Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Rumahan Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga di Desa

Daftar Isi [Tampil]

 

Usaha Rumahan Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga di Desa

Meskipun tinggal di pedesaan. Jangan remehkan orang yang membuka usaha di desa, sudah banyak ditemui pengusaha sukses yang memulai bisnisnya di kampung. Anda sebagai ibu rumah tangga tidak boleh kalah dari mereka yang masih muda.

Khusus untuk Anda yang berumah tangga, bisa memulai usaha rumahan di desa yang dimulai dari modal kecil dan bisa dijalankan tanpa perlu keluar rumah. Dengan kemajuan teknologi saat ini, Anda bisa memulai berbagai macam bisnis yang cukup menjanjikan.


Sebagai contoh usaha laundry rumahan. Kebutuhan baju bersih sangat dibutuhkan semua orang, sehingga peluang bisnis ini bisa mendatangkan banyak pelanggan.

Bingung mau usaha apa untuk wanita? Berikut saya berikan 10 usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga di desa. Silakan simak penjelasan dibawah ini.

1. Usaha Budidaya Ikan Konsumsi

Ikan merupakan sumber protein dan vitamin yang sangat baik bagi manusia. Setiap hari kita sering mengkonsumsi ikan. Rasa yang enak dan harga yang cukup stabil menjadikan jualan ini sangat ramai pembeli.

Salah satu jenis ikan yang bisa di budidaya di rumah adalah ikan lele. Ikan jenis ini sangat ramai pembeli dan sudah sering ditemukan pemilik warung makan menyediakan menu makan lele.

Untuk memulai usaha budidaya ikan lele yaitu menyediakan bibit ikan lele, membuat kolam dan memberikan pakan dan suplemen.

2. Usaha Budidaya Ikan Hias

Selain ikan yang di konsumsi. Anda juga dapat membudidayakan ikan hias yang sering dijadikan hobi rumahan. Banyak orang membeli ikan hias karena memiliki warna dan bentuk ikan yang sangat indah dan enak dilihat.

Anda bisa memulai usaha ikan hias dari lahan yang sempit, seperti membuat kolam ikan dari bahan terpal atau membuat akuarium berukuran kecil.

Berikut jenis ikan hias yang bisa dijadikan usaha rumahan:

  • Ikan cupang
  • Ikan nila
  • Ikan mas
  • Ikan koi
  • Ikan guppy

3. Usaha Jualan Pulsa

Usaha yang terbaik buat ibu rumah tangga adalah Jualan pulsa. Bisnis ini merupakan usaha UMKM yang sangat menjanjikan. Baik di Kota maupun di desa, semua masyarakat membutuhkan pulsa dan paket data untuk menelpon dan mengirim pesan.


Cara jualan pulsa di rumah sangat mudah. Anda bisa memulainya dengan modal kecil, dengan cara menjalin kerjasama dengan distributor pulsa, sehingga bisa membeli pulsa dengan harga murah dan menjualnya kepada konsumen.

4. Usaha Sembako Rumahan

Sembako merupakan kebutuhan primer yang sangat dibutuhkan masyarakat. Biasanya warga di desa sering keluar untuk membeli kebutuhan sembako, bahkan ada yang menempuh perjalanan jauh untuk membeli bahan pokok ini.

Jika membuka usaha sembako di rumah, Anda bisa membantu penduduk desa, karena mereka tidak usah pergi jauh mencari sembako. Anda bisa dapat untung banyak dari usaha rumahan ini.

Berikut jenis sembako yang cepat laku:

  • Beras
  • Mie Instan
  • Telur
  • Minyak Goreng
  • Pembalut dan Pampers
  • Gula dan Garam

5. Usaha Tanaman Hias

Sebagai seorang ibu rumah tangga, memelihara tanaman hias sudah menjadi hobi yang tidak pernah ditinggalkan. Anda bisa melakukan budidaya tanaman hias kemudian menjualnya kepada ibu rumah tangga lainnya yang sangat hobi mengoleksi tanaman ini.

Modal yang dikeluarkan tidaklah banyak. Dana 1 juta, sudah bisa menjalankan usaha rumahan ini. Dengan modal tersebut, silakan sediakan bibit tanaman hias yang banyak disukai, kemudian siapkan pot bunga yang harganya cukup murah dan jangan lupa berikan pupuk pada tanaman supaya bisa tumbuh subur.

6. Usaha Jualan Kue

Menjual berbagai macam kue bisa dilakukan di rumah tanpa perlu mendirikan warung. Anda bisa menjual kue dengan mempromosikan jualan di media sosial, supaya dapat dilihat oleh banyak orang.

Ada beberapa jajanan snack yang paling laku terjual, saya sudah merangkumnya pada artikel ini 7 Ide Makanan Untuk Usaha Kecil Kecilan Modal Kecil.

7. Usaha Bensin Eceran Pertamini

Meskipun sudah ada pertamina yang menyediakan BBM, namun masih belum bisa memenuhi kebutuhan bahan bakar kendaraan bagi masyarakat. Anda bisa mencoba peluang usaha bensin eceran dengan menyediakan mesin pertamini.

Jika ingin membuka usaha jenis ini, silakan buat surat izin usaha terlebih dahulu. Anda bisa mengurusnya di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Banyaknya kendaraan motor yang sering kehabisan bensin di jalan, membuat usaha rumahan ini sangat menguntungkan setiap hari.

8. Usaha Jualan Sayuran

Selain ikan, sayur sudah menjadi pelengkap menu makan keluarga, memiliki kandungan gizi yang dapat menyehatkan tubuh sehingga sering dibeli setiap hari. Itulah kenapa menjual sayur bisa menjadi peluang usaha desa yang menguntungkan.

Jika memiliki kebun yang cukup luas, silakan mulai menanam sayur-sayuran bergizi supaya bisa memasok sayur Anda sendiri.

Berikut jenis sayur yang bisa dijual dirumah:

  • Sayur kangkung
  • Sayur pakis
  • Tomat
  • Lobak
  • Wortel
  • Daun selada

9. Usaha Kerajinan Tangan

Usaha rumahan modal kecil selanjutnya adalah kerajinan tangan dari barang bekas. Sudah banyak produk kerajinan tangan yang dijual secara online dan menghasilkan banyak uang.

Anda bisa membuat berbagai macam produk kerajinan dari barang yang mudah ditemukan seperti kertas, plastik, kaleng, pipet yang semuanya bisa didapat secara gratis, caranya adalah mengumpulkan bahan-bahan yang didapat dari barang bekas yang tidak dipakai.


Dengan begitu, Anda bisa memulai usaha kerajinan tangan yang menghasilkan uang dengan menjual di rumah sambil mengurus rumah tangga.

10. Usaha Jualan Pakaian

Usaha jenis ini sangat menjanjikan kedepannya, karena kebutuhan pakaian sangat penting dalam melakukan aktivitas didalam maupun diluar rumah. Tidak perlu khawatir mengenai biaya yang dibutuhkan.

Modal 1 juta sudah bisa memulai bisnis jualan pakaian, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari distributor pakaian murah namun memiliki kualitas bagus. Kemudian memasarkan pakaian yang dijual ke media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Itulah kenapa, jualan pakaian merupakan Jualan yang cocok di rumah.

Jika tertarik mencobanya, saya sudah membahasnya secara lengkap pada artikel ini 10 Cara Berdagang Pakaian Yang Sukses dan Untung Besar.

11. Usaha Dropship

Anda yang tidak memiliki modal untuk menjual berbagai macam produk, namun masih berharap ingin mencoba usaha jualan. Anda tidak perlu berkecil hati, usaha yang tidak memiliki modal adalah menjadi dropshipper.

Cara kerja bisnis ini cukup gampang, Anda tinggal menjalin kerjasama dengan pemilik dagangan, kemudian memasarkan produk tersebut kepada konsumen. Jika ada orang yang membeli dagangan yang dijual, nantinya Anda akan mendapatkan bayaran dari pemilik barang.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan penghasilan tanpa mengeluarkan modal sepeserpun, sehingga cocok untuk usaha ibu rumah tangga tanpa modal.

12. Usaha Bimbingan Belajar

Pendidikan sangat penting bagi anak-anak, terutama mereka yang tinggal di desa. Jika memiliki pengetahuan pada bidang tertentu seperti mahir Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Komputer.

Silakan buka usaha rumahan bimbingan belajar. Anda cukup menyediakan papan tulis dan ilmu pengetahuan Anda yang nantinya digunakan untuk mengajar anak-anak. Untuk jadwal bimbelnya silakan menyesuaikan waktu luang yang Anda punya.

13. Usaha Minuman Kekinian

Bisnis minuman saat ini sudah tidak diragukan lagi, sudah banyak franchise membuka cabang di berbagai daerah yang sudah meraup untung banyak. Anda tidak perlu bekerjasama dengan waralaba, ada beberapa jenis minuman yang bisa dijual di desa tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Seperti minuman pop ice kemasan cup. Cukup membeli pop ice sachet 2 renteng seharga 20 ribu (10 pcs) kemudian menyediakan kemasan cup (50 pcs) Rp45 ribu, maka Anda sudah bisa memulai usaha rumahan ini.

Anda sebagai ibu rumah tangga sudah pasti mahir membuat minuman, sehingga bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang berumah tangga.

14. Usaha Print dan Fotocopy

Untuk Anda yang masih pemula di kampung, sebaiknya mencoba usaha print dan fotocopy. Bisnis ini tidak membutuhkan keahlian maupun pengalaman kerja, Anda hanya perlu melakukan fotocopy dan print berkas memakai printer yang sudah disediakan.

Anak-anak sekolah maupun orang yang bekerja di Kantor Desa sangat membutuhkan usaha ini. Anda tidak perlu membeli mesin fotocopy yang harganya sangat mahal. Cukup gunakan printer dan laptop yang jauh lebih murah.

15. Usaha jualan Es Batu dan Es Lilin

Usaha cemilan untuk ibu rumah tangga adalah jualan es lilin. Jangan remehkan usaha jenis ini. Bukan hanya anak sekolah yang hobi membeli es lilin, orang dewasa terkadang membelinya untuk dijadikan cemilan dalam bekerja. 

Tentu modal yang dikeluarkan sangat kecil, karena hanya bermodalkan pembungkus plastik dan minuman sachet yang menghabiskan biaya 50 ribu.

Begitupun dengan es batu yang hanya bermodalkan plastik pembungkus dan air bersih. Biasanya tetangga yang tidak memiliki kulkas sering mencari es batu untuk membuat minuman dingin.

16. Usaha Warung Kopi

Kopi sudah menjadi minuman anak muda maupun orang tua yang selalu menemani aktivitas mereka. Jika memiliki lahan cukup luas di depan rumah, silakan buat warung kopi kecil-kecilan yang bisa mendatangkan rejeki.

Cukup sediakan kopi hitam dan kopi susu sebagai jualan Anda. Tentu biaya yang dibutuhkan sangat kecil sekitar 300 ribu, sudah bisa membeli kopi bubuk dan susu kaleng.

17. Usaha Mie Ayam Rumahan

Salah satu usaha kuliner yang ramai pembeli setiap hari adalah bisnis warung makan mie ayam. Jika mahir membuat mie ayam, silakan mencoba peluang usaha mie ayam rumahan.

Dengan berjualan di rumah, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya membuat warung, karena bisa menjualnya di halaman depan rumah. Sudah sering ditemui ibu rumah tangga menjalankan bisnis ini dan sudah meraup keuntungan menjanjikan.

18. Usaha Jualan Snack

Bisnis jualan snack sudah sering dilakukan oleh ibu rumah tangga, selain biayanya murah, keuntungan yang didapat cukup banyak. Anda bisa menjual snack secara online maupu offline sehingga bisa menjangkau banyak orang.


Jika tertarik mencoba usaha ini, saya sudah merangkum jenis snack yang laku di pasaran pada artikel ini Ide Bisnis Snack Kekinian Dengan Modal Kecil.

19. Usaha Token Listrik

Kebutuhan listrik berperan penting dalam melakukan aktivitas, apa lagi jika malam hari kita akan membutuhkan cahaya. Itulah kenapa usaha jualan token listrik sangat dibutuhkan di desa.

Anda harus mendaftar sebagai agen pulsa supaya bisa menjual token listrik. Dengan menjadi agen pulsa, Anda dapat menjual berbagai macam kebutuhan lainnya seperti saldo gopay, saldo ovo, paket telepon dan paket sms.

20. Usaha Salon Rumahan

Anda sebagai seorang perempuan tentunya ingin selalu terlihat cantik, begitupun perempuan lainnya yang tinggal di desa. Anda bisa memulai usaha salon di rumah sambil mengurus pekerjaan rumah tangga.

Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang hobi mempercantik diri dan mahir memotong rambut. Anda bisa memberikan layanan jasa merias pengantin dan acara lainnya supaya dapat menambah penghasilan.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai usaha rumahan yang bisa dilakukan ibu rumah tangga dari modal kecil yang tinggal di desa. Jangan ragu mencoba berbagai macam usaha, karena semua orang memiliki pintu rejeki. Semoga berhasil dan terimakasih.

Baca juga: Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Modal 1 Juta

Posting Komentar untuk "Usaha Rumahan Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga di Desa"