Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Ternak Modal 1 Juta Yang Cepat Panen

Daftar Isi [Tampil]

 

Ternak Modal 1 Juta Yang Cepat Panen

Ternak modal 1 juta – Anda pasti sedang berminat mencoba beternak hewan. Saat ini ada banyak jenis hewan yang sudah mulai dibudidayakan mulai dari hewan kecil seperti serangga hingga hewan besar seperti sapi.

Jika Anda terkendala masalah biaya untuk beternak hewan. Jangan khawatir, ada beberapa usaha ternak yang bisa dimulai dari modal 1 juta, bahkan dari uang 300 ribu Anda juga bisa membudidayakan hewan.


Kebutuhan daging hewan dalam kehidupan sehari-hari untuk dimakan dan dijadikan sembako, membuat banyak orang beternak hewan karena dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.

Tertarik usaha ternak hewan? Berikut saya berikan usaha ternak dengan modal 1 juta yang cepat panen. Silakan simak penjelasan dibawah ini.

1. Ternak Kroto

Ternak modal 1 juta yang pertama adalah kroto. Anda pasti tahu semut kan. Hewan kecil ini sangat berharga karena telurnya bisa menghasilkan uang. Telur semut atau biasa disebut dengan kroto memiliki nilai jual yang tinggi karena sering dijadikan umpan para pemancing ikan dan pakan burung kicau.

Anda cukup menyediakan modal 1 juta untuk ternak kroto, biaya tersebut nantinya dipakai untuk membuat rak kayu yang membutuhkan biaya Rp500 ribu. Kemudian menyediakan 200 toples seharga Rp30 ribu yang digunakan sebagai tempat semut bertelur.

Lalu modal pakan semut Rp270 ribu dan kebutuhan perlengkapan lainnya yang menghabiskan biaya Rp200 ribu. Jadi total modal yang dibutuhkan ternak kroto yaitu Rp 1 juta.

Anda bisa memanen kroto dalam waktu 15 – 20 hari. Untuk menghasilkan kroto 1 kg, Anda cukup menyediakan 40 toples karena 1 toples dapat menampung kroto seberat 0.25 ons. Jika menjual kroto per kilogram akan mendapatkan harga jual Rp 75 ribu. Namun bila menjualnya seberat 100 gram sekitar Rp 30 ribu.

2. Ternak Ayam Kampung

Bisnis ternak modal 1 juta selanjutnya yaitu Ayam. Anda bisa mencoba ternak ayam modal 1 juta, caranya membeli 2 pasang ayam kampung dengan harga Rp 280 ribu. Kemudian membuat kandang berukuran 3 x 5 m dari bahan kayu dan bambu yang menghabiskan biaya Rp400 ribu.

Anda bisa menggunakan kayu bekas untuk membuat kandang supaya dapat mengurangi biaya. Kemudian membeli makanannya yang menghabiskan biaya sekitar Rp580 ribu.


Usaha ternak ayam sangat menguntungkan karena kebutuhan dagingnya sering dipakai membuat makanan seperti mie ayam dan ayam geprek.

Cara budidaya ayam juga mudah karena tidak usah menyediakan makanannya setiap hari, Anda bisa melepasnya di lingkungan rumah untuk mencari makan sendiri. 

3. Ternak Bebek

Selain daging ayam, bebek juga sering laris terjual di pasaran karena memiliki harga yang mudah dijangkau dan rasa dagingnya sangat enak sehingga banyak pemilik rumah makan membutuhkan dagingnya setiap hari untuk membuat makanan.

Selain dagingnya, telur bebek juga sering dicari banyak orang. Sering dijadikan lauk pendamping pada saat makan nasi, membuat telur bebek sering dibeli setiap hari.

Dengan banyaknya orang menyukai hewan ini, Anda bisa mencoba peluang usaha ternak bebek modal 1 juta dengan cara membeli beberapa ekor bebek kemudian membuatkan kandang berukuran kecil.

Untuk pakan bebek tidak usah memberikannya setiap hari, Anda bisa melepaskan bebek ke alam bebas karena hewan ini lebih cepat besar jika dibiarkan mencari makan di lingkungan yang lebih luas.

4. Ternak Ikan Cupang

Anda pasti tahu ikan jenis ini. Salah satu ikan hias yang paling sering dibeli dan laku terjual adalah ikan cupang. Selain harga yang murah, perawatan dan cara budidayanya cukup mudah.

Anda yang masih pemula, bisa mencoba bisnis ikan cupang. Anda bisa memulai budidaya modal 1 juta dengan cara membeli beberapa ikan cupang dan menyediakan kolamnya. Untuk makanan ikan ini tidak usah membelinya. Anda bisa menyediakan cacing tanah dan jentik nyamuk yang sangat mudah ditemukan sebagai makanan ikan cupang.


Ikan cupang mampu menghasilkan 1000 butir telur yang bisa menetas dalam waktu singkat yaitu 24 jam. Bayangkan jika Anda hanya membeli ikan cupang sepasang dan mampu menghasilkan ribuan telur. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang memuaskan. Itulah kenapa ikan ini cocok dijadikan usaha ternak.

5. Usaha Ternak Entok

Entok merupakan keluarga dekat bebek. Memiliki bentuk hampir sama namun entok memiliki badan lebih besar. Daging dan telurnya juga tidak kalah enak dari bebek sehingga sering laris di pasar.

Keuntungan lainnya dari ternak entok adalah bulu hewan ini sangat bermanfaat jika dijual. Bulunya sering dipakai untuk bahan membuat kok bulu tangkis dan spring bed. Anda bisa mendapatkan keuntungan lainnya jika menjual bulu entok.

Jika Anda sedang mencari ternak yang mudah dan murah maka entok bisa Anda coba. Modal 1 juta sudah cukup untuk beternak entok. Anda bisa membeli anakan entok dengan harga sekitar Rp5 ribu sampai Rp20 ribu per ekor. Untuk makanannya yaitu dedak, bekatul, keong dan eceng gondok.

Jika Anda sedang mencari ternak yang mudah dan murah maka entok bisa Anda coba. Cara merawat entok sangat mudah. Anda tidak usah repot – repot membuat kandang karena hewan ini bisa tinggal dimana saja dan pandai mencari makan sendiri. 

Baca juga : Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan

6. Ternak Kambing

Ternak kambing bisa menjadi pilihan usaha ternak modal 1 juta. Banyak orang berpikir memelihara hewan jenis ini membutuhkan biaya banyak, namun Anda bisa memulainya dengan modal kecil.

Dengan uang segitu, Anda bisa membeli anak kambing betina seharga Rp600 ribu sampai Rp900 ribu. Untuk bisa beternak, silakan rawat anak kambing sampai besar supaya bisa mengawinkan ternak Anda dengan milik kambing tetangga.

Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan pemilik ternak lainnya dengan cara membantu merawat hewan peliharaan mereka dan nantinya Anda bisa mendapatkan imbalan jika kambing yang dirawat melahirkan. Dengan begitu maka bisa mendapatkan imbalan anak kambing secara gratis.

Perlu Anda tahu bahwa, kambing betina memiliki masa kehamilan 5 – 6 bulan. Untuk makanan hewan ini yaitu rumput liar, kulit pisang, ampas kelapa dan daun pepaya. Dengan adanya makanan kambing yang tidak usah dibeli menjadikan ternak kambing modal 1 juta bisa Anda lakukan. 

7. Ternak Ikan Lele

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang sering dijadikan menu makanan di warung dan restoran. Selain harganya yang murah, rasa daging ikan lele sangat enak sehingga banyak orang menyukainya.

Banyak orang membudidayakan ikan ini dengan mengeluarkan modal yang besar, namun Anda bisa memulainya dengan modal kecil. Caranya yaitu menyediakan bibit ikan lele dengan jumlah kecil yaitu 1000 ekor yang bisa dibeli seharga Rp275 ribu.

Sediakan juga vitamin dan obat ikan lele yang memerlukan biaya Rp100 ribu. Untuk kolamnya sebaiknya gunakan drum terlebih dahulu supaya dapat mengurangi biaya membuat kolam ikan.

Jangan lupa sediakan pakan ikan lele seperti MS Prima Feed PF 500 seharga Rp230.000. Kebutuhan lainnya untuk perawatan ikan Rp395 ribu. Jadi total biaya yang dibutuhkan yaitu Rp1 juta. Itulah cara memulai ternak lele modal 1 juta.

8. Ternak Kelinci

Kelinci bukan hanya dijadikan hewan peliharaan, ada sebagian orang memakan daging kelinci karena memiliki rasa yang nikmat. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan cara membuka usaha ternak kelinci dengan modal kecil.

Anda bisa membeli 2 pasang kelinci indukan yang siap kawin dengan harga Rp600 ribu, kemudian membuat kandang kelinci ukuran 70 x 50 cm yang menghabiskan biaya Rp300 ribu.


Untuk makanan kelinci sediakan saja sayur kangkung yang harganya cukup murah, selain kangkung, kelinci juga sangat suka makan rumput. Anda bisa melepasnya di lingkungan rumah supaya bisa memakan rumput dan dapat mengurangi biaya membeli makanannya.

9. Ternak Cacing

Hewan yang hidup di tanah ini ternyata sering dicari banyak orang untuk kebutuhan pakan burung dan umpan untuk memancing ikan. Selain itu, cacing juga sering dipakai untuk bahan obat yang dipercaya mampu mengatasi diare dan obat tipes.

Dengan banyaknya manfaat dari cacing, Anda bisa membudidayakan hewan ini supaya bisa mendapatkan penghasilan. Dengan modal 1 juta sudah bisa beternak cacing. Cukup sediakan tempat untuk cacing berkembang biak sekaligus sumber bahan makanan dengan ukuran 2 x 3 m.

Anda bisa memberikan pakan cacing berupa ampas tahu, pupuk kandang dan limbah pertanian.

10. Ternak Jangkrik

Jangkrik sangat ramai pembeli karena sering dijadikan pakan burung. Jika memiliki modal kecil dan lahan sempit, maka sebaiknya cobalah usaha ternak jangkrik. Anda cukup membuat kandang jangkrik dengan ukuran 120 cm, lebar 60 cm dan tinggi 62 cm.

Jangan lupa sediakan rak telur sebagai tempat jangkrik untuk bersembunyi dan berikan jangkrik sayuran dan gedebok pisang sebagai pakannya. Modal 300 ribu saja sudah bisa mencoba usaha terna jangkrik, apa lagi jika memiliki modal 1 juta maka Anda lebih siap lagi menjadikan jangkrik sebagai ternak yang menguntungkan di lahan sempit.

Penutup

Demikianlah artikel yang membahas mengenai ternak yang bisa dimulai dari modal 1 juta. Jangan membuat peluang usaha Anda terhambat karena kekurangan modal. Jika memiliki niat dan keyakinan maka sebaiknya cobalah menciptakan peluang usaha yang bisa menambah penghasilan Anda.

Baca juga : Usaha Ternak Yang Menjanjikan di Masa Depan dan Menguntungkan

Posting Komentar untuk "Begini Ternak Modal 1 Juta Yang Cepat Panen"