Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Usaha Jual Kuota Internet Dari Modal Kecil

Daftar Isi [Tampil]


Cara memulai usaha jual kuota internet – Sudah menjadi kebutuhan masyarakat mengenai penggunaan paket data internet dalam melakukan aktivitas sehari-hari, mulai dari belajar, hiburan dan pekerjaan semua tidak pernah lepas dari kuota internet.

Usaha jualan kuota internet saat ini semakin menguntungkan, tidak heran jika banyak orang ingin menjalankan usaha ini, apa lagi Anda bisa memulainya dari modal kecil. Walaupun layanan WIFI sudah menjangkau banyak pemilik rumah, namun jumlah pengguna Smartphone semakin bertambah.


Selain itu. Banyaknya penggunaan game online maupun aplikasi online lainnya seperti Youtube, TikTok, Instagram dan sebagainya membuat semua orang harus memiliki paket data di HP mereka.

12 Cara Memulai Usaha Jual Kuota Internet

Berikut cara yang bisa Anda coba jika ingin menjual kuota internet:

1. Menentukan Lokasi Usaha

Cara pertama yang harus Anda terapkan adalah memilih lokasi yang akan dipakai membuka usaha. Jika ingin berjualan maka Anda harus memiliki tempat. Carilah posisi yang mudah dilihat dan dijangkau oleh masyarakat. Misalnya dekat dari kampus, pinggir jalan, dekat perkantoran dan lainnya.

Namun, jika modal yang Anda punya belum bisa menyewa lokasi dan membangun kios. Maka berjualan di rumah bisa menjadi solusi bagi Anda. Asalkan lokasi rumah cukup strategis. Anda dapat membuatkan spanduk depan rumah supaya calon pembeli dapat melihat bisnis Anda.

2. Mencatat Segala Kebutuhan Usaha

Mencatat Segala Kebutuhan Usaha

Setelah selesai memilih lokasi, selanjutnya Anda bisa mencatat segala kebutuhan mulai dari peralatan dan produk kartu yang akan dijual. Adapun peralatan pendukung yang wajib disediakan adalah handphone, laptop, spanduk, etalase kaca dan tempat dudukan kartu.


Untuk jenis kuota yang akan dijual, Anda bisa memilih jenis kartu data dan voucher data yang paling sering digunakan misalnya paket data Telkomsel, TRI, XL, Smartfren dan lainnya. Anda juga bisa menjual kuota internet dengan transaksi melalui aplikasi dengan cara mengunduh dan menjalankan aplikasi jual beli paket data yang murah dan cepat.

3. Mempersiapkan Modal Awal Usaha

Modal Awal Usaha

Menyiapkan modal awal usaha merupakan cara selanjutnya dalam memulai jualan kuota internet. Mengenai modal yang akan dikeluarkan bisa dimulai dari modal kecil. Dengan modal usaha jual kuota internet Rp3 juta maka Anda sudah bisa memulai usaha ini di rumah.

Dengan modal Rp3 juta, nantinya Anda cukup membeli saldo deposit maupun kuota internet sekitar Rp2 juta, untuk perlengkapan pendukung lainnya seperti etalase kaca sediakan biaya Rp800 ribu dan selebihnya gunakan untuk membeli keperluan lainnya.

4. Bekerjasama Dengan Distributor Kuota Internet

Hal yang tidak kalah penting lainnya yang wajib dilakukan adalah memilih distributor yang tepat. Distributor saat ini telah menjadi partner kerja yang bisa membantu Anda menyediakan stok jualan.


Cari distributor terpercaya dan bisa melayani dengan baik agar Anda tidak kerepotan jika stok jualan kuota internet habis. Jangan sampai mereka lambat mengirimkan kuota internet yang dapat merugikan bisnis Anda kedepannya.

5. Memberikan Layanan yang Baik

Memberikan layanan yang baik tidak kalah penting dari cara lainnya, harga murah belum cukup membuat konsumen senang. Berikan pelayanan yang baik seperti bersikap ramah dengan cara menyapa dan senyum pada saat pembeli datang merupakan contoh layanan yang baik.

Baca juga: Begini Tips Usaha Konter Pulsa di Desa Yang Menguntungkan

6. Menjaga Kebersihan Usaha

Menjaga Kebersihan Usaha

Selain memberikan layanan yang baik, jangan lupa jaga kebersihan toko Anda. Jika tempat terlihat kotor maka calon pembeli akan merasa terganggu untuk membeli. Maka dari itu sebelum membuka usaha, bersihkan dulu toko atau kios Anda agar mereka nyaman membeli.

Sediakan sapu, tempat sampah dan alat bersih lainnya yang bisa membantu Anda membersihkan tempat jualan Anda nantinya.

7. Melakukan Pembukuan

Pembukuan yang dimaksud disini adalah data keuangan yang keluar dan masuk. Dengan menerapkan cara ini, Anda akan mudah mengetahui untung dan ruginya bisnis yang dikelola. Untuk melakukan pembukuan, bisa melalui aplikasi Android, mesin kasir dan buku.

8. Rutin Mempromosikan Usaha

Mempromosikan Usaha

Saat ini kita pemilik usaha sudah gampang melakukan promosi. Selain dengan memakai spanduk maupun brosur, Anda juga bisa mempromosikan usaha dengan memanfaatkan media sosial. 

Sudah banyak masyarakat yang memakai sosial media untuk mencari informasi, menjual dan lainnya, sehingga memasarkan bisnis di media sosial merupakan langkah yang tepat.

Facebook, Whatsapp, Instagram dan Twitter merupakan platform yang patut Anda pakai dalam mempromosikan jualan kuota internet. Anda juga dapat meminta bantuan keluarga dan teman dalam membantu promosikan usaha Anda.

9. Menggunakan Aplikasi Jual Beli Paket Data

Agar jualan kuota internet lebih menjanjikan dan bisa memperluas pembeli, silakan pakai aplikasi jual beli paket data yang bisa memberikan layanan agen jual beli kuota internet. Anda bisa memakai aplikasi bernama Payfazz, Klik Pulsa, Idwebpulsa, Mitra Bukalapak, Unitedpay, Agen Pulsa Termurah dan lainnya.

10. Mengetahui Harga Pasaran

Menentukan harga harus hati-hati, jangan sampai memberikan harga murah dan terlalu mahal. Pastinya Anda tidak ingin bisnis jualan kuota internet menghasilkan keuntungan kecil. Nah maka dari itu salah satu cara yang bisa diterapkan adalah mengetahui harga pasar di lokasi yang dijadikan tempat usaha.


Anda dapat mencari tahu harga pasaran dengan memakai jaringan internet atau bisa juga melihat langsung harganya dengan cara melakukan hubungan pertemanan dengan pemilik usaha yang sama dengan Anda.

Jika margin yang saat ini ternyata terbilang kecil, ya meskipun dapat menarik banyak pembeli. Namun terkadang, hal tersebut kemungkinan besar bisa merugikan Anda suatu saat nanti. Maka dari itu berikan saja harga sedikit besar sebagai permulaan dari bisnis yang sedang dijalani.

Jika keuntungan sudah mulai kelihatan dan usaha yang dikelola sudah banyak yang kenal, maka Anda mulai bisa menaikkan harga jualan kuota internet.

11. Mulai Jualan Dari Rumah

Mengurangi biaya pengeluaran dapat dilakukan dengan memulai usaha dari rumah. Sudah banyak usaha rumahan yang sangat menjanjikan dan salah satunya adalah usaha jualan paket internet.

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang membuat Anda harus mahir memakainya, seperti media sosial dan toko online yang dapat dimanfaatkan untuk berjualan tanpa perlu keluar rumah.

Sediakan saja etalase kaca kecil, spanduk dan Handphone untuk memulai usaha rumahan yang satu ini. Jika letak rumah berada di lokasi strategis maka pilihan memulai bisnis di rumah merupakan langkah yang tepat.

Pada saat bisnis sudah mulai mendapatkan keuntungan yang memuaskan, perluaslah usaha dengan menjual produk lain seperti kartu data, pulsa, aksesoris HP dan lainnya supaya bisa menjangkau banyak pembeli.

12. Jangan Menyerah dan Tetap Konsisten

Cara terakhir dalam memulai usaha jual kuota internet yaitu pantang menyerah dan selalu yakin bahwa bisnis yang sedang dijalani suatu saat akan berhasil. Meskipun cara ini terbilang biasa-biasa saja namun harus tetap diperhatikan karena orang sukses tidak akan menyerah.

Penutup

Untuk cara jualan voucher kuota sebaiknya jangan memberikan harga terlalu mahal dan berikan layanan yang baik bagi konsumen. Jangan lupa perhatikan stok jualan voucher agar selalu tersedia.

Sekian dulu pembahasan mengenai cara yang harus dilakukan dalam memulai usaha jualan kuota internet. Silakan ikuti tips diatas dan semoga Anda bisa berhasil. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan lupa berikan komentar barangkali ada yang dapat saya bantu.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Usaha Jual Kuota Internet Dari Modal Kecil"