Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Sampingan di Perumahan yang Lagi Booming

Daftar Isi [Tampil]

 

Usaha Sampingan di Perumahan yang Lagi Booming

Anda yang lagi tinggal di komplek perumahan sangat cocok untuk membuka usaha sampingan di perumahan. Saat ini ada banyak jenis usaha yang lagi booming dan bisa dicoba di daerah perumahan, misalnya bisnis online shop yang saat ini sudah sering dijalankan oleh masyarakat khususnya anak muda yang aktif di media sosial.

Banyaknya kepala keluarga yang tinggal di perumahan membuat usaha yang akan dijalankan bisa ramai pembeli apa lagi jika lokasi yang Anda tempati tidak memiliki kompetitor sehingga bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar.


Anda juga harus mahir mempromosikan jualan agar tetangga di perumahan tahu bahwa Anda sudah membuka usaha. Berikut usaha sampingan di perumahan yang bisa Anda coba.

15 Usaha Sampingan di Perumahan

1. Jualan Kue Basah

Jualan Kue Basah

Berjualan kue basah merupakan salah satu usaha sampingan yang bisa dilakukan di perumahan. Banyak orang menyukai kue basah sebagai sarapan pagi dan cemilan pada saat bersantai sehingga membuat jualan nantinya ramai pembeli.

Usaha kue basah dapat menjadi peluang usaha perumahan yang bisa dimulai dari modal kecil, Anda yang merupakan ibu rumah tangga cocok memulai jualan kue basah. Anda hanya perlu menjualnya di halaman depan rumah sehingga tetangga maupun orang yang tinggal di komplek perumahan dapat melihat jualan Anda.

2. Jualan Nasi Bungkus

Jualan Nasi Bungkus

Selain jualan kue, nasi bungkus juga sangat cocok dijual di komplek perumahan. Biasanya ada ibu rumah tangga yang tidak sempat membuat sarapan pagi sehingga mereka mencari jualan nasi bungkus untuk dijadikan sarapan pagi oleh suami dan anak-anaknya.

Anda dapat berjualan nasi bungkus di halaman depan rumah dengan membuat stand kecil sebagai tempat jualan, jika ingin memperluas target pasar sebaiknya promosikan jualan di media sosial sehingga dapat menjangkau banyak orang.

Untuk jenis nasi bungkus yang dijual yaitu nasi kuning, gado-gado, nasi goreng dan sebagainya. Usaha sampingan ini tidak mengeluarkan biaya banyak sehingga Anda dapat memulainya dari modal kecil.

3. Usaha Toko Sembako

Toko Sembako

Meskipun saat ini sudah ada supermarket dan minimarket, namun kebutuhan sembako masih sulit ditemukan. Sehingga peluang usaha toko sembako masih menjanjikan. 

Sembako merupakan kebutuhan pokok yang harus disediakan setiap hari, maka dari itu berjualan di komplek perumahan nantinya akan sangat menguntungkan dan dibutuhkan oleh tetangga Anda. Sehingga toko sembako menjadi usaha di dalam perumahan yang patut Anda coba.

Sebagai awal memulai usaha, Anda cukup menyediakan kebutuhan sembako yang paling sering dicari dan cepat habis, seperti minyak goreng, telur, beras, mie instan dan sebagainya. Dengan menyediakan bahan sembako yang cepat habis maka jualan Anda akan laris pembeli setiap hari.

4. Usaha Laundry Rumahan

Laundry Rumahan

Usaha sampingan di komplek perumahan berikutnya yaitu usaha laundry, saat ini kita sudah dipermudah membersihkan pakaian dengan hadirnya mesin cuci. Jika lokasi perumahan yang ditempati padat penduduk maka usaha sampingan ini patut Anda pertimbangkan.

Pakaian bersih sudah menjadi kewajiban kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari, terkadang ada sebagian orang yang tidak memiliki mesin cuci sehingga membuat mereka mencuci pakaian menggunakan tangan dan sikat.


Mencuci pakaian dengan memakai tangan dapat membuat lelah dan membuang banyak waktu sehingga banyak masyarakat mencari usaha laundry sebagai solusi dari membersihkan pakaian.

Untuk memulai usaha laundry rumahan setidaknya membutuhkan 2 mesin cuci dan perlengkapan lainnya yang menghabiskan biaya sekitar 12 Juta. Meskipun biayanya cukup besar namun keuntungan yang didapat sangat besar. 

Anda dapat mendapatkan penghasilan setiap hari dari usaha laundry rumahan karena pakaian cenderung akan dibersihkan setiap hari.

5. Broker Properti

Broker Properti

Broker properti adalah pekerjaan yang memiliki tugas untuk membantu investor dan pemilik properti melakukan jual beli dengan lancar. Broker properti telah menjadi usaha yang lagi booming karena banyaknya perumahan yang sering dibangun.

Jika di komplek perumahan Anda masih ada rumah yang belum laku terjual maka Anda dapat menawarkan diri sebagai broker properti kepada pemilik perumahan. Untuk menjadi broker properti Anda terlebih dahulu mendaftarkan diri sebagai agen properti agar bisa mendapatkan izin.

Baca juga: Usaha Rumahan Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga

6. Usaha PPOB (Payment Point Online Bank)

Jenis usaha di perumahan berikutnya yaitu PPOB. Bagi Anda yang belum tahu PPOB ialah usaha online yang menyediakan layanan membayar tagihan secara online. Usaha PPOB terbilang sangat menjanjikan karena setiap bulan masyarakat membayar tagihan untuk rumahnya, seperti tagihan listrik, internet, air dan tagihan lainnya.

Anda akan disambut sangat nyaman oleh orang yang tinggal di perumahan karena membuat mereka lebih mudah membayar tagihan. Jika tertarik menjadi agen PPOB silakan jalin kerjasama dengan vendor penyedia PPOB sehingga membantu Anda menyediakan pelayanan yang baik.

7. Usaha Jahit Pakaian

Mahir menjahit pakaian bisa Anda jadikan sebagai ide bisnis. Usaha jahit pakaian sampai saat ini masih berpeluang bagus untuk dijalankan, alasannya ialah permintaan membuat dan menjahit pakaian masih cukup tinggi.

Mulai dari anak sekolah maupun orang dewasa selalu membutuhkan jasa jahit pakaian. Apa lagi Anda yang tinggal di perumahan yang memiliki rumah yang cukup banyak bisa berpeluang mendapatkan pelanggan banyak.

Selain menjahit pakaian, sebaiknya perluas usaha Anda dengan menyediakan jasa membuat pakaian dan menjual aksesoris pakaian, dengan begitu maka akan memperluas target pasar yang Anda incar.

8. Usaha Salon Rumahan

Usaha Salon Rumahan

Usaha salon kecantikan terus mengalami peningkatan yang memuaskan, memiliki prospek yang cerah membuat Anda harus mencoba usaha salon rumahan. Jika berminat membuka salon di perumahan, sebaiknya pelajari trend salon kecantikan supaya Anda bisa semakin kreatif dalam memberikan trend fashion yang disukai wanita.

Jika memiliki kamar yang kosong, Anda bisa menjadikan ruangan tersebut sebagai tempat salon kecantikan dan menyimpan perlengkapan yang dibutuhkan. Anda bisa memperkenalkan usaha sampingan ini dengan memasang spanduk depan rumah agar warga yang tinggal di perumahan mengetahui Anda membuka usaha salon di rumah.

Ada banyak target pasar yang bisa dijangkau, seperti mahasiswi yang ingin wisuda, acara pernikahan dan acara jenis lainnya yang membuat wanita harus tampil cantik.

9. Jualan Produk Kecantikan

Jualan Produk Kecantikan

Produk kecantikan dari dulu sampai sekarang masih menjadi produk yang sangat banyak dijual dan ramai pembeli. Wanita selalu ingin terlihat cantik sehingga berani mengeluarkan biaya banyak agar bisa membeli produk kecantikan.

Jualan produk kecantikan merupakan usaha yang mudah dan menghasilkan keuntungan yang memuaskan. Anda tidak usah membuat toko maupun berjualan depan rumah, manfaatkan media sosial sebagai tempat jualan. 

Sudah sering ditemui pelajar yang menjual produk kecantikan di media sosial dan telah menghasilkan keuntungan.

Usaha ini bisa dijalankan sebagai usaha sampingan yang bisa dikerjakan di rumah tanpa mengganggu aktivitas Anda.

10. Jualan Hijab

Hijab sudah menjadi trend fashion yang memiliki jumlah peminat sangat banyak. DI Indonesia ada banyak wanita yang menggunakannya, dengan begitu maka Anda tidak perlu khawatir jika jualan hijab tidak laku.

Bagi Anda yang belum memiliki modal, tidak perlu khawatir karena Anda bisa memulai jualan hijab tanpa modal dengan memulai pekerjaan sampingan menjadi dropshiper. Untuk menjadi dropship, Anda harus mencari pemilik toko jualan hijab kemudian menawarkan jasa Anda.


Jika berhasil menjual hijab nantinya Anda akan menerima bayaran sesuai perjanjian. Anda bisa mengumpulkan modal dari usaha dropship sehingga bisa memulai usaha jualan hijab Anda sendiri di rumah.

Baca juga: Bisnis Rumahan Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga

11. Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Air minum isi ulang sudah sering dipakai oleh pemilik rumah apa lagi Anda yang tinggal di perumahan yang terkadang mendapatkan air yang tidak lancar mengalir. Jika tidak menemukan kompetitor di lingkungan sekitar, maka membuka usaha depot air minum isi ulang bisa memiliki peluang yang bagus.

12. Usaha Sayur dan Buah-Buahan

Sebagian orang masih berpikir bahwa jualan sayur dan buah merupakan usaha yang tidak bergengsi. Buang pemikiran seperti itu karena salah satu cara orang bisa menjadi sukses adalah pandai melihat peluang.

Seperti yang Anda tahu bahwa di lingkungan perumahan memiliki jumlah penghuni cukup banyak dan sayur sudah menjadi makanan sehari-hari, dengan begitu maka berjualan sayur dan buah di lokasi yang padat penduduk tentu akan mendapatkan pembeli yang cukup banyak.

Jika tertarik mencoba usaha ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu mencari pemasok sayur dan buah yang bisa Anda tempati membeli dagangan dengan harga murah dan jangan lupa perhatikan juga sayur dan buah yang dijual masih dalam keadaan segar.

13. Thrift Shop

Thrift Shop

Thrift Shop merupakan usaha sampingan yang menjual berbagai macam barang bekas yang masih layak pakai. Meskipun barang bekas namun masih banyak orang yang membelinya karena memiliki harga jual yang murah.

Ide usaha di perumahan yang satu ini cukup banyak pembeli. Biasanya barang yang dijual berasal dari luar negeri sehingga jualan Thrifts Shop cukup diminati khususnya anak muda yang hobi berbelanja. 

Anda tidak perlu membuat toko karena usaha jenis ini dapat dilakukan secara online dengan cara memasarkan barang melalui situs marketplace dan media sosial.

14. Usaha Penitipan Hewan Peliharaan

Jika hobi memelihara hewan seperti kucing, kelinci, burung dan hewan jenis lainnya. Maka tidak ada salahnya jika mencoba peluang usaha penitipan hewan peliharaan di rumah. Sering kita dapatkan ada orang yang harus menitipkan hewan peliharaannya karena harus bekerja atau sedang mengikuti kegiatan lainnya.

Hal yang harus diperhatikan dalam memulai usaha ini adalah pandai merawat dan memberi makan hewan peliharaan, jangan sampai Anda membuat hewan yang dititipkan menjadi sakit. Usaha jenis ini terbilang sangat jarang ditemukan sehingga pesaing yang Anda temui kemungkinan sangat jarang.

15. Bisnis Tanaman Hias

Tanaman hias saat ini telah menjadi hobi rumahan yang banyak diminati, memiliki bentuk unik dan indah dipandang menjadikan tanaman hias sangat ramai dicari. Jika memiliki halaman rumah yang cukup luas, silakan mulai budidaya tanaman hias supaya bisa menjualnya pada saat sudah besar.

Modal yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis tanaman hias cukup kecil, Anda hanya perlu menyediakan pot bunga dan bibit bunga yang harganya masih relatif murah. Modal 3 juta saya rasa sudah cukup untuk memulai usaha sampingan yang satu ini.

Penutup

Itulah 15 ide usaha yang bisa Anda coba di perumahan, semua jenis usaha tentunya memiliki modal yang harus disiapkan, maka mulai dari sekarang Anda harus menabung supaya bisa membuka usaha rumahan yang bisa menambah penghasilan Anda kedepan.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Usaha Sampingan di Perumahan yang Lagi Booming"