Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Usaha di Perumahan Yang Sepi Bisa Ramai Pembeli

Daftar Isi [Tampil]

 

10 Usaha di Perumahan Yang Sepi Bisa Ramai Pembeli

Kali ini saya akan memberikan 10 jenis usaha di perumahan yang sepi, sehingga Anda bisa mendapatkan pembeli yang cukup banyak. Memiliki tempat tinggal di perumahan merupakan salah satu lokasi yang strategis dalam membuka usaha.

Namun ada beberapa lokasi perumahan yang tidak memiliki jumlah penduduk yang banyak sehingga sulit untuk membuka usaha.


Anda tidak perlu khawatir karena ada 10 usaha yang bisa saya rekomendasikan, meskipun lokasi di perumahan terbilang sepi. Anda masih bisa mendapatkan konsumen, karena barang atau layanan yang diberikan akan sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Untuk lebih jelasnya silakan luangkan waktu Anda beberapa menit untuk mengetahui jenis usaha yang bisa Anda coba.

10 Usaha di Perumahan Yang Sepi

Berikut usaha di perumahan sepi yang bisa Anda coba:

1. Usaha Warung Sembako

Usaha Warung Sembako

Sembako merupakan kebutuhan pokok manusia dalam kehidupan sehari-hari yang harus tersedia di rumah. Meskipun sudah banyak supermarket moderen yang berdiri. Namun warung sembako masih sangat dibutuhkan masyarakat.

Jika lokasi perumahan tidak berdekatan dengan minimarket dan sejenisnya, maka usaha warung sembako berpeluang mendapatkan pembeli yang banyak dikarenakan orang akan lebih memilih membeli kebutuhan sembako di tempat Anda ketimbang pergi jauh mencari minimarket.


Strategi yang harus diterapkan jika ingin membuka usaha sembako adalah memberikan harga sembako yang tidak terlalu mahal dan rutin mempromosikan usaha Anda melalui media sosial dan lainnya.

2. Usaha Jualan Kue Basah

Jualan Kue Basah

Berniat membuka usaha kuliner, kue basah bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang tinggal di perumahan sepi. Kue basah telah lama menjadi makanan yang seringkali diincar banyak orang.

Jadi Anda tidak usah khawatir jika berjualan kue basah di tempat yang sepi, orang sangat menyukai kue basah karena sering dijadikan sarapan pagi dan cemilan pada saat bersantai.

Usaha jenis ini tidak memerlukan modal banyak, Anda hanya perlu membuat stand kecil depan rumah kemudian mulailah berjualan. Supaya Anda lebih bisa menjangkau banyak pembeli, silakan rutin mempromosikan jualan kepada tetangga dan kerabat lainnya.

3. Jualan Nasi Bungkus

Jualan Nasi Bungkus

Nasi bungkus juga termasuk jualan yang patut dipertimbangkan, hampir sama dengan kue basah yang sering dijadikan cemilan dan sarapan pagi. Nasi bungkus sering dibeli karena dapat dijadikan sarapan pagi dan makan siang.

Biasanya ada ibu rumah tangga yang tidak sempat membuat sarapan pagi sehingga mereka mencari penjual nasi bungkus yang dapat menyediakan masakan jadi. Usaha jenis ini juga tidak mengeluarkan banyak biaya, Anda hanya perlu menyediakan nasi bungkus seperti nasi kuning yang terbuat dari bahan pokok dari nasi, telur dan mie instan.

Untuk cara memulai usaha nasi bungkus adalah membuat stand berukuran kecil kemudian menjualnya di halaman depan rumah sehingga memudahkan pembeli melihat jualan Anda. Waktu yang pas berjualan nasi adalah pada saat pagi hingga siang hari.

4. Usaha PPOB (Payment Point Online Bank)

Bagi Anda yang belum mengetahui usaha PPOB ialah layanan pembayaran tagihan yang dibayar secara online sehingga mempermudah orang membayar tagihan. Setiap pemilik rumah tentu memiliki tagihan seperti tagihan token listrik, kartu kredit, cicilan kendaraan motor, BPJS dan lainnya sehingga PPOB berpeluang menjadi usaha yang cepat laku di perumahan.

Dengan membuka usaha ini di lokasi perumahan, maka nantinya tetangga akan merasa terbantu dengan adanya usaha PPOB. Sehingga salah satu usaha rumahan ini bisa menjanjikan kedepannya dan tidak akan sepi pembeli.

5. Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Air minum sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari. Anda yang tinggal di komplek perumahan yang masih terlihat sepi sebaiknya mencoba usaha depot air minum isi ulang. 

Depot air minum isi ulang merupakan usaha yang cocok untuk di perumahan karena pasti akan sangat dibutuhkan dilingkungan perumahan bahkan orang yang tinggal diluar komplek perumahan akan datang ke lokasi Anda untuk menukar galonnya.

Jadi bukan hanya didalam perumahan Anda bisa mendapatkan konsumen melainkan diluar lokasi juga berpeluang mendapatkan pelanggan.

6. Dropshipper

Dropshipper

Dropship merupakan salah satu bisnis online yang cukup menjanjikan, Anda dapat menjual berbagai macam produk di perumahan dan bisa menjualnya secara online tanpa perlu membelinya, dengan cara menjalin kerjasama dengan pemilik barang untuk membantu menjual produknya.

Nantinya Anda akan mendapatkan bayaran jika berhasil menjual barang. Konsumen yang Anda dapat biasa datang dari ibu rumah tangga dan anak muda yang hobi berbelanja online, dengan banyaknya target pasar yang dituju maka peluang usaha dropship di perumahan cukup menguntungkan.

7. Bisnis Budidaya Tanaman Hias

Budidaya Tanaman Hias

Peluang bisnis ini cukup menjanjikan, banyaknya peminat tanaman hias yang terdiri dari anak muda bahkan orang tua membuat Anda harus mencoba memulai bisnis budidaya tanaman hias di dalam perumahan, lokasi yang sepi tidak akan membuat Anda rugi karena tanaman hias masih bisa di pasarkan secara online dan dijual di pasar. 

Anda hanya perlu mencari bibit tanaman hias yang bisa dibudidaya di rumah dan mulailah merawat tanaman sampai besar sehingga layak untuk dijual.

8. Bisnis Tanaman Hidroponik

Tanaman Hidroponik

Usaha yang cocok untuk di perumahan berikutnya yaitu Hidroponik yang merupakan suatu usaha memproduksi tanaman berupa buah-buahan dan sayuran bergizi yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Dengan menggunakan cara ini, maka Anda dapat menghasilkan produksi tanaman lebih banyak dibanding dengan cara yang biasa.

Anda tidak perlu khawatir mengenai lahan yang dibutuhkan, karena bisnis tanaman hidroponik dapat dikembangkan di lahan sempit, jika memiliki lahan kosong di belakang rumah maka usaha ini cocok untuk Anda coba.

Baca juga: 20 Bisnis Kuliner Modal Kecil yang Ramai Pembeli

9. Usaha Layanan Jasa

Jika memiliki keahlian dibidang tertentu, tidak ada salahnya jika memanfaatkan skill Anda untuk membuka usaha. Seperti usaha jasa jahit pakaian, kebutuhan pakaian sangat penting bagi semua orang, biasanya ada orang yang membeli pakaian yang kebesaran sehingga mereka mencari orang yang mahir menjahit pakaian.

Dengan membuka usaha menjahit pakaian di perumahan maka Anda berpeluang mendapatkan keuntungan yang memuaskan dan akan dibutuhkan oleh banyak orang.

Berikut beberapa usaha layanan jasa yang bisa dijalankan di lokasi sepi:

  • Jasa desain grafis
  • Jasa pengetikan
  • Jasa penitipan anak
  • Jasa penitipan hewan peliharaan

10. Usaha Jualan Produk Herbal

Jualan Produk Herbal

Produk herbal saat ini telah menjadi jualan di rumah yang laris. Obat herbal banyak dicari karena dipercaya mampu mengatasi berbagai jenis penyakit dan bisa menjaga tubuh tetap sehat.

Modal yang dikeluarkan jika ingin membuka usaha ini terbilang kecil, Anda hanya perlu mahir memilih obat herbal yang banyak dicari seperti produk herbal Dibito yang dapat mengobati diabetes.

Cara Memulai Usaha di Perumahan Yang Sepi

Sambil memilih usaha yang cocok untuk Anda, sebaiknya ketahui juga bagaimana cara memulai usaha di perumahan yang terbilang sepi.

1. Melakukan observasi lokasi

Sebelum memulai usaha yang disukai dan diminati, Ada baiknya lakukan observasi terlebih dahulu yang berfungsi untuk mengetahui jenis usaha apa yang berpotensi mendapatkan pembeli yang cukup banyak dan dibutuhkan oleh orang sekitar.

Apa yang paling dibutuhkan dan dicari oleh warga sekitar maka itulah peluang Anda untuk membuka usaha. Hindari menjual dagangan yang tidak diperlukan oleh penduduk sekitar agar mengantisipasi kerugian di awal merintis usaha.

2. Jangan memberikan harga jual yang tinggi

Mengambil keuntungan memang wajar dalam berbisnis, namun jangan juga Anda memberikan harga jual yang sangat tinggi, jika melakukan hal tersebut maka usaha Anda kemungkinan besar tidak akan laris.


Dalam memulai awal usaha, menentukan harga jual sangat penting. Berikan harga yang tidak terlalu tinggi agar pembeli tertarik membeli dagangan Anda, jika bisnis sudah mulai diminati dan telah mendapatkan pembeli cukup banyak, maka Anda bisa menaikkan harga jual dagangan sedikit demi sedikit.

3. Memberikan pelayanan yang baik

Terkadang para pemula sering melupakan poin yang satu ini. Jangan sepelekan pelanggan Anda dengan tidak memberikan layanan yang baik. Meskipun bisnis Anda terbilang sangat dibutuhkan di lokasi tersebut, bisa saja orang tidak akan membeli dagangan yang dijual.

Maka dari itu berikan layanan yang baik dengan cara memberikan sikap yang ramah dan baik saat mereka datang membeli. Menjaga kebersihan usaha juga merupakan kenyamanan bagi Anda dan pelanggan.

4. Pandai mengatur waktu

Mengatur waktu yang dimaksud disini adalah kapan harus membuka usaha. Misalnya jualan kue basah, Anda yang ingin membuka usaha kue basah sebaiknya bisa dimulai dari pagi hingga siang hari, alasannya ialah pembeli sering mengkonsumsi kue basah untuk sarapan pagi dan cemilan di siang hari.

5. Sering memberikan produk baru

Cara terakhir yang bisa dicoba jika ingin memulai usaha di daerah sepi khususnya di perumahan adalah sering melakukan update dagangan. Jika hanya menjual jenis produk yang biasa saja maka dapat mengurangi minat masyarakat dalam membeli dagangan Anda.

Maka dari itu, silakan berpikir kreatif agar bisa menghasilkan sebuah ide yang dapat memberikan produk yang bisa meningkatkan daya tarik usaha Anda kedepannya.

Tips Pemasaran di Daerah Perumahan Yang Sepi

Saat ini kita telah dipermudah dalam memperkenalkan bisnis ke publik, jika lokasi usaha mengalami penurunan pembeli yang cukup merugikan, maka sebaiknya pelajari cara memasarkan jualan.

Cara yang bisa digunakan adalah mempromosikan bisnis di media sosial dan situs martketplace yang saat ini telah menjadi salah satu strategi pemasaran bagi banyak pemilik usaha.

Cara lain yang bisa digunakan adalah berjualan di lokasi lain, misalnya di tempat keramaian misalnya dalam pasar dan sebagainya, dengan berjualan di lokasi yang sangat ramai maka Anda berpeluang menarik banyak pembeli.

Penutup

Itulah artikel yang membahas mengenai jenis usaha di perumahan sepi dan cara memulainya. Semoga dapat membantu Anda dalam membuka usaha dan semoga sukses kedepannya. Untuk informasi seputar usaha lainnya silakan sering berkunjung di situs ini. Sekian & Terimakasih.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "10 Usaha di Perumahan Yang Sepi Bisa Ramai Pembeli"