Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Kue Pukis Kekinian Yang Mudah Dibuat

Daftar Isi [Tampil]

 

Usaha Kue Pukis Kekinian Yang Mudah Dibuat

Usaha kue pukis kekinian – Saat ini sudah ada berbagai macam kue yang laris di pasaran, salah satunya kue pukis yang merupakan kue tradisional masyarakat Indonesia.

Kue pukis merupakan salah satu jenis kue basah yang memiliki tekstur lembut dan rasa yang enak. Ciri khas dari kue ini memiliki selai coklat. Masyarakat sangat menyukai kue yang berasal dari Kota Banyumas ini.


Sudah sering ditemui penjual kue pukis di pagi hari yang menjual dengan harga murah sehingga masyarakat senang membelinya dan mereka sering memakannya sebagai sarapan pagi.

Bagi Anda yang berniat membuka usaha kue basah jenis ini, sebaiknya ketahui usaha kue pukis kekinian yang mudah dibuat beserta peluang usahanya sebagai berikut:

Peluang Usaha Kue Pukis Kekinian

Bagi Anda yang ingin membuka usaha kue pukis, ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan kue pukis sebagai berikut:

Kelebihan kue pukis kekinian

Saat ini sudah banyak masyarakat menyukai kue pukis sehingga Anda tidak usah khawatir jika jualan tidak laku, asalkan Anda mahir memilih lokasi strategis berjualan seperti di lokasi pasar, pinggir jalan raya maupun di tempat keramaian lainnya.

Jika menjual di tempat strategis maka masyarakat dapat melihat usaha kue pukis Anda dan akan membelinya untuk di jadikan cemilan dan sarapan pagi.

Kekurangan Kue Pukis Kekinian

Kekurangan yang sering ditemui dari usaha kue pukis yaitu adonan kuenya yang sulit mengembang pada saat dibuat. Jika tidak mahir membuat adonan maka akan menghasilkan kue pukis yang tidak bagus.

Untuk mengatasinya silakan gunakan air nanas 8 tetes pada adonan supaya bisa mengembang secara sempurna. Cara ini sudah sering dipakai oleh pemilik usaha kue pukis. Bagi Anda yang masih pemula sebaiknya mengetahui cara tersebut.

Cara Memulai Usaha Kue Pukis Kekinian

1. Menentukan Lokasi Usaha

Memilih lokasi yang tepat sebelum membuka usaha kue pukis merupakan salah satu strategi jualan. Carilah lokasi yang cukup ramai supaya bisa menjangkau banyak pembeli, untuk lokasinya seperti dekat dari pasar, pinggir jalan raya dan dekat dari lingkungan sekolah yang target pasarnya anak-anak sekolah dan masyarakat.

2. Mempromosikan Usaha Kue Pukis

Memperkenalkan usaha kue pukis kepada masyarakat dengan cara mempromosikan usaha. Seperti menyebarkan foto jualan di media sosial dengan menambahkan deskripsi usaha.


Jika pengguna media sosial melihat jualan Anda maka nantinya mereka akan datang ke lokasi jualan untuk membeli kue pukis, Anda juga bisa mengantarkan pesanan konsumen dengan cara menyediakan layanan antar pesanan dengan catatan memberikan ongkos kirim bagi mereka yang membutuhkan layanan tersebut.

3. Melayani Pembeli Dengan Baik

Konsumen sangat menyukai jika pemilik usaha kue pukis memberikan pelayanan yang baik seperti menerapkan jasa antar pesanan supaya mempermudah konsumen membeli dagangan Anda.

4. Menyediakan Aneka Rasa Kue Pukis

Membuat kue pukis dengan berbagai rasa dapat membuat masyarakat tertarik membeli jualan Anda. Ada berbagai jenis kue pukis yang bisa dijual seperti kue pukis rasa coklat, vanilla dan daun pandan. 

Dengan menyediakan berbagai rasa kue pukis maka dapat memperluas target pasar karena biasanya ada sebagian orang memiliki selera rasa yang berbeda.

Baca juga : Peluang Usaha Reseller Kue Basah Yang Menjanjikan

Modal Usaha Kue Pukis Kekinian

Untuk membuat kue pukis, Anda akan membutuhkan perlengkapan dan bahan baku yang dipakai membuat kue pukis kekinian.

   
Peralatan   
   
Harga   
   
Cetakan kue pukis   
   
Rp100.000   
   
Hand mixer   
   
Rp150.000   
   
Pengocok adonan   
   
Rp20.000   
   
Mangkok adonan jenis kaca   
   
Rp20.000   
   
Kantongan plastik isi 30   
   
Rp25.000   
   
Total   
   
Rp315.000   

Jadi biaya peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kue pukis Rp315.000. Untuk modal membeli bahan pokok silakan lihat pada tabel dibawah ini.

Resep Kue Pukis Harga 1000

Jika ingin membuat kue kupis harga 1000. Silakan sediakan bahan baku sebagai berikut:
   
Peralatan   
   
Harga   
   
Cetakan kue pukis   
   
Rp100.000   
   
Hand mixer   
   
Rp150.000   
   
Pengocok adonan   
   
Rp20.000   
   
Mangkok adonan jenis kaca   
   
Rp20.000   
   
Kantongan plastik isi 30   
   
Rp25.000   
   
Total   
   
Rp315.000   

Diasumsikan pendapatan usaha kue pukis dengan jumlah kue 1500 dari 150 paket = 150 x Rp5000 = Rp750.000. Maka laba bersih yang didapat Rp750.000 - Rp443.500 = Rp306.500.

Anda bisa mendapatkan keuntungan Rp306.500 setiap hari. Jika dalam waktu sebulan mendapatkan Rp306.500 x 30 hari = Rp9.195.000.

Cara Mudah Membuat Kue Pukis Kekinian

Untuk cara membuat kue pukis, kita membutuhkan alat mixer untuk dipakai mengaduk adonan supaya menjadi sempurna, jika tidak memiliki mixer maka Anda bisa memakai pengocok adonan yang harganya lebih murah. Untuk langkah pembuatannya sebagai berikut:
  • Masukkan telur dan gula kedalam mangkok kaca
  • Kemudian masukkan lagi tepung dan santan kelapa kedalam mangkok kemudian silakan aduk hingga adonan telur dan lainnya menjadi satu.
  • Sambil diaduk silakan tambahkan soda kue secukupnya
  • Setelah selesai di aduk, silakan tuangkan adonan ke baskom lalu tutup kemudian tunggu hingga beberapa jam sampai adonan mengembang.
  • Setelah adonan sudah mengembang, sekarang kita siap untuk membuat kue pukis dengan cetakan kue yang sudah disediakan.
  • Jika adonan Anda sulit mengembang silakan tambahkan 10 tetes air nanas supaya dapat membantu adonan menjadi mengembang
  • Jika sudah memanggang kue kupis, silakan tambahkan meses dan aneka topping lainnya supaya bisa menciptakan inovasi kue pukis kekinian yang laris di pasaran.

Kemasan Kue Pukis

Menyediakan kemasan kue sudah sering dilakukan banyak pengusaha kue pukis karena dengan menyiapkan kemasan kue pukis, dapat membuat bisnis Anda terlihat menarik dan mudah dikenal banyak orang.

Jika tidak mahir membuat kemasan, silakan cari jasa desain kemasan yang terpercaya untuk membantu Anda dalam membuat kemasan menarik. Ada banyak situs desain grafis yang mahir membuat desain kemasan.


Silakan kunjungi situs tersebut untuk melihat berbagai macam desain yang sudah dibuat. Mulai dari spanduk usaha kuliner maupun desain lainnya.

Kue Pukis Bertahan Berapa Hari?

Kue pukis tidak akan bertahan cukup lama karena memiliki adonan kue yang mudah basih dan kue pukis juga termasuk salah satu jenis  kue basah. Untuk berapa lama kue kupis bisa bertahan biasanya mampu bertahan selama 2 – 3 hari.

Anda bisa menyimpan kue pukis di dalam kulkas untuk memperlambat proses terjadinya kue menjadi basih.
Jenis Kue Kupis Kekinian
Berikut beberapa jenis kue kupis kekinian yang bisa dijual dan laris pembeli:
  • Kue kupis meses coklat
  • Kue kupis dorayaki
  • Kue kupis rasa pandan
  • Kue kupis rasa keju
  • Kue kupis pandan wangi
  • Kue kupis rasa vanila

Penutup

Untuk harga kue pukis kekinian biasanya sekitar Rp 5 ribu (isi 10). Anda bisa menyesuaikan dengan harga pasaran jika merasa terlalu murah, perhatikan juga kompetitor mengenai harga jualan yang mereka tentukan.

Jangan lupa sediakan gerobak kue pukis untuk dipakai jualan. Untuk harga gerobak kue pukis sekitar 3 jutaan. Anda bisa mengeceknya di situs belanja online seperti Tokopedia dan Shopee.

Posting Komentar untuk "Usaha Kue Pukis Kekinian Yang Mudah Dibuat"