Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Usaha Makeup

Daftar Isi [Tampil]

 

Cara Memulai Usaha Makeup

Cara memulai usaha makeup – Wanita tidak pernah lepas dari perlengkapan makeup yang dapat mempercantik dirinya. Makeup telah menjadi kebutuhan penting bagi perempuan, sehingga jika Anda ingin membuka usaha makeup kemungkinan besar akan ramai pembeli.

Usaha makeup sendiri telah banyak dijalankan oleh banyak orang, mulai dari skala kecil hingga menengah keatas. Anda tidak perlu menyiapkan modal banyak karena bisnis makeup bisa dilakukan dari modal kecil asalkan paham strategi usaha.


Anak muda yang berada di bangku sekolah maupun perkuliahan sudah sering memulai usaha yang satu ini, mereka tidak membuat toko maupun berjualan secara langsung, melainkan hanya menjual produk kecantikan secara online.

Jika mereka bisa. Maka Anda tidak boleh kalah dari anak pelajar.

15 Cara Memulai Usaha Makeup

Berikut cara yang bisa dilakukan jika ingin menjalankan usaha makeup:

1. Menentukan Lokasi Usaha Yang Strategis

Setiap bisnis pasti memiliki tempat untuk berjualan dan memasarkan produk. Anda harus memilih lokasi yang cukup ramai jika ingin membangun tempat makeup, misalnya berada di lingkungan pasar, pinggir jalan raya, perkantoran dan dekat dari lokasi kampus.

Namun jika memiliki lokasi rumah yang berpotensi dapat menjangkau banyak orang, maka Anda bisa menjadikan usaha makeup sebagai salah satu usaha rumahan. Dengan begitu maka Anda tidak usah mengeluarkan modal banyak untuk menyewa lahan dan membangun kios.

2. Terus Meningkatkan Kemampuan Dalam Merias Wajah

Merias Wajah

Berniat membuka usaha makeup maka Anda harus mahir merias wajah. Anda bisa mengikuti pelatihan merias wajah atau belajar dari teman yang berpengalaman dibidang makeup.

Meskipun Anda mengeluarkan biaya dalam mengikuti kelas, skill yang didapat nantinya bisa Anda terapkan dalam bisnis makeup. Saat ini ada banyak video tutorial merias wajah di internet yang bisa ditempati untuk belajar seperti di Instagram, TikTok dan Youtube yang sering ditemukan video makeup orang lain.

3. Mencatat Alat Makeup yang Akan digunakan

Alat Makeup

Langkah selanjutnya adalah mencatat segala peralatan merias wajah yang akan digunakan. Saran saya jika hanya memiliki modal sedikit, Anda cukup menyediakan peralatan yang paling sering digunakan saja, tidak perlu membeli barang yang jarang dipakai agar bisa mengurangi pengeluaran.

Berikut alat makeup yang wajib disediakan:

  • Sponge dan Beauty Blender
  • Blush Brush
  • Face Powder Brush
  • Fan Brush
  • Eyeshadow Blending Brush
  • Spoolie Brush
  • Penjepit Bulu Mata
  • Pinset

4. Menyiapkan Modal Usaha

Modal Usaha

Setelah selesai mencatat alat makeup yang ingin digunakan, Anda sudah bisa mempersiapkan modal dalam membeli peralatan merias wajah maupun perlengkapan lainnya.

Jika belum memiliki modal, Anda dapat melakukan pinjaman di Bank atau kerabat terdekat. Namun saya tidak merekomendasikan cara tersebut, ada baiknya jika bersabar untuk menabung karena jika melakukan pinjaman, hal tersebut dapat mengganggu bisnis Anda kedepannya apa lagi jika belum bisa mendapatkan keuntungan di awal usaha.

Jika belum mengetahui berapa modal yang harus disiapkan, berikut saya asumsikan perkiraan biaya yang akan diperlukan:

   
Kebutuhan Barang   
   
Biaya   
   
Etalase makeup 1 unit   
   
Rp2000.000   
   
Kursi plastik 7 unit   
   
Rp500.000   
   
Rak rias makeup 2 unit   
   
Rp1000.000   
   
Cermin duduk 2 unit   
   
Rp300.000   
   
Papan iklan kosmetik 1 unit   
   
Rp500.000   
   
Total   
   
Rp4.300.000   

Jadi total biaya yang dibutuhkan dalam modal investasi yaitu Rp4.300.000

Biaya Operasional Usaha

Biaya operasional mencakup kebutuhan bulanan:

   
Bahan Operasional   
   
Biaya   
   
Belanja alat makeup   
   
Rp4000.000   
   
Gaji karyawan   
   
Rp700.000   
   
Sewa lokasi usaha   
   
Rp500.000   
   
Biaya listrik dan transportasi   
   
Rp400.000   
   
Biaya lainnya   
   
Rp500.000   
   
Total   
   
Rp10.400.000   

Jadi jumlah perkiraan modal usaha make up yang harus disiapkan yaitu Rp4.300.000 + Rp10.400.000 = 14.700.000. 

5. Mahir Melihat Trend Makeup yang Sedang Viral

Trend Makeup yang Sedang Viral

Melakukan update skil merias wajah merupakan salah satu cara agar usaha makeup Anda bisa bersaing. Anda harus mahir melihat trend merias wajah dengan cara mencari tahu trend makeup di koran, majalah, media sosial dan sebagainya.

Namun sebaiknya sesuaikan juga dengan permintaan pelanggan, siapa tau mereka sudah menyiapkan contoh makeup yang disukai.

6. Mengamati Kompetitor

Kompetitor merupakan istilah yang sering disebut sebagai pesaing yang membuka usaha yang serupa. Jika lokasi Anda memiliki pesaing sebaiknya pelajari apa saja yang mereka lakukan dalam menarik minat pelanggan.

Misalnya kompetitor memiliki peralatan merias wajah yang orang sukai namun Anda masih belum memilikinya, sebaiknya Anda pertimbangkan juga untuk menyediakan alat tersebut. Selain itu, jika pesaing memberikan harga yang lumayan mahal dengan pelayanan yang kurang memuaskan.


Anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan memberikan tarif merias wajah dengan harga yang lebih murah dan memberikan layanan yang baik kepada pelanggan. Dengan cara tersebut, nantinya kesempatan Anda dalam mendapatkan banyak pelanggan akan meningkat.

Itulah pentingnya memperhatikan dan mengawasi kompetitor.

7. Rutin Mempromosikan Usaha Makeup

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan jika ingin mendapatkan pelanggan, misalnya rutin promosikan bisnis di media sosial dan situs marketplace. Kemajuan teknologi saat ini mengharuskan kita mengikuti trend, banyaknya masyarakat yang sering mencari berbagai jenis informasi membuat Anda harus memanfaatkan media sosial.

Begitupun dengan situs marketplace yang menyediakan segala kebutuhan. Jika ingin memulai usaha jualan make up, maka menggunakan media sosial dan situs marketplace merupakan cara terbaik yang harus dicoba.

8. Memberikan Pelayanan yang Baik Kepada Pelanggan

Memberikan layanan yang baik kepada pelanggan merupakan cara membuka usaha make up yang wajib diterapkan. Jika memberikan layanan yang kurang memuaskan maka dapat dipastikan bisnis Anda akan sulit bersaing.

9. Menjaga Kebersihan Tempat Usaha

Kebersihan merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh pemilik usaha. Seringlah membersihkan peralatan dan ruangan makeup agar orang yang datang merasa senang dan nyaman.

Setelah selesai merias wajah, jangan lupa bersihkan kembali tempat Anda agar pelanggan selanjutnya tidak akan merasa terganggu dari adanya sampah yang berserakan.

10. Membuat Nama Brand

Agar orang dapat membedakan bisnis Anda dengan milik orang lain, maka membuat Brand merupakan hal yang harus dilakukan. Buatlah nama usaha dan logo yang memberikan makna mengenai bisnis Anda.

Anda bisa meminta bantuan dari jasa desain grafis yang berpengalaman membuat desain logo, meskipun nantinya memerlukan modal namun manfaat yang didapat jika memiliki brand sangatlah besar.

11. Mahir Mengelola Keuangan

Hal yang tidak kalah penting selanjutnya adalah mengelola keuangan, jangan sekali kali mencampur keuangan bisnis dengan kebutuhan pribadi agar Anda tahu berapa pengeluaran dan keuntungan yang didapatkan, lakukan juga pembukuan agar data keuangan bisa tersimpan.

Jika tidak memiliki data pembukuan, nantinya Anda akan kerepotan memperhitungkan jumlah keuntungan dan pengeluaran dalam sehari bahkan sebulan.

12. Membuat Konsep Usaha yang Terlihat Menarik

Cara memulai usaha makeup yang tidak kalah penting berikutnya adalah memberikan konsep usaha yang dapat menarik perhatian orang.

Misalnya konsep waralaba, toko dan usaha makeup rumahan. Namun bagi Anda yang modalnya masih kecil, lebih baik memulai usaha makeup di rumah saja asalkan lokasinya mudah dijangkau dan dilihat banyak orang.

13. Membuat Izin Usaha

Membuka usaha makeup ada baiknya jika memiliki izin membuat usaha. Cara ini bertujuan agar masyarakat dapat mempercayai bisnis Anda, karena sering ditemukan banyak pemilik bisnis memberikan produk makeup yang dapat merugikan pelanggan. 

Membuat izin usaha kedepannya dapat mengantisipasi terjadinya penutupan paksa yang dilakukan pemerintah daerah setempat. Maka dari itu daftarkan bisnis Anda di pemerintah setempat agar bisa memulai usaha dengan lancar.

14. Mempersiapkan Karyawan

Persiapkan juga karyawan jika bisnis kedepannya mulai menguntungkan, Anda bisa membuka lowongan karyawan di media sosial dengan syarat perempuan yang ramah dan bisa melayani pembeli dengan baik.

Karyawan dengan kriteria tersebut dapat memberikan nilai tambah dalam memulai bisnis, untuk skill merias wajah dapat Anda ajarkan pada saat waktu luang supaya bisa membantu Anda merias wajah pelanggan.

15. Memberikan Produk Kosmetik yang Layak Pakai

Jika ingin merias wajah pelanggan Anda harus memberikan produk kosmetik yang disukai oleh mereka dan tentu saja masih layak digunakan. Perhatikan masa expired kosmetik jangan sampai memberikan produk yang dapat merusak wajah pelanggan Anda.

Pilihlah kosmetik yang sudah memiliki brand ternama dan dikenal banyak orang. Kosmetik yang namanya sudah tidak asing dapat dipastikan aman digunakan karena telah banyak digunakan oleh banyak orang.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai cara memulai usaha makeup yang bisa Anda terapkan dalam memulai bisnis Anda. Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan, silakan berikan komentar di kolom yang sudah saya sediakan. Sekian & Terimakasih.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Usaha Makeup"