Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Kecil Menengah (UKM) yang Menjanjikan

Daftar Isi [Tampil]

 

Peluang Usaha Kecil Menengah (UKM) yang Menjanjikan

Usaha kecil menengah yang menjanjikan memang ada? Ada banyak usaha kecil yang bisa menarik banyak pembeli. Anda hanya perlu mahir dalam memilih jenis usaha yang pesaingnya sedikit dan barang atau jasa yang ditawarkan sangat dibutuhkan oleh banyak orang.


UMKM atau usaha mikro, kecil dan menengah merupakan jenis usaha yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya usaha kuliner yang paling sering laris dibeli.


Jika berniat memulai usaha UMKM, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal karena Anda bisa memulainya dari modal kecil dengan cara membuka usaha di rumah. Ada banyak orang yang membuka usaha rumahan yang menjanjikan dan ramai pembeli.

Manfaat Usaha Kecil Menengah

Berikut manfaat yang didapatkan dari memulai usaha UMKM:
  • Mampu membuka lapangan pekerjaan
  • Meningkatkan produk dalam negeri
  • Meningkatkan perekonomian negara
  • Menjadi solusi peluang usaha bagi masyarakat kecil
  • Modal yang dibutuhkan relatif kecil

10 Peluang Usaha Kecil Menengah yang Menjanjikan

Berikut contoh usaha kecil menengah yang menjanjikan dan semoga ada yang cocok dengan Anda:

1. Usaha Kuliner

Usaha Kuliner

Kuliner merupakan usaha yang menjual berbagai jenis makanan, mulai dari jualan aneka jenis kue hingga jualan makanan berat seperti nasi bungkus, mie ayam dan lainnya. Anda bisa memulai usaha kuliner dengan berjualan memakai stand atau warung makan.


Jika belum memiliki modal membangun tempat maka jadikan usaha ini sebagai usaha rumahan. Anda bisa menjual dagangan dengan memasarkannya kepada tetangga dan mempromosikannya melalui media sosial.

Dengan memulai usaha ini di rumah maka biaya yang dikeluarkan cukup kecil. Berikut jenis usaha kecil menengah kuliner yang menjanjikan untuk dicoba:

  • Warung makan
  • Aneka jus buah
  • Toko kue atau roti
  • Jualan Gorengan
  • Makanan organik
  • Minuman kemasan cup

2. Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan

Usaha kecil menengah selanjutnya adalah kerajinan tangan. Meskipun saat ini sudah banyak produk barang yang dibuat oleh banyak perusahaan, namun produk kerajinan tangan masih menjanjikan kedepannya.

Anda bisa menciptakan suatu produk dengan memakai barang bekas yang dapat memiliki fungsi pakai atau memiliki keindahan tersendiri sehingga layak untuk dijual.

Bisnis ini menjanjikan dikarenakan kerajinan tangan memiliki 2 fungsi yang sering dibutuhkan masyarakat yaitu fungsi pakai yang mengutamakan kegunaan dari barang tersebut. Dan fungsi kedua yaitu sebagai hiasan yang memiliki bentuk yang indah sehingga cocok dijadikan hiasan rumah.

Berikut jenis produk kerajinan tangan yang laris dijual:

  • Kerajinan tangan serba rajut
  • Lilin pengharum ruangan
  • Pot bunga dari bohlam lampu
  • Tempat alat tulis dari plastik
  • Kerajinan tangan aksesoris
  • Kerajinan tangan makrame
  • Kerajinan Tangan Boneka Flanel
  • Kerajinan Tangan Gantungan Kunci

3. Usaha Fashion

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa usaha di bidang fashion saat ini masih menjadi usaha UMKM yang menjanjikan di Indonesia. Anda bisa memulainya dengan berjualan secara online sehingga tidak usah membuat toko karena dapat dilakukan di rumah.

Banyak orang sering berbelanja produk fashion karena barang jenis ini telah menjadi kebutuhan sehari-hari yang tidak boleh dilupakan. Misalnya pakaian dan celana yang setiap hari kita pakai baik di dalam rumah maupun saat keluar rumah untuk bekerja dan melakukan aktivitas lainnya.

Manfaatkan media sosial dan toko online dalam memasarkan jualan Anda, sudah banyak pemilik usaha kecil dan menengah yang menjual barangnya secara online dan telah mendapatkan pembeli cukup banyak.

Berikut jenis fashion yang bisa dijadikan usaha UMKM:

  • Membuka bisnis butik
  • Membuka toko sepatu
  • Bisnis menjahit
  • Fashion hijab
  • Jualan pakaian dan sepatu

4. Usaha Penginapan

Usaha Penginapan

Bagi Anda yang memiliki kamar kosong di rumah bisa Anda manfaatkan sebagai usaha penginapan. Usaha kecil menengah di bidang penginapan ini sangat patut dicoba, banyaknya orang yang sering berlibur dan sedang menempuh pendidikan yang mengharuskan mencari tempat tinggal menjadikan usaha jenis ini sangat menjanjikan.

Berbeda dengan hotel yang harga sewanya relatif mahal sehingga jarang orang memakai penginapan jenis ini, sehingga Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan membuka usaha guest house yang harga sewanya lebih murah.

Anda bisa memakai aplikasi home sharing seperti AirBnB yang bisa membantu Anda mendapatkan pelanggan yang ingin menyewa penginapan. Jika belum mahir memakai aplikasi tersebut, gunakan saja media sosial seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp yang sudah tidak asing bagi Anda.

5. Usaha di Bidang Desain Grafis

Usaha di Bidang Desain Grafis

Dengan berkembangnya teknologi saat ini membuat banyak perusahaan mulai memperkenalkan bisnisnya ke arah digital atau secara online. Tentu saja jika ingin menjangkau banyak pelanggan mereka membutuhkan orang yang mahir di bidang desain yang dapat membantu dalam mempromosikan perusahaan tersebut.

Seperti membuat konten menarik berupa animasi, brosur digital, video promosi dan sebagainya. Dengan membuka usaha desain grafis maka Anda berpeluang mendapatkan bayaran dari perusahaan. Anda hanya perlu mahir menguasai aplikasi editing seperti Photoshop, CorelDraw, Adobe Premiere dan lainnya.

Untuk memulai usaha kecil ini, silakan buat terlebih dahulu portofolio desain yang dapat ditujukan kepada pelanggan Anda agar mereka mengetahui kemampuan Anda dalam mendesain. Promosikan portofolio tersebut di situs Freelance Indonesia, Envato Studio, Fiverr, Sribu dan Sribulancer.

Baca juga: Cara Membuka Usaha Kecil Kecilan yang Menguntungkan

6. Usaha Laundry Rumahan

Usaha laundry di rumah menjadi pilihan yang tepat dan cukup menjanjikan. Selain modal yang kecil, Anda juga bisa memulai usaha ini tanpa perlu memiliki keahlian khusus. Anda hanya perlu menyediakan peralatan laundry dan belajar cara mencuci pakaian memakai mesin cuci.

Jika berminat, berikut saya berikan tips memulai usaha laundry rumahan:

  • Berikan layanan antar jemput pakaian
  • Memilih mesin cuci yang tahan lama
  • Memberikan harga sesuai dan mudah dijangkau
  • Memperhatikan pesaing
  • Rutin mempromosikan usaha laundry
  • Bekerjasama dengan pemasok bahan baku

7. Usaha MUA (Make Up Artist)

Jika memiliki keahlian merias wajah, sebaiknya mencoba usaha MUA yang mulai ramai diperbincangkan dan dibutuhkan masyarakat. Tampil cantik di depan publik memang suatu kewajiban, jika membuka usaha ini maka dapat dipastikan Anda akan kedatangan banyak pelanggan khususnya dari kalangan wanita.


Jasa ini sering dibutuhkan pada saat kegiatan acara pernikahan, ulang tahun, wisuda dan sebagainya. Mengenai usaha Make Up bisa dilakukan dirumah sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat dan bangun kios.

Supaya bisa mendapatkan banyak pelanggan, silakan mendaftarkan bisnis Anda melalui direktori make up artis yang terpercaya seperti Go-Glam dan HelloBeauty.

8. Usaha Tanaman Hidroponik

Usaha hidroponik merupakan usaha yang menjual buah-buahan dan sayur bergizi yang dilakukan melalui lahan sempit. Usaha jenis ini bisa dilakukan didalam ruangan atau dibelakang rumah. Produk hidroponik sering laris terjual karena menghasilkan produk berkualitas tinggi dan layak untuk dikonsumsi.

Adapun tanaman yang bisa tumbuh dengan memakai teknik hidroponik yaitu Bayam, Selada, Stroberi, Tomat ceri, Kale dan Mint. Untuk media tanam yang digunakan berupa Sabut kelapa, Oasis Cubes, Serat kayu, Perlit dan Hydroton.

9. Usaha di Bidang Otomotif

Kemajuan teknologi tidak lepas dari dunia otomotif. Dengan banyaknya pemilik kendaraan yang membutuhkan layanan service dan perlengkapan motor maupun mobil menjadikan usaha kecil menengah di bidang otomotif bisa menguntungkan.

Menjadi peluang UMKM yang tidak boleh dilewatkan membuat Anda harus berpikir untuk memulai usaha jenis ini. Adapun jenis usaha di bidang otomotif yang dibutuhkan oleh banyak orang sebagai berikut.

  • Bengkel otomotif
  • Jual beli aksesoris kendaraan
  • Jasa cuci kendaraan
  • Rental mobil atau motor

10. Usaha di Bidang Pendidikan

Anda yang memiliki keahlian di bidang pendidikan seperti mahir bahasa Inggris, Matematika dan ilmu komputer. Silakan gunakan keahlian tersebut sebagai usaha kecil menengah dengan cara membuka usaha les privat, bimbingan belajar dan sebagainya.

Menempuh pendidikan di sekolah masih belum cukup untuk mendapatkan ilmu pengetahuan karena terbatasnya jam belajar. Sehingga mengharuskan orang tua siswa menambah jam belajar untuk anak mereka dengan cara mendaftarkan ke bimbingan belajar maupun usaha dibidang pendidikan lainnya.

Cara Memulai Usaha Kecil Menengah yang Menjanjikan

Supaya peluang usaha yang dijalani dapat menjanjikan kedepannya, Anda harus mahir dalam memilih jenis usaha, karena ada banyak peluang usaha UMKM yang bisa dicoba. Seperti salah satu contoh di atas.

Silakan tentukan sesuai dengan minat dan bakat, jangan sampai menjalankan bisnis nantinya Anda tidak akan semangat dan membuat bisnis tersebut menjadi tidak terurus. Selain itu, sesuaikan modal yang Anda punya dengan ide usaha yang akan dijalankan. Jika masih belum memiliki biaya, sebaiknya mulailah menabung, jangan sekali-kali melakukan pinjaman karena dapat mengganggu bisnis Anda kedepannya.

Cara yang terakhir adalah mencari lokasi yang strategis, memiliki lokasi yang pas dan ramai akan berdampak baik bagi bisnis Anda kedepannya.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai peluang usaha kecil menengah yang menjanjikan, silakan tentukan jenis UMKM yang bisa Anda jalankan. Jangan lupa cari lokasi yang strategis dan siapkan modal usaha.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Peluang Usaha Kecil Menengah (UKM) yang Menjanjikan"