Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Usaha Konter Pulsa di Desa Yang Sukses dan Menguntungkan

Daftar Isi [Tampil]

 

Begini Tips Usaha Konter Pulsa di Desa Yang Sukses dan Menguntungkan

Mencoba peluang usaha di pedesaan bisa Anda coba. Salah satunya yaitu membuat usaha konter pulsa di desa. Kebutuhan pulsa untuk berkomunikasi menggunakan smartphone semakin besar, setiap hari masyarakat memakai pulsa untuk bekerja, menghubungi keluarga dan teman.

Semakin banyaknya pengguna HP maka kebutuhan pulsa juga akan meningkat, sehingga peluang usaha konter pulsa sangat menjanjikan di masa depan. Jika Anda tinggal di kampung tidak ada salahnya untuk mencoba membuka jenis usaha konter pulsa.


Selain di kota tentunya wilayah perkampungan juga memiliki pengguna HP meskipun tidak banyak seperti di perkotaan, orang di desa memerlukan pulsa untuk menghubungi kerabat mereka yang merantau di kota dan terkadang juga menggunakannya untuk bekerja seperti yang ada di kantor desa dan sekolah.

Itulah mengapa peluang membuka usaha konter pulsa cukup menjanjikan di desa. Jika tertarik mencoba usaha jenis ini maka akan saya berikan tips usaha konter pulsa di desa yang sukses dan menguntungkan.

Modal Usaha Konter Pulsa di Desa

Hal utama yang harus Anda ketahui yaitu paham dengan modal yang akan disediakan untuk membuka usaha konter pulsa di desa, berikut perkiraan biaya yang akan dibutuhkan untuk membeli peralatan dan kebutuhan:

  • Membeli Etalase Pulsa

Perlengkapan pertama yang harus Anda miliki yaitu menyediakan etalase pulsa yang berfungsi untuk menyimpan pulsa data dalam bentuk voucher dan kartu. Untuk harga etalase konter sekitar Rp700.000 dengan ukuran 80x50 cm dan 80x75 cm. Anda bisa mengecek harga etalase pulsa di situs jual beli online seperti Tokopedia dan Shoope.

  • Kursi untuk Anda dan Pelanggan

Anda tidak mungkin membiarkan pelanggan berdiri terus, jika usaha konter Anda masih kecil maka cukup sediakan kursi minimal 3 buah untuk pelanggan dan 1 untuk Anda. Kursi tanpa sandaran bisa Anda beli karena harganya murah dan tidak mengambil banyak tempat.

Jika harganya sekitar Rp40.000 per kusi maka totalnya yaitu 4 x 40 ribu = Rp160.000

  • Membutuhkan HP untuk mengirim pulsa

Jika Anda memiliki modal kecil sebaiknya beli saja HP Komunikator dengan harga sekitar Rp140.000. Silakan pesan di situs online yang terpercaya agar Anda bisa dapat harga murah dengan produk berkualitas.

Jadi total biaya yang diperlukan untuk membeli perlengkapan usaha konter HP sekitar  Rp700.000 + Rp160.000 + Rp140.000 = Rp1000.000

Analisis Usaha Konter Pulsa Dari Keuntungan Berjualan

Analisa keuntungan yang didapat jika menjual dalam waktu 1 bulan, jika rata-rata Anda melakukan pengiriman pulsa dalam sehari.

Jika Keuntungan pembelian pulsa HP pada saat pengiriman Rp1000. Dalam sehari melakukan 35 pengiriman ( 35 x 1000 x 30 hari = Rp10.50.000

Jika Anda juga menjual token listrik dan untung Rp2000 untuk tiap pengiriman pulsa dan melakukan 30 pengiriman ( 30 x 2000 x 30 hari = Rp1.800.000

Jadi keuntungan usaha konter pulsa yang bisa Anda dapat setiap bulan sebesar Rp2.850.000

Jadi yang ada di konter pulsa yaitu etalase kaca, kursi, pulsa data dan voucher data.

Jika usaha konter HP sudah menguntungkan dan modal awal usaha sudah kembali, Anda bisa memperluas jualan dengan cara menyediakan aksesoris HP. Bila tertarik silakan baca artikel ini Usaha Konter Aksesoris HP Yang Menjanjikan.

Tips Sukses Usaha Konter Pulsa

Setelah Anda mengetahui modal awal usaha konter HP di desa, selanjutnya akan saya berikan tips untuk membuka usaha konter pulsa yang sukses dan menguntungkan.

1. Mencari lokasi strategis

Mencari lokasi jualan pulsa di desa usahakan berada dekat dari keramaian seperti dekat pinggir jalan utama masuk desa. Untuk mempermudah warga melihat usaha konter HP Anda.


Jika memiliki rumah tepat di pinggir jalan raya maka sebaiknya gunakan teras rumah untuk membuka usaha rumahan konter HP supaya Anda bisa menghemat biaya. 

2. Menyediakan pulsa all operator

Ada berbagai macam produk pulsa yang digunakan masyarakat, sebaiknya sediakan pulsa all operator supaya peluang berjualan pulsa bisa meningkat. Namun jika modal untuk membeli pulsa tidak banyak maka pilihlah pulsa yang paling laris dijual seperti pulsa Telkomsel yang sudah sering digunakan untuk menelpon dan mengirim SMS.

3. Memasang alat media informasi

Agar mempermudah warga desa mencari konter pulsa Anda. Silakan pasang spanduk sebagai media informasi usaha konter pulsa, memakai spanduk sangat efektif dalam memberikan informasi karena berukuran besar dan memiliki harga relatif murah.

4. Mempromosikan usaha konter pulsa

Saat ini Anda tidak usaha khawatir untuk memikirkan biaya untuk mempromosikan sebuah usaha karena bisa melakukannya di media sosial seperti Facebook dan Instagram yang memiliki pengguna sangat banyak.

Cara promosikan usaha di media sosial cukup mudah yaitu upload foto toko dan jualan , kemudian berikan deskripsi mengenai lokasi dan jenis usaha yang Anda kelola dan nantinya orang akan menghubungimu untuk melakukan pembelian.

5. Memberikan pelayanan yang baik

Sebagai seorang pemilik usaha, memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan merupakan hal wajib yang harus dimiliki. Pelanggan akan merasa nyaman dan senang jika di perlakukan dengan baik.

Memberikan sikap yang baik dan ramah selain itu tempat usaha konter pulsa harus rutin dibersihkan agar mereka yang singgah membeli merasa nyaman dengan kebersihan toko.

6. Jangan melayani pelanggan yang ingin berhutang

Biasanya ada pelanggan yang ingin berhutang karena tidak memiliki uang namun membutuhkan jualan yang sediakan. Sebaiknya jangan layani jika mendapati pelanggan seperti itu. 

Anda akan rugi jika mereka sering berhutang karena nantinya Anda tidak akan mendapatkan keuntungan yang akan di pakai membeli pulsa lagi.

7. Sediakan Aksesoris HP

Usaha yang cocok dengan konter yaitu berjualan aksesoris HP. Selain berjualan pulsa, Anda juga bisa menyediakan aksesoris HP yang mulai menjadi trend anak muda saat ini. Ada beberapa aksesoris yang di jual di konter seperti headset, kabel otg, kabel data, kartu memori, gantungan HP dan lainnya.

Penutup

Itulah tips dan modal usaha konter pulsa di desa, Anda bisa memulainya dari modal kecil dan bisa untung besar asalkan konsister berjualan. Usaha konter pulsa sangat dibutuhkan karena kebutuhan pulsa sebagai biaya telephone sangat diperlukan masyarakat untuk menghubungi keluarga, teman dan keperluan lainnya seperti bekerja maupun belajar.

Jika tertarik meningkatkan usaha konter pulsa menjadi usaha konter HP yang menyediakaan kebutuhan lebih lengkap untuk konsumen silakan baca artikel ini Modal Usaha Konter HP Bagi Pemula.

Posting Komentar untuk "Tips Usaha Konter Pulsa di Desa Yang Sukses dan Menguntungkan"