Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Jualan Online Kue Basah Agar Cepat Laku

Daftar Isi [Tampil]

 

10 Cara Jualan Online Makanan Basah Agar Cepat Laku

Berjualan online kue basah bisa Anda coba. kue basah merupakan salah satu makanan yang sering dimakan masyarakat pada saat pagi hari dan siang hari, jenis makanan basah yang dimaksud yaitu kue basah pukis, kue basah bolu pisang, pecel, martabak dan lainnya.

Ingin berjualan makanan basah sebaiknya terapkan strategi yang bisa membuat makanan basah Anda cepat habis karena jika kue basah tidak cepat habis akan menyebabkan makanan basah akan menjadi basi.


Salah satu cara berjualan agar mendapatkan pelanggan banyak yaitu berjualan secara online, caranya cukup mudah kita hanya membuat situs website dan juga membuat akun media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Karena Anda berjualan makanan basah secara online maka cukup tinggal saja dirumah tanpa perlu mendirikan warung namun perhatikan daya tahan produk makanan. Banyak sekali ide makanan basah yang bisa dijual di media sosial. 

Jika Anda tertarik berjualan secara online maka zonausaha akan memberikan 10 cara jualan online kue basah agar cepat laku sebagai berikut:

1. Mempersiapkan Jenis Makanan Basah

Cara jualan makanan online biar laris yaitu pertama menyediakan makanan untuk dijual.  Sebelum berjualan sebaiknya Anda tentukan jenis makanan basah seperti apa yang akan dijual secara online. Ada berbagai macam makanan basah mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Setelah selesai menentukan kue basah selanjutnya siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan membuatnya, silakan cari di pasar tradisional dan supermarket bahannya.

2. Mempersiapkan Kemasan Kedap Udara

Berjualan online berbeda dengan berjualan seperti biasa (offline), jika ingin berjualan makanan basah secara online maka wajib menyiapkan packaging yang kedap udara agar memperlama daya simpan suatu makanan. Untuk penggunaan packing akan dikemas dengan alat khusus dan harus Anda beli. Jika belum sempat membeli solusinya membuat kantong kedap udara untuk makanan basah nantinya.

3. Memperhatikan Ketahanan Makanan

Setelah membungkus makanan basah, perhatikan ketahanan makanan tersebut berapa lama akan bertahan dan sebelum menjadi basi. Perlu diketahui ketahanan kue basah untuk makanan basi bisa berbeda tiap jenis makanan. Meskipun berbeda, kita tetap harus perhatikan apakah makanan yang dibuat akan basi dalam waktu 1 atau 2 hari.


Jika sudah tahu waktu yang dibutuhkan untuk makanan menjadi basi, silakan tentukan cara jualan online makanan basah dan setiap jenis makanan basah terkadang akan memiliki cara jualan berbeda. maka dari itu perhatikan dan pelajari cara pengelolaan kue basah.

4. Mengikuti Bazar

Bazar ialah acara kegiatan yang cukup ramai pengunjung dan banyak para pengusaha makanan kecil hingga menengah memperkenalkan makanan mereka kepada pengunjung. Ada bagusnya jika kamu juga turut meramaikan bazar dengan cara memperkenalkan jualan kue basah. 

Sediakan makanan basah yang bisa dijual dan disukai masyarakat, jangan lupa sertakan kemasan unik untuk makanan agar dapat menarik minat pembeli. Berikan juga nama akun media sosial dan nomor kontak sehingga Anda mudah dihubungi oleh pembeli.

5. Layanan Jasa Antar Makanan

Di Indonesia ada 2 raksasa penyedia Platform online makanan yaitu Grab dan Gojek, perusahaan ini memiliki layanan khusus antar makanan yang mereka beri nama GrabFood dan GoFood dan sudah terkenal dan terpercaya di kalangan masyarakat. 

Sudah banyak orang memesan makanan lewat kedua aplikasi ini dan tentu saja banyak pengusaha makanan mendaftarkan usaha mereka di GoFood dan GrabFood, sangat cocok untuk cara jualan online khusus untuk kue basah. Jika tertarik silakan daftarkan usaha kue basah dan tentukan harga sebuah produk kue basah Anda.

6. Perhatikan Siapa Pesaing Makanan Basah

Memperhatikan pesaing merupakan strategi pemasaran dan semua usaha maupun bisnis tentunya akan memiliki pesaing yang cukup merepotkan. Berjualan kue basah sudah tidak asing lagi karena banyak ditemui berbagai macam pengusaha kue basah. Mengetahui pesaing merupakan salah satu cara berjualan kue online untuk pemula.

Sebaiknya baca juga: Usaha Makanan Yang Laris di Pinggir Jalan

7. Berinovasi

Cara jualan online makanan agar cepat laku yaitu menciptakan sebuah inovasi dalam berjualan dapat mengatasi masalah dan menciptakan peluang untuk meningkatkan usaha jualan makanan basah. Buatlah aneka jenis kue basah unik dan enak agar bisa menarik minat masyarakat untuk memesan makanan. 


Karena pesaing akan terus menciptakan inovasi menarik mulai dari kualitas makanan yang mereka jual hingga harga murah bagi masyarakat yang dapat membuat Anda sulit mengalahkan mereka. Maka dari itu ciptakan sesuatu yang unik dan menarik peminat untuk membeli makananmu.

8. Memperhatikan Citra Rasanya

Cita rasa dari kue basah akan berdampak besar pada penghasilan Anda karena jika memberikan rasa yang tidak disukai konsumen maka mereka akan beralih ke pengusaha makanan basah lainnya yang memberikan rasa nikmat dan sesuai selera mereka. 

Maka dari itu Anda harus menyiapkan kue basah nikmat dan enak sehingga bisa bertahan lama di pasaran. Kasus yang sering dijumpai oleh pemilik makanan yaitu biasanya mereka mengurangi bumbu dan bahan baku untuk menghindari pengeluaran banyak, hal seperti ini mengakibatkan rasa yang ada pada makanan berkurang dan tidak disukai. Sebaiknya jangan mengikuti cara seperti itu karena akan berdampak pada rejeki Anda berjualan.

9. Membuat Brand Makanan Basah

Agar lebih dikenal banyak orang sebaiknya buatlah brand kue basah sehingga memiliki identitas yang dikenal oleh konsumen. Nantinya brand akan menjadi identitas makanan Anda, pilihlah nama unik dan mudah di ingat oleh orang.

10. Menyiapkan Modal Awal

Dari semua point diatas tidak akan terpenuhi jika Anda tidak memiliki modal untuk berjualan, maka dari itu point ke 10 ini merupakan hal penting untuk mendirikan usaha makanan basah. Siapkan modal awal usaha untuk membeli perlengkapan masak, bahan membuat kue basah dan perlengkapan berjualan.

Catat semua kebutuhan yang akan dipakai kemudian cari kebutuhan tersebut di pasar atau toko yang menyediakannya, usahakan cari dengan harga murah supaya modal yang dipakai cukup untuk membeli segala kebutuhan dan siap untuk cara menjual kue lewat online.

Penutup

Itulah 10 cara jualan online makanan basah, semoga artikel saya bermanfaat untuk Anda, jangan ragu untuk terjun ke dunia bisnis untuk menjadi pebisnis kuliner, karena suatu saat akan tiba dimana usaha akan berbuah hasil. Sekian & Terimakasih.

Sebaiknya baca juga: Bisnis Snack Kekinian Dengan Modal Kecil

Posting Komentar untuk "10 Cara Jualan Online Kue Basah Agar Cepat Laku"