Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Peluang Usaha Rumahan di Desa Bisa Untung Setiap Hari

Daftar Isi [Tampil]

 

8 Peluang Usaha Rumahan di Desa Bisa Untung Setiap Hari

Membuka sebuah usaha di desa sekarang sudah cukup mudah dikarenakan saat ini perkembangan teknologi semakin berkembang dari tahun ke tahun. Anda yang memiliki minat membuka usaha rumahan di pedesaan bisa memanfaatkan media sosial sebagai tempat jualan.

Cukup tinggal di rumah dan berjualan, mereka yang melihat produk jualanmu di media sosial akan langsung datang dirumah. Selain menggunakan media sosial dalam berdagang, bisa  juga menjual di rumah dengan memanfaatkan teras dan halaman depan rumah.


Berniat membuka usaha di kampung? Kali ini akan saya berikan 8 peluang usaha rumahan di desa dan bisa untung setiap hari. Sebelum masuk pembahasan tersebut sebaiknya ketahui dahulu cara menciptakan peluang usaha rumahan di desa sebagai berikut:

  • Melakukan observasi lokasi usaha

Mencari tahu jenis usaha yang dibutuhkan warga desa dengan cara melakukan observasi lokasi usahamu nantinya. Misalnya mereka membutuhkan usaha jualan sayur yang dekat.

Anda bisa membantu warga desa sekaligus berjualan dengan cara membuka usaha jual sayuran segar di rumah kepada mereka agar tidak kesulitan untuk mencari penjual sayuran. Itulah pentingnya observasi lokasi.

  • Sesuaikan usaha dengan keahlian dan minat

Memiliki minat membuka usaha di desa ada baiknya jika mencari peluang usaha rumahan yang sesuai dengan keahlian dan minat yang Anda punya. Kenapa? Pada saat sudah menjalankan usaha, Anda tidak usaha khawatir lagi mengenai cara kerja dari bisnis yang di kelola.

Sebagai contoh Anda ahli di bidang desain grafis dan berniat membuka usaha rumahan. Dengan keahlian skill desain yang di punya. Pastinya akan tahu cara mendesain suatu karya yang bisa di butuhkan oleh konsumen dan Andanya akan senang bekerja karena sesuai dengan minat.

  • Persiapkan modal awal usaha

Tentunya mendirikan usaha tidak lepas dari biaya yang dikeluarkan. Untuk usaha rumahan akan membutuhkan modal kecil karena tidak usah menyewa lahan dan membangun sebuah bangunan seperti toko atau warung.

Modal awal yang Anda siapkan hanya digunakan untuk membeli dagangan yang akan dijual dan membeli perlengkapan usaha nantinya. Jika sudah sukses mengelola usaha rumahan dan memiliki penghasilan bagus, silakan mulai menyewa lahan lokasi dan membangun toko supaya usahamu akan menjadi bisnis yang menjanjikan di masa depan. 

Perlu diketahui bahwa suatu usaha kecil kecilan akan menjadi bisnis yang besar asalkan konsisten mengelola usaha, jadi mulailah persiapkan modal usaha Anda ya.

Peluang Usaha Rumahan Bisa Untung Setiap Hari

1. Berdagang Sayuran

Usaha rumahan yang pertama yaitu menjual sayuran. Kebutuhan sayur sebagai makanan sangat penting bagi warga desa. Hampir setiap hari mereka memasak sayur sebagai lauk tambahan untuk nasi dan ikan.

Memiliki kebun sayur dapat menjadi point tambahan bagi yang berniat usaha sayuran. Cukup tanam bibit sayur dan pada saat panen Anda bisa menjualnya di pasar maupun di rumah itulah mengapa jualan sayur menjadi usaha yang menguntungkan setiap hari.

2. Usaha Jualan Jenis Buah-Buahan

Selain menjual sayuran, jenis-jenis buah yang segar seperti pisang, pepaya, mangga dan sebagainya sering dibutuhkan warga desa juga loh. Buah berperan penting dalam meningkatkan metabolisme tubuh dan memberikan banyak vitamin yang membuat tubuh kita menjadi sehat.


Kebutuhan buah-buahan sering di pakai pada saat acara pesta panen maupun acara kecil kecilan dengan begitu menjual aneka buah di rumah bisa Anda jadikan sebagai usaha rumahan yang menjanjikan. Manfaatkan halaman depan rumah sebagai tempat jualan.

3. Usaha Bahan Bangunan

Warga desa yang ingin membangun rumah dan jenis bangunan lainnya pastinya akan membutuhkan bahan bangunan. Mereka terkadang pergi keluar desa menempuh lokasi yang cukup jauh untuk mencari toko bangunan yang menjual kebutuhan konstruksi.

Dengan membuka usaha jualan bahan bangunan di rumah. Warga desa tidak usah lagi bepergian jauh mencari toko bangunan karena Anda sudah menjual bahan bangunan yang mereka butuhkan sehingga menjadi usaha rumahan di desa yang menguntungkan.

4. Usaha Jamur Tiram

Jualan jamur tiram bisa untung setiap hari loh. Dengan mengembangkan jamur tiram sehingga menjadi banyak kemudian menjualnya ke pasar. Orang desa sangat menyukai makanan ini karena murah dan cara memasaknya bisa di campur dengan sayur.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini cukup kecil karena hanya menyediakan serbuk kayu, dedak makanan ayam dan kapur sebagai tempat pertumbuhan jamur tiram. Cukup mudah kan.

Baca juga : Usaha Dagang Yang Laku Tiap Hari dan Jarang Rugi

5. Jualan Pulsa

Kebutuhan pulsa sebagai satuan biaya komunikasi sesama pengguna telepon sering sekali di pakai setiap hari. Warga desa yang memiliki keluarga di kota maupun daerah lainnya akan membutuhkan pulsa sebagai biaya komunikasi untuk bisa terhubung dengan mereka.

Dengan pentingnya pulsa, Anda bisa menciptakan peluang usaha di desa berjualan pulsa yang sering dibutuhkan seperti pulsa telkomsel, dengan modal kecil membeli Hp Komunikator dan pulsa sekitar 200 rb untuk awal jualan menjadikan bisnis ini sebagai usaha sampingan di desa modal kecil.

6. Usaha Jualan Kue

Menjual kue dirumah sudah sering dilakukan banyak orang dan sering kebanjiran pembeli apa lagi kue mu memiliki rasa yang enak. Mencoba menjual kue di desa bisa dicoba sebagai usaha rumahan irt di desa.

Untuk awal jualan silakan buat 2 atau 3 jenis kue saja untuk mengurangi biaya. Anda bisa memulainya dengan menjual kue basah. Menjual kue ini sangat cocok di pagi hari hingga sore hari di karenakan kebanyakan pembeli sering memakan kue basah sebagai sarapan pagi dan camilan pada saat bekerja dan bersantai.

7. Warung Mie Ayam Rumahan

Usaha warung makan sudah tidak di ragukan lagi salah satu peluang usaha rumahan di desa yang menguntungkan. Sudah banyak pemilik warung makan mendapatkan keuntungan memuaskan dari berjualan masakan siap saji ini.

Salah satu usaha warung makan yang paling disukai yaitu mie ayam. Anda bisa berjualan dirumah dengan cara menyediakan kursi dan meja di halaman depan rumah yang akan menjadi warung mie ayam rumahan menjadi usaha yang laris pembeli.

Jika tertarik mencoba peluang usaha makanan rumahan di desa silakan baca artikel ini tips membangun usaha mie ayam rumahan.

8. Ternak Hewan

Usaha rumahan di desa yang terakhir yaitu beternak hewan. Kebutuhan hewan sebagai makanan dalam suatu kegiatan seperti pesta panen, acara pernikahan maupun acara kecil kecilan tidak lepas dari kuliner yang menyediakan daging hewan ternak seperti sapi, kambing dan ayam.

Jika memiliki halaman belakang rumah cukup luas maka tidak ada salahnya mencoba membuat kandang untuk hewan ternak. Misalnya membuat kandang ayam, hewan satu ini paling sering dibeli setiap hari karena harga yang murah dibanding sapi dan kambing sehingga cocok untuk usaha yang menguntungkan di desa.


Anda bisa menjual ayam di pasar maupun di rumah. Bila perlu gunakan aplikasi media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk menyebarkan informasi jualan ternak ayam. 

Anda cukup upload foto ayam dan deskripsi harganya beserta nomor yang bisa dihubungi dan nantinya jika ada yang tertarik akan langsung menghubungimu itulah mengapa jualan ayam akan laris di desa.

Penutup

Itulah peluang usaha rumahan di kampung yang bisa untung setiap hari. Untuk memilih buka usaha yang cocok di kampung, silakan pikirkan dahulu mengenai modal awal dan minat yang dimiliki jangan sampai Anda salah memilih jenis usaha. Sekian & Terimakasih.

Baca juga : Peluang Usaha Dagang di Desa Yang Menjanjikan

Posting Komentar untuk "8 Peluang Usaha Rumahan di Desa Bisa Untung Setiap Hari"