Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modal dan Tips Usaha Konter Aksesoris HP Yang Menjanjikan

Daftar Isi [Tampil]

 

Modal dan Tips Usaha Konter Aksesoris HP Yang Menjanjikan

Berniat membuka usaha konter aksesoris hp sebaiknya ketahui modal dan tips usaha konter hp. Saat ini penggunaan hp sudah sebagai kebutuhan penting dalam bekerja dan melakukan aktivitas apapun. 

Anda bisa mencoba peluang ini dengan membuka usaha jualan aksesoris hp, namun sebelum berjualan, persiapkan terlebih dahulu modal usaha dan lokasi yang akan Anda tempati berbisnis.


Setelah mempersiapkan modal usaha, maka Anda harus tahu cara menjual aksesoris konter supaya mendapatkan keuntungan. Jika tertarik mencoba usaha ini, silakan simak artikel berikut yang akan membahas modal dan tips usaha konter aksesoris hp.

Modal Usaha Konter Aksesoris HP

Anda pastinya sedang berpikir berapa biaya yang akan dibutuhkan usaha aksesoris hp. Untuk menjawab pertanyaan tersebut silakan simak rincian modal usaha aksesoris hp dibawah ini.

Biaya Sewa Tempat

Hal utama yang harus disiapkan dalam berbisnis yaitu menyediakan lokasi dan tempat untuk menjalankan usaha. Untuk usaha konter hp silakan cari ruko atau toko yang disewakan.

Untuk tempat usaha sebaiknya carilah lokasi yang strategis berjualan seperti ruko yang dekat dengan pinggir jalan dan dekat dengan lokasi keramaian seperti perkantoran maupun kampus.

Nantinya akan mempermudah Anda untuk mendapatkan pelanggan karena mereka dapat dengan mudah melihat tokomu yang menyediakan aksesoris hp.

Menyewa sebuah ruko akan membutuhkan biaya yang cukup mahal, jika masih memiliki modal kecil ada bagusnya jika menyewa kios kecil. Bila bisnismu sudah menghasilkan uang banyak maka Anda bisa menyewa ruko.

Namun jika memiliki rumah di pinggir jalan raya maka sangat beruntung jika membuka usaha konter aksesoris HP, karena Anda tidak usah menyewa ruko maupun kios yang mengeluarkan biaya sangat mahal.

Anda bisa menjalankan bisnis konter aksesoris hp di rumah tanpa perlu khawatir biaya sewa tempat.

Menyediakan Rak Aksesoris HP

Setelah selesai menentukan tempat berjualan, selanjutnya mempersiapkan tempat untuk aksesoris yang nantinya digunakan untuk meletakkan berbagai macam aksesoris hp agar konsumen dapat melihatnya dengan mudah.

Harga dari rak aksesoris hp akan berbeda karena tergantung dari di toko mana Anda membelinya selain itu bahan dan ukuran juga menentukan harga. Jika bahan yang dipakai bagus dan ukurannya besar tentunya akan memiliki biaya yang cukup mahal.

Untuk harga rak aksesoris hp ukuran 90 x 110 cm Rp350.000. Anda bisa mengeceknya di situs belanja online seperti Tokopedia dan Bukalapak

Etalase Kaca

Selain menyediakan rak aksesoris hp, Anda juga harus menyediakan etalase kaca yang berfungsi sebagai tempat menyimpan berbagai jenis aksesoris hp dan calon konsumen dapat melihatnya dengan mudah.

Etalase kaca juga tersedia berbagai macam ukuran dan harga yang berbeda tergantung dari kualitas etalase tersebut. Untuk harga etalase kaca 1 meter sekitar Rp970.000 dan harga etalase kaca ukuran kecil sekitar Rp258.700

Harga diatas hanya perkiraan saja dari modal yang akan dibutuhkan untuk membeli etalase kaca agar nantinya Anda tahu gambaran harga pada saat membeli etalase kaca.

Kursi Untuk Konsumen

Menyediakan produk jualan kepada pembeli pastinya Anda harus memberikan mereka tempat duduk dengan cara menyediakan kursi bagi konsumen.

Untuk kursi yang cocok yaitu kursi konter hp yang berbentuk bulat terbuat dari stainless agar bisa tahan lama yang nantinya dapat mengurangi biaya untuk membeli kursi baru karena sudah tahan lama. 


Untuk harga kursi stainless konter hp sekitar Rp385.000 meskipun terbilang mahal namun kursi jenis ini sangat kuat dan sering digunakan di konter hp.

Jika hanya memiliki modal kecil untuk membeli kursi, Anda bisa mencoba membeli kursi plastik yang tidak memiliki sandaran dengan harga sekitar Rp45.000 (per kursi).

Manfaat dari menggunakan kursi tanpa sandaran yaitu mudah di angkat dan tidak mengambil tempat banyak itulah mengapa sering dipakai pemilik usaha konter hp.

Berapa jumlah kursi yang dibutuhkan di toko konter aksesoris HP?

Mengenai jawaban tersebut tergantung dari luasnya bangunan yang akan ditempati misalnya jika toko Anda cukup besar maka setidaknya membutuhkan 8 kursi. Untuk Anda 1 kursi dan 7 kursi untuk pelanggan.

Harga kursi plastik tanpa sandaran sekitar Rp45.000. Jadi untuk 8 kursi plastik tanpa sandaran, Anda harus menyiapkan modal sekitar Rp45.000 x 8 kursi = Rp360.000.

Jika toko Anda cukup kecil silakan sediakan 5 kursi saja dengan jumlah harga Rp45.000 x 5 kursi = Rp225.000

Menyediakan Jenis Aksesoris HP

Pilihlah paket usaha grosir aksesoris hp yang laku di pasaran, semakin lengkap aksesoris hp yang dijual, maka peluang mendapatkan keuntungan semakin besar. Pembeli sangat menyukai toko yang menyediakan keperluannya secara lengkap.

Untuk modal awal usaha silakan sediakan sekitar Rp 7 juta untuk membeli paket usaha grosir aksesoris hp seperti tongsis, tomsis, casing, power bank, kabel usb otg, gantungan hp dan lainnya. Silakan sesuaikan jumlah stok yang akan di jual.

Supaya bisa dapat grosir aksesoris konter hp yang murah, silakan pesan saja melalui situs belanja online seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Download aplikasinya di playstore dan mulailah belanja secara online.


Jika membeli produk dalam jumlah yang cukup banyak, nantinya pemilik distributor aksesoris hp akan memberikan diskon khusus pelanggan yang membeli dengan banyak. Strategi seperti ini sudah sering di lakukan oleh pebisnis online supaya menarik pembeli untuk berlangganan.

Meja Untuk Kerja

Menyediakan meja untuk bekerja harus Anda beli karena tidak mungkin bekerja di lantai ya kan. Meja yang Anda pakai nantinya sebagai tempat meletakkan perlengkapan kerja seperti laptop, printer dan dokumen laporan penjualan.

Jika mempunyai modal lebih sebaiknya beli meja yang tahan lama.  Harga tentunya akan bervariasi mengikuti kualitas dan merek dari meja tersebut. Untuk meja yang terbuat dari kayu sekitar Rp800.000 hingga Rp1700.000.

Dari semua perhitungan harga di atas seperti membeli rak aksesoris hp, etalase kaca, kursi karyawan dan konsumen, jenis aksesoris hp, meja kerja dan sewa ruko. Semunya merupakan gambaran harga yang bisa Anda jadikan patokan berapa modal yang harus disiapkan untuk membuka usaha konter aksesoris hp.

Baca juga: Usaha Konter Pulsa di Desa

Tips Usaha Konter Aksesoris HP

Setelah mengetahui berapa perkiraan modal yang harus di persiapkan, selanjutnya saya akan memberikan beberapa tips usaha konter aksesoris hp. Silakan simak penjelasan dibawah ini.

1. Lakukan Riset Pasar Usaha Aksesoris HP

Sebelum menyewa ruko untuk berjualan, lakukan survey terlebih dahulu mengenai lingkungan Anda berjualan. Silakan amati dan pelajari apakah lingkungan tersebut memiliki potensi untuk membuka usaha aksesoris hp.

Cara mengetahuinya cukup mudah dengan melihat target pasar seperti anak-anak sekolah, mahasiswa maupun pekerja kantoran. Jika lokasi tersebut berada dekat dari ke tiga target pasar, maka nantinya mereka akan menjadi pelanggan utama.

Namun apa bila Anda berjualan di jalan raya yang dekat dengan pusat perkotaan maka nantinya akan mendapatkan pelanggan yang beraneka ragam mulai dari pelajar, anak muda hingga orang tua dapat membeli jualanmu.

Jika ingin mendapatkan pelanggan banyak maka sediakan keperluan yang sering dicari oleh pengguna Smartphone seperti cas hp, headset, kabel data dan sebagainya.

2. Menentukan Lokasi

Setelah Anda sudah melakukan survey lokasi selanjutnya tentukan di bagian mana akan menyewa ruko/kios. Lokasi sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda kedepannya maka dari itu hati-hati dalam mencari lokasi.

Tips memilih lokasi konter aksesoris HP yaitu mencari ruko/kios yang berada di pinggir jalan raya atau dekat dari tempat keramaian. Namun ruko dan kios yang strategis memiliki harga sewa cukup mahal.

Jadi persiapkan modal sewa lokasimu secukupnya untuk bisa mendapatkan lokasi jualan strategis yang mudah dilihat dan di jangkau oleh masyarakat. Bisa juga Anda mencari lokasi yang tidak dekat jalan raya namun dapat di lewati banyak orang seperti lorong untuk pejalan kaki yang tidak sepi dan sering dilewati banyak orang.

3. Menyediakan Aksesoris HP Yang Lagi Trend

Mengetahui jenis aksesoris hp yang mulai dicari banyak orang harus Anda sediakan supaya dapat menarik perhatian pembeli. Cari tahu aksesoris hp yang lagi trend saat ini agar dapat meningkatkan target pasar Anda.

Beberapa aksesoris hp yang mulai trend saat ini seperti wireless charger, headphones bluetooth, speaker bluetooth, gimbal stabilizer smartphone, tongsis. Sediakan jumlah produk yang cukup agar bisa kebanjiran pembeli.

Jika menjual produk aksesoris yang tidak laku di pasaran maka Anda akan kekurangan pembeli dan kalah bersaing dari pemilik usaha lainnya. Itulah mengapa penting untuk mengetahui aksesoris hp yang lagi trend agar bisa memberikan kualitas jualan yang memiliki daya saing dan dibutuhkan masyarakat.

4. Rajin Mempromosikan Usaha

Salah satu cara supaya usahamu dikenal banyak orang baik di sekitar lokasi jualan maupun orang yang jauh dari lokasi Anda berjualan adalah dengan cara mempromosikan bisnismu.

Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan yaitu cara pertama promosikan secara langsung seperti membuat media informasi berupa spanduk yang nantinya akan di pajang di depan toko agar mempermudah orang yang lewat mengetahui Anda membuka usaha aksesoris hp.


Untuk cara kedua gunakan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp untuk mempromosikan toko Anda. Silakan rajin posting produk jualan lengkap dengan deskripsi usaha dan nomor yang bisa dihubungi.

Jika ada yang melihat status jualan Anda di media sosial dan tertarik membeli, mereka akan menghubungi Anda dan akan melakukan jual beli aksesoris hp. Cukup mudah kan.

5. Memberikan Pelayanan Baik

Ingin sukses membuka usaha konter aksesoris hp sebaiknya berikan pelangganmu pelayanan yang baik. Jika tidak memperlakukan mereka dengan baik nantinya mereka akan merasa tidak nyaman dan akan pergi ke tempat lain.

Buatlah pelanggan nyaman belanja, berikan senyuman dan seringlah ajak mereka berbicara. Jangan lupa jaga kebersihan toko Anda agar mereka semakin nyaman berbelanja aksesoris hp. Sediakan tempat duduk dan layani dengan baik.

Penutup

Itulah modal dan tips usaha konter aksesoris hp. Silakan cari lokasi strategis kemudian jual perlengkapan aksesoris hp yang dibutuhkan masyarakat. Jika bisnis sudah berhasil, Anda bisa membuka peluang usaha grosir perlengkapan hp secara online supaya memperluas bisnis Anda sehingga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan di masa depan.

Baca juga: Rincian Modal Usaha Konter Pulsa

Posting Komentar untuk "Modal dan Tips Usaha Konter Aksesoris HP Yang Menjanjikan"