Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

30 Usaha Ternak Yang Menjanjikan di Masa Depan dan Menguntungkan

Daftar Isi [Tampil]

30 Usaha Ternak Yang Menjanjikan di Masa Depan dan Menguntungkan

30 Usaha Ternak Yang Menjanjikan di Masa Depan dan Menguntungkan

Bagi Anda yang sedang mencari usaha ternak yang menjanjikan di masa depan, dalam artikel ini saya sudah menyiapkan beberapa hewan ternak yang menjanjikan dan menguntungkan bahkan ada sebagian hewan ternak yang bisa dimulai dengan modal kecil.

Dari dulu hingga sekarang usaha hewan ternak sudah menjadi bisnis yang sering di jalankan oleh banyak orang di seluruh dunia. Keuntungan yang didapatkan juga sangat besar karena hewan ternak sudah menjadi kebutuhan sehari-hari manusia untuk makan.


Mulai dari anak muda hingga orang tua sangat menyukai usaha ternak hewan. Untuk usaha ternak yang cocok untuk anak muda yaitu ternak ayam potong, budidaya ikan lele, bisnis ternak burung dan ternak kroto. Usaha hewan ternak tersebut juga bisa di jalankan oleh bapak-bapak.

Berikut usaha ternak yang menjanjikan di masa depan dan menguntungkan:

1. Usaha Ternak Ayam Petelur

Ayam petelur adalah ayam jenis betina yang sering di ambil telurnya untuk dijual kepada masyarakat. Keuntungan yang didapatkan dari usaha ternak ayam petelur yaitu Anda tidak perlu khawatir untuk mencari bibit ayam karena ayam petelur dapat bertelur beberapa kali.

Selain itu masyarakat hampir setiap hari mengkonsumsi telur ayam dan juga pemilik warung makan setiap hari membutuhkan telur ayam untuk kebutuhan bahan pokok pembuatan makanan, sehingga usaha ayam petelur sangat menjanjikan di masa depan.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha ternak ayam petelur sekitar Rp2.250.000. Modal tersebut akan dipakai untuk membuat kandang ayam yang membutuhkan biaya Rp.1.500.000.

Sedangkan untuk bibit ayam setidaknya ada 100 ekor yang membutuhkan biaya Rp750.000.

2. Usaha Ternak Ayam Potong

Usaha ternak ayam potong sangat menjanjikan karena kebutuhan daging ayam potong selalu dipakai setiap hari oleh pemilik warung makan untuk dijadikan menu makanan, selain itu sudah banyak perusahaan makanan yang membutuhkan ayam potong sebagai bahan pokok.

Jika tertarik membuka usaha ternak ayam potong, silakan sediakan modal sekitar Rp20.000.000. Modal ini nantinya akan digunakan untuk menyewa lahan, membuat kandang ayam, membeli peralatan usaha dan biaya operasional lainnya termasuk membeli bibit ayam potong.

3. Usaha Ternak Lele

Usaha ternak lele merupakan usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil karena ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang disukai masyarakat Indonesia, sudah sering ditemui restoran maupun warung makan menyediakan menu ikan lele dan mendapatkan pelanggan cukup banyak.

Anda bisa mencoba usaha ternak lele rumahan dengan modal Rp2.100.000.  Dengan modal segitu Anda sudah bisa membeli 2 terpal seharga Rp 500 ribu yang akan digunakan untuk tempat ikan lele, kemudian menyiapkan bambu sebagai kerangka kolam yang akan menghabiskan dana sekitar Rp 350 ribu.

Untuk bibit ikan lele, sediakan 1500 ekor, biasanya dijual dengan harga Rp 350 ribu dan untuk makanan ikan nantinya akan menghabiskan Rp 300 ribu. Jangan lupa sediakan vitamin dan obat untuk ikan lele seharga Rp 125 ribu.

Jadi modal awal yang akan Anda butuhkan untuk usaha ternak lele yaitu Rp1.625.000.

4. Usaha Ternak Bebek

Ada dua jenis usaha ternak bebek yaitu ternak bebek petelur dan ternak bebek pedaging. Selain ayam petelur, Anda juga bisa mencoba usaha ternak bebek petelur yang cukup menjanjikan karena jualan telur bebek sangat laris di pasaran dan hampir setiap hari orang membeli telur bebek untuk dijadikan lauk tambahan untuk nasi.

Usaha ternak bebek pedaging juga tidak kalah menjanjikan karena daging bebek sering dijadikan menu makanan restoran dan warung makan, salah satu menu yang terkenal dari daging bebek yaitu kuliner dangkot bebek.

5. Usaha Ternak Kelinci

Mengenai usaha ternak kelinci, kebanyakan orang beternak kelinci untuk menjual dagingnya. Bisnis ternak kelinci cukup menjanjikan karena daging kelinci sudah sering dijual di restoran terkenal dan ada juga beberapa orang senang memakan daging kelinci.

Kelinci bisa dipanen jika beratnya sudah mencapai 2 – 3 kg dengan usia minimal 3,5 bulan . Untuk harga jual kelinci dipasaran berkisar antara Rp50.000 sampai Rp170.000. harga tersebut biasanya akan berbeda di setiap lokasi jualan.

6. Usaha Ternak Entok

Hewan entok hewan yang sering dijual daging dan telurnya. Entok juga keluarga dekat dari bebek dan memiliki rasa daging dan telur yang enak, hewan ini juga sangat enak jika dagingnya dijadikan dangkot sehingga termasuk usaha ternak yang menguntungkan.

Hewan entok atau biasa disebut itik sering dijadikan usaha ternak rumahan karena masyarakat biasanya beternak hewan entok di belakang rumah mereka. Mengenai pertumbuhan entok biasanya akan tumbuh besar di usia 30 – 60 hari.

Usaha hewan entok sangat menjanjikan karena selain daging dan telurnya yang disukai banyak orang, ternyata bulu hewan entok sangat sering dipakai untuk bahan baku kok bola tangkis, wol dan pembuatan springbad. 

Harga anakan hewan entok berkisar Rp5000 hingga 20.000 per ekor sedangkan untuk dewasa Rp200.000 per ekor.

7. Usaha Ternak Jangkrik

Usaha ternak jangkrik tidak kalah dengan usaha ternak yang fokus menjual daging dan telur. Bisnis ternak jangkrik dibutuhkan bukan untuk mencicipi dagingnya melainkan sering dicari banyak orang untuk dijadikan makanan burung hias yang sering di ikutkan lomba. Terkadang juga jangkrik dijadikan umpan untuk memancing ikan.

Seperti yang diketahui bahwa kebutuhan makanan burung sangat penting bagi mereka yang mengoleksi burung hias dan orang yang hobi memancing sering mencari jangkrik untuk dijadikan umpan.

Dengan kebutuhan tersebut membuat usaha ternak jangkrik sangat menjanjikan di masa depan dan akan dibutuhkan oleh masyarakat baik sebagai makanan burung maupun sebagai umpan ikan. Jankrik juga termasuk usaha ternak modal kecil karena modal yang dibutuhkan tidak banyak, cukup sediakan modal sekitar Rp1000.000.

Dengan modal tersebut, Anda sudah bisa menyediakan kandang jangkrik dan sayuran untuk makanan jangkrik. 

8. Usaha Ternak Ikan Hias

Usaha ternak ikan hias cukup menjanjikan karena ikan hias sering dipelihara banyak orang untuk dipelihara di akuarium. Salah satu usaha ikan hias yang paling sering laku dipasaran yaitu ikan cupang. Ikan ini sangat disukai karena memiliki warna yang sangat indah dan harganya sangat murah.

Jika Anda tertarik mencoba usaha ternak ikan hias silakan cek artikel ini 10 Bisnis Ikan Hias Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

9. Usaha Ternak Domba

Anda mungkin jarang melihat adanya pemilik usaha ternak domba. Bukan karena tidak laku terjual melainkan banyak orang belum mengetahui peluang usaha hewan jenis ini. Alasan usaha domba bisa menguntungkan, karena kebutuhan kulit domba sangat dicari banyak orang untuk dijadikan tas dan sepatu.


Bayangkan jika perusahaan terkenal pembuat tas bermerek membeli bulu domba yang dijual. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Selain bulu domba, sering juga daging dan susunya dijual karena mengandung gizi yang bagus. Bahkan kotoran hewan ini sering dijadikan pupuk kandang.

10. Usaha Ternak Puyuh

Hewan puyuh sudah sering dijadikan hewan ternak karena mulai dari daging, telur dan bahkan kotoran hewan ini sering dibutuhkan banyak orang. Meskipun telur puyuh kecil namun banyak orang menyukai telur puyuh dan sering dijual di minimarket. Untuk kotoran telur puyuh sering dicari para petani untuk memanfaatkannya sebagai kesuburan tanah dan pakan ikan nila.

11. Usaha Ternak Kuda

Mungkin masih sedikit ditemukan adanya usaha ternak kuda, namun keuntungan beternak kuda tidak bisa diremehkan karena kuda sering dibutuhkan untuk penarik bendi dan dokar. 

Selain itu banyak pemilik usaha ternak kuda sering menjual daging kuda seperti yang berada di daerah Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Jeneponto yang menjual daging kuda.

Anda yang memiliki modal besar bisa membuka usaha ternak kuda karena peluang usaha ini sangat menjanjikan dan masih sedikit ditemukan adanya kompetitor atau pesaing.

12. Usaha Ternak Udang

Biasanya jenis udang yang sering di ternak yaitu udang vaname. Pada saat udang vaname berusia 4 – 5 bulan sudah bisa dipanen. Untuk membudidayakan udang vaname sebaiknya perhatikan sirkulasi oksigen pada kolam dan menjaga udang dari adanya hama yang akan mengganggu usaha ternak udang Anda.

13. Usaha Ternak Belut

Usaha ternak belut sangat menguntungkan karena banyak pemilik warung makan menyediakan menu makanan belut seperti belut crispi, belut panggang dan belut pedas. Dengan banyaknya pemilik warung membutuhkan belut, maka usaha ternak belut sangat menjanjikan di masa depan.

14. Usaha Ternak Kroto

Usaha ternak kroto sangat cocok di pedesaan karena budidaya kroto sering dilakukan langsung dari alam tepatnya di sarang kroto. Usaha kroto menjanjikan karena sering dicari oleh para pecinta burung kicau untuk dijadikan makanan burung. 

Banyak pecinta burung kesulitan mencari kroto karena sarang mereka sulit dijangkau oleh manusia, dengan begitu maka usaha ternak kroto bisa membantu mereka yang sedang mencari kroto dan Anda bisa mendapatkan penghasilan dari bisnis ternak kroto.

15. Usaha Ternak Cacing

Jangan remehkan usaha ternak cacing. Selain jangkrik dan kroto, cacing sangat dibutuhkan oleh orang yang hobi memancing karena digunakan sebagai umpan ikan. Selain dijadikan umpan, cacing juga sering dijadikan obat yang dapat melancarkan sirkulasi darah dan pencernaan.

Dengan banyaknya kebutuhan mengenai cacing maka usaha ternak cacing sangat menguntungkan dan menjanjikan di masa depan.

16. Usaha Ternak Ikan Gurame

Salah satu jenis ikan yang cocok dijadikan usaha ternak yaitu ikan gurame. Adapun keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika membuka usaha ternak gurame yaitu harga jual ikan gurame sangat mahal sekitar Rp 45 ribu untuk 1 kg.


Makanan ikan gurame lebih murah bahkan bisa Anda sediakan sendiri tanpa perlu membelinya, adapun makanan ikan ini seperti bekicot, belalang, cacing dan hewan kecil lainnya.

17. Usaha Ternak Kucing

Usaha ternak kucing bukan untuk dijadikan makanan melainkan banyak orang lebih menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan. Salah satu jenis kucing yang paling laku dijual adalah kucing jenis Persia.

Kucing Persia memiliki warna yang lembut dan wajahnya yang sangat manis membuat banyak pecinta kucing rela mengeluarkan uang banyak. Selain dijadikan peliharaan, kucing juga sering di ikutkan kontes dan ada juga sebagian orang mengoleksi kucing sebagai hobi rumahan. 

Dengan banyaknya orang menyukai kucing membuat usaha ternak kucing bisa menjadi usaha yang menjanjikan dan menguntungkan. Namun untuk membuka usaha jenis ini sebaiknya pelajari dulu cara merawat dan memberi makan kucing.

18. Usaha Ternak Lebah Madu

Usaha ternak madu sangat menguntungkan karena banyak orang mengkonsumsi madu sebagai bahan pemanis teh dan madu juga sering dijadikan masker wajah. 

Tidak hanya itu, manfaat lainnya yang ada pada madu dapat menyehatkan tubuh seperti membantu menyembuhkan luka, meredakan batuk dan menjaga kesehatan jantung, sehingga aman di konsumsi setiap hari karena dapat menyehatkan tubuh kita.

Dengan banyaknya manfaat madu yang bisa digunakan, membuat peluang usaha ternak madu sangat menjanjikan di masa depan dan bisa meraup untung besar.

19. Usaha Ternak Kenari

Usaha ternak kenari terbilang menjanjikan karena harga burung kenari sering stabil dan memiliki peminat cukup banyak. Banyak orang memelihara burung kenari karena memiliki suara merdu saat berkicau sehingga cocok dijadikan hewan peliharaan.

Burung kenari dapat bertelur 6 kali dalam waktu setahun dan akan menghasilkan 4 telur. Kenari siap ternak pada umur 6 bulan untuk yang betina. Sedangkan kenari jantan bisa di ternak pada umur 8 bulan.

20. Usaha Ternak Sapi

Usaha ternak sapi bisa dibilang usaha ternak yang paling menguntungkan dan menjanjikan di masa depan. Banyak orang sangat menyukai daging sapi, terbukti banyak pemilik rumah makan menyediakan daging sapi sebagai menu utama. 

Apa lagi pada saat hari raya, kebutuhan daging sapi meningkat drastis yang membuat pengusaha ternak sapi meraup untung banyak. Hewan sapi yang di ternak dan dirawat dengan baik, bisa besar 3 sampai 6 bulan dan sapi bisa beranak sekali dalam setahun.

21. Usaha Ternak Ayam Kalkun

Sangat sedikit usaha ternak ayam kalkun ditemukan, bukan karena hewan kalkun tidak laku di pasaran melainkan masih banyak orang belum tahu usaha ternak ayam kalkun bisa mendapatkan keuntungan. 

Usaha ternak ayam kalkun memiliki keuntungan, salah satu keuntungan yang didapatkan yaitu perawatan ayam kalkun cukup mudah dan harganya bisa lebih mahal dibandingkan ayam kampung.

Ayam kalkun termasuk usaha ternak ayam modal kecil, karena makanan ayam kalkun dapat dicari tanpa perlu dibeli seperti sayur singkong, daun pepaya dan eceng gondok merupakan campuran pakan untuk ayam kalkun.

Daging ayam kalkun juga sangat enak dan sering dijadikan menu makanan di restoran menengah ke atas.

22. Usaha Ternak Bekicot

Meskipun hewan bekicot terlihat menjijikan namun peluang usaha ternak bekicot cukup menjanjikan. Di luar negeri ada beberapa restoran menyediakan menu makanan bekicot yang memiliki harga lumayan mahal, seperti di negara Prancis sering menjadikan hewan bekicot sebagai makanan mewah di restoran.

Anda bisa mencoba peluang usaha ternak bekicot yang bisa menjanjikan di masa depan, kebutuhan hewan bekicot sudah banyak orang cari karena hewan bekicot memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti mampu mencegah anemia, menyehatkan jantung dan menyembuhkan luka.

23. Usaha Ternak Ayam Bangkok

Usaha ternak ayam bangkok sering ditemui di pedesaan dan sudah menjadi usaha ternak yang menguntungkan di desa. Banyak penduduk desa sering beternak ayam bangkok karena cara pemeliharaannya cukup mudah bahkan bisa dilepas untuk mencari makan sendiri.

Sudah sering ditemukan usaha ternak ayam bangkok mendapatkan pembeli cukup banyak. Ayam bangkok sering dijadikan hewan peliharaan dan sering di ikutkan kontes lomba ayam bangkok.

24. Usaha Ternak Ikan Gabus

Ikan gabus memiliki manfaat seperti membantu pertumbuhan otot, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Itulah kenapa banyak orang mengkonsumsi ikan gabus karena memiliki manfaat bagi kesehatan.

Dengan banyak manfaat membuat masyarakat sering mengkonsumsi ikan gabus dan ada beberapa pemilik rumah makan menyediakan ikan gabus sebagai menu makanan. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari usaha ternak ikan gabus dan menjadikan ikan gabus sebagai usaha menjanjikan di masa depan. 

25. Usaha Ternak Ikan Kakap

Usaha ternak ikan kakap tidak kalah dari ikan jenis lainnya seperti ikan gabus dan arwana. Ikan kakap sangat mudah di pelihara dan bisa memberikan Anda keuntungan memuaskan karena masyarakat senang memakan ikan kakap.

Jika ingin mencoba usaha ternak ini, silakan lakukan kerjasama dengan pemilik rumah makan dan restoran supaya Anda bisa menjadi pemasok ikan kakap untuk restoran tersebut.

26. Usaha Ternak Burung Kacer

Burung kacer merupakan jenis burung hias yang sering dipelihara oleh pecinta burung, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari usaha ternak burung kecer. Harga jual burung ini juga terbilang mahal karena burung kacer sering di ikutkan kontes.


Meskipun harga jual burung ini terbilang mahal namun tetap laris di pasaran. Itulah kenapa usaha ternak burung kacer bisa menjanjikan di masa depan karena mampu mendatangkan keuntungan memuaskan.

27. Usaha Ternak Murai

Murai merupakan salah satu jenis burung hias yang memiliki harga jual yang mahal namun jualan burung murai sering laris di pasaran, burung murai mampu bertelur sampai 8 kali dalam waktu setahun dan harga jual burung ini dimulai dari Rp 250 ribu sampai Rp 2 juta. Itupun tergantung dari lokasi jualan karena akan berbeda di masing-masing tempat.

28. Usaha Ternak Kalajengking

Mungkin kalajengking terdengar mustahil dijadikan usaha ternak, namun jangan meremehkan usaha ternak kalajengking karena di masa depan kalajengking akan menjadi usaha ternak yang menjanjikan. Seperti yang dikatakan Presiden Joko Widodo bahwa racun kalajengking menjadi komoditas lebih mahal dibanding emas.

Racun kalajengking sebenarnya tidak akan berbahaya asalkan Anda tahu cara mengolah racun tersebut menjadi obat bagi kesehatan tubuh, seperti obat penyakit lupus dan obat rematik. 

Selai dijadikan obat-obatan ternyata di negara lain kalajengking sering dijadikan menu makanan di restoran, salah satu negara yang mengkonsumsi kalajengking yaitu Thailand.

29. Usaha Ternak Ulat Sutra

Budidaya ulat sutra sudah sering dilakukan masyarakat karena dapat membawa keuntungan yang menjanjikan di masa depan. Manfaat ulat sutra dapat dijadikan bahan baku membuat selimut dan kain sutra yang memiliki harga jual yang terbilang mahal.

30. Usaha Ternak Babi

Bagi Anda yang Non Muslim, bisa mencoba peluang usaha ternak babi karena penjualan daging babi cukup ramai pembeli, terlebih pada saat hari raya natal. Daging babi sering dicari masyarakat Non Muslim untuk dijadikan makanan khas hari raya natal dan tahun baru.

Ternak babi sering juga dijadikan usaha sampingan dan perawatannya cukup mudah karena Anda bisa membuat kandang di belakang rumah.

Penutup

Itulah jenis hewan yang bisa dijadikan usaha hewan ternak. Silakan coba peluang usaha jenis ini, supaya Anda bisa mendapatkan keuntungan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan semoga bisa sukses dimasa depan.

Baca juga : Hewan Ternak Yang Menguntungkan di Lahan Sempit

Posting Komentar untuk "30 Usaha Ternak Yang Menjanjikan di Masa Depan dan Menguntungkan"