Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Peralatan Usaha Laundry Kiloan Yang Harus Disiapkan

Daftar Isi [Tampil]

 

15 Peralatan Usaha Laundry Kiloan Yang Harus Disiapkan

Menyiapkan peralatan usaha laundry kiloan tentunya harus dilakukan oleh pemilik usaha laundry jenis apapun karena tanpa peralatan maka usaha Anda tidak akan berjalan. Dengan mengetahui perlengkapan yang dibutuhkan maka bisa menyiapkan berapa modal yang akan disediakan.

Saat ini bisnis laundry sudah menjadi salah satu usaha yang akan dibutuhkan setiap hari oleh masyarakat karena mereka terkadang tidak mempunyai waktu mencuci pakaian dengan alasan sibuk bekerja maupun kegiatan lainnya sehingga masyarakat membawa pakaian ke usaha laundry.


Maka dari sekarang sediakan peralatan yang wajib digunakan untuk memulai usaha laundry supaya bisa melayani pelanggan yang ingin melaundry pakaian. Penasaran dengan alat alat laundry dan harganya. Silakan simak penjelasan dibawah ini.

1. Mesin Cuci Untuk Usaha Laundry

Perlengkapan laundry kiloan yang pertama yaitu mesin cuci. Bisnis laundry tidak akan berjalan tanpa adanya mesin cuci yang akan digunakan untuk mencuci pakaian konsumen. Saat ini mesin cuci sudah tersedia dalam dua jenis yaitu top load dan front load.

Mesin cuci jenis top load dapat menahan beban pakaian yang lumayan berat dan harganya lebih terjangkau. Sedangkan mesin cuci front load dapat mencuci pakaian lebih bersih dan memiliki harga sangat mahal.

Silakan beli mesin cuci sesuai dengan kebutuhan usaha dan modal yang dimiliki. Jika masih pemula dan belum mendapatkan biaya yang cukup maka sediakan saja mesin cuci top load yang sudah bagus di pakai laundry pakaian.

2. Pewangi Pakaian dan Sabun Cuci

Salah satu alasan masyarakat sangat menyukai pakaiannya di laundry karena mereka menyukai sabun dan pewangi pakaian yang disediakan oleh pemilik laundry. Dengan menyediakan kebutuhan tersebut akan membuat pakaian sangat harum dan bersih.

Anda harus hati-hati memilih produk sabun dan pewangi pakaian, jangan sampai dapat merusak pakaian konsumen seperti terjadinya pakaian luntur dan lainnya. 

Supaya lebih aman silakan lakukan pengujian terlebih dahulu supaya bisa mengetahui jenis sabun dan pewangi yang layak disediakan oleh konsumen.

3. Lemari Laundry

Jangan lupa untuk membeli lemari laundry yang nantinya digunakan untuk menyimpan pakaian yang belum dicuci maupun pakaian yang sudah dicuci dan di setrika. 

Bentuk lemari laundry juga cukup sederhana memiliki tempat berbentuk kotak supaya mudah meletakkan pakaian dan tidak memiliki pintu lemari. Untuk harga lemari laundry Rp3.800.000

4. Hanger Beserta Gantungan Baju

Peralatan bisnis laundry kiloan berikutnya yaitu hanger dan gantungan baju untuk dipakai menggantung pakaian konsumen yang sudah di laundry. Dengan modal kecil Anda bisa membeli peralatan usaha laudry jenis ini karena cukup murah sekitar Rp175.000. 

Anda bisa membelinya di situs belanja online seperti Tokopedia dan Shopee atau bisa membelinya di mall dekat rumah Anda.

Untuk pemilihan peralatan hanger dan gantungan baju sebaiknya pilih berbahan dari stainless steel atau plastik supaya dapat mengantisipasi terjadinya karatan pada peralatan yang dapat merusak pakaian jika digantung menggunakan hanger.


Jangan lupa untuk rajin membersihkan hanger dan gantungan baju supaya terhindar dari kotoran seperti debu yang dapat mengotori pakaian konsumen.

5. Setrika Beserta Papannya

Sediakan setrika yang bagus digunakan karena perlengkapan untuk usaha laundry kiloan jenis ini sangat penting untuk merapikan pakaian konsumen setelah selesai di cuci. Manfaat lain menyetrika pakaian yaitu dapat menghilangkan kuman yang menempel pada pakaian.

Ada dua jenis setrika yaitu konvensional dan setrika uap. Untuk mendapatkan hasil yang baik silakan sediakan setrika uap karena panas dari setrika uap dapat menghindari kerusakan pakaian seperti terbakar dan lainnya dan setrika jenis uap dapat menjangkau sudut pakaian yang sulit di jangkau oleh setrika konvensional.

Baca juga : Memulai Usaha Laundry Dari Nol Dengan Modal Kecil

6. Pengering Pakaian

Meskipun mesin cuci telah memiliki fitur pengering pakaian namun Anda tetap harus menyiapkan pengering pakaian jika ingin menyelesaikan pesanan dengan cepat karena pengering pakaian yang ada pada mesin cuci tidak cukup mempercepat pekerjaan Anda.

Manfaat yang paling dibutuhkan dari adanya pengering pakaian yaitu jika terjadi musim hujan maka Anda tidak bisa menjemur pakaian namun bisa memakai pengering pakaian yang bisa mengeringkan pakaian dengan cepat.

Untuk membeli peralatan pengering sebaiknya siapkan biaya sekitar RP4000.000. Harga yang cukup mahal namun bisa mendapatkan manfaat yang cukup besar seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

7. Peralatan Penanda Pakaian

Fungsi dari alat tagging atau penanda pakaian yaitu mengatasi adanya pakaian yang tertukar yang dapat membuat pelanggan merasa terganggu. Maka dari itu sediakan alat tagging supaya bisa membantu Anda membedakan pakaian pelanggan. Untuk harga peralatan ini sekitar Rp40.000.

8. Plastik Kemasan Pakaian

Menyediakan plastik kemasan untuk pakaian supaya terhindar dari kotoran seperti debu dan noda lainnya. Anda bisa memesan plastik kemasan khusus pakaian di situs belanja online seharga Rp100.000 (untuk isi 100 plastik).


Dalam mengemas pakaian sebaiknya harus kering terlebih dahulu supaya tidak mengalami bau tidak enak. Masalah seperti ini pasti sudah tahu kan?

9. Meja dan Alat Tulis

Menyediakan meja khusus untuk Anda atau karyawan yang berfungsi untuk tempat menyimpan berkas dan perlengkapan alat tulis sebagai pembukuan yang mencatat jumlah pakaian yang di laundry dan pengeluaran selama sebulan. Jika memiliki modal lebih sebaiknya gunakan komputer untuk menyimpan data penting pada usaha laundry.

10. Kursi Untuk Anda dan Pelanggan

Hal yang tidak kalah penting yaitu menyediakan kursi untuk Anda bekerja dan untuk pelanggan yang datang membawa pakaian. Sangat tidak sopan bila membiarkan pelanggan berdiri. Terlebih lagi jika pelanggan adalah orang tua atau wanita hamil maka dapat membuat mereka kelelahan, maka dari itu sediakan modal untuk membeli kursi.

11. Spanduk Untuk Media Informasi

Menyediakan spanduk di depan toko dapat menarik banyak pelanggan karena mereka akan tahu Anda membuka usaha laundry. Media informasi ini juga cukup murah sekitar 60 ribu. Selain itu spanduk bisa bertahan sangat lama sehingga menjadi media promosi yang tidak menguras banyak biaya.

12. Mesin Kasir

Menyediakan mesin kasir untuk transaksi pakaian yang sudah di cuci sangat penting agar Anda tahu berapa harga dan biaya yang dikeluarkan dalam setiap pakaian pelanggan. Dengan menyediakan mesin kasir data yang penting akan ikut tersimpan namun biaya membeli peralatan mesin kasir cukup mahal sekitar Rp230.000. 

Jika Anda memiliki modal terbatas maka cukup sediakan alat tulis atau laptop. Namun bila sudah mendapatkan keuntungan dan memiliki modal cukup maka Anda bisa membeli mesin kasir untuk mempermudah Anda mencatat segala transaksi laundry pakaian dan mencatat segala pengeluaran mulai dari listrik, sabun dan pengharum pakaian.

13. Timbangan Pakaian

Contoh perlengkapan laundry selanjutnya yaitu timbangan pakaian. Berniat membuka usaha laundry kiloan maka wajib menyediakan perlengkapan usaha laundry kiloan seperti mesin timbangan yang berfungsi menimbang pakaian tiap pelanggan. 

Setelah selesai menimbang maka Anda sudah tahu berapa harga laundry pakaian tersebut. Menggunakan timbangan digital sudah sering ditemui pemilik usaha laundry kiloan karena mendapatkan angka yang cocok.

14. Tempat Sampah

Setiap tempat usaha harus menyediakan tempat sampah untuk menyimpan sampah yang berserakan seperti usaha laundry yang memiliki sampah plastik kemasan sabun cuci, plastik kemasan pakaian yang tidak terpakai dan penanda pakaian yang sudah dibuang.

Dengan menyediakan tempat sampah, Anda sudah menjaga kebersihan usaha laundry dan membuat pelanggan merasa nyaman.

15. Kendaraan Untuk Karyawan

Biasanya pemilik usaha laundry menyediakan jasa antar pesanan laundry pakaian. Jika menyediakan layanan tersebut tentunya akan memerlukan kendaraan setidaknya motor yang bisa digunakan oleh karyawan atau sendiri.

Pastinya Anda sendiri mempunyai motor kan? Jika tidak sebaiknya belilah motor supaya bisa mempermudah pekerjaan untuk membeli kebutuhan laundry sehari-hari dan melakukan jasa antar pesanan pakaian.

Penutup

Itulah beberapa peralatan laundry untuk pemula yang wajib di sediakan. Jika ingin tahu modal yang dibutuhkan silakan cek artikel ini Usaha Laundry Pemula Dengan Modal Kecil

Posting Komentar untuk "15 Peralatan Usaha Laundry Kiloan Yang Harus Disiapkan"