Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seperti Ini Rincian Modal Usaha Konter Pulsa dan Kuota Dengan Modal Kecil

Daftar Isi [Tampil]

Seperti Ini Rincian Modal Usaha Konter Pulsa dan Kuota Dengan Modal Kecil

Salah satu jenis usaha yang menjanjikan yaitu usaha konter pulsa dan kuota. Kebutuhan smartphone untuk dipakai bekerja, menghubungi keluarga yang jauh dan belajar maupun aktivitas lainnya tidak lepas dari pemakaian pulsa dan kuota.

Semakin banyak pengguna HP maka akan bertambah juga kebutuhan pulsa dan kuota sehingga peluang usaha konter pulsa sangat menjanjikan di masa depan. Dari modal kecil Anda bisa mencoba usaha kecil-kecilan menjual pulsa dan paket data.


Jika tertarik untuk membuka usaha konter pulsa dengan modal kecil, maka berikut akan saya berikan rincian modal usaha konter pulsa dan kuota yang bisa Anda mulai dari modal kecil.

Cara Memulai Usaha Konter Pulsa dan Kuota Dengan Modal Kecil

Sebelum membuka usaha ini, ada baiknya jika mengetahui cara memulai usaha konter pulsa dimulai dari modal kecil. Silakan simak penjelasan dibawah ini dan semoga bermanfaat.

1.Menyediakan Tempat Yang Strategis

Dengan modal kecil silakan cari kios berukuran kecil sekitar 4 x 6 meter, dengan ukuran ruangan seperti itu, Anda sudah bisa menjalankan usaha konter pulsa dan kuota. Supaya pelanggan nyaman silakan sediakan juga kursi dan area parkir bagi pengendara motor.

Untuk lahan parkir biasanya ada beberapa kios yang berada sekitar 3 meter dari pinggir jalan raya, nah dengan jarak seperti itu silakan buatkan area parkir khusus pengendara motor supaya tidak mengganggu pengendara lain yang melintas.

Menyediakan lahan parkir dapat membuat orang lebih mudah untuk singgah ketimbang tidak menyediakan lahan parkir, mereka nantinya akan pergi mencari kios konter pulsa yang lain karena biasanya calon pelanggan merasa malas jika tidak ada area parkir untuk kendaraannya.

Selain menyediakan lahan parkir, cara lainnya untuk menarik pelanggan yaitu mencari lokasi kios yang strategis seperti dekat dari lokasi keramaian misalnya dekat dengan kampus, tempat wisata, perkantoran dan tentu saja lokasi yang dekat dengan pinggir jalan raya.

Anda bisa menghemat modal usaha jika memiliki rumah yang dekat dengan lokasi strategis seperti dekat dengan kampus dan pinggir jalan raya. Anda bisa membuat desain konter pulsa sederhana di halaman rumah supaya dapat menarik perhatian banyak orang.

Jangan lupa gunakan media informasi seperti spanduk untuk mempermudah orang mencari usaha konter pulsa da kuota yang Anda kelola. Memasang spanduk juga sangat strategis untuk setiap jenis usaha.

2. Menyediakan Kebutuhan dan Perlengkapan Usaha

Membuka usaha konter pulsa dan kuota pastinya akan menyediakan produk yang akan dijual ke pembeli dan juga menyediakan fasilitas untuk Anda bekerja.

Untuk perlengkapan yang akan diperlukan untuk membuka konter pulsa yaitu kursi, etalase, smartphone, tempat pajangan untuk kartu, rak display, rak gantung mini, spanduk dan kursi untuk Anda dan pelanggan.

Jika memiliki modal lebih silakan menjual aksesoris HP, sediakan rak aksesoris dengan ukuran sedang. Jika tertarik menjualnya silakan cek artikel ini Modal Usaha Konter Aksesoris HP.

Peralatan yang saya sebutkan di atas hanya alat pentingnya saja, jika masih merasa ada yang perlu dibeli silakan sesuaikan dengan kebutuhan dan modal yang dimiliki.


Silakan cari keperluan usaha konter pulsa dan kuota yang memiliki harga yang murah namun berkualitas. Anda bisa mendapatkan harga murah jika belanja di situs online seperti tokopedia dan shoope.

Jika memesangnya dalam jumlah banyak nantinya Anda akan mendapatkan diskon dari distributor penyedia aksesoris dan perlengkapan HP.

3. Bekerjasama dengan supplier terpercaya

Menjalin kerjasama dengan supplier untuk memenuhi kebutuhan pulsa, kuota internet dan aksesoris HP bisa Anda lakukan supaya mempermudah mencari kebutuhan jualan.

Nantinya  penyedia saldo akan memberikan jumlah saldo dalam bentuk pulsa yang bisa dipakai untuk mengirim berbagai macam pulsa elektrik.

Pulsa eletrik yang dimaksud seperti paket internet, sms, voucher listrik, voucher game online Android dan bahkan bisa membayar tagihan bulanan seperti  PLN, PDAM dan Telkom. Untuk itulah silakan  mencari supplier terpercaya agar tidak mengalami kerugian.

Untuk kartu perdana dan voucher data dalam bentuk fisik bisa Anda cari di agen terpercaya dan membeli kartu perdana secara grosir di konter yang memiliki harga cukup murah. 

4. Rajin mempromosikan usaha konter pulsa dan kuota

Saat ini cara mudah untuk mencari pelanggan dan memperkenalkan produk jualan adalah rutin mempromosikan usaha. Ada dua cara yang bisa Anda coba yang pertama menyiapkan media informasi seperti spanduk yang bisa dipasang depan kios agar mempermudah orang mencari usaha konter pulsa dan kuota yang Anda sediakan.

Baca juga : Resiko & Keuntungan Usaha Konter Pulsa

Jika ingin membuatnya sebaiknya informasi dalam spanduk berisikan daftar produk dan peralatan mengenai HP yang Anda jual seperti pulsa all operator, paket data dan aksesoris HP. Jika memiliki modal kecil dan kios masih baru sebaiknya jangan menerapkan diskon untuk produk tertentu.

Anda bisa memberikan diskon jika sudah mulai mendapatkan keuntungan karena jika memberikan diskon nantinya akan mengalami kerugian.

Cara kedua untuk mempromosikan usaha konter pulsa yaitu melalui media sosial. Pengguna media sosial saat ini semakin besar dari tahun ke tahun. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuat postingan mengenai jualan Anda di media sosial yang nantinya orang akan melihat produk jualan dan lokasi Anda berjualan.


Silakan cantumkan harga dan daftar produk yang Anda jual sehingga memperluas target pasar dan meningkatkan keuntungan usaha Anda, adapun aplikasi media sosial yang bisa digunakan untuk promosikan kios seperti Facebook, Whatsapp dan Instagram.

Baca juga : Begini Strategi Usaha Konter HP Yang Menguntungkan

Rincian Modal Usaha Konter Pulsa Kecil Kecilan

Jika Anda sudah mengetahui cara membuka usaha konter pulsa dan kuota, sekarang kita akan membahas biaya yang diperlukan untuk membuka konter pulsa.

Mengenai rincian yang akan saya berikan silakan sesuaikan saja dengan modal usaha yang Anda miliki. Karena harga tiap produk jualan tentunya akan berbeda di tiap daerah.

  • Biaya Peralatan Kios

Disini akan saya jelaskan biaya yang akan di pakai untuk membeli peralatan bekerja atau kebutuhan yang akan digunakan di kios nantinya.

   
Barang   
   
Biaya   
   
Etalase konter HP   
   
Rp1.300.000.   
   
Rak aksesoris HP   
   
Rp200.000   
   
Kursi plastik   
   
Rp35.000 per kursi( 35 ribu x 4   kursi = Rp140.000)
   
   
   
HP komunikator   
   
Rp250.000 (dipakai untuk mengisi   pulsa)   
   
Sewa kios + listrik   
   
Rp500.000   
   
   
   
Total   keseluruhan : Rp2.390.000   

  • Biaya Kebutuhan Jualan

Sedangkan kebutuhan jualan berisikan apa saja yang akan dijual untuk pelanggan

   
Jualan   
   
Biaya   
   
Biaya membeli pulsa elektrik   
   
Rp2.500.000.   
   
Modal usaha paket data   
   
Rp4.500.000   
   
Aksesoris HP   
   
Rp500.000
   
   
   
   
   
Total   keseluruhan : Rp7.500.000   
Total modal awal usaha konter pulsa dan kuota mulai dari biaya peralatan kios dan kebutuhan jualan Rp2.390.000 + Rp7.500.000 = Rp9.890.000
Jadi biaya yang diperlukan untuk membuka konter pulsa untuk modal awal usaha sebesar Rp9.890.000. Perlu Anda ketahui perhitungan ini hanya sebuah analisa dari gambaran biaya yang akan Anda pakai untuk membuka usaha konter pulsa dan kuota internet.
Penutup
Itulah artikel mengenai rincian modal usaha konter pulsa dan kuota yang bisa dijadikan patokan berapa biaya yang akan disiapkan, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman. Jika ada yang ingin ditanyakan silakan berikan komentar. Sekian & Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Seperti Ini Rincian Modal Usaha Konter Pulsa dan Kuota Dengan Modal Kecil"