Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan

Daftar Isi [Tampil]

 

Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan

Pasti Anda sedang mencari peluang usaha ternak paling cepat panen dan menguntungkan. Anda bisa meluangkan waktu membaca artikel ini untuk melihat bisnis ternak yang bisa di mulai dari lahan sempit, modal kecil dan hewan yang bisa di panen dalam waktu singkat.

Anda tidak usah berkecil hati melihat banyak pengusaha sukses dari beternak hewan. Anda pun bisa membuka bisnis hewan ternak asalkan paham cara membudidayakan hewan tersebut.


Saat ini beternak sudah menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan karena banyak hewan ternak sering dibutuhkan setiap hari untuk dijadikan makanan sehari-hari maupun di jadikan bahan pokok membuat makanan.

Jika Anda tertarik, silakan simak penjelasan dibawah ini dan selamat membaca.

1. Usaha Ternak Puyuh

Meskipun berukuran kecil, ternyata burung puyuh sering dicari banyak orang karena daging dan telurnya memiliki rasa yang enak. Anda bisa mencoba ternak burung puyuh karena hewan ini cepat panen dan bisa mendatangkan keuntungan.

Daging puyuh sering dijadikan makanan di beberapa usaha warung makan, adapun menu yang dibuat dari hewan ini yaitu gulai burung puyuh, burung puyuh goreng, puyuh kremes dan masih banyak lagi.

Sedangkan telur puyuh sering dibeli banyak orang karena di percaya mampu membantu membentuk massa otot, menurunkan risiko pada tekanan darah, memperbaiki sel yang rusak dan terhindar dari gejala alergi makanan.

Hewan ini merupakan ternak burung paling cepat panen dan menguntungkan. Burung puyuh bisa dipanen dalam waktu singkat yaitu 45 hari, Anda sudah bisa memanen daging puyuh. Sedangkan telur puyuh bisa Anda panen setiap hari asalkan memberikan perawatan yang baik seperti rajin membersihkan kandang dan memberi makan.

2. Usaha Ternak Entok

Entok merupakan sejenis hewan bebek namun memiliki badan yang lebih besar. Daging dan telurnya tidak kalah dari bebek, rasa yang enak dan sering dijadikan makanan spesial dari pemilik rumah makan membuat usaha ternak entok sering mendapatkan keuntungan.

Entok merupakan salah satu jenis usaha ternak yang menguntungkan di desa, sudah sering ditemui warga desa memelihara entok dibelakang rumah mereka karena perawatannya yang mudah dan tidak membutuhkan lahan yang luas.


Hewan entok bisa Anda panen dengan cepat yaitu 4 – 5 bulan untuk daging entok, sedangkan telurnya bisa dipanen pada saat entok sudah bertelur dan bisa menghasilkan 8 – 16 butir telur.

3. Usaha Ternak Ayam Potong

Usaha ternak yang cepat panen berikutnya yaitu ayam potong. Bisnis hewan ini sangat menjanjikan karena daging ayam potong sering dipakai bahan baku makanan seperti mie ayam. Anda pasti sudah mencoba mie ayam kan. Banyak pemilik warung menyediakan menu mie ayam dan mendapatkan pelanggan cukup banyak.

Memiliki badan yang besar dan harga yang murah membuat jualan ayam potong sering habis terjual. Untuk memanennya membutuhkan waktu kurang lebih sebulan, jika umur ayam sudah mencapai 30 – 40 hari maka sudah siap di perdagangkan.

4. Budidaya Udang

Salah satu jenis udang yang sering di ternak yaitu jenis udang vaname. Usaha budidaya udang ini cukup menguntungkan, memiliki daging yang tebal dan enak sehingga banyak orang membelinya. Anda bisa menjual udang ini di pasar dengan harga yang tinggi, meskipun dijual dengan harga mahal namun pembeli tetap akan membelinya.

Jangka waktu panen udang vaname hanya membutuhkan sekitar 5 – 6 bulan. Anda bisa menjual udang ini dengan jumlah 60 sampai 80 ekor per kg dengan harga Rp60.000 – Rp90.000 ribu.

5. Usaha Ternak Kepiting

Selain udang, kepiting bisa Anda coba sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Seperti jenis kepiting asoka dan kepiting bakau yang paling laris terjual di pasaran, sudah tidak asing jika hewan ini sering dijumpai di rumah makan karena rasa yang enak.

Ada beberapa menu makanan kepiting yang disukai seperti kepiting saos tiram, kepiting bakau kuah santan, kepiting saous padang dan kepiting ladang hitam. Untuk memanen kepiting bakau hanya membutuhkan waktu sebentar yaitu 3 sampai 4 bulan dengan berat 500 gram. Sedangkan kepiting asoka lebih cepat yaitu 15 – 20 hari sejak mulai penebaran benih.

Itulah kenapa kepiting sering cepat di panen dan bisa menjadi ternak yang cepat menghasilkan uang

Baca juga: Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit

6. Usaha Ternak Kroto

Terlihat aneh mengenai usaha kroto. Jangan remehkan peluang usaha ini karena Anda bisa mendapatkan keuntungan dari budidaya telur semut. Banyak para pemancing dan pengoleksi burung hias membutuhkan kroto sebagai pakan burung dan umpan memancing ikan.

Anda bisa menjadi pemasok tempat memancing supaya bisa menjualnya dengan jumlah banyak. Kemudian menjalin kerjasama dengan para pecinta burung hias karena bisa menyediakan pakan burung mereka dan nantinya Anda akan dibayar dari hasil jual kroto.

Itulah kenapa usaha ternak kroto menguntungkan, Anda tidak usah menunggu dalam waktu lama karena semut dapat bertelur dalam waktu singkat yaitu 15 – 20 hari. Dengan begitu Anda bisa beternak kroto dengan cepat.

7. Usaha Ternak Jangkrik

Hewan yang aktif di malam hari ini bisa mendatangkan keuntungan jika di ternak dengan baik loh. Diluar negeri seperti Amerika dan Kanada terkadang memakai jangkrik sebagai makanan hewan ternak dan umpan pancing ikan.

Sedangkan di Indonesia, jangkrik sering digunakan untuk makanan burung hias, makanan ikan arwana dan lele.


Banyaknya manfaat dari jangkrik membuat banyak anak muda maupun orang tua mencoba bisnis budidaya jangkrik. Anda bisa menjual jangkrik 1 kg sebesar Rp40.000 – Rp50.000. Bahkan telur jangkrik bisa dibanderol sangat mahal loh, yaitu sekitar Rp300.000 per kg. Panen jangkrik sangat cepat yaitu hanya membutuhkan waktu 35 hari.

8. Usaha Ternak Cacing Tanah

Hewan yang di anggap menjijikan ini ternyata memiliki nilai jual yang besar loh. 1 kg cacing bisa dihargai Rp50.000 per kg. Alasan banyaknya peminat cacing tanah digunakan untuk membuat ramuan obat, pakan ikan maupun unggas. 

Cacing tanah dapat dipanen sekitar 5 bulan sekali dan bisa meraup untung jutaan dari sekali panen. Dengan waktu panen yang sebentar maka Anda sudah bisa mendapatkan jutaan rupiah.

9. Budidaya Keong Sawah

Sedang mencari ternak yang cepat menghasilkan uang dan cepat panen, silakan coba budidaya keong sawah. Hewan yang memiliki cangkang ini ternyata bisa di budidayakan kemudian dijual. 

Seperti yang dilakukan oleh Sada Firdaus yang merupakan pengusaha keong sawah. Dia menjual hasil tangkapannya kepada pedagang keliling dan pemilik rumah makan. Firdaus hanya membutuhkan modal 1 juta untuk beternak keong dan dipakai untuk membuat peralatan menangkap keong di sawah.

Warga sangat menyukai hewan jenis ini karena memiliki rasa yang enak saat dimasak, beberapa menu makanan yang dibuat dari keong sawah yaitu oseng-oseng mercon, pecel keong dan rica-rica keong.

Selain rasanya yang enak, keong sawah memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh seperti Menurunkan kolesterol, mengatasi diabetes, mengatasi jerawat dan mengatasi luka.

Itulah kenapa usaha ternak keong sawah sangat menguntungkan. Anda tidak usah menunggu waktu lama untuk memanen hewan ini karena panennya sangat cepat yaitu 30 hari.

10. Usaha Ternak Lele

Ternak lele merupakan bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Selain harganya murah, masyarakat juga sangat menyukai daging lele dan sering menjadikan hewan ini sebagai makanan sehari-hari.

Selain ternak lele di desa, Anda bisa juga menjadikan hewan ini sebagai usaha ternak di perkotaan karena banyak pemilik restoran menyediakan ikan lele sebagai menu makanan, Anda bisa menjadi pemasok mereka untuk menyediakan ikan lele supaya bisa menghasilkan keuntungan. 

Cara membudidayakan lele cukup mudah, Anda yang masih pemula bisa mencoba beternak ikan lele. Panen lele juga cukup singkat hanya membutuhkan waktu 3 – 4 bulan sudah bisa menjualnya di pasar maupun pemilik warung makan.

Masih ingin tahu usaha ternak jenis lainnya?

Berikut rekomendasi usaha ternak lainnya yang bisa Anda jadikan ide:

  • Usaha ternak unggas
  • Usaha ternak burung parkit
  • Usaha ternak kambing
  • Usaha ternak marmut
  • Usaha ternak bekicot
  • Usaha ternak kalkun
  • Usaha ternak ikan mujair
  • Usaha ternak kelinci
  • Usaha ternak kalajengking
  • Usaha ternak hamster

Penutup

Demikian artikel mengenai hewan ternak yang bisa dipanen dalam waktu cepat dan bisa mendatangkan keuntungan, silakan coba peluang usaha ternak di atas dan semoga Anda bisa sukses dari beternak hewan.

Baca juga: Usaha Ternak Yang Menjanjikan di Masa Depan dan Menguntungkan

Posting Komentar untuk "Ternak Paling Cepat Panen dan Menguntungkan"