Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerja Sampingan Untuk Karyawan Shift Modal Kecil

Daftar Isi [Tampil]

 

Kerja Sampingan Untuk Karyawan Shift Modal Kecil

Memiliki pendapatan yang kurang memuaskan membuat Anda sebagai karyawan ingin mencoba mencari kerja sampingan. Dengan mendapatkan pekerjaan sampingan untuk karyawan shif dapat membuat Anda bisa menambah penghasilan.


Saat ini kita dapat melakukan pekerjaan dengan mudah karena sudah dimudahkan dengan berkembangnya teknologi. Anda tidak perlu lagi pergi keluar untuk bekerja karena bisa melakukannya di rumah.

Usaha rumahan salah satu contoh kerja sampingan yang cocok untuk karyawan shift. Bekerja di rumah sangatlah bagus untuk dicoba. Sambil menunggu jadwal kerja di perusahaan, sebaiknya jalankan dulu pekerjaan sampingan.

Lalu seperti apa jenis pekerjaan tersebut. Berikut saya berikan kerja sampingan karyawan shift yang bisa dimulai dari modal kecil.

Kerja Sampingan Untuk Karyawan Shift

1. Freelance Desain Grafis

Freelance Desain Grafis

Banyaknya perusahaan yang membutuhkan pekerja lepas yang mahir dibidang desain menjadikan pekerjaan ini sangat layak untuk dicoba. Anda tidak perlu terikat dengan perusahaan maupun instansi karena seorang freelance desain grafis dapat bekerja tanpa adanya kontrak kerja.

Selain itu. Pekerjaan ini dapat dilakukan dirumah dan sudah sering menjadi usaha rumahan yang menguntungkan. Sebagai seorang karyawan shift, tidak perlu khawatir karena Anda bisa memulainya saat pergantian jam kerja.

2. Kerja Sampingan Menjadi Ojek Online

Kerja Sampingan Menjadi Ojek Online

Sudah banyak orang mencoba pekerjaan sampingan ini. Mulai dari pelajar maupun orang dewasa telah menjalani profesi ojek online. Anda bisa melakukan pekerjaan ini pada saat jam shift.


Jika ingin mendapatkan layanan yang baik dan gaji memuaskan. Anda bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan ojek online seperti Goojek dan Grab. Memiliki motor dan berkas yang lengkap sudah cukup menjadi syarat dalam memulai pekerjaan ojek online.

3. Kerja Sampingan Jualan Makanan Ringan

Kerja Sampingan Jualan Makanan Ringan

Usaha yang bagus untuk pemula adalah jualan makanan ringan dan dapat Anda coba sebagai pekerjaan sampingan. Terkadang sering kita jumpai teman kerja maupun anak-anak sangat hobi membeli cemilan sebagai makanan penunda lapar.

Anda dapat mengambil peluang tersebut dengan berjualan makanan ringan pada saat pergantian jam kerja. Lokasi strategis untuk berjualan cemilan adalah dekat dari lingkungan sekolah dan pusat perbelanjaan.

Jika tertarik. Berikut saya berikan jenis makanan ringan yang bisa dimulai dari modal kecil:

  • Kerupuk Seblak
  • Basreng
  • Mi Lidi
  • Usus Crispy
  • Keripik Pisang
  • Stik Talas

4. Kerja Sampingan Menjadi Reseller

Kerja Sampingan Menjadi Reseller

Reseller telah menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Anda tinggal menjual produk yang telah dibeli dari supplier terpercaya, kemudian menjualnya kembali kepada konsumen.

Cara menjadi reseller sangatlah mudah dan tidak akan mengganggu pekerjaan Anda sebagai karyawan. Memilih produk yang tepat dan mempromosikan secara rutin merupakan strategis yang bisa Anda coba.

Berikut jenis produk yang bisa dijual dengan menjadi reseller:

  • Reseller Produk Fashion
  • Reseller Produk Kecantikan
  • Perlengkapan Bayi
  • Perlengkapan Makan
  • Frozen Food

5. Kerja Sampingan Jualan Ikan Hias

Kerja Sampingan Jualan Ikan Hias

Ikan hias dari dulu hingga sekarang telah menjadi salah satu hobi rumahan yang memiliki banyak peminat. Salah satu ikan hias yang paling disukai adalah ikan cupang. Ikan jenis ini dulunya hanya dibeli sebagai ikan aduan namun kini ikan cupang sudah diminati karena keindahan warnanya.


Anda dapat menjadikan ikan cupang sebagai pekerjaan sampingan dengan cara membudidayakan memakai akuarium kecil. Bisnis ini sangat cocok untuk karyawan yang sibuk dikarenakan hanya perlu memberi makan ikan cupang pada pagi hari saja. Sehingga Anda memiliki waktu bekerja.

Jika sudah besar dan siap dijual, silakan tawarkan ikan cupang di media sosial atau bisa juga menawarkannya kepada teman kerja. Siapa tau ada dari mereka yang hobi memelihara ikan hias.

Baca juga: Usaha Sampingan Karyawan Tanpa Modal

6. Kerja Sampingan Ternak Kroto

Kroto merupakan telur semut yang sering ditemukan di atas pohon. Kroto ini sering dicari oleh orang yang hobi memancing karena dapat dijadikan umpan ikan. Selain itu, telur semut juga sering dibeli untuk pakan burung kicau. Maka tidak heran jika kroto sangat laris terjual.

Cara budidaya kroto sangatlah mudah. Anda dapat meluangkan waktu dengan mempersiapkan tempat semut untuk bertelur. Seperti toples bekas yang bisa dipakai semut untuk membuat sarang. Anda bisa mencari bibit semut di alam liar yang biasa ditemukan di atas pohon. Anda bisa menjalani bisnis ini setelah pulang bekerja atau pada saat pergantian jam kerja.

7. Kerja Sampingan Content writer

Content writer

Jika hanya memiliki waktu di malam hari, Anda bisa mencoba usaha content writer yang cocok untuk kerja sampingan malam hari. Pekerjaan jenis ini mengharuskan Anda mahir menulis konten yang sesuai dengan pesanan konsumen. 

Jenis usaha ini sangat menjanjikan kedepannya karena sudah banyak situs website yang sering dibuat oleh perusahaan.

Anda bisa menawarkan jasa conten writer di situs website dan media sosial. Pekerjaan ini tidak terikat dengan perusahaan jadi Anda bebas mengerjakannya, namun memiliki batas waktu pengerjaan. Untuk memulainya Anda harus mahir mengatur jam kerja.

Mengenai modal yang dibutuhkan sangatlah kecil, Anda hanya perlu menyiapkan laptop dan jaringan internet jika ingin menjadi content writer.

8. Kerja Sampingan Jualan Online

Jualan secara online telah menjadi pekerjaan sampingan masyarakat, sebagai seorang karyawan tentu Anda juga bisa menjalankan usaha ini. Anda hanya perlu memilih produk yang ingin dijual secara online dan memakai situs marketplace seperti tokopedia dan bukalapak untuk menjual produk dengan mudah kepada masyarakat.

Berikut jualan online modal kecil:

  • Sepatu pria dan wanita
  • Mainan anak-anak
  • Produk kecantikan
  • Barang elektronik
  • Jam Tangan
  • Aksesoris HP

9. Kerja Sampingan Bisnis Online Afiliasi

Salah satu pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan secara online dan cukup menjanjikan adalah bisnis Afiliasi. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat sebuah website yang dapat menarik pengunjung banyak, kemudian membuat artikel menarik yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan. 

Ketika ada yang membeli produk melalui link Afiliasi yang diberikan. Maka nantinya Anda akan menerima komisi dari perusahaan karena telah berhasil menjual produk mereka.

10. Kerja Sampingan Menjadi Pembimbing Online

Pembimbing Online

Pembimbing online memiliki pekerjaan menyampaikan materi secara online. Anda bisa menjadi guru kemudian memberikan pelajaran dan bimbingan kepada murid. Anda dapat berkomunikasi melalui video call pada laptop dan smartphone.

Dengan menjadi pembimbing online, maka Anda dapat mengatur waktu sebagai guru pembimbing dan seorang karyawan. Waktu shift dapat Anda gunakan untuk memberikan bimbingan kepada murid. Jika tertarik mencoba pekerjaan sampingan ini, silakan mendaftar melalui udemy.com dan teachable.com.

11. Kerja Sampingan Menjadi Fotografi

Pekerjaan fotografi semakin hari sangat dibutuhkan, meskipun hampir semua orang memiliki hp dan kamera namun mereka belum bisa menguasai teknik fotografi. Anda yang mahir dibidang ini dapat memanfaatkan keahlian dengan membuka usaha fotografi.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan uang tambahan dari pekerjaan fotografi. Pekerjaan fotografi cukup mudah dilakukan karena hanya bermodalkan hp dan kamera. 

Hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan pekerjaan ini adalah rutin mencari konsumen dan rajin mempromosikan usaha Anda. Manfaatkan media sosial supaya bisa mendapatkan pelanggan. Anda juga bisa menjual hasil foto di situs istockphoto.com dan shutterstock.com.

12. Pekerja Sampingan Les Privat

Membuka jasa les privat cocok untuk karyawan yang memiliki shift tidak sampai malam. Peluang usaha ini cukup ramai peminat, orang tua terkadang membutuhkan guru privat yang betugas untuk memberikan materi tambahan kepada anak mereka. 

Jika mahir dibidang komputer, bahasa inggris, matematika dan sebagainya, maka kerja sampingan ini cocok untuk Anda.

Mitra Usaha Sampingan Karyawan

Mitra usaha adalah seorang yang menjalin kerjasama dengan orang lain. Keuntungan yang didapat dengan mencari mitra usaha yaitu dapat membantu Anda mengelola usaha dengan mudah, sedangkan kerugian yang didapat jika salah memilih mitra yaitu dapat membuat bisnis Anda tidak berjalan lancar.


Bagaimana cara mencari Mitra usaha? Untuk mencari rekan usaha. Hal yang harus diperhatikan adalah memiliki visi dan misi yang hampir sama dengan mitra Anda.

Selain itu. Anda juga harus pandai mencari partner yang memiliki pengalaman dalam berbisnis supaya mempermudah pekerjaan kedepannya. Yang terakhir adalah Anda dan partner harus paham mengenai jenis bisnis yang akan dijalankan.

Penutup

Menjadi karyawan yang sangat sibuk terkadang membuat kita takut untuk mencari peluang usaha. Namun nyatanya. Ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa dijadikan bisnis yang layak diperhitungkan. 

Seperti yang sudah saya berikan diatas. Silakan pilih salah satu usaha sampingan yang dapat membantu Anda untuk menambah penghasilan.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Kerja Sampingan Untuk Karyawan Shift Modal Kecil"