Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Modal Usaha Laundry Rumahan Bagi Pemula

Daftar Isi [Tampil]

 

Tips dan Modal Usaha Laundry Rumahan Bagi Pemula

Usaha laundry rumahan saat ini sudah menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Banyak ibu rumah tangga sudah mulai mendesain rumahnya menjadi tempat laundry bagi masyarakat, Anda juga bisa mencoba peluang ini.

Namun sebelum memulai usaha jenis ini, sebaiknya pelajari terlebih dahulu tips dan berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk membuka usaha laundry rumahan. Nah kebetulan kali ini zonausaha sudah merangkum semuanya sehingga Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu sebelum memulai perjuangan membangun usaha landry.


Anda sangat beruntung jika membuat usaha laundry di rumah karena tidak perlu lagi menyediakan biaya sewa tempat ruko atau kios. Jika Anda sudah benar-benar siap mendesain rumah cantik Anda menjadi usaha laundry rumahan, silakan simak penjelasan dibawah ini.

Cara Membuka Usaha Laundry Rumahan 

Sudah sering ditemui banyak usaha laundry yang sudah meraup untung besar karena kebutuhan jasa laundry dibutuhkan masyarakat untuk membersihkan pakaian mereka dari noda dan kotoran lainnya yang sulit hilang jika di cuci dengan sikat biasa. Sebelum membuka usaha ini silakan ketahui tips usaha laundry rumahan berikut ini:

1. Membutuhkan Karyawan Atau Tidak

Awal membuka usaha dan mendapatkan pelanggan mulai ramai nantinya akan muncul pertanyaan di diri Anda, seperti mempekerjakan karyawan untuk membantu mengelola usaha laundry. Nah pertanyaan seperti itu harus kembali ke diri Anda apakah membutuhkan orang untuk membantu Anda bekerja.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut kembali ke diri Anda dulu. Misalnya jika Anda mulai merasa lelah karena banyaknya pelanggan membawa pakaian untuk di laundry dan kebetulan orang dirumah tidak bisa membantu Anda bekerja.

Maka hal yang harus dilakukan yaitu mencari karyawan setidaknya satu orang, jangan sampai Anda malas mencari karyawan karena memikirkan gaji mereka sehingga Anda sendiri yang akan kelelahan dan mengakibatkan tidak bisa fokus mengelola usaha laundry. Jadi sebaiknya carilah karyawan jika dibutuhkan.

2. Gaji Karyawan Laundry

Jika memang membutuhkan karyawan maka tentukan berapa gaji mereka dalam sebulan. Biasanya yang sering saya jumpai, gaji karyawan laundry itu sekitar 1 juta hingga 1.5 juta. Jadi dalam sebulan Anda mengeluarkan biaya menggaji karyawan sekitar 1 juta per bulan.

Nah bagusnya dari gaji karyawan laundry tidak mengikuti Upah Minimum Regional (UMR) karena usaha laundry hanyalah usaha skala kecil dan tidak membutuhkan pekerja dalam jumlah banyak dan tidak terikat dengan pemerintah.

3. Menyiapkan Kebutuhan Usaha Laundry

Ada beberapa kebutuhan yang akan di sediakan dalam membuka usaha laundry rumahan dari nol salah satunya yaitu peralatan. Dengan mengetahui kebutuhan peralatan yang dipakai maka Anda dapat mengetahui berapa biaya yang akan digunakan untuk membeli perlengkapan tersebut.

Adapun peralatan usaha laundry rumahan yaitu:

  • Timbangan
  • Mesin Cuci
  • Sabun Cuci dan Pewangi Pakaian
  • Hanger dan Jemuran
  • Kemasan Plastik Untuk Bungkus Pakaian
  • Setrika dan Papan Setrika
  • Tag Gun Alat Penanda
  • Spanduk

4. Mempromosikan Usaha Laundry Rumahan

Sudah tahu cara memperkenalkan bisnis? Jika belum tahu saya akan memberikan tipsnya yaitu ada 2 cara, yang pertama memakai media promosi spanduk. Bisa Anda lihat pada peralatan yang dibutuhkan, saya memasukkan spanduk karena akan dipakai untuk mempromosikan usaha laundry di rumah. 

Caranya cukup mudah silakan pasang di depan rumah sehingga dapat dilihat banyak orang. Jangan lupa berikan informasi usaha laundry yang jelas pada spanduk seperti harga laundry per kg, nama brand dan nomor telepon yang bisa dihubungi.


Untuk cara kedua, bisa memakai media sosial untuk memperkenalkan usaha laundry ke pada masyarakat. Perlu Anda ketahui bahwa media sosial saat ini sudah menjadi tempat mempromosikan berbagai macam bisnis karena dapat menjangkau banyak orang.

Baca juga: Cara Usaha Laundry Pemula Dengan Modal Kecil

Silakan promosikan usaha Anda di media sosial dengan cara membuat postingan gambar usaha laundry rumahan beserta deskripsi usaha dan nomor yang bisa dihubungi sehingga masyarakat yang dekat dari lokasi dapat langsung ke tempat Anda.

5. Menyiapkan Modal Usaha Laundry Rumahan

Pastinya Anda sudah punya kan modal untuk membuka usaha laundry di rumah. Untungnya anda tidak perlu menyediakan modal untuk sewa tempat lokasi dan ruko karena punya rumah yang strategis untuk membuka usaha laundry.

Nah penasaran dengan modal yang dibutuhkan, silakan lihat tabel dibawah ini.

   
Kebutuhan   
   
Biaya   
   
Perlengkapan Usaha Laundry Rumahan   
   
   
   
Timbangan Digital   
   
Rp400.000   
   
2 Unit Mesin Cuci   
   
Rp8.000.000   
   
Hanger dan Jemuran   
   
Rp300.000   
   
3 Unit Setrika dan Papan Setrika 1 Unit   
   
Rp900.000   
   
Tag Gun Alat Penanda   
   
Rp50.000   
   
Spanduk   
   
Rp60.000   
   
Total Keseluruhan   
   
Rp9.3500.000   
   
   
   
   
   
Kebutuhan Untuk Sebulan   
   
   
   
Kemasan Plastik Untuk Bungkus Pakaian   
   
Rp200.000   
   
Sabun Cuci dan Pewangi Pakaian   
   
Rp400.000   
   
Listrik   
   
Rp300.000   
   
Gaji Karyawan   
   
Rp1.000.000   
   
Uang Makan   
   
Rp500.000   
   
Total Biaya Operasional Sebulan   
   
Rp2.400.000   
   
Total Keseluruhan   
   
Rp11.7500.000   

Jadi total keseluruhan yang Anda butuhkan untuk modal usaha laundry rumahan sebesar Rp11.7500.000 . Mengenai keuntungan yang didapat dalam waktu sebulan silakan lihat pada tabel dibawah ini.

   
Perkiraan pendapatan dalam   sebulan   
   
   
   
   
   
Pesanan 30 hari    
   
Harga per kg   
   
Total pendapatan   
   
40kg per hari X 30 = 1200 kg   
   
Rp5000   
   
Rp6.000.000   
   
Total keuntungan sebulan   
   
   
   
   
   
Rp3.600.000   
   
   
   
   
Total keuntungan yang Anda dapatkan dihitung dari pendapatan sebulan Rp6.000.000 – biaya operasional sebulan Rp2.400.000 = Rp3.600.000.

Maka dalam waktu 4 bulan bisa mengembalikan modal awal usaha laundry dan bulan ke lima bisa mendapatkan untung 3 juta lebih dan akan bertambah ke bulan selanjutnya jika memiliki banyak pelanggan.

Kelemahan dan Keuntungan Usaha Laundry Rumahan

Mengenai usaha laundry rumahan tentunya memiliki kelemahan seperti jika lokasi rumah Anda tidak strategis misalnya jauh dari tempat keramaian maka nantinya akan sulit mendapatkan pelanggan.

Namun jika rutin mempromosikan usaha laundry, maka tidak usah khawatir karena suatu saat nanti pasti akan langsung dikenal banyak orang sehingga usaha laundry rumahan bisa kebanjiran pelanggan. Itulah pentingnya menerapkan strategi marketing dalam sebuah bisnis.


Kelebihan usaha laundry tidak memiliki musiman dalam artian akan dibutuhkan setiap hari karena kebutuhan pakaian bersih sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat dan mereka terkadang memakai jasa laundry untuk mencuci pakaian.

Penutup

Masih ragu membuka usaha laundry? Mulai dari sekarang persiapkan modal usaha dan jangan lupa persiapkan rumah Anda untuk ditempati binsis laundry rumahan. Jangan lupa berdoa karena doa akan membawa Anda menuju kesuksesan.

Posting Komentar untuk "Tips dan Modal Usaha Laundry Rumahan Bagi Pemula"