Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Sampingan Karyawan Pabrik Yang Menjanjikan

Daftar Isi [Tampil]

 

Bisnis Sampingan Karyawan Pabrik Yang Menjanjikan

Bisnis sampingan karyawan pabrik sangatlah banyak, Anda sebagai seorang karyawan tentunya ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Jika ingin berniat membuka usaha sampingan, kali ini saya telah merangkum beberapa ide bisnis sampingan untuk karyawan pabrik yang menjanjikan dan bisa dimulai dari modal kecil.

Anda sebaiknya meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Karena mungkin Ada jenis usaha sampingan yang cocok untuk dicoba. Anda tidak perlu khawatir mengenai jam kerja, karena usaha sampingan bisa dilakukan pada saat tidak bekerja.


Bayangkan, jika Anda sudah berhasil dari bisnis sampingan yang dikelola. Anda tidak perlu lagi bekerja di pabrik dan bisa lebih fokus untuk memulai bisnis kedepannya.

Bisnis Sampingan Karyawan Pabrik

Dalam memulai usaha sampingan karyawan pabrik, tentunya kita harus mahir mengatur waktu kerja agar bisa berbisnis dengan lancar. Selain itu, Anda harus tahu Jenis barang atau produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. 

Namun. Jika tidak memiliki modal menyediakan barang. Anda bisa memakai keahlian yang Anda punya sebagai usaha layanan jasa yang bisa menghasilkan uang.

1. Bisnis Sampingan Jualan Pulsa Elektrik

Usaha sampingan karyawan pabrik yang pertama adalah jualan pulsa elektrik. Bisnis ini cocok untuk Anda yang masih pemula karena tidak memerlukan keahlian dan pengalaman bekerja.

Anda hanya perlu menyediakan pulsa operator yang sering dibutuhkan masyarakat. Salah satunya yaitu pulsa telkomsel yang sudah menjadi jaringan seluler paling banyak digunakan di Indonesia.


Untuk memulai usaha sampingan ini. Silakan bekerjasama dengan agen pulsa terpercaya kemudian mempromosikan usaha Anda kepada teman kerja dan masyarakat lainnya.

2. Bisnis Sampingan Online Shop

Usaha Sampingan Online Shop

Saat ini, bisnis online sudah bisa dimulai dengan mudah. Anda bisa bekerja dimana saja dan kapan saja tanpa perlu mengkhawatirkan pekerjaan Anda. Modal yang dikeluarkan juga sangat kecil.

Usaha online shop sangat menguntungkan, dikarenakan tidak perlu mendirikan toko dan target pasarnya juga sangat luas. Anda bisa memakai jaringan internet untuk berjualan dan mencari konsumen secara luas.

Berikut bisnis online yang cocok untuk pemula:

  • Jualan pakaian
  • Usaha kuliner
  • Usaha produk herbal
  • Jualan hijab
  • Jualan aksesoris hp

3. Bisnis Sampingan Jualan Makanan

Usaha Sampingan Jualan Makanan

Jualan makanan dapat menjadi usaha sampingan bagi karyawan pabrik. Dengan cara memulai berjualan pada saat pulang kerja dan pada saat hari libur. Cara lainnya adalah dengan menjalin kerjasama dengan pemilik warung untuk menitipkan makanan yang Anda jual.

Dengan banyaknya cara yang digunakan, maka bisnis akan terus berjalan sambil Anda juga bekerja di perusahaan. Agar jualan semakin laris. Silakan sering memasarkan makanan ke media sosial.

Baca juga: Ide Usaha Makanan Yang Bisa Dititipkan di Warung

4. Bisnis Sampingan Jualan Aksesoris HP

Usaha Sampingan Jualan Aksesoris HP

Saat ini penggunaan Smartphone sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Terkadang mereka sering membeli aksesoris hp untuk mempercantik Smartphone dan juga ada beberapa aksesoris hp yang sangat diperlukan dalam bekerja. 

Misalnya seorang conten creator TikTok yang membutuhkan tripod untuk mempermudah pengambilan video. Anda bisa memulai jualan aksesoris hp dengan menyediakan modal sekitar 5 juta untuk membeli beberapa aksesoris hp yang laris di pasaran.

Setelah itu. Silakan tawarkan produk yang dijual kepada teman kerja, pastinya mereka akan tertarik membelinya karena aksesoris hp sangat dibutuhkan. Adapun aksesoris hp yang paling laku yaitu Case Handphone, Earphone, Kabel OTG, Power Bank dan Tripod.

5. Dropship

Usaha Sampingan Dropship

Anda yang belum memiliki modal, bisa mencoba usaha sampingan satu ini yaitu menjadi Dropship. Anda hanya perlu aktif mempromosikan barang jualan milik orang lain tanpa perlu membelinya. Biasanya usaha Dropship sering dilakukan secara online oleh mahasiswa hingga orang tua.

Berikut jenis dropship yang menjanjikan:

  • Kosmetik atau produk kecantikan
  • Pakaian
  • Sepatu
  • Produk Herbal
  • Aksesori smartphone

6. Bisnis Sampingan Menjadi Blogger

Menjadi Blogger

Anda yang mahir menulis dan membaca, tidak ada salahnya jika membuat blog sebagai usaha sampingan. Blog bukan hanya tempat untuk menulis artikel, Anda juga bisa menghasilkan uang.

Caranya cukup mudah yaitu menawarkan produk yang dijual dan bekerjasama dengan program periklanan seperti Google Adsense yang telah menjadi raksasa periklanan terbesar.

7. Freelance Desain Grafis

Jika mahir dibidang desain, seperti bisa membuat media promosi, edit foto dan video. Anda bisa menjadikan keahlian dibidang desain sebagai usaha sampingan. 

Usaha jenis ini terbilang sangat menguntungkan dan akan dibutuhkan setiap hari, dikarenakan saat ini sudah sering kita temukan perusahaan dan instansi membutuhkan jasa desain untuk membantu mereka dalam memperkenalkan produk dan memberikan informasi melalui media sosial.

Anda bisa memulai usaha ini sebagai freelance desain grafis, Anda bisa menawarkan layanan jasa di media sosial atau situs marketplace. Jika mendapatkan konsumen, Anda tinggal mengerjakannya saja di rumah setelah selesai bekerja di pabrik.

8. Bisnis Sampingan Menjahit Pakaian

Tertarik membuka usaha sampingan dibidang fashion? Jahit dan pernak pakaian dapat Anda coba. Kebutuhan pakaian sangat penting dalam melakukan aktivitas sehari-hari, Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan membuka usaha jahit pakaian di rumah saat pulang bekerja atau pada saat hari libur.

Anda hanya perlu menabung untuk membeli mesin jahit dan perlengkapan menjahit pakaian supaya bisa menjalani usaha dibidang fashion ini. Baik teman maupun kerabat bisa membantu dalam mempromosikan usaha sampingan Anda.

Baca juga: Modal Kecil Usaha Sampingan Karyawan Sibuk

9. Bisnis Sampingan Ternak Hewan

Peluang usaha sampingan karyawan pabrik selanjutnya adalah beternak hewan. Usaha dibidang ternak hewan sangatlah menguntungkan dan akan dibutuhkan setiap hari. Misalnya ternak bebek, baik daging maupun telurnya sangat disukai masyarakat. Sudah sering kita jumpai ada banyak warung makan yang menyediakan daging bebek sebagai menu makanan. Selain bebek. Ayam juga sangat laris di pasaran. 

Anda hanya perlu membuatkan kandang di belakang rumah dan rutin memberikannya makanan agar hewan ternak cepat besar dan siap panen.

Mengenai pekerjaan Anda sebagai karyawan pabrik. Tidak perlu khawatir karena hewan ternak bisa diberi makan di pagi hari sebelum Anda pergi bekerja. Tanpa disadari, hewan yang dipelihara akan besar dan siap untuk dijual, sehingga Anda bisa dapat untung dari usaha sampingan ini.

Baca juga: 10 Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit dan Cepat Panen

10. Bisnis Sampingan Budidaya Tanaman Hias

Usaha Sampingan Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias saat ini telah menjadi trend di kalangan masyarakat. Memiliki bentuk tanaman yang unik membuat banyak warga sangat menyukai tanaman hias, sehingga mereka tidak segan untuk membelinya dengan harga mahal.


Jika memiliki banyak tanaman hias di rumah. Silakan mulai budidayakan tanaman tersebut dengan menyediakan pot bunga dan pupuk tanaman yang bisa didapat dari kotoran hewan seperti ayam dan kambing.

Jika tanaman sudah siap untuk dijual. Anda bisa menawarkannya kepada teman kerja , siapa tau mereka tertarik membelinya atau bisa juga menjualnya di media sosial. Kunci sukses dari usaha sampingan ini adalah rutin mempromosikan tanaman supaya dapat menjangkau banyak pembeli.

11. Bisnis Sampingan Budidaya Ikan Hias

Usaha Sampingan Budidaya Ikan Hias

Selain tanaman, ikan hias sudah mulai banyak peminat. Anda bisa mencoba budidaya ikan hias di rumah. Setelah selesai bekerja di pabrik, Anda dapat merawat ikan yang dipelihara.

Salah satu ikan hias yang sedang trend saat ini adalah ikan cupang. Harga yang murah dan cara merawatnya yang sangat mudah membuat ikan jenis ini sangat laris di pasaran. Anda hanya perlu menyediakan modal 1 juta untuk membeli bibit ikan cupang dan kolam dari bahan terpal.

12. Bisnis Sampingan Warung Kopi

Usaha Sampingan Warung Kopi

Kopi sudah menjadi minuman favorit masyarakat. Baik kalangan remaja hingga orang tua sangat menyukai kopi. Membuka kedai kopi bisa menjadi usaha sampingan yang menjanjikan, asalkan Anda memberikan rasa kopi yang enak dan sesuai dengan selera konsumen.

Bekerja sebagai karyawan pabrik yang sibuk tidak akan menghentikan Anda memulai usaha warung kopi. Anda bisa membuka warung pada saat sudah selesai bekerja, misalnya pada saat malam hari Anda bisa berjualan dan pagi hari Anda bisa berangkat kerja.

Dengan pandai mengatur waktu, maka Anda dapat memulai usaha sampingan ini tanpa ada gangguan pekerjaan. Jika bisnis sudah mulai menghasilkan keuntungan, silakan pekerjakan karyawan agar dapat membantu Anda menjalankan usaha warung kopi.

13. Bisnis Sampingan Hampers

Hampers

Usaha sampingan berikutnya adalah bisnis hampers. Anda hanya perlu membuat bingkisan unik dari keranjang kecil yang isinya berupa makanan ringan. Hampers saat ini telah menjadi trend anak muda dalam memberikan kado untuk acara selamat ulang tahun, pernikahan dan acara jenis lainnya.

Modal yang dikeluarkan juga cukup kecil dan tidak memerlukan keahlian tertentu. Anda yang merupakan karyawan pabrik dapat memulai usaha sampingan hampers. Anda bisa melihat contoh bingkisan hampers di internet kemudian mempelajari cara membuatnya lalu mulai memasarkannya.

14. Bisnis Sampingan Berjualan Cemilan

Pulang dari bekerja dan tidak melakukan apa-apa tentu membuat waktu terbuang sia-sia. Ada bagusnya jika selesai bekerja di pabrik. Anda bisa memulai usaha sampingan seperti berjualan cemilan di pinggir jalan.

Cemilan merupakan jenis usaha yang cocok buat karyawan pabrik karena modal yang dibutuhkan cukup kecil dan bisa dimulai setelah selesai bekerja. Cemilan sudah menjadi jajanan anak-anak maupun orang dewasa.

Ada banyak ide usaha makanan ringan yang murah. Salah satunya yaitu keripik yang terbuat dari umbi-umbian yang harganya mudah dijangkau.

15. Bisnis Sampingan Jualan Token Listrik

Jumlah pengguna listrik dari tahun ke tahun terus meningkat. Masyarakat saat ini telah dipermudah dengan hadirnya token listrik. Sehingga membuat jualan token listrik sering dicari. Anda dapat mengambil peluang ini dengan menjadi agen token listrik PLN.

Dengan hanya menggunakan Smartphone dan jaringan internet. Anda sebagai karyawan pabrik sudah bisa memulai usaha sampingan ini. Jika tertarik, silakan mendaftar melalui Aplikasi mitra tokopedia dan sejenisnya supaya bisa mengirimkan token listrik secara online.

Cara Bisnis Sampingan Karyawan Pabrik

Untuk cara memulai usaha sampingan karyawan pabrik adalah pandai mengatur waktu, sisakan waktu Anda untuk berbisnis. Sebagai contoh, pada saat pulang bekerja, Anda dapat melakukan bisnis sampingan.

Selain itu, tentukan juga jenis bisnis yang akan dijalankan. Seperti yang sudah saya rangkum, ada banyak bisnis yang bisa dimulai tanpa perlu mengkhawatirkan pekerjaan Anda sebagai karyawan pabrik.

Cara terakhir yaitu sesering mungkin dalam memperkenalkan bisnis Anda. Dengan rutin mempromosikan usaha maka kedepannya bisnis akan langsung dikenal oleh masyarakat. Jangan lupa berikan layanan terbaik agar konsumen merasa senang dan nyaman.

Penutup

Memiliki gaji kecil sebagai karyawan pabrik merupakan salah satu alasan banyak orang untuk mencari ide usaha yang dapat menambah penghasilan. Semoga rekomendasi bisnis sampingan yang saya berikan dapat memberikan ide bagi Anda. Sekian & Terimakasih.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Bisnis Sampingan Karyawan Pabrik Yang Menjanjikan"