Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Memulai Usaha Donat Rumahan Untuk Pemula

Daftar Isi [Tampil]

 

10 Cara Memulai Usaha Donat Rumahan Untuk Pemula

Artikel kali ini membahas mengenai cara memulai usaha donat rumahan untuk pemula. Berbahan dasar dari tepung terigu, donat berhasil merebut perhatian banyak orang karena memiliki rasa yang enak dan harganya relatif murah.

Anda yang sedang berniat membuka usaha donat rumahan namun belum mengetahui cara memulainya. Sebaiknya luangkan waktu sebentar untuk membaca artikel ini. Ada banyak usaha rumahan yang patut dicoba dan salah satunya jualan donat.


Dengan berjualan donat di rumah maka Anda bisa menambah penghasilan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, apa lagi jika bisa meraup untuk banyak dari usaha donat rumahan maka Anda bisa menjadikan usaha ini sebagai pekerjaan utama. Baik ibu rumah tangga maupun anak muda bisa mencoba ide usaha yang satu ini.

10 Cara Memulai Usaha Donat Rumahan

Berikut cara memulai usaha donat di rumah yang bisa dilakukan oleh pemula:

1. Menyediakan alat membuat donat

alat membuat donat

Sebelum berjualan dan membuat donat, Anda tentunya harus menyediakan peralatan yang dapat membantu membuat donat. Berikut peralatan usaha donat yang harus disediakan:

Timbangan Digital

Dengan adanya timbangan digital maka Anda bisa mengukur takaran pada adonan dengan mudah, misalnya ketepatan skala 0.1 gram.

Mixer

Mixer biasa juga disebut sebagai mesin pembuat donat rumahan karena dapat mempermudah Anda membuat adonan donat yang rata. Jika sering memakai teknik kalis nantinya akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka dari itu menyediakan mixer merupakan langkah yang tepat.

Scraper kue

Scraper kue dipakai ketika membagi adonan donat. Dengan memakai alat ini maka Anda bisa memotong adonan donat secara sempurna dan bisa membersihkan bekas adonan yang menempel pada meja.

Wajang penggorengan

Menyediakan wajan yang memiliki diamater yang besar dengan kedalaman cukup tinggi dapat membantu proses penggorengan donat dengan cepat.

Cetakan donat

Jika ingin menghasilkan bentuk donat yang ideal maka sediakan cetakan donat yang bisa mempermudah membentuk donat.

Tirisan minyak

Tirisan minyak berfungsi untuk menghilangkan minyak yang berlebihan pada donat, biasanya donat yang sudah digoreng akan menyerap minyak cukup banyak. Maka dari itu jangan lupa sediakan alat ini.

Sumpit panjang

Sumpit panjang berfungsi untuk membuat lubang pada donat agar tetap bagus pada saat digoreng.

2. Belajar membuat donat

Setelah selesai menyiapkan peralatan membuat donat, selanjutnya belajar membuat donat, dengan melakukan latihan terus menerus maka nantinya Anda dapat menghasilkan resep donat yang disukai oleh pembeli.


Jika donat sudah jadi, Anda terlebih dahulu memberikan kepada keluarga maupun teman supaya mengetahui apakah donat yang dimasak layak untuk dijual. Jika mereka menyukai donat yang dibuat maka Anda bisa memasarkannya.

Berikut contoh resep membuat donat:

  • Bahan yang dibutuhkan
  • 500 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 11 gram/1 bungkus ragi instan
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 2 kuning telur
  • 100 gram mentega
  • 250 ml susu cair

Olesan donat

  • Mentega
  • Coklat
  • Meses coklat
  • Selai
  • Gula halus

3. Menyediakan aneka jenis topping donat

topping donat

Pembeli sangat menyukai jika donat yang dijual memiliki jenis topping yang berbeda. Jika menjual donat dengan variasi topping berbeda, maka Anda berpeluang bisa menarik banyak konsumen.

Saat ini sudah banyak topping kekinian yang mulai diminati masyarakat. Adapun jenis topping donat yang bisa Anda buat sebagai berikut:

  • Topping tiramisu
  • Topping dari coklat batang
  • Topping keju
  • Topping coklat dan meses
  • Topping cappucino
  • Topping oreo

4. Membuat brand dan logo

Cara memulai usaha donat rumahan berikutnya yaitu membuat brand dan logo dari jualan donat. Sudah banyak orang membuka usaha donat, jika memiliki brand maka bisnis Anda nantinya bisa berbeda dari orang lain.

Anda juga bisa berpeluang membangun bisnis dengan baik karena bisa mendapatkan kepercayaan masyarakat mengenai jualan Anda kedepannya, begitupun dengan membuat logo, dengan adanya logo maka Anda bisa lebih mudah mempromosikan jualan dan konsumen akan langsung tahu donat mana yang Anda buat.

5. Strategi pemasaran

Saat ini ada banyak ide yang bisa digunakan untuk memasarkan produk jualan. Seperti menjual secara online dengan memanfaatkan media sosial sebagai tempat jualan. Cara lainnya yang bisa dicoba adalah menitipkan jualan donat ke pemilik warung.

Sudah sering ditemukan banyak pemilik usaha rumahan yang menitipkan jualannya di warung dengan cara menjalin kerjasama dengan pemilik warung. Sehingga Anda bisa menjangkau banyak pembeli.

6. Melayani pembeli dengan baik

Hal sepele yang sering di abaikan oleh pemilik usaha adalah tidak melayani pembeli dengan baik. Jika memberikan layanan yang buruk seperti tidak ramah dengan pelanggan atau menjual donat yang mulai basi. Maka dapat dipastikan jualan tidak akan ramai pembeli.

Maka dari itu berikan layanan yang memuaskan sehingga orang senang membeli jualan. Anda juga berpeluang mendapatkan pelanggan tetap jika memberikan pelayanan yang baik.

7. Memberikan harga yang mudah dijangkau

Pembeli sangat menyukai harga yang murah, jika membuat donat dari bahan yang tidak mengeluarkan banyak biaya, ada baiknya jika memberikan harga tidak terlalu mahal. Biasanya donat rumahan dijual dengan harga sekitar Rp1 – 2 rb. Anda bisa mengikuti harga tersebut asalkan tidak membuat Anda rugi.

8. Membuat stand jualan yang menarik

Jika memiliki biaya yang cukup banyak, tidak ada salahnya jika membuat stand khusus untuk dipakai jualan donat. Saat ini stand jualan telah menjadi trend dari usaha kuliner seperti jualan minuman maupun makanan.

Dengan membuat stand usaha donat rumahan, nantinya tetangga maupun masyarakat akan tertarik membeli jualan Anda. Untuk membuat stand, Anda harus pandai memilih warna dan desain yang menarik agar bisnis donat bisa terlihat profesional.

9. Pandai mengatur waktu jualan

Mengatur waktu jualan yang dimaksud disini adalah Anda harus bisa memilih waktu yang tepat saat berjualan. Biasanya penjual donat mulai buka pada saat pagi hari karena pembeli sangat menyukai mengkonsumsi donat sebagai sarapan pagi maupun dijadikan cemilan saat bekerja dan bersantai.


Dengan membuka usaha donat di pagi hari maka dapat berpeluang besar bisa mendapatkan pembeli yang banyak. Pagi dan siang hari merupakan waktu yang cocok membuka usaha ini.

10.  Menjaga kebersihan

Cara memulai bisnis donat rumahan yang terakhir adalah menjaga kebersihan. Baik Anda maupun donat yang dijual harus terlihat bersih. Jagalah kebersihan agar pembeli tidak khawatir.

Setiap bisnis pastinya mengutamakan kebersihan dibanding penghasilan maka dari itu bersihkan gerobak jualan dan berpakaian rapi merupakan cara terbaik dalam memulai usaha donat di rumah.

Rekomendasi Donat Rumahan

Setelah mengetahui cara memulai usaha donat di rumah, ada bagusnya lagi jika mengetahui jenis donat yang bisa Anda buat di rumah. Berikut beberapa rekomendasi donat yang bisa dijadikan referensi.

1. Donat Oreo

Donat Oreo

Terbuat dari bahan utama oreo membuat bentuk donat ini berwarna putih dan hitam. Donat dengan topping oreo sudah menjadi trend saat ini, selain memiliki rasa yang enak, donat jenis ini sudah sering dijadikan status Instagram karena memiliki bentuk unik.

2. Donat Ubi

Donat Ubi

Biasanya kita membuat donat dari bahan utama tepung, lain halnya dengan yang satu ini dibuat dari bahan dasar ubi sehingga memberikan warna ungu pada donat. Untuk soal rasa tentu tidak meragukan dan telah menjadi resep favorit ibu rumah tangga.

Anda bisa menambahkan topping coklat dan keju untuk menambah cita rasa pada donat. Resep satu ini masih jarang orang tahu sehingga berpeluang tidak mendapatkan kompetitor.

3. Bombolini

Bombolini

Biasanya donat memiliki lubang ditengah. Berbeda dengan donat satu ini yang tidak memiliki lubang. Kebanyakan donat Bombolini diberikan topping gula halus dan krim yang memiliki rasa manis yang lezat. Tertarik mencoba usaha donat bombolini? Silakan mulai menyiapkan modal dan peralatan Anda.

4. Donat Mini

Donat Mini

Memiliki bentuk yang kecil dibanding donat pada umumnya. Donat mini sering diberikan taburan topping kacang, meses dan selai. Memiliki ukuran kecil membuat Anda bisa menyantap tanpa takut berat badan Anda naik.

5. Donat Kentang

Donat Kentang

Donat kentang dibuat dari gula, susu, terigu dan kentang sehingga memiliki cita rasa yang menarik untuk dicoba. Menambahkan topping yang tepat dapat membuat donat menjadi empuk dan enak dimakan.

6. Burger Donat

Burger Donat

Jika sedang mencari donat kekinian maka donat burger cocok Anda jual. Donat burger memiliki isi topping di tengah berupa sayur, keju dan daging. Dengan variasi topping yang terlihat menyerupai burger membuat donat satu ini bisa menarik perhatian masyarakat.

7. Soy Milk Donuts

Soy Milk Donuts

Berasal dari negara Jepang, tidak ada salahnya menjual donat ini di rumah. Kuliner dari luar negeri terkadang cukup ramai dicari dan dibeli, sehingga jualan donat ini dapat dengan mudah populer di kalangan masyarakat.

Penutup

Itulah artikel membahas mengenai cara memulai usaha donat rumahan yang bisa dilakukan oleh pemula, silakan mulai bisnis di rumah dan semoga sukses kedepannya. Untuk informasi mengenai ide dan peluang usaha silakan sering mampir di situs ini.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "10 Cara Memulai Usaha Donat Rumahan Untuk Pemula"