Beserta Analisa Keuntungannya"