Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Ternak Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Daftar Isi [Tampil]

 

Usaha Ternak Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Anda pasti sedang mencari jenis hewan yang bisa di ternak dengan modal seadanya. Ada banyak usaha ternak yang sering ditemukan, namun kebanyakan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Keuntungan yang didapatkan dari usaha hewan ternak sangat besar, karena hewan ternak sudah menjadi kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari untuk dimakan maupun dijadikan bahan pokok makanan.


Oleh karena itu, meskipun usaha ternak dimulai dari modal kecil, nantinya tetap akan mendapatkan keuntungan besar. 

Jika Anda tertarik membuka bisnis ternak hewan, sebaiknya baca artikel ini karena saya akan memberikan jenis hewan ternak yang bisa dimulai dari modal kecil.

Usaha Ternak Hewan Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

1. Usaha Ternak Kambing

Siapa yang tidak suka dengan daging kambing. Selain daging sapi, masyarakat Indonesia sangat menyukai daging hewan ini, sudah sering ditemukan berbagai macam kuliner yang dibuat dari daging kambing.

Oleh karena itu. Anda bisa mencoba peluang usaha ternak kambing, mengenai modal yang akan dibutuhkan. Anda bisa memulainya dengan biaya sekitar Rp5 juta. 

Dengan modal segitu, Anda sudah bisa membeli anak kambing jantan usia 3 – 6 bulan dengan harga Rp900 ribu. Sedangkan anak kambing betina umur 3 – 6 bulan seharga Rp 800 ribu.

Untuk jumlah kambing yang dibeli sediakan 4 ekor (jantan 2 dan betina 2) dengan harga sekitar Rp3.200.000. Kemudian siapkan kayu dan peralatan untuk dipakai membuat kandang kambing yang membutuhkan biaya sekitar Rp1.800.000.

Anda tidak usah menyiapkan modal membeli makanan, karena Anda bisa memberikan rumput liar untuk anak kambing. Perawatan hewan ini juga sangat mudah, biasanya orang sering melepaskan kambingnya untuk mencari makan sendiri.

2. Usaha Ternak Lele

Budidaya ternak lele merupakan salah satu usaha ikan yang laris dan menjanjikan karena banyak pemilik rumah makan menyediakan ikan lele sebagai menu makanan. Selain itu masyarakat juga sangat menyukai ikan jenis ini.

Ada beberapa spesies ikan lele yang bisa di budidayakan seperti lele bumblebee, lele terbalik, lele batu Asia, lele kaca dan masih masih banyak lagi. Untuk usaha ternak lele sebaiknya siapkan modal sekitar Rp 3 juta.

Biaya tersebut nantinya bisa dipakai untuk membeli bibit ikan lele sebanyak 250 ekor, menyediakan makanan ikan dan kolam ikan. Selain modal yang cukup kecil, ikan lele memiliki waktu panen yang cukup singkat biasanya 3 – 4 bulan. Jika Anda sedang mencari ternak paling cepat panen dan menguntungkan maka usaha ternak ikan lele bisa dicoba.

3. Usaha Ternak Ayam

Dari dulu hingga sekarang, ayam merupakan salah satu hewan ternak yang mudah dan murah. Kebutuhan daging ayam sudah menjadi kebutuhan bahan pokok bagi manusia. Hampir setiap hari daging ayam dibeli untuk dimakan dan dijadikan bahan pokok membuat makanan baik di warung maupun restoran.

Itulah kenapa usaha ternak ayam sangat menjanjikan ke depannya. Modal untuk budidaya ternak ayam relatif kecil. Jika berniat mencoba usaha ternak ayam kampung maka Anda cukup menyediakan kandang ayam berukuran kecil yang bisa dibuat dari kayu dengan modal Rp 1 juta.

Kemudian menyiapkan 3 pasang ayam kampung yang bisa dibeli dengan harga Rp 500 ribu. Untuk makanan ayam, Anda cukup memberikan beras atau jagung dengan biaya Rp 500 ribu untuk sebulan. 

Dengan begitu, biaya yang disediakan Rp 3 juta. Sangat kecil bukan. Cukup sediakan uang 3 juta, maka Anda sudah bisa memulai usaha ternak ayam modal kecil.

Adapun keuntungan bisnis ternak ayam adalah masa panen dari jenis hewan ini sangat cepat sekitar 4 – 6 bulan. Selain itu, jika menjual ayam di pasar maupun pemilik usaha warung makan, nantinya jualan akan cepat habis terjual karena daging ayam setiap hari dibutuhkan banyak orang untuk di makan maupun di jadikan bahan pokok pembuatan makanan.

4. Usaha Ternak Bebek

Usaha ternak bebek sudah sering dilakukan masyarakat terutama anak muda, bukan tanpa asalan karena daging bebek memiliki rasa yang enak jika dijadikan makanan. Meskipun banyak orang sudah membuka usaha ternak bebek, namun peluang usaha jenis ini masih bisa Anda coba.


Banyaknya permintaan daging bebek membuat banyak pemilik usaha ternak bebek petelur maupun bebek pedaging kerepotan memasarkannya. Dengan begitu maka Anda masih memiliki peluang beternak bebek.

Keuntungan dari ternak bebek berasal dari daging dan telurnya yang sering laku terjual. Daging bebek sering dicari karena dijadikan menu makanan oleh pemilik warung seperti dangkot bebek dan bebek panggang. Sedangkan telur bebek sering dibeli untuk keperluan membuat kue dan dijadikan makanan lauk.

Anda bisa memulai usaha ternak bebek dengan modal kecil Rp 2.5 juta. Biaya tersebut nantinya dipakai membeli anak bebek peking hidup dengan harga sekitar Rp 14 ribu per ekor, Anda bisa membelinya sebanyak 20 ekor Rp 1.4 juta.

Kemudian menyediakan pakan anak bebek seperti wortel, jagung, buncis dan sebagainya yang bisa di beli di penjual sayur dengan harga 100 ribu. Lalu membuat kandang anakan bebek dengan ukuran 2 x 2 meter yang memakan biaya 1 juta.

5. Budidaya Ikan Nila

Usaha ternak yang menjanjikan berikutnya yaitu ternak ikan nila. Bisnis nila masih memiliki keuntungan yang menjanjikan karena memiliki harga murah sehingga membuat banyak orang mencari ikan ini. Selain murah, rasa daging ikan ini sangat enak dan lembut saat di santap.

Keuntungan dari budidaya ikan nila terdapat pada harga yang murah sehingga sering laku dipasaran. Selain itu, cara membudidayakan ikan ini sagat mudah karena tahan terhadap penyakit dan ikan jenis ini sangat cepat panen yaitu 3 – 5 bulan.

Anda bisa mendapatkan keuntungan 5 – 10 juta per panen, seperti yang di alami warga asal Sleman Kota Yogyakarta yang sudah sukses dari beternak ikan nila.

6. Usaha Ternak Jangkrik

Ternak jangkrik apakah menguntungkan? Anda pasti berpikir seperti itu, banyak orang tidak mengetahui bahwa hewan kecil ini dapat mendatangkan penghasilan besar. Hewan jangkrik sering dicari oleh orang yang hobi memancing karena digunakan untuk umpan.

Selain itu mereka yang hobi mengoleksi burung hias, membutuhkan jangkrik sebagai pakan burung. Dengan begitu, beternak jangkrik dapat laku setiap hari. Makanan jangkrik juga mudah ditemukan seperti batang pohon pepaya dan gedebok pisang.

Harga jual jangkrik sangat mahal yaitu Rp 40 – Rp 50 ribu per kg, sedangkan harga telur jangkrik paling sering dicari sehingga harganya lebih mahal sekitar Rp 300 ribu per kg. Anda bisa dapat untung besar dengan menjual jangkrik dan telurnya. Itulah kenapa peluang usaha ternak jangkrik sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Sedang mencari ternak modal 1 juta? Mengenai biaya yang diperlukan untuk usaha ternak jangkrik. Anda bisa memulainya dengan modal Rp 1 juta. Dengan modal tersebut, sudah bisa menyiapkan kandang jangkrik, pakan jangkrik dan tempat telur ayam sebagai tempat persembunyian jangkrik.

7. Usaha Ternak Cacing

Beternak cacing dapat mendatangkan keuntungan loh. Meskipun sebagian orang memandang cacing sebagai hewan yang menjijikan. Namun sebagian lagi berpendapat bahwa usaha ternak cacing bisa menguntungkan.

Selain jangkrik, cacing sering dicari banyak orang untuk kebutuhan umpan memancing ikan dan pakan burung. Untuk mencoba budidaya cacing tanah, Anda cukup sediakan modal sekitar Rp200 ribu untuk membeli induk cacing dan menyiapkan tempat ternak cacing dari bahan kayu.

Anda bisa bisa bekerjasama dengan tempat pemancing dan pengusaha burung supaya bisa menjadi pemasok mereka, dengan begitu Anda bisa memasarkan cacing dalam jumlah banyak dan bisa mendapatkan keuntungan.


Anda tidak usah membeli makanan cacing, karena bisa memberinya makan dari hasil limbah rumah tangga dan limbah pasar. Anda bisa juga mengambil limbah dari tetangga untuk dijadikan pakan cacing. Itulah kenapa cara membudidayakan cacing sangat gampang.

8. Usaha Ternak Kelinci

Hewan yang memiliki wajah imut ini ternyata sangat menguntungkan untuk dijadikan hewan ternak. Orang biasanya membeli kelinci sebagai hewan peliharaan dan ada beberapa membelinya untuk dimakan karena daging kelinci sangat enak di santap.

Cara beternak kelinci cukup mudah loh. Anda hanya perlu membersihkan kandang mereka setidaknya 5 x seminggu dan jangan lupa berikan obat antiseptik pada kandang sehari sekali.

Untuk makanan kelinci, berikan sayur kangkung. Selain daging kelinci. Ternyata kotoran hewan ini sangat dibutuhkan untuk pupuk. Air kencing kelinci juga sering digunakan untuk menyemprot bawang supaya subur.

Itulah kenapa, Anda yang sedang mencari usaha ternak yang menjanjikan sebaiknya mencoba peluang beternak kelinci karena sangat menguntungkan.

Modal usaha ternak kelinci bisa dimulai dari Rp 1.5 juta. Dengan dana segitu, Anda sudah bisa membeli perlengkapan ternak kelinci, makanan kelinci dan bibit induk kelinci betina dan jantan.

Penutup

Gimana? Apakah ada peluang usaha ternak yang bisa Anda coba di atas. Jika Ada, mulai dari sekarang siapkan modal awal usaha. Semoga Anda sukses menjadi pengusaha ternak hewan.

Baca juga: Usaha Ternak Yang Menjanjikan di Masa Depan dan Menguntungkan

Posting Komentar untuk "Usaha Ternak Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil"