Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Usaha Mie Ayam Rumahan Agar Laris dan Banyak Pembeli

Daftar Isi [Tampil]

 

Ketahui 10 Tips Usaha Mie Ayam Rumahan Agar Laris dan Banyak Pembeli

Salah satu makanan favorit warga Indonesia yaitu mie ayam, sudah banyak pengusaha warung makan yang sudah membuka warung makan mie ayam. 

Bagi yang berminat membuka usaha mie ayam namun belum memiliki modal untuk menyewa lahan dan membangun rumah makan,  Anda bisa mencoba membuat warung mie ayam di rumah.


Sebelum membuka usaha mie ayam rumahan sebaiknya ketahui terlebih dahulu tips usaha mie ayam rumahan agar laris dan banyak pembeli. Dengan kepopuleran makanan mie ayam di kalangan masyarakat maka Anda memiliki kesempatan besar untuk bisa sukses berjualan mie ayam.

Jika ingin sukses membangun usaha mie ayam maka bisa mencoba membaca artikel yang saya buat ini karena akan saya berikan 10 tips membangun usaha mie ayam agar paham cara jualan mie ayam rumahan  yang enak dan gurih,  nantinya digunakan untuk menjalankan usaha mie ayam rumahan. Ada juga pengusaha warung mie ayam yang gagal bersaing dengan pemilik warung mie ayam lainnya.

Untuk mencegah mie ayam tidak laris maka sebaiknya ketahui tips membangun usaha mie ayam agar bisa mendapatkan keuntungan yang bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

10 Tips Membangun Usaha Mie Ayam Agar Sukses

Berikut beberapa tips usaha mie ayam yang saya rangkum dan semoga bermanfaat dalam berjualan mie ayam rumahan agar bisa menjadi pengusaha mie ayam rumahan:

1. Mempunyai Modal Awal Untuk Usaha

Membangun sebuah warung makan tentunya harus mempersiapkan dana untuk membeli peralatan masak dan bumbu makanan. Jika berpikiran membangun usaha warung mie ayam di rumah, maka cukup menyiapkan modal untuk membeli peralatan masak dan makanan untuk berjualan mie ayam.

2. Membuat Resep Mie Ayam Spesial

Seperti yang Anda ketahui sudah banyak warung makan mie ayam tersebar di seluruh wilayah indonesia dan tidak sedikit dari mereka memiliki cita rasa mie ayam yang berbeda. Alangkah baiknya bila membuat resep mie ayam spesial khusus usaha mie ayam rumahan yang dikelola sehingga menghasilkan jualan mie ayam rumahan enak sederhana

Buatlah resep mie ayam yang dapat membuat pelanggan menjadi ketagihan untuk makan di warung rumahan mie ayam Anda. Untuk menghasilkan resep mie ayam yang layak makan dan bisa dijual sebaiknya mie ayam yang sudah dibuat diberikan kepada kerabat dan teman yang dikenal.


Kemudian mereka yang mencoba mie ayam yang sudah dimasak akan memberikan pendapat mengenai rasa mie ayam, mulai dari kekurangan dan kelebihan bumbu yang diberikan lalu catat dan perbaiki apa yang kurang. Setelah selesai menguji mie ayam, maka Anda sudah siap menjual mie ayam kepada pembeli.

3. Menentukan Lokasi Usaha Mie Ayam Rumahan

Lokasi jualan sangat menentukan berapa penghasilan yang didapat dari menjual mie ayam. Sebaiknya carilah lokasi yang ramai dan disekitar lokasi terdapat sebuah perusahaan, sekolah dan kampus agar bisa menarik pembeli.

Salah satu tantangan usaha mie ayam rumahan yaitu mencari lokasi yang strategis dalam berjualan untuk menarik pembeli.

Setelah mendapatkan lokasi strategis untuk mie ayam rumahan maka selanjutnya membangun usaha mie ayam rumahan agar bisa ditempati berjualan dan tinggal di lokasi tersebut.

Jangan lupa bersihkan rumah makan mie ayam agar pembeli merasa nyaman dan bisa memakan mie ayam mereka dengan santai dan nyaman. Siapkan meja yang bersih dan kursi yang cukup untuk pelanggan.

4. Tentukan Harga Jualan Mie Ayam

Bagi yang baru memulai berjualan mie ayam. Sebaiknya tentukan harga yang tidak terlalu mahal untuk produksi mie ayam. Setelah jualan mulai ramai pembeli maka bisa menaikkan harga jualan mie ayam sesuai dengan jenis mie ayam yang disajikan. Jangan terlalu mahal agar pembeli tidak lari ke warung lainnya dan jangan juga terlalu murah yang dapat mengakibatkan kerugian.

5. Mempromosikan Usaha Mie Ayam Rumahan

Setelah rumah makan mie ayam sudah jadi maka langkah selanjutnya adalah mempromosikan mie ayam rumahan kepada masyarakat. Untuk cara mudah memperkenalkan lokasi jualan dan menu mie ayam, Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Whatsapp dan Instagram.

Sebaiknya Baca Juga : Modal Usaha Warung Bakso dan Mie Ayam

Silakan buat akun medsos dari ketiga aplikasi media sosial di atas kemudian sebarkan foto mie ayam lengkap dengan deskripsi makanan dan lokasi Anda berjualan. Dijamin dalam beberapa saat akan ada orang yang menghubungi atau bahkan datang langsung kelokasi jualan.

6. Menentukan Jam Jualan Mie Ayam

Buatlah jam kerja jualan mie ayam rumahan. Menentukan jam jualan mie ayam sebaiknya mengikuti suasana lokasi Anda berjualan. Jika lokasi berada dekat dari kantor dan sekolah maupun kampus. Maka jam yang bisa ramai pembeli yaitu sekitar jam 11 – 13 WIB. 

Untuk lokasi jualan yang tidak dekat dengan perkantoran maka jam ramai biasanya sore hingga malam hari. Alangkah baiknya jika berjualan pagi hingga jam 10 malam agar bisa mendapatkan pelanggan lebih.


Untuk bisa mendapatkan omzet usaha mie ayam rumahan sebaiknya buatlah catatan penjualan untuk setiap jamnya dan jangan lupa persiapkan bumbu mie ayam yang cukup untuk berjualan.

7. Menciptakan Inovasi Mie Ayam

Mie ayam biasanya disajikan dengan bumbu kaldu yang dicampur dengan irisan ayam. Jika berminat berjualan sebaiknya buatlah jenis jenis mie ayam agar bisa menarik minat pembeli.

Untuk cara mengembangkan usaha mie ayam, bisa mencoba mie ayam dengan tambahan somai untuk menambah cita rasa mie ayam yang dilapisi kaldu ayam yang nikmat. Bisa juga menambahkan ceker ayam goreng pada mie ayam untuk memberikan kesan yang berbeda dan bumbu mie ayam harus tepat dan pas.

8. Memiliki Ciri Khas Usaha Mie Ayam

Cara jualan mie ayam rumahan sederhana terdapat pada  pemilik warung makan mie ayam yang memiliki ciri khas mereka dalam menarik pembeli. Anda juga bisa memiliki ciri khas jualan dengan cara membuat resep masakan spesial yang tidak dimiliki oleh warung makan lainnya dan jika bisa buatlah logo untuk brand usaha warung makan agar lebih dikenal oleh kalangan masyarakat saat mencari usaha mie ayam rumahan yang dikelola.

9. Jangan Memberikan Waktu Lama Penyajian

Untuk membuat mie ayam, membutuhkan waktu mulai dari memasak dan menyiapkan bumbunya. Sebaiknya mulailah latihan dalam menyiapkan mie ayam siap jadi agar pelanggan tidak lama menunggu terlebih jika mereka masih baru berkunjung. Berikan mereka kesan pertama yang baik mulai dari pelayanan yang bagus dan rasa mie ayam yang nikmat.

10. Buatlah Kemasan Mie Ayam

Bagi anda yang sudah lama berjualan dan memiliki cukup modal, bagusnya jika  mencoba untuk membuat kemasan mie ayam unik agar menjadi salah satu strategi marketing penjualan mie ayam dalam membangun usaha mie ayam yang strategis dan cara jualan mie ayam rumahan praktis.

Buatlah kemasan mie ayam yang menarik agar masyarakat tertarik. Apa lagi jika Anda memiliki jasa antar pesanan mie ayam maka bagusnya jika memasukkan mie ayam kedalam kemasan yang menarik. Pilihlah bahan kemasan yang bisa mengatasi kebocoran dan menyerap minyak seperti kemasan Paper Bowl dan Lunch Box.

Tips Memilih Mie Basah untuk Usaha Mie Ayam Rumahan

Agar mempermudah menyiapkan masakan mie ayam kepada pelanggan sebaiknya gunakan produk mie ayam  basah yang baik untuk usaha mie ayam rumahan. Pemakaian mie basah sudah sering digunakan untuk mie ayam rumahan.

Biasanya ada saja pelaku penjualan mie basah yang tidak adil dengan cara mencampurkan bahan kimia pada mie basah agar bisa tahan lama. Untuk mengatasi kasus seperti ini sebaiknya kenali tips memilih mie ayam basah yang layak pakai. Berikut tips nya:

1. Warna Mie Terlihat Cerah

Mie yang biasanya tercampur dengan zat kimia akan memiliki warna kuning yang cerah. Jika melihat mie seperti ini di pasar sebaiknya jangan membeli mie tersebut meskipun terlihat baik karena kemungkinan sudah diberikan zat pewarna.

2. Tekstur Mie Yang Kental

Jika anda menemukan mie yang terlihat kental dan cerah sebaiknya jangan membeli mie tersebut karena memiliki zat kimia yang tidak baik bagi kesehatan. Untuk mie basah yang tidak memiliki campuran zam kimia dan aman di konsumsi memiliki ciri yang tekstur kasar dan berbentuk keriting.

Ciri-Ciri Mie Basah Mengandung Formalin

Dikutip dari doktersehat.com, mie yang mengandung formalin yaitu mie yang kenyal saat dipegang, tercium bau obat pada mie dan bisa bertahan selama 2 hari saat disimpan dalam ruangan.

Ciri-Ciri Mie Basah Tidak Mengandung Formalin

Untuk mie ayam yang tidak memiliki kandungan zat kimia yang diikuti dari doktersehat.com, yaitu memiliki tekstur yang lembut saat dipegang, memiliki aroma terigu, mie tidak mudah putus atau patah, tidak bertahan lama saat disimpan dan memiliki rasa gurih juga lembut karena mengandung telor.

Itulah 10 tips usaha mie ayam rumahan dan cara memilih mie basah untuk berjualan. Silakan sering berkunjung di situs ini agar bisa mendapatkan artikel yang membahas seputar usaha warung makan yang bisa Anda pelajari dalam membangun bisnis usaha warung makan. Sekian & Terimakasih.

Sebaiknya baca juga : Kelemahan Usaha Mie Ayam dan Cara Mengatasinya

Posting Komentar untuk "10 Tips Usaha Mie Ayam Rumahan Agar Laris dan Banyak Pembeli"