Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Kecil Menengah Yang Sedang Booming Saat Ini

Daftar Isi [Tampil]

Usaha Kecil Menengah Yang Sedang Booming Saat Ini

Bagi Anda yang sedang mencari UMKM yang sedang booming, saya sudah merangkumnya kedalam artikel ini. Silakan luangkan waktu Anda beberapa menit untuk membaca pembahasannya.


Sudah tidak dipungkiri lagi usaha kecil menengah telah menjadi bisnis yang terbilang menjanjikan. Sudah banyak orang membuka usaha jenis ini dan meraup untung besar, lebih hebatnya lagi mereka bisa membuka lapangan kerja bagi mereka yang masih menganggur.


Jika Anda mencoba memulai UMKM dan belum mengetahui produk dan jasa yang sedang booming, sebaiknya Anda lihat beberapa rekomendasi jenis usaha mikro kecil menengah yang telah saya rangkum berikut ini. Selamat membaca.

10 Usaha Kecil Menengah Yang Sedang Booming Saat Ini

Jenis usaha yang saya berikan dibawah ini bukan hanya menjual berbagai jenis produk maupun barang, namun layanan berupa jasa saat ini sudah banyak yang dibutuhkan.

1. Usaha Hampers

Usaha Hampers

Usaha hampers adalah salah satu UMKM yang sedang booming dan trend saat ini. Biasanya usaha jenis ini hanya terjadi pada saat hari raya namun dengan banyaknya trend pemberian kado membuat hampers sering kebanjiran pesanan.

Anda bisa mendapatkan pesanan dari acara pernikahan, ulang tahun, wisuda, ujian skripsi, hari raya dan sebagainya. Anda bisa menjadikan momen spesial orang lain untuk mencari rezeki tambahan.

2. Usaha Mie Ayam

Usaha mie ayam merupakan usaha kuliner mikro kecil yang patut Anda coba. Mie ayam sudah menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Tidak heran jika saat ini banyak orang mulai membuka bisnis mie ayam yang dapat menambah penghasilan.


Jika belum memiliki modal banyak, Anda dapat mencoba memulai usaha mie ayam rumahan yang hanya membutuhkan biaya yang sedikit karena tidak perlu mengeluarkan biaya sewa lahan dan bangun warung. Yang harus diperhatikan jika memulai usaha ini adalah lokasi yang Anda tempati harus strategis yang artinya mudah dijangkau oleh masyarakat.

3. Usaha Fotokopi

Usaha Fotokopi

Jika usaha kuliner begitu menjamur, mengapa Anda tidak mencoba untuk memulai usaha fotokopi? Meskipun modal awal yang dibutuhkan cukup menguras kantong terutama pada saat membeli mesin fotokopi, namun kedepannya bisnis Anda akan akan sangat menguntungkan.

Setiap hari masyarakat yang menempuh pendidikan dan bekerja sering mencari usaha fotokopi untuk memfotokopi dan print dokumen mereka sehingga modal yang dikeluarkan akan cepat kembali.

Anda hanya perlu mahir memiliki lokasi yang dekat dari keramaian seperti dekat dari kampus, kantor, instansi dan sebagainya. Selain itu, rutin mempromosikan bisnis merupakan cara yang tepat dalam menarik banyak pelanggan misalnya melalui media sosial Facebook, Instagram dan Whatsapp yang saat ini memiliki pengguna aktif sangat banyak.

4. Usaha Toko Sembako

Usaha Toko Sembako

Meskipun saat ini telah banyak ditemukan minimarket yang menyediakan perlengkapan lebih lengkap, namun toko sembako masih tetap menjadi pilihan utama sebagian masyarakat. 

Selain karena toko sembako merupakan kebutuhan sehari-hari, usaha jenis ini juga tidak mengeluarkan modal banyak dan barang yang dijual dapat dijangkau semua kalangan, maka tidak heran jika UMKM jenis ini sering booming dan menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

5. Usaha Preloved

Usaha Preloved

Preloved merupakan baju bekas yang masih layak pakai. Biasanya pakaian yang dijual berasal dari merk terkenal dan di import dari luar negeri sehingga membuat banyak orang ingin membeli pakaian preloved.

Bagi Anda yang sedang mencari usaha kecil menengah sebaiknya coba peluang usaha preloved yang saat ini sedang booming di kalangan anak muda. Kebanyakan dari mereka ingin tampil beda dengan memakai pakaian bermerek, Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan menjual baju preloved yang harganya mudah dijangkau.

Mengenai tempat yang akan dijadikan usaha, Anda bisa memulai bisnis preloved di rumah sehingga bisa mengurangi biaya pengeluaran Anda.

6. Usaha Mainan Edukasi Anak

Usaha Mainan Edukasi Anak

Jika masih belum menemukan UMKM yang cocok. Usaha mainan anak edukasi mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Sudah sering saya temukan pemilik usaha mainan jenis ini mendapatkan pengunjung yang lumayan banyak.

Selain itu, usaha mainan edukasi anak sangat diminati oleh orang tua siswa karena dapat membantu pola pikir anak mereka agar bisa berpikir kreatif dan mampu meningkatkan kecerdasan sang buah hati.

Untuk memulai usaha ini, Anda harus bisa menyiapkan modal yang cukup, menentukan harga yang tetap, rutin promosikan usaha dan mencari lokasi yang strategis agar bisnis Anda kedepannya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

7. Usaha Minuman Boba

Usaha yang lagi booming di bidang minuman yaitu jualan minuman boba, anak muda bahkan orang tua tidak pernah lepas dari minuman satu ini, dibuktikan dengan banyaknya waralaba yang semakin menyebar di setiap provinsi Indonesia yang menyediakan aneka jenis boba yang harganya dapat dijangkau oleh siapapun.


Minuman boba menjadi trend anak muda karena rasanya yang lezat dan memiliki aneka jenis topping yang memanjakan lidah. Untuk memulai usaha ini, sebaiknya sediakan stand jualan yang didesain menarik agar pembeli tertarik berkunjung.

Baca juga: Franchise Minuman Terlaris yang lagi Hits dan Menguntungkan

8. Warmindo

Warmindo

Warmindo merupakan warung yang khusus menjual masakan indomie. Memiliki potensi pendapatan yang baik karena brand indomie sudah dikenal semua masyarakat Indonesia. Apalagi kuliner yang dibuat dari mie instan sudah menjadi makanan favori bagi banyak orang.

Dengan memakai strategi pemasaran yang tepat membuat usaha Warmindo bisa bersaing dengan usaha kuliner lainnya. Berikan juga inovasi menu makanan yang unik agar bisa menarik perhatian calon konsumen.

9. Usaha Sayuran Organik

Sayuran organik sering laris di pasaran karena tidak memakai bahan kimia, baik pada saat di pupuk maupun penyemprotan. Itulah kenapa jenis sayuran organik bisa dikatakan sangat baik dikonsumsi.

Soal keuntungan, usaha UMKM ini berpeluang mendapatkan penghasilan cukup besar, apalagi jika Anda memulai usaha ini di daerah perkotaan yang memiliki jumlah penduduk banyak, dimana sayur organik akan sulit didapatkan sehingga membuat usaha Anda nantinya akan diserbu oleh ibu rumah tangga.

10. Laundry Rumahan

Usaha UMKM di bidang jasa yang patut Anda coba adalah usaha laundry rumahan, memiliki pakaian bersih dan wangi sudah menjadi kewajiban kita pada saat bepergian, biasanya ada sebagian orang yang tidak sempat mencuci pakaian karena kelelahan setelah pulang bekerja.

Dengan membuka usaha laundry, nantinya Anda akan kedatangan pelanggan yang ingin dicucikan pakaiannya, bahkan Anda bisa menghasilkan keuntungan setiap hari dari laundry pakaian konsumen.

Jika tertarik sebaiknya sediakan peralatan laundry yang lengkap dan rutinlah memperkenalkan bisnis kepada teman, kerabat dan keluarga sehingga mereka bisa membantu memasarkan usaha laundry Anda.

Tips Memilih Usaha Kecil Menengah yang Sedang Booming

Setelah mengetahui jenis usaha UMKM yang sedang booming, Anda juga harus paham tips untuk mencari usaha yang cocok dengan Anda dan tentu saja lokasi yang dipilih memang strategis.

Sebagai contoh, Anda berniat membuka usaha laundry di rumah, ternyata bukan Anda saja yang memulai usaha tersebut. Jika mengalami kasus seperti itu, Anda harus pandai dalam mengatur strategi pemasaran mulai dari menentukan harga, mempromosikan usaha, menyediakan peralatan dan sebagainya.

Selain itu. Dalam memilih usaha, Ada bagusnya jika sesuai dengan minat dan bakat agar kedepannya bisnis yang dikelola tidak akan membosankan. Terakhir, silakan menabung dari sekarang.

Jangan sekali-kali melakukan pinjaman uang karena jangan sampai akan mengganggu konsentrasi Anda dalam membuka usaha dan lebih parahnya lagi Anda akan sulit membayarnya dikarenakan keuntungan Awal usaha masih belum membuahkan hasil.

Penutup

Itulah pembahasan dari saya mengenai usaha menengah kecil yang saat ini sedang booming. Semoga dari 10 ide usaha di atas ada yang cocok untuk Anda. Semoga bisa sukses membangun UMKM yang saat ini masih menjadi kebutuhan masyarakat.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Usaha Kecil Menengah Yang Sedang Booming Saat Ini"