Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Usaha Konter HP Yang Menguntungkan

Daftar Isi [Tampil]

 

Begini Strategi Usaha Konter HP Yang Menguntungkan

Rahasia dari pebisnis yang sukses adalah memiliki strategi agar bisa bersaing dan menarik banyak konsumen. Anda juga bisa menerapkan strategi untuk usaha konter HP supaya bisa mendapatkan keuntungan yang memuaskan.

Saat ini usaha konter HP menjadi salah satu bisnis yang mulai digemari banyak orang.  Dengan perkembangan pengguna Smartphone yang sudah semakin banyak menjadikan kebutuhan pulsa, paket data dan aksesoris HP semakin dicari.


Jika Anda membuka usaha konter HP dan masih mendapatkan pembeli yang terbilang sedikit mungkin Anda belum menerapkan strategi untuk menarik minat masyarakat supaya tertarik berkunjung di usaha konter Anda.

Ingin tahu strateginya seperti apa? Berikut akan saya berikan 12 strategi usaka konter HP yang menguntungkan supaya Anda bisa sukses membuka usaha konter HP.

1. Menyediakan Aksesoris HP

Menjual HP memang bisa dapat untung besar, namun jika Anda menambahkan jualan dengan menyediakan aksesoris HP maka dapat meningkatkan keuntungan usaha konter HP. Sudah sering dijumpai pemilik usaha konter HP menjual berbagai macam keperluan aksesoris HP dan mendapatkan pembeli sangat banyak.

Bisnis aksesoris HP cukup laku karena pengguna Smartphone sering memakainya untuk bekerja dan melakukan aktivitas lainnya misalnya tongsis (tongkat selfi) sering dipakai untuk anak-anak muda berfoto dan kabel OTG digunakan untuk mengambil file yang ada di flashdisk kemudian memindahkannya ke HP.

Adapun isi konter HP yang akan disediakan untuk keperluan jualan yaitu etalase, tempat pajangan, rak display, rak gantung mini putar, kursi dan lainnya. Itulah kenapa menjual aksesoris HP termasuk strategi usaha konter HP karena bisa meningkatkan penjualan dan menarik banyak pembeli.

2. Menyediakan Jasa Service HP

Membuka jasa service HP dapat meningkatkan pendapatan Anda dari usaha konter HP karena pengguna sering mengalami kerusakan HP seperti terjatuh, kemasukkan air dan sebagainya sehingga mereka sering pergi ke jasa service HP untuk memperbaiki Smartphone mereka.

Jika mahir memperbaikinya silakan buka jasa service Hp supaya bisa memperluas target pasar usaha Anda, dengan membuka jasa service handphone maka Anda sudah menerapkan strategi usaha konter HP yang menguntungkan.

Karena masyarakat biasanya lebih sering memperbaiki HP dari pada harus membeli HP baru karena keterbatasan modal dan ada juga yang sudah nyaman memakai HP tersebut.

3. Mempromosikan Usaha Konter HP

Jika Anda mencari strategi usaha konter HP yang bisa menarik banyak pembeli, maka dengan mempromosikan usaha usaha konter HP harus Anda coba. Sudah menjadi rutinitas sebuah pemilik usaha untuk memperkenalkan produk yang mereka jual kepada masyarakat.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan yaitu pertama buatlah media informasi seperti spanduk kemudian pasang di depan toko supaya dapat dilihat oleh orang yang lewat di toko konter HP. 

Anda bisa memberikan deskripsi pada spanduk seperti menjual berbagai macam aksesoris HP, menjual Smartphone terbaru dan mencatumkan beberapa penawaran lainnya yang dapat menarik perhatian.


Cara kedua mempromosikan usaha di media sosial seperti Faceebok dan Instagram yang sudah menjadi aplikasi media sosial paling laris. Cukup membuat akun bisnis untuk konter HP kemudian silakan upload foto jualan beserta deskripsi harga dan lokasi sehingga mereka yang melihatnya bisa datang ke toko konter Anda.

4. Menyediakan Jasa Jual Beli HP Bekas

Strategi usaha konter HP selanjutnya yaitu memberikan layanan jual beli HP bekas kepada pelanggan. Terkadang pemilik HP yang sudah lama akan menjual Handphonenya untuk membeli yang baru.

Anda bisa menyediakan jasa jual beli HP bekas kepada mereka yang tidak memiliki biaya yang cukup untuk membeli HP baru. Misalnya ada pelanggan ingin membeli Smartphone baru yang dia suka namun tidak memiliki modal yang cukup. 

Dengan menyediakan HP bekas yang mirip dengan jenis HP baru yang dia suka nantinya Anda akan merekomendasikan untuk membeli HP bekas yang jenisnya sama dan masih layak pakai.

Baca juga: Usaha Pendamping Konter Pulsa Yang Menguntungkan

Anda juga bisa menyediakan jasa tukar tambah HP dengan cara pelanggan akan memberikan HP miliknya dan uang tambahan untuk menukar dengan HP baru yang memiliki harga lebih mahal, namun sesuai dengan harga HP bekas dan uang yang dia berikan.

5. Menjual HP Baru Yang Lagi Trend

Menjual HP tanpa mengetahui jenis Smartphone yang lagi trend di kalangan masyarakat dapat membuat usaha konter HP Anda menjadi sepi pembeli. Maka dari itu lakukan strategi jualan dengan cara menyediakan Handphone yang mulai dicari oleh banyak orang.

6. Jualan Pulsa dan Paket Data

Selain menjual HP beserta aksesorisnya. Anda juga bisa mencoba usaha pendamping konter HP yaitu jualan pulsa dan paket data, kebutuhan kedua jualan ini cukup besar bagi pengguna Smartphone karena dipakai untuk menelpon, SMS dan internetan.

Menjual pulsa juga tidak mengeluarkan banyak modal karena cukup menyediakan HP komunikator dan saldo pulsa mulai dari 100 ribu sudah bisa berjualan. Jika memiliki modal cukup Anda bisa menambahkan jualan dengan menyediakan kartu dan voucer data internet. 

Anda bisa bekerjasama dengan supplier konter HP untuk membeli kartu data dan perlengkapan lainnya. Jangan lupa sediakan display konter pulsa sebagai tempat menyimpan kartu dan voucer internet.

7. Bekerjasama Dengan Distributor Terpercaya

Langkah awal buka usaha konter yaitu menjalin kerjasama dengan distributor pulsa dan merupakan strategi untuk mempermudah Anda mendapatkan pulsa dengan harga murah sehingga berjualan pulsa menjadi lebih mudah.

Baca juga : Modal Usaha Konter Pulsa di Desa Bagi Pemula

Namun pintarlah Anda mencari agen pulsa yang bagus seperti memberikan pelayanan yang baik dan pengiriman pulsanya sangat cepat.

8. Menghindari Pelanggan Menghutang

Jangan sekali-kali Anda melayani pelanggan yang ingin berhutang karena jangan sampai usaha konter HP nantinya mengalami kebangkrutan. Maka dari itu hindari resiko usaha konter pulsa seperti orang yang berhutang.


Jika mereka berasal dari keluarga dan teman maka hal yang harus dilakukan yaitu menolak secara halus untuk menghindari resiko hal yang merugikan bisnismu.

9. Mencari Lokasi Usaha Yang Strategis

Jika bisnis konter HP tidak memiliki banyak pembeli setiap hari mungkin usaha konter HP tidak berada di tempat strategis. Itulah kenapa konter pulsa sepi, lokasi strategis yang cocok untuk usaha konter HP yaitu berada dekat dengan pinggir jalan raya dan berada dekat dari pusat keramaian.

Dengan memilih lokasi usaha yang strategis dapat meningkatkan jumlah pelanggan yang nantinya datang melihat produk jualan Anda. Strategi usaha konter HP bukan hanya fokus ke jualan melainkan kita juga harus memperhatikan dimana Anda akan membuka sebuah bisnis yang bisa menguntungkan.

Jika Anda memiliki lokasi rumah berada di pinggir jalan atau dekat dengan lokasi keramaian seperti kampus dan perkantoran maka Anda bisa membuat konter pulsa rumahan tanpa perlu menyewa lokasi usaha.

10. Mempersiapkan Peralatan Secukupnya

Dalam membuka usaha konter HP tentunya akan menyiapkan kebutuhan peralatan pendukung untuk membantu berjualan misalnya menyediakan etalase konter hp, rak aksesoris, kursi untuk pelanggan, alat tulis untuk menulis laporan, spanduk dan lainnya.

11. Mempersiapkan Modal Usaha

Menyiapkan modal usaha merupakan hal utama untuk strategi usaha konter HP. Supaya dapat mengetahui berapa biaya yang akan di butuhkan untuk berjualan kebutuhan Handphone, Anda bisa melakukan analisa dengan cara mencatat segala kebutuhan dan mencari tahu biaya setiap barang yang akan dipakai.

Jika ingin tahu modal untuk membeli peralatan silakan cek artikel ini Rincian Modal Usaha Konter HP

12. Memberikan Layanan Yang Baik

Strategi usaha konter yang terakhir yaitu memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan kepada pelanggan. Hal seperti ini terkadang dilupakan oleh pemilik usaha lainnya yang dapat merugikan bisnisnya.

Jika pelanggan tidak nyaman dengan layanan yang diberikan maka dia akan pergi meninggalkan usaha konter HP Anda dan akan berpaling ke pemilik usaha konter lainnya yang memberikan pelayanan yang baik.

Jadi mulai dari sekarang mulailah berikan pelayanan yang baik kepada pelanggan karena mereka adalah orang yang  akan memberikan Anda rejeki.

Penutup

Itulah beberapa strategi usaha konter HP yang bisa membuat usahamu mendapatkan keuntungan. Mulai dari sekarang silakan tata ulang strategi Anda untuk bisa membangun usaha konter HP menjadi berkembang dan sukses kedepannya.

Baca juga : Keuntungan Konter Pulsa dan Kuota Yang Menjanjikan

Posting Komentar untuk "Strategi Usaha Konter HP Yang Menguntungkan"